Mar 072016
 

Satu kabar mengagetkan datang dari Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Melalui akun twitter pribadinya, @Fahrihamzah mengatakan bahwa pangkalan militer dijual ke swasta.

Kicauan di twitter @Fahrihamzah

Kicauan di twitter @Fahrihamzah

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menjelaskan bahwa Panglima TNI dan Menteri Pertahanan gencar bicara proxy war, tapi pangkalan TNI AU dibeli asing.

Kicauan di twitter @Fahrihamzah

Kicauan di twitter @Fahrihamzah

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui pangkalan TNI AU yang dimaksud Fahri dijual kepada pihak swasta.

“Di mana itu ya?” ungkap Marsma Dwi saat dikonfirmasi, seperti dikutip dari Sindonews, Senin (7/3/2016).

Dalam kicauannya yang dikeluarkan sekitar pukul 06.45 pagi melalui akun twitter @Fahrihamzah ini, politikus PKS tersebut memang tidak menjelaskan secara gamblang pangkalan TNI AU yang dia maksud dijual ke pihak swasta.

Marsma Dwi pun menegaskan bahwa pihak TNI AU tidak pernah menjual aset pertahanan negara milik korps TNI AU kepada pihak swasta.

Sindo News

Artikel Terkait :

  94 Responses to “Pangkalan Militer TNI AU Dijual?”

  1. dijualllll
    kenapahhh ,,,

    • saraf tuh wakil DPR

    • Jangan menelan mentah-mentah suatu berita apapun. Lebih baik amati, cermati dan selidiki. Bisa saja suatu berita bisa benar atopun salah pada kenyataannya. Kita sbg rakyat Indonesia harus bisa menyaring suatu berita baik or buruk, benar or tidak. Jadi jangan mau diombang-ambingkan suatu berita yang belum tentu kebenarannya. Kita tidak ingin sperti kejadian berdarah pada malam G 30 S/PKI terulang, itu semua kejadian dikarenakan efek suatu berita yang banyak dipelintir berbagai kalangan demi tujuannya dengan memanfaatkan kemarahan rakyat atas suatu berita. Salam Persatuan NKRI

    • Indon sudah bankrupt… Wkwkwk

    • Kenapa Halim jd taruhan Lion? … Kita tahu bahwa Jakarta “terbagi 2).. via cengkareng dan Halim… penduduk Jakarta timur selatan bekasi ke timur + bogor, tentu lbh suka melalui Halim jika ingin terbang, apalagi penerbangan dibawah 2 jam. Ingat selisih perjalanan darat ke cengkareng bisa 1 jam lbh + biayanya.
      Tak heran, penerbangan via Halim jarang sekali kosong. Hasilnya: Citilink dan Batik mengantongi keuntungan sejak terbang dr Halim.
      Sayang sekali Halim sejatinya adalah pangkalan udara…. masalahnya skrg: komersial vs kepentingan negara!
      skala bisnis Halim, jika di ijinkan… sebuah maskapai sanggup menganti 3-4x bahkan lebih lanud halim untuk mengambil alihnya…

  2. haa.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.

  3. Sepi

  4. Apa bener nih !!!! katanya rezim sekarang doyan jual aset negara.

  5. Mungkin *BANDARA HALIM PERDANA KUSUMA*.
    Demi proyek serba serbi. denger2 sih kan rutenya lewat tuh bandara.
    CMIIW

  6. wtf
    kurang ajar kalo ada yg berani ganggu obvit pertahanan udara indonesia
    apalagi kalau bekingnya negara luar sebut saja singapura
    bisa kacau dunia persilatan.

  7. bakal rame neh…
    ………vs……….pertikaian dlm negeri….

  8. ini akibat perjanjian yg tidak fair antara lion air dgn koperasi angkatan udara th 2010 perihal pengelolaan bandara halim jkt yg tidak terkait militer

    • kl emang mereka nekat , pakai jurus
      cara TNI AL menangkis bandara Surabaya dalam perebutan lahan ( kalao tak salah )
      dengan cara blokir , langsung klepek-2 pihak yang berkepentingan mencoba mengganggu
      emang kebebasan jaman sekarang sudah kebablasan , dengan dalih kepentingan Sipil , commercial atau apa

      Ane warga sipil , tapi kalau Militer / TNI di gembosin luar dalam pakai aturan -2 yang bertujuan melemahkan bangsa lewat Militer RI / TNI ane g rela ,

    • apakah pengelolaan sebuah pangkalan udara, sebelumnya adalah wewenang sebuah koperasi ? -aneh-
      (jadi inget taksi2 di bandara yang suka kasih tarif suka-suka, terutama yang ada emblem koperasi)

  9. tidak perlu berburuk sangka bro..kita tunggu dulu klarifikasi n statement TNI AU. kalau apa yang di katakan fahri betul… wah mbuh wis g ngurus..

  10. mikir cari makan aj susah, no komen lah soal ini….

    mending cari recehan dolo ah… maklum cuma rakyat kecil.

  11. “Pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma ini awalnya memang diserahkan ke Angkasa Pura II berdasarkan kesepakatan antara Kepala Staf TNI AU dengan Dirjen Perhubungan Udara pada 5 Juni 1997. Dalam kesepakatan ini, pengelolaan bandara sipil diserahkan ke AP II. Kesepakatan ini disusul terbitnya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 23 Tahun 2003 tentang Pengoperasian Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

    Sengketa mulai muncul pada 2005. Saat itu Induk Koperasi Angkatan Udara (Inkopau) membuat perjanjian dengan perusahaan di bawah Lion Group, PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) lewat surat perjanjian Nomor Sperjan/10-09/03/01/Inkopau Nomor 003/JT-WON/PKS/II/2005 tentang Pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma pada 24 Februari 2005.

    Dalam perjanjian ini Lion Air Group mendapat hak konsesi pengelolaan Halim selama 25 tahun sejak 2006. Konsesi akan berakhir pada 2031. Selanjutnya, sesuai dengan kontrak, konsesi bisa diperpanjang hingga lima tahun lagi”

    Silahkan membenci, yang penting tidak memfitnah.
    Fahri hamzah sudah cek jalan ceritanya belum?
    Mulut besar, lebar atau luas boleh-boleh aja.
    Kalau memang fahri hamzah tahu TNI AU yang jual pangkalan, kenapa diam aja?
    Katanya menolak takut.

    • @katjoeng

      Maklum fahrinya baru bangun tidur,,,,belum sempat ngopi udah keburu ngetwitt

      Mungkin dia lelah,,,mungkin lagi khilaf kalo taun segitu, partainya t’masuk pendukung pemerintah…?!!!

      • @KLM
        Betul, Bung.
        Saya nggak pernah ngelarang fahri hamzah ngomong sampai berbusa, atao ngetwitt sampai tangannya keriting.
        Tapi mbok ya pakai mikir dulu, teliti dulu sejarahnya kenapa sampai terjadi begitu.
        Apalagi dia berasal dari par tai yang agamis.
        Masa asal crott aja.

    • begini mas, konsesi itu hal yg strategis loh, harus dipikirkan secara matang untuk jangka panjang, apalagi yg dikonsesi bandara halim pk, ya mungkin om fahri cara penyampaiannya krng tepat sbg pejabat negara. tp itu bisa menjadi pengingat kita atau alarm, awassss!!!!! seperti halnya Pelindo yg di tjng priok di konsensi perusahaan cina, ya dikit demj dikit di grogoti ya abis kayak kuee.

      hheehhe salam hormat buat keluarga kang

      • @wong njero
        Saangat strategis.
        Dan mulanya perjanjian itu terjadi Pebruari 2005 pada saat partainya si fahri ada dalam koalisi pemerintahan. Kok pada saat itu si fahri nggak comment, ya? apa lagi khilaf?
        Jangka panjang? Betul. Konsesinya 25 tahun dan bisa diperpanjang 5 tahun lagi.
        Jadi? Siapa berbuat, siapa yang teriak?

      • itu konsesi jaman SBY, FE’KA’ES kemanah jah waktu itu vroh, auto fentung, mana fustun ane!

  12. Knp bkn gedung dpr sj??

  13. Prayitno menyatakan, salah satu unit tempur yang paling membutuhkan fasilitas Halim adalah Batalyon Infanteri Lintas Udara 328, Brigif Kujang, yang berlokasi di Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.
    Di Indonesia, penerjunan pasukan penerjun payung untuk perang infanteri paling kuat dipasok dari dua titik. Pertama Halim Perdanakusuma, kedua Bandara Abdulrahman Saleh, Malang .
    “Dua pangkalan kita itu punya pesawat Hercules untuk memudahkan mobilisasi penerjun payung. Makanya Kostrad di Cilodong didekatkan dengan halim, Brigif di Malang juga didekatkan Bandara, itu suatu sistem pertahanan,” kata Prayitno.

  14. berapa duit yg masuk kantong

  15. Sini bareng nyanyi sama saya
    Gini kira kira liriknya
    Tol jaenak
    ora nutul ora penak
    Nutul kroso penak
    Seng ditutul ndangak ndangak
    😀 jiah Fahrihamzah bikin geger aja, dikelola swasta bilangnya dijual, kog gak sekalian saja gedung DPR dijual?? Kalau dijual yg seneng Seluruh warga Negara

    • Di cari Kanjeng Mami bung Banyuweno.. wkkkwkk.. dsuruh nganter ke mall lg tuuh.. ntar jepretannya kirim kirim lg yaahh..

  16. Petinggi petinggi TNI tidak akan sebodoh itu, ………….. !!!

  17. hebat kan olang cina sampe bandara militer pun mereka bisa kuasai hasil pancasila ni

  18. sangat disayangkan pemerintah melakukan dismanagemen bandara ( terutama PT. Angkasa Pura ) karena bandara cengkareng ( bandara sukarno Hatta) sibuk lalu minta ke Menteri Perhubungan agar bandara Militer bisa dipakai yang jadi Pertanyaan

    1. Kenapa angkasa pura tidak memanage Penerbangan domestik maupun Meskapai luar Negeri

    2. Kenapa PT. Angkasa Pura tidak melakukan perencanaan jangka pendek, Menengah maupun panjang

    3. PT Angkasa pura tidak mau mengambil resiko dalam hal perencanaan maupun Realisasi

    Maaf kalau analisa ini salah, maklum Tukang Bakso, Mohon pencerahan kpd sesepuh maupun warjagers

    • Angkasa pura II bukan tidak melakukan pengembangan /ekspansi fisik usahanya di soekarno-hatta, bung bisa lihat sendiri ke sana. Sampai saat ini sedang dibangun terminal 4 bandara soetta yang kapasitas terminalnya mungkin lebih besar dari bandara halim itu sendiri (bahkan sudah bisa menampung pesawat A380). Hanya menurut saya ekspansi usaha lion air nya saja yang tidak terbendung dengan rencana/sedang bejalan mendatangkan ratusan armada dari boeing dan airbus (bisa dikatakan penambahan paling bombastis diantara airline-airline dlm negeri). Sehingga tetap saja bandara soetta kewalahan menampungnya. Selain itu memang ada inisiatif dari lion air sendiri untuk mengelola bandara halim tsb. Di sisi lain terdapat penambahan armada pada airline lainnya seperti garuda indonesia dll. Ditambah akan masuknya rute baru contohnya Jakarta-Moscow. Semakin menambah beban bandara soetta.

      IMHO, CMIIW

      • Tapi kekhawatiran tersebut reda dengan adanya rencana pembangunan bandara sipil bertaraf Internasional di suatu daerah di Jawa Barat, yang mungkin akan menyelamatkan fungsi militer dari bandara Halim P.K. tersebut. CMIWW

  19. klo benar akan terulang lg sprti rezim yg ngejual bumn indosat….

  20. Sangat membanggakan. Comment tanpa baca artikel dan comment terdahulu. Kebiasaan yang baik.

  21. Kalo sampe it benar,jangankan presiden,panglima militer pun hrus trun dr jabatanx,it bukn sja merugikan negara tp sdh melecehkan martabat bangsa,awas saja klo smpe it trjadi,kapuspen jgn menyimpan bau busuk,suatu saat akn trcium jg.

  22. dibalik sama dispenau, dimana itu ya? >.< hihihi.

  23. Kl benar itu terjadi, bubarkan saja negara ini, merdeka sendiri2 sj. Yg dibawah mati2an menjaga nasionalisasi, yg diatasnya malah tdk bermoral.

    • Lo aja pindah kewargaan sanah gih…misalnya somalia
      Pake mau bubarkan segala..kaya dangdutan aja misbar

  24. Tenang aja, Bung Tukang Ngitung, pHd punya byk stok bandara. Kalo meminjam logikanya bung Tukang Ngitung, pHd hati kita sbg rakyat Indonesia mjd tentrem, “Emang kalo buat bandara militer yg hebat harus bilang-bilang, eitsss keceplosan…”

  25. mungkin maksudnya begini, masih mungkin yak, yg di maksud om fahri itu halim pk untuk oprasional komersil di serahkan kpd Grup Lion, yg awalnya di kelola pt angkasa pura 2, nah mungkin om fahri itu kesel, knp di serahkan kpd pihak swasta kok nggak dr BUMN saja seperti Angkasa Pura, denger2 sih lion air siap menggelontorkan dana untuk renovasi atau perluasan bandara serta apron nya, nah kalo menurut ane ya kalo bisa jangan lah, mending BUMN lah supaya aman2 saja tdk ada isu2 sensitif sperti ini

    • @Bung Wong Njero
      om fahri kesel, itu sangat mungkin.
      Ingat, Bung.
      INKOPAU membuat perjanjian tentang pengelolaan bandara dengan anak perusahaan Lion pada Pebruari 2015.
      Dalam perjanjian tersebut, anak perusahaan Lion dapat konsesi 25 tahun & bisa diperpanjang hingga 5 tahun berikutnya.
      Bukankah tahun-tahun itu par tai nya Bung fahri hamzah anggota dewan yang terhormat sedang ada di dalam koalisi yang mendukung pemerintahan?
      Waktu itu fahri lagi ke mana kok adem ayem aja?

      Ini bukan perkara siapa yang salah.
      Ini cerita tentang orang culas yang gampang menyalahkan orang lain, padahal keluarganya sendiri yang berbuat.
      Nauzubillahminzalik.

  26. hahaha. .pada blum tahu nich yaaa…..

    RI mau bangun bandara AURI yg baru dan sangat dirahasiakan.

    kalau halim kan sudah masuk peta daftar serang militer musuh. .
    sangat berbahaya jika harus dipertahankan…
    dan tidak tanggung2 akan dibangung +-10 bandara sekaligus…

    *sayangnya hanya aku yg tahu*

    • informasi yang berharga bung,

      harus begini emang kalo kita punya infromasi, mungkin berkenan di sebar forum ini.

      • kan udah diberitakan ditahun 2015 lalu bung,
        jngan sampai nasip kfx/ifx juga tertunda sepert kasel cangbogo makanya pengalihan aset dimulai dari skrng untk dana pembuatan aset baru. .

  27. berbeda pendapat boleh, tapi jangan sampe bertengkar hebat ya bung, kita gak mau di adu domba kan….ingat, semua masalah pasti ada jalan keluarnya…..ane harap kita selalu bersatu untuk membangun negeri yg lebih baik dan kuat.

    • tapi jika tanpa polemik berarti tidak ada pekerjaan pembangunan bung. . .
      justru dngan gaduh ibaratnya mengajak masyarakat ikut mengawasi dan memikirkan nasip bangsa kedpnya. .

      • setuju bung, benar kita dukung, kliru kita kritisi, tp dah jls n gamblang koq manuver pemerintah dlm menekan singa air, dimohon gak usah wowo, wowi lagi dah gak laku nyang begituan

  28. Ya bung bener, kayanya yang di maksud fahri ini Pangkalan Halim, rute Kereta cepat Jakarta – Bandung lewat sini gan, lumayan ada beberapa Ha kecaplok, yang gak habis pikir kalau OBVIT Halim udah kayak bukan area tertutup lagi (nikan rancu, siap-siap aja kalo perang siap ketimpuk rudal dari mana2), apalagi sebelumnya sebagian areanya sudah buat penerbangan komersil yang memang benar di kelola Lion atau AP (gtw jalan keluarnya, lagi gontokan di pengadilan). Petinggi TNI cuman kicau2 saja, padahal jelas kedudukan TNI tidak bisa disamakan benar2 di bawah pemerintahan sipil apalagi swasta(alamak kali aja TNI butuh duit) coba kalau panglima besar Jend. Soedirman masi ada, bisa2 semaput dia.

  29. ini sebenarnya soal kisruh kereta cepat cina yg mau jadikan halim jadi stasiun itulah…..jadi tanyakan aja ke rezim ini,..gimana kok cina ngotot mau halim???i

  30. Wakil Rakyat ini kerjaannya kok menggiring opini mulu ya, maksudnya apa sih..mau bikin gaduh mulu, ?

  31. .cicit2..cuit..cicit2..cuit…fahri bernyanyi..kokok2..petok..kokok2.petok…fahri berkokok..mbe2..embe2…(jadi inget lagu josua..xixi….)

  32. ini salah induk koperasi TNI AU .. yang ” lagi BU ” tahun 2010…bikin kerjasama sewa menyewa lapak di halim buat pesawat komersil,,, jadi yang salah dalam hal ini TNI AU …..
    ini terjadi pada pemerintahan presiden sebelum nya,, KSAU sebelum nya… jadi si Fahri ini asal negbacot…… nyari perhatian….dan dalam sidang pengadilan juga,,,hakim memutuskan TNI AU wajib menjalankan perjanjian tersebut, dimana pihak ATS,,, memenangkan sidang gugatan untuk mengelola halim secara komersil, namun hal hal teknis semua harus di KORDINASIKAN dengan TNI AU karena disana terdapat pangkalan militer.
    jadi sekali lagi buat si fahri hamzah suruh baca koran dulu…

  33. Info kelas HOAXX,,lihat sumber berita, atau cuiitan siapa,,apaakah sumber yg kredible? apakah demikian rusak moral petinggi TNI AU & Kemenhan kita,,,?? di negeri ini Institusi mana & apa yg masih dipercaya jika terjadi krisis multidimensi utk mempertahankan existensi negara? siapa yg bisa dipercaya? politikus Senayan? Pengurus partai? Para menteri? Pemda??…jangan mudah terhasut,,apalagi oleh pihak2 yg sedang bingung

  34. jangan dijual digadein saja..wakakakaka

  35. Disewa lion air dari taun 1997
    dasar wowo mania

  36. KLO MENURUT SAYA UCAPAN FAHRI INI JGN DIANGGAP HOAX JUGA JANGAN DIREMEHKAN, BUKTI BAHWA AGEN INTELIGEN TNI DAN POLRI SANGAT LEMAH JGN DIKESAMPINGKAN….

    KECURIGAAN LION AIR MILIK SINGAPUR BARU TERKUAK SEJAK PILPRES 2012 KEMARIN SAAT RUSDI KIRANA MENJADI DEKING DANA PARPOL PKB…SESUNGGUHNYA PEMILIK UTAMA MASKAPAI INI PY SINGAPUR BKN HY MILIK PRIBADI RUSDI KIRANA….

    MENUJU PEREBUTAN FIR 2018, SINGAPURE TDK AKAN SEMUDAH ITU MENYERAHKAN FIR INDONESIA YG BISA MENGHASILKAN ROYALTI HINGGA RATUSAN MILYAR DOLAR…

  37. di ingetin orang dpr kok malah protes ,mana jiwa nasionalisnya gak mungkin wakil dpr asal cuap aja gak punya data yg valid

  38. semoga pejabat penjual aset negara…koruptor atau pun berbagai macam bajingan sampah yg merugikan negara segera musnah hancur lebur dimuka bumi ini..amin ya robal alamien….!!!!!

  39. pengen nya bandara tni itu di ungsi kan ke hutan x klo masih sepi tni di tempatk kan klo udah rame jd rebutan

  40. fakri ini bikin SBY merasa terzolim aja…..nanti dia sedih klo di ungkit ungkit…

    “menyalahkan pemerintah yg lalu”

  41. DITUNGGU AJA, DIMANA YANG DIMAKSUD SI FAHRI

  42. Kudeta saja, ambil alih pemerintahan oleh militer dan basmi para taipan China itu

  43. Jaman Uedaan,,, Makan tuh Nawacita.

  44. anggota dewan yg amanah dan anggota dewan yg belian itu bedanya di pekerjaanya. Cari massa di internet pendidikan politik apaan coba? Apa dia rajin kultwit di rt follower itu pemberdayaan dan pencerdasan atau pembodohan?

    • akhirnya yg demo orang nya itu-itu saja. Roda-roda partai pun ga punya layanan purnajual. Bayangkan pns dan bidan mau disuruh demo bandara?

    • bayangkan 1 provinsi kadernya masuk penjara kena pasal korupsi smua.. Lalu mau manuver TNI. Duh pak, sudahlah pak. Penguatan internal dulu dah. Coba resapi dulu janji-janji manis dulu ke masyarakat. Dari yg paling hot mesin sampai berkarat begini di hati kita. Ah kacewa.

  45. mungkin yang di maksud oleh ybs adalah lanud halim…yang pengelolaan penerbangan sipilnya di kelola oleh lion group.menurut hemat saya ada betulnya juga…kenapa pangkalan militer bisa di gunakan berbagi dengan perusahaan yang notabene ada keterkaitan dengan asing….dalam hal ini terkesan pemerintah tidak tegas cenderung pembiaran…kalo tni-au bertindak tegas nanti di kira tidak sevisi dengan pemerintah.belum lagi rencana pemerintah membangun kereta cepat yang kabarnya lahanya menyerobot sebagian tanah halim…..apa apaan ini ?

  46. Mirip free port ahahahaha

    Nanti di jkgr ada gerakan rebut kembali bandara halim dengan segalahkenaifanya

  47. hebat yah,,,, kok bisa tidak di expose tv y? mungkin maksud fahri hamzah tulis itu semua di twiter agar rakyat tau dan rame, dan akhirnya …..? bagus ada rizal ramli ke dua,,,,, jgn langsung mencemoh sebelum tau motivnya,,,,,

  48. gara2 cuma 7T jalan tol jakarta dipakai buat transsumatra. Wah berang ni mafia tanah. Hahaha. Smart. Smart.

    • plintiranya memang nawacita. Tembakannya 2T dari 7T. Belum lagi permainan harga dan perumahan, dsb. Hahaha penyakit kita memang disana. Politik jangan seret-seret TNI donk. Nanti TNI marah pak.

  49. Oh… Ini toh wakil dpr yg pernah kena kasus hambalang itu y , kayaknya lg pingin cari duit tambahan nih

  50. money’s power from CHINA…..kalau bukan dijajah apa namanya? xixixixixi

  51. maap bung @diego ko tiap buka jkgr lari nya ke mercusuar terus..?
    maap nanya

    • Coba refresh browser Anda. Masuk ke setting / history kosongkan cache dan flush browser Anda. Pakai telkom speedy kah ?. Semoga berhasil

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)