Mar 192015
 

image

Jepang akan menandatangani pakta pertahanan dengan Indonesia pekan depan, demikian dikatakan dua sumber dari pemerintahan kedua negara kepada Reuters, Kamis (19/3/2015). Pakta pertahanan itu diyakini sebagai salah satu upaya Jepang untuk membangun hubungan pertahanan lebih erat dengan Asia Tenggara dan membangun kekuatan penyeimbang menghadapi kekuatan militer Cina.

Jepang sebelumnya telah memperkuat kemitraan militer dengan Filipina dan Vietnam, dua negara yang terlibat sengketa wilayah dengan Cina di Laut Cina Selatan. Jepang sendiri juga terlibat sengketa wilayah dengan Cina, memperebutkan sebuah kepulauan di Laut Cina Timur.

Presiden Joko Widodo rencananya akan mengunjungi Tokyo pekan depan dan bersama Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan menandatangani pakta pertahaan yang berisi peningkatan kerja sama dalam bidang latihan dan teknologi militer. Sejauh ini Indonesia dan Jepang hanya bekerja sama dalam bentuk pertukaran siswa militer.

Meski pakta itu sifatnya tidak mengikat, tetapi dianggap sebagai langkah awal untuk mendorong kerja sama pertahanan antara dua negara. Seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang di Tokyo mengatakan bahwa kunjungan Joko mengirim “pesan besar”, karena itu adalah lawatan luar negeri pertamanya ke luar wilayah Asia Tenggara.

Sementara seorang pejabat Indonesia mengatakan bahwa pakta pertahanan itu “sangat signifikan” untuk dua negara.

Bagi Jepang ikatan kerja sama dengan Indonesia bisa memberikan kesempatan lebih bagus untuk perusahaan-perusahaan pertahanannya untuk bersaing dengan Korea Selatan, yang selama ini banyak menjual alat tempur ke Tanah Air.

Adapun Presiden Joko akan langsung berkunjung ke Cina setelah lawatannya ke Jepang. Indonesia dan Cina sendiri sudah menandatangani pakta pertahanan yang sifatnya mengikat.(Reuters).

Suara.com

https://web.facebook.com/JakartaGreater

Artikel Terkait :

  98 Responses to “Kerjasama Pertahanan Indonesia Jepang”

  1. Pertamax

    • Pilih mana..? jepang apa china..???.???

    • klo si jepang nya serius bekerja sama pertahanan sesama bangsa asia tentu kita apriasi walau pun pernah menjajah kita dibanding sama belanda si menir barat yg tidak malu ngomong HAM…..

      jepang ini kan tentaranya terkenal berani kakek saya sering cerita tentang jepang jaman pendudukan dulu,dalam waktu singkat tentara jepang mampu melibas tentara belanda sudah berabad-abad bercokol di ibu pertiwi..

  2. Mantaaap lanjutkan….

    • Tokyo memang tdk mengajukan klaim di LCS, tapi mereka khawatir akan terisolasi jika Tiongkok mendominasi kawasan yg sebagian besar merupakan jalur utama kapal perdagangan negara itu.

  3. Indonesia kuat bersama jepang. Aminnn.

  4. Gajah mada skr bawa katana

  5. jepang dan cina indonesia?….

  6. Setelah Cina kini Jepang merapat, Indonesia memang sexy

  7. kiri kanan ok…

  8. Berita nagwur … Pakta Pertahanan itu tidak sama dengan Kerja Sama Pertahanan …

    Berdasarkan pengmatan saya … makain lama kok JKGR sering memasang artikel yang banyak ngawurnya …. Apa masih kejar setoran?

    • Wah berarti pengamatan anda kurang jeli masbro… Sumber berita di pojok kanan bawah..

    • Berisiiikk….

    • Emang setoran kemana?
      Sumbernya dah jelas…reuter ..
      Emang kenapa….masuk angin ?

    • Biar tidak rancu, judulnya sudah saya ganti menjadi : kerjasama pertahanan. Thanks

    • saya senang baca di forum nie..sampe2 paket internet saya tingkatkan 2 kali lipat.
      karena manfaat buat saya..

      100% benar itu bagus..tapi terkadang susah..

      kesalah sedikit adalah hal wajar apalagi sdh ada progress perbaikan..

      salam buat bung2 yg ada di forum
      dan terima kasih buat semua bung admin

      tua dan mati itu pasti..DEWASA terdiri dr 6 huruf

    • KESALAHAN YANG SANGAT FATAL !!!
      Apakah penulis tdk bisa membedakan artinya Pakta pertahanan dgn Kerjasama Pertahanan ???

  9. Shinmaywa jadi deal ditandatangani nggak yah?

  10. Mungkin Bukta Pakta Pertahanan Tapi Kerjasama Pertahanan,kalau Fakta Pertahanan,jepang Perang Sama Cina,indonesia Wajib Membantu Jepang

    • …indonesia adalah negara penengah.selagi negara indonesia masih ada dimuka bumi ini.maka peperangan antara sesama negara asia tidak akan terjadi.percayalah wahai saudaraku.

      • gak usah bikin klaim yang gak perlu bung, RI ada dimuka bumi sejak 1945,
        1947 ada perang india vs pakistan, sekuelnya tahun 1965 dan 1971.
        1962 perang india vs cina, 1978 perang kamboja vs. vietnam, 1979 perang cina vs vietnam, 1987 perang thai vs laos, 2001 perang perbatasan india vs bangla desh, kita sendiripun pernah perang vs jiran + upil…

        • kenapa emangnya bung, anda masih pesimis dgn kebangkitan. kalo kami sbg bangsa indonesia sudah ada ktk tahun1928. namun kita sudah pernah bangkit di abad 13 dan runtuh di abad 17.
          cobalah bung danu berusaha untuk menghapus rasa pesimis tsb.
          anda sama saja dgn menhub sekarang ini.

          • pagi2 udah ngawur bung ?,

            1/ coba diurut dari awal komen #10, apa ada kata “kebangkitan” ?

            2/ ‘kalo kami sbg bangsa indonesia sudah ada ktk tahun 1928’ – gak nyambung, yang ditulis kan ‘negara indonesia ada dimuka bumi’ nah, adanya negara RI itu diawali oleh proklamasi oleh dwitunggal sukarno hatta…

            3/ cobalah bung TTTTT menahan diri untuk menilai orang lain (pesimis dsb) jika masih sering gak nyambung.
            saya hanya kemukakan fakta (tanpa ada rasa optimis atau pesimis) anda ingin menyangkal fakta tsb ?

          • anggap saja sy nggak nyambung.
            anggap saja orang tsb mempunyai harapan bahwa indonesia bisa sebagai penengah.

            mohon harapan tsb jangan dibanting lah, minimal kasih smangat agar bisa manjadi komponen utk membangkitkan bangsa indonesia sebagai penengah dan penyebar damai.

            begitu pula utk seluruh warga disini, kasih semangat yang positif ketika ada insan bangsa yng meningkat rasa patriotnya.

          • anggap saja negara indonesia tidak pernah sebagai penengah perdamaian. namun jika seorang insan memberikan harapan positif bahwa negara indonesia adalah penengah janganlah dibanting…
            karena itulah anda saya katakan pesimis
            bahkan kami bangsa indonesia jangan hanya dikerdilkan bahwa kami mulai ada di muka bumi hanya di tahun 1945, bahkan sebutan bangsa indonesia ada di tahun 1928, sekaligus besarkan jiwa kami bahwa sebutan nusantara sudah ada 700 tahun yang lalu.
            mohon utk semangati kami… bung danu

          • saya gak mau debat kusir bung TTTTT,

            saya mendukung penuh upaya RI menjadi penengah konflik seperti konsep code of conduct di LCS yang digagas mantan menlu marty, atau partisipasi dalam peace-keeping force PBB.

            tapi upaya dan harapan jangan dicampur aduk dengan fakta sejarah.

            cukup katakan kita akan melakukan yang terbaik untuk memastikan perdamaian dunia, tanpa embel2 klaim bombastis – itu saja…

        • danu pendukung setia JOKOWI…hidup danu….hidup danu

      • Inshaa Allaah…. Indonesia Membawa keseimbangan dan perdamaian… Aamiin.

        Untuk mendukung itu mari bekerja keras dan berkarya… serta Hukum KORUPTOR dengan Penjara Ratusan Tahun dalam penjara bawah tanah….. Biar pada mati dan membusuk para penghianat bangsa……

  11. ingin banget mental pejabat Indonesia meniru mental pejabat negara Japan

  12. RI harus tetap Non Blok berdasar Pancasila. Tapi INGAT loe SENGGOL gue BACOK.
    ambil FIR Singaporn untuk kedaulatan NKRI seutuhnya.

    • Non blok sudah tidak relevan ditengah konstelasi dan dinamika politik ekonomi dan militer dunia yg smakin cepat. Segeralah menentukan pilihan apakah akan bersekutu dengan Rusia, China atau amerika. Kalau semua hanya teman kurang asik bro seharusnya kita punya sahabat yg melebihi teman bahkan seperti saudara.

      • Masih sangat relevan bung alden tiap blok punya kelebihan dan kekurangan terkait doktrin dari masing blok jadi kita harus pintar pilah2nya, dengan letak geografis, demografis nya indonesia harus non blok atau kita akan dipecah2 mereka sesuai ALKI. Peran penengah sebenarnya sudah ditunjukkan pemimpin terdahulu dengan misi pasukan perdamaian garuda di tengah2 konflik antar negara. Untuk konflik LCS kita harus kuat dl sebelum jadi penengah. Jadi saat ini judulnya “Beri aku senjata akan aku jamin keamananmu”.

      • knapa bung, non blok sendiri adalah blok, kebangkitan non blok adalh kebangkitan kita. dan banyak bangsa dn negara yg merindukan kebangkitan nonblok sbg penengah. namun krn tidak ada kebangkitan dan kekuatan sekaligus cenderung dikeroposi oleh kekuatan blok yg punya power.
        banyak negara2 nonblok ngemper di blok lain seraya kebutuhan perlindungan.
        bahkan rusia pun sangat kagum dan mengapresiasi konsekuensi non blok kita.

      • saya sedih baca komentar anda bung @Alden “Non blok sudah tidak relevan” , saya rasa anda adalah salah satu dari sekian banyak anak bangsa yang tergerus rasa Nasionalisme nya PANCASILA adalah DASAR Negara Kesatuan Indonesia sebagai mana di amanatkan dalam UUD 1945 nonblok adalah JATI DIRI BANGSA INDONESIA ! camkan itu bung

  13. pak jokowi bisa saja menjaga kenetralannya didalam membina hubungan dengan negara22 blok barat dan timur.tetapi didalam bernegara seyogjanya seorang presiden harus punya prinsip dasar yang ta boleh ditawar atao ditawarkan ..karena harga diri dan kehormatan bangsa ini telah disandarkan pada beliau.” jer lahir utusaning bathin\manusia dilahirkan karena kehendak sang illahi.maka wajiblah sebagai manusia harus taat dan patuh pada perintah-NYA,begitu jua seorang presiden,haruslah tao mengapa rakyat memilihnya !!!maka dari itu sepantasnya presiden wajib mengambil kembali segala sesuatu yang telah dirampas oleh negara\pihak asing baik berupa tanah,laut,udara dll..yang selayaknya menjadi hak bangsa indonesia !!!!

  14. kemungkinan kerjasama pertahanan baguslah lanjutkan.

  15. Judulnya BOMBASTIS… paling juga peningkatan kerjasama pertahanan.Tidak berupa pakta seperti Nato.Jepang beberapa tahun lalu pernah mau menghibahkan kapal patroli pantai ke Indonesia namun di tentang parlemennya maka batal.Alasannya Indonesia dinilai negara yang sering melanggar ham.Sama Jepun tak usah berharap banyak bantuan tehnologi dan sebagainya.Paling juga di suruh Amerika mengendalikan Indonesia.Makanya harus hati hati . Sekali nonblok ya tetap nonblok.Justru dengan nonblok kita bisa bergerak bebas ,semua negara adalah sahabat sampai mereka berlaku kurang ajar .

  16. kerjasama pertahanan bebas dengan negara manapun

  17. Kerjasama sama jepun, hati” nih NATO udah pengen mengendalikan Indonesia agar ikut ASU…. Kerjasama gpp yang penting waspada

  18. Semoga semakin bagus kedepannya dan tidak adanya campur tangan pihak ketiga (usa)

  19. Pas di Cina PM China tanya ke Jokowi..td ke Jepang tanda tangani kerjasama apa aja kasih tau ai dunk..kata Jokowi ach engga kerjasama biasa aja nich buktinya..nach u harus lbh dari Jepang ini kerjasamanya..hmmm kalau gitu LCS aman luw orang ga ikut campur y..:)

    • Hahaha…pak president nanti jawabnya: you kepo bingit deh. You olang mau tahu aja apa mau tahu banget! You olang tahu imlek datang, kita olang ngga dikasih angpau ToT. Olang jepang kasih angpau ToT dan hibah banyak. You olang hati hati loh di lcs banyak musuh!
      Pm China:
      You olang Indonesia minta angpau ToT kemana mana. Ke lussia, ke swedia, ke pelancis, ke londo, I kasih ToT dan hibah tapi you jangan ikut campul lcs ya! Jangan main mata ama olang austlalia dan amelika

  20. Kalo sekedar kerjasama pertahanan, sebenernya Indonesia udah banyak. Dengan Russia ada, dengan US ada, dengan RRC juga ada, dengan negara2 tetangga juga ada. Jadi sebenernya ini dengan Jepang juga bukanlah sesuatu yang terlalu luar biasa. Cuma memang dibalik nama “kerjasama pertahanan” itu sendiri bisa bermacam-macam arti: Apakah sekedar pertukaran siswa, latihan militer bersama, riset industri pertahanan/alutsista bersama, paket penjualan alutsista, patroli bersama (seperti di selat malaka), dsb.

    Nah sekarang pertanyaannya kerjasama dengan Jepang ini seluas apa cakupannya?

    • AS minta Jepang untuk lebih aktif dalam pertahanan udara dan laut, agar bisa juga masuk ke Laut China Selatan (lupa, apakah artikel itu sudah saya masukkan di jkgr). Permintaan AS itu direspon positif oleh Jepang, namun mengatakan sedang mengkajinya. Jepang kemudian menyampaikan pernyataan, memungkinkan untuk masuk hingga ke Laut China Selatan, untuk mengamankan jalur suplai/perdagangannya. Jepang mengancam, jika jalur itu terganggu, mereka tidak segan untuk melibatkan langkah militer.

      Dengan konteks ini, AS ingin berbagi tugas dengan Jepang untuk membendung China di Asia. Jepang tampaknya, ingin berbagi beban itu dengan melibatkan Indonesia. Konsekuensinya Jepang harus sharing “sesuatu” ke Indonesia.

      Dengan kata lain, kerjasama Jepang – Indonesia, akan masuk ke layer yang lebih dalam -imho.

      • Terima kasih bung Diego untuk pencerahannya. 🙂

      • sepakat bung @Diego. papan catur sebetulnya sudah cukup lama mengarah Indonesia, namun bagaimana memerankan sebuah permainan indah tentu-saja mengarah dan saling menguntungkan namun tidak mengikat. aaah saya lebih setuju jika Nusantara yg besar ini dijuluki pria gagah juga tampan. hehe

      • Kalau tidak salah hal itu pernah disentil di artikel JKGR yang isinya US Navy berencana menarik armada kapal indukya dari Jepang untuk pengisian bahan bakar nuklir. Penarikan itu sekaligus untuk memberi pesan cambukan ke Jepang untuk bisa lebih aktif menjaga negaranya dan kawasan regionalnya sendiri.

        Juga ada artikel tentang rencana Jepang merubah UU atau konstitusinya untuk lebih mengaktifkan angkatan bersenjatanya yang saat ini lebih “bertahan” untuk bisa “menyerang” jika diperlukan

        Kalau saya nggak salah loh Bung Diego…

        Salam.

  21. Saya melihat Jokowi bermain cantik, Jopang diadu dengan China, yang menang kepentingan Indo. harus hati hati dan pintar ngelis jngn bocorkan hal hal sensetif khususnya mengenai industri pertahanan. Ini seperti orang nawarin batu GIOK , wani pero ?. kalau mau jadi teman saya lo kasih gue industri dong, pindahin yang dari china ke Indo. Ke china ngomong ; kalau mau aman dapet LCS kasih TOT don, bantu gue dana 40 m USD, rudal jarak jauh TOT lain, dan kamiakan pura pura gak tau. Dan banyak banyak invest disini lo kooh, you dapat alasan yang logik untuk beraliansi dengan kami . Dan begitulah Jokowik

  22. Ganti judul cari sensai. MOU Kerjasama Militer bahwa Jepang minta perlindungan dng Indonesia di konflik Laut China Timur.

  23. Ada yg menarik nih….

    Dengan Jepang : “Meski pakta itu sifatnya tidak mengikat, tetapi dianggap sebagai langkah awal untuk mendorong kerja sama pertahanan antara dua negara.”

    Dengan China : “Indonesia dan Cina sendiri sudah menandatangani pakta pertahanan yang sifatnya mengikat.”

    • Nah ini dia yang menarik menurut saya , tolong donk bung diego , bung jalo di babar kalimat yang ini Dengan China : “Indonesia dan Cina sendiri sudah menandatangani pakta pertahanan yang sifatnya mengikat.”

    • Kerjasama dengan Jepang. Dengan kata lain, lebih banyak kawan, lebih baik.

  24. @Bung Diego: Saya atau yang atas saya yang seharusnya ganti nick? Gak enak ada double nick.

  25. yaaa begini dah jepang udah berubah saat merubah kebijakan militer jepang yang ditekan US sekarang bisa bangkit,,
    indonesia banyakin kerja sama,,sukarno memang hebat bikin negara non blok
    Memang cerdas diplomat indonesia sekarang karena tau negara lain sedang mencaplok menerkam indonesia,,
    mungkin karena jasmerah aceh,timor timor,sipadan ligitan,papua.. banyakin kerjasa ekonomi dan militernya..
    justru PBB berpihak pada NATO merusak tataan negara

    • Kita doa kan semoga paa pemimpin kita dijauhkan dari sifat korup… penghianat…. dan semoga selalu dalam bimbingan Allaah SWT dan selalu dapat mengambil langkah benar yang bertujuan pada kesejahteraan dan perdamaian bangsa Indonesia Khususnya dan bangsa di dunia Umumnya…. AAmiin….

  26. terima kasih artikelnya, sedap sedap gimana gitu rasanya.

  27. eh, ketinggalan, yang comment juga asyik asyik. nasi goreng ++ namanya. sedap ngeri ngeri.

  28. Maen yg cantik Pak Presiden ambil semua keuntungan kerjasama tsb utk kemajuan negara tapi ingat jangan sampai mengadaikan martabat dan kehormatan bangsa

  29. mantab yang dulu ngakunya saudara tua

  30. PAKTA PERTAHANAN ……………. ??? , dengan Jepang …………….. ???
    Apakah artinya sudah bukan negara nonblok lagi ………… ???
    Bagaimana persahabatan Indonesia dengan Rusia dan China ……………. ???

  31. …Seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang di Tokyo mengatakan bahwa kunjungan Joko mengirim “pesan besar”, karena itu adalah lawatan luar negeri pertamanya ke luar wilayah Asia Tenggara…

    GR banget tuh pejabat, 10 november 2014 udah ke cina sebagai lawatan luar negeri pertama ke luar wilayah Asia Tenggara (inget karena dulu ada yang permasalahkan jokowi gak berada di dalam negeri untuk memperingati hari pahlawan…)

    • sekalian aja jadwalnya di majukan, lawatan ke china pd tanggal 1 oktober 2015, untuk memperingati hari kesaktian pancasila di lap. tianamen, sekaligus nyekar di makamnya mao.
      miris banget….

      • janganlah selalu negatif, saya tidak membicarakan fakta.
        saya hanya menambahkan aja pernyataan bung danu…
        dan saya hanya merasa, kok ringan saja bahwa pejabat bahkan presiden pun berani mengacuhkan hari-hari bersejarah bangsa sebagai simbol negara dan rasa patriotisme.
        —————————
        makanya saya miris banget dengan kondisi tersebut.
        —————————
        sama-sama meredahkan dan menghinakan bangsa dan negara sendiri, sekalian aja hari kesaktian pancasila di lakukan di tan namen dgn nyekar ke makamnya mao.

        • sepertinya anda yang selalu negatif, coba ditelaah dengan tenang dan seksama, jangan mudah mengumbar penilaian terhadap orang lain (merendahkan dan menghinakan bangsa dan negara dsb).

          jokowi ke beijing menghadiri KTT APEC, artinya mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan dan direbut para pahlawan (dan disimbolkan dengan pertempuran surabaya 1945).

          bagi saya lebih penting mengisi kemerdekaan dan membuat kesepakatan2 bagi hari ini dan masa depan dengan bangsa2 besar di asia pasifik, (RRT, rusia, AS, jepang) daripada memperingati masa lalu dalam aktivitas seremonial di tanah air, toh bisa dan sah diwakilkan pada wapres ?

          anda boleh berbeda pendapat, tapi jangan sembrono dengan penilaian “merendahkan dan menghinakan bangsa dan negara dsb”, terlalu picik…

        • bisa dimaklumi kalo memang hari puncak pertemuan ktt apec.
          kalo pertemuan bilteral, hari-hari yang lain kan bisa ….
          hadeuuuh….

        • ya cucok klo gitu, kita bahas KTT APEC aja:

          dibuka 8/11/14:
          Opening Remarks by Foreign Minister Wang Yi At the 26th APEC Ministerial Meeting 2014-11-08

          10/11/14 jokowi bertemu obama membicarakan masalah2 keamanan,
          http://www.wsj.com/articles/obama-meets-jokowi-at-apec-forum-in-beijing-to-discuss-security-1415601133

          ditutup 11/11/14 :
          Closing Remarks by Xi Jinping at the 22nd APEC Economic Leaders’ Meeting 2014-11-11

          kurang enak lah jika membicarakan masalah2 keamanan
          dunia dengan pemimpin negara superpower dinilai “merendahkan dan menghinakan bangsa dan negara dsb”…

        • Kangen dulu bung danu adu argumen ama melecktech ato nowyoudont, daripada baca yg ini, ..jomplanggggg

      • tenang bung… jangan terbawa emosi…

  32. Kerjasama Pertahanan Jepang-Indonesia, sepertinya jepang yang lebih membutuhkan kerjasama tersebut, sepertinya Jepang lebih membutuhkan Indonesia.

    Jepang mempunyai teknologi militer yang cukup maju. Jepang termasuk negara yang sudah memproduksi Tank Tempur sejak 1930’an. Indonesia sampai sekarang membuat tapak rantainya Tank saja masih belum mampu. Mainkan Indonesia, sekarang waktunya untuk menghajar, segera copy paste teknologi yang belum kita mampu.

    Jepang aktif sekali membuat tour kerjasama pertahanan militer, setelah kemarin dengan India, sekarang Indonesia, besok negara mana ya ? Jepang sepertinya berusaha membuat SEKAT untuk membendung pengaruh China.

    Amerika sangat serius menggerakan negara-negara pion mereka, korea selatan dan jepang akhir-akhir ini sangat aktif menjalin kerjasama militer dengan negara-negara di Asia Tenggara, sebuah peringatan yang sangat serius.

    Inteligen Indonesia harus bekerja sangat serius.

    di akhir tahun 90’an, setelah insiden santa cruz, Indonesia diembargo yang akibatnya ABRI AU bener-bener lumpuh, Presiden Suharto berkeinginan mengganti F-16 dengan SU-27 dan Hawk diganti dengan Yak-130. sepertinya Presiden Suharto sudah tidak tahan dengan tekanan asing. ehhh ada krisis moneter, rupiah merosot, dilanjutkan demontrasi mahasiswa, penembakan mahasiswa diteruskan dengan aksi bakar dan penjarahan. Presiden Suharto akhirnya lengser. ada “isu” bahwa peluru yang dipakai untuk menembak mahasiswa adalah peluru type baru, yang katanya bisa pecah di dalam tubuh korban, peluru semacam itu, TNI dan Polri masih belum mempunyai. terus siapa yang menembak ???

    setelah ada peristiwa 9/11, Presiden Bush mengeluarkan peringatan “Anda bersama kami atau melawan kami” Indonesia yang mayoritas muslim moderat dan netral, tiba-tiba saja banyak kasus bom bunuh diri, tiba-tiba saja ada banyak orang Indonesia yang mampu membuat paket bom yang ukurannya kecil tetapi mempunyai daya ledak yang besar. aneh ?? tiba-tiba ada “teroris” malaysia si noordin yang masuk ke indonesia yang katanya membuat bom untuk membunuh orang asing, lha kalau tujuannya hanya untuk membunuh orang asing, kenapa harus ke Indonesia, di malaysia sendiri Jauh lebih banyak orang asing yang tinggal di malaysia.

    Di timur tengah, tiba-tiba saja ada fenomena aneh, ada banyak negara yang rontok dan saling menghancurkan diri mereka sendiri. yang kalau diamati sangat mirip dengan teknik lompat kodok jenderal mac arthur. sekarang sang kodok berhenti melompat karena tertahan di Suriah dan Ukraina.

    Melihat kondisi seperti itu, sikap netral Indonesia di konflik laut china selatan sebaiknya dibarengi dengan kemampuan “mendayung sampan di antara dua karang”. Peran Inteligen Indonesia sangat dibutuhkan untuk mendeteksi potensi kerusuhan berbau SARA. ada 2 hotspot pemicu ledakan kerusuhan dan perpecahan. kalau di Timur tengah cenderung memakai alasan suksesi kekuasaan dan berlanjut pada masalah perbedaan keyakinan, sedangkan di Ukraina memakai alasan suksesi kekuasaan yang berporos pada keberpihakan 2 karang ( Rusia dan Eropa). tetapi ada satu kesamaan yaitu, dua-duanya selalu dimulai dengan aksi DEMONTRANSI dan PENEMBAKAN MISTERIUS.

    Patut kita dukung langkah Presiden Jokowi yang dekat dengan China sekaligus juga dengan Jepang. dari China, Indonesia mendapat “bantuan” dana poros maritim dan dari Jepang, indonesia mendapatkan kesempatan alih teknologi.

    Patut kita dukung langkah Jenderal Moeldoko yang aktif memainkan peran sebagai penyeimbang yang netral, yang berani bermain elegan dengan memberi kesempatan TNI tidak hanya berlatih militer dengan Amerika tetapi juga dengan militer China.

    Patut kita dukung kebesaran hati Jenderal Prabowo. yang dengan Iklas bersedia menjaga Indonesia tetap bersatu, yang dengan hati iklas bersedia datang menghadiri pelantikan Presiden Jokowi, yang bersedia datang memberi dukungan moral kepada Presiden Jokowi ketika didera masalah KPK vs Polri. Kebesaran Jenderal Prabowo mampu menghindarkan Indonesia bernasib seperti Ukraina. sepertinya memang tepat ucapan Gus Dur bahwa Petinggi Indonesia yang paling iklas adalah Prabowo.

    • yup bung,
      kita tahu bahwa pasca menyerahnya jepang dan jerman setelah kalah pd2, peningkatan kekuatan dan kebangkitan kedua negara tersebut dibatasi oleh sekutu, dengan embel2 bantuan aliansi sekutu, namun seiring kebangkitan cina dan rusia, ketakutan mereka tidak diimbangi dengan peninkatan perlindungan sekutu, seolah sekutu cari amannya sendiri. fakta dan analisa bahwa kekuatan mereka + bantuan sekutu tidak dapat membendung ancaman yang ada didepan mata. maka mereka mencari alternativ peningkatan kekuatan di luar pembatasan dan pengawasan sekutu, yaitu negara yang sedang bangkit saat ini “nusantara”.
      —————–
      seperti halnya korsel merasa bahwa dia harus mencari alternativ back up kekuatan jika negaranya hancur oleh serangan korut, dan inhan nya sudah dilumpuhkan, maka alternativ bisa minta back “nusantara”.
      —————–
      yang menjadi pertanyaan.
      ada apa dengan nusantara ….?
      kok menjadi pijakan lain untuk back up setelah sekutu. bahkan ketika jokowi menhadiri ktt apec kaget dan mengatakan negara2 lain kok minder dengan kita.
      apa yang sudah dilakukan bapak besar, hingga negara2 lain menjadi minder dgn nusantara …?

      • Secara kasat mata dapat dilihat bahwa kekuatan militer negara-negara Asia Tenggara masih sangat belum mampu bersaing dengan militer Tiongkok. bahkan jika digabungkan sekalipun, semua kekuatan militer negara Asia tenggara tetap masih kalah dengan militer Tiongkok.

        Anda tidak bisa berharap pada kekuatan militer negara Asia tenggara atau mungkin yang Anda sebut Nusantara. Peran dominan negara-negara Asia Tenggara hanya karena letak geografisnya saja. Letak geografis Indonesia sangat-sangat Strategis. pemain kunci dalam konflik laut china selatan secara militer adalah Amerika, Australia dan inggris melawan Tiongkok. Negara-negara Asia tenggara kalau tidak bisa bermain pintar hanya akan menjadi “medan perang” antara 2 kekuatan militer tersebut.

        Amerika memakai negara-negara semacam Jepang dan korea selatan sebagai kekuatan diplomasi tetapi nanti jika konflik sudah masuk dalam fase unjuk kekuatan militer, pemain kunci semacam amerika, australia dan inggris akan menampakan batang hidungnya.

        Kekuatan Diplomasi jepang dan korea selatan memang sudah dihitung dengan cermat, sebagai sesama negara asia, jepang dan korea selatan lebih bisa diterima. tapi dengan melihat perang di timur tengah, peran diplomasi jepang dan korea selatan nantinya hanya akan berujung pada uang. Negara-negara Asia tenggara + jepang + korea selatan + taiwan akan dipaksa untuk membiayai perang dikubu Amerika, Australia dan Inggris.

        Indonesia tentunya tidak boleh dibodohi dan terjebak dalam perang tolol semacam itu. Tiongkok juga sepertinya sudah belajar banyak dari kesalahan jepang di WW2. Jika Tiongkok menyerang Philipina, maka negara Amerika, Australia dan Inggris akan mendapatkan bantuan dari negara asia tenggara sekutu mereka, korea selatan dan jepang juga akan ikut masuk. Tetapi jika Tiongkok langsung masuk menyerbu Australia, maka Amerika, Australia dan Inggris akan berperang dengan tanpa dukungan negara Asia lainnya.

        Jika Tiongkok menyerang philipina, PASTI amerika, australia dan inggris membantu philipina, tetapi jika Tiongkok menyerbu daratan australia, sangat tidak mungkin philipina membantu australia. 🙂

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)