May 182016
 

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan bahwa pilihan terhadap Sukhoi Su-35 berasal dari kajian dan perencanaan TNI sebelumnya. Berdasarkan kajian tersebut, Sukhoi dianggap mampu memenuhi kebutuhan pertahanan di Tanah Air, sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo agar Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Apa yang dikatakan Presiden, poros maritim dunia. Otomatis laut kita begitu luas dan terbuka. Maka perlu ada pengawasan, setiap relung laut, batas, harus diawasi. Selain itu kalau ada ancaman bisa kita segera atasi. Maka diperlukan alutsista yang terkini dan tercanggih, Sukhoi 35,” kata Jenderal Gatot di Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/05).

Jenderal Gatot menjelaskan bahwa jet tempur Su-35 merupakan pilihan tepat untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

“Kalau kita punya itu (Sukhoi Su-35), sudah dipastikan kita akan menjadi yang terbaik,” ujar Jenderal Gatot.

Meski demikian, Jenderal Gatot menyebut, TNI tidak turut campur di dalam pengadaan itu. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Pertahanan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa Indonesia berencana untuk membeli Sukhoi Su-35 dari Rusia. Menurutnya, pembelian Su-35 merupakan upaya untuk menjaga keberlanjutan teknologi dari pembelian pesawat Sukhoi model sebelumnya.

Kompas.com

https://twitter.com/suparjorohman

  79 Responses to “Panglima TNI: Su-35 Guna Memperkuat Pertahanan Indonesia”

  1. Targeting pod aja belum gablek kok mo buat ngawasin maritim?

    • Seno 2 sukhoi.!!!

      • Tak terbantahkan lagi bahwa penggantian F-5 tiger adalah yang paling menyita perhatian para military fanboy. Dulu ketika pesawat Bronco akan diganti Super Tucano tak ada reaksi seheboh ini. Hal itu wajar saja karena beda level dengan Flanker. Su-35 ini pesawat tempur kelas berat yang tergahar di generasinya. Memiliki pesawat sehebat ini tentu akan sangat menyita perhatian militer negara sekawasan.
        Saat ini TNI AU masih memiliki pesawat Hawk pembelian era ’90an. Pesawat2 ini masih akan terus bertugas dalam masa yang masih lumayan lama. Kondisinya masih prima.
        Namun alangkah baiknya jika TNI AU mulai saat ini melakukan pengkajian untuk memilih mana pesawat yang paling tepat sebagai pengganti Hawk, sehingga kelak ketika masa dinas Hawk sudah selesai maka sudah punya pilihan pesawat penggantinya. Ini penting sehingga proses penggantian tidak tertunda berlarut-larut karena kajian yang lama. Belum lagi proses tawar-menawar yang alot.
        Kita berharap, dan yakin tentunya TNI sudah mulai melakukan kajiannya. Dan alangkah eloknya jika rencana pembelian alutsista tidak terlalu diekspos ke media. Kasihan para pemerhati militer sampai kelimpungan gara-gara simpang-siurnya info pembelian Su-35.

    • #sabar menanti…

      #rencana…

      Tunggu yg pasti2 aj…

      Nyimak-nyimik…

    • “Kalau kita punya itu (Sukhoi Su-35), sudah dipastikan kita akan menjadi yang terbaik,” ujar Jenderal Gatot.

      T E R B A I K

      -.-“

    • Pesawat rusia gahar ni.,,indonesia hebat pasti bisa beli beli apa saja..tapi kalo buat pesawat tempur sendiri masih jauh..

      Produk LAPAN mana ni nga kelihatan roket ama rudalnya..????

      Smoga bangsa indonesia menjadi negara hebat..mandiri.
      Jangan ada korupsi partai berjemaah ..!!!!

    • apa hubungannya.?

    • sabar….thn 2019 nanti juga sdh selesai pengembangannya…dan bisa di pakai ke su 35,..
      agar SETARA dengan f 16 v ,f 15 sg,f 18 super hornet…

      ha ha ha

    • SABAR…..nanti pengembangan tergeting pot nya akan selesai….tp entah thn berapa..?

  2. Critone sukhoi mulek di olak alik ae… kpan tkune…

  3. Cukup Realistis … semoga berhasil

    • Yang punya ide beli Sukhoi 35 itu …menhan purnomo yusgiantoro ….bukan jokowi ..
      Kok suka nya meng klaim itu ide nya sih ..?
      Pemerintah yang Sekarang ini Cuma melanjutkan saja ….
      Tidak kreatif Sama sekali …
      Yang memutuskan beli memang jokowi dan RR …tapi bukan ide nya Mereka ….
      Lagipula …baru beli 8 …dan belum jadi harga ..Apalagi teken kontrak ..
      Tapi Insya Allah tetap beli kok….

      • @abyl

        Anda benar….yg punya ide pembelian su-35 adlaah pak pur.

        Jokowi tidak punya ide apapun mengenai pembelian sukhoi-35 ini

        Justru ide jokowi untuk membatalkan pembelian su-35 dan menggantinya dengan Gripen NG

        • hahahah heheheeh

          ane ikut senyum aja bung ya ….

          Gak Melu melu lho ya ( tidak ikutan )

        • @BFB

          Udah ah…nanti lama-lama jadi mirip @SHT

        • dan kalo anda punya mata gunakan sebaik baiknya, disitu tidak tertulis ide dari jokowi!!

          Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan bahwa pilihan terhadap Sukhoi Su-35 berasal dari kajian dan perencanaan TNI sebelumnya nih baca kajian TNI bukan kajian Menhan Pur.

          “sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo agar Indonesia menjadi poros maritim dunia.” kalimat inilah yg kalian jd patokan jokowi mengaku ngaku pembelian sukhoi adalah idenya, dewasa dong dlm mengartikan!! “intruksi” “poros maritim dunia” ini adalah visi dan misi kepemimpinannya. masalah nanti realisasi alutsista jd beli su-35 atau beli gripen atau rafale atau typhoon itu adalah kewenang dari militer selaku user. keputusan akusisi alutsista ada ditangan TNI & Komisi I pak presiden hanya teken kontrak. Presiden tidak akan ikut campur terlalu dalam pengadaan alutsista, pertama dia hanya mau yg baru seperti yg selalu dia ucapkan dan kedua dia bukan berkarir militer spt sebelumnya. jd tidak mungkin dia mengklaim ini rencana dia.

          Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan “bahwa Indonesia berencana” untuk membeli Sukhoi Su-35 dari Rusia.

          pak Pur yg punya ide pembelian SUKHOI emangnya pak pur yg operasiin tuh pesawat????kok dia yg bisa punya ide???permintaan itu datang dari penggunanya dan pasti TNIAU lah yg punya planing itu semua, TNIAU tetep kekeh pada SU-35. bukankah yg sering serong kiri kanan itu pemerintahnya mengenai pengadaan pesawat pejuang? karena bertubi tubi di lobi eurofighter,dassault&lockheed martin???akhirnya memboyong pesawat juang bekas?????

          saya hargai apa yg dilakukan semua pemimpin dan pemerintahannya dalam pengadaan alutsista. semua demi bangsa. saya bersyukur jika alutsista kita bertambah..

          uda hentikan kekonyolan kalian, jangan jd mental penghasut!

        • Idenya kosmos
          Cintailah ploduk-ploduk dalam negli.

          Produk dalam negri Rusia kalau bagus ya kita cintai. Karena kita belum mampu memproduksi sendiri maka pakai produk yang terbaik dari mana saja.

        • ADA IDE YG 30 TAHUN GA DIEKSEKUSI

      • Peduli setan siapa yang punya ide dan siapa yang beli saya ga urus!!. Selama itu digunakan untuk menjaga kewibawaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, SAYA DUKUNG!!!! Muak saya dengan komen semisal ini

      • @Abyl,punya ide doang sama aja bohong kalo gak mampu realisasikan..itu sama aja hanya sebatas angan angan atau impian, apa hebatnya. kalo dia jadi sales cuma di ketawain direkturnya! karena di dunia ini butuh realisasi bukan sebatas konsep atau planing tapi gak tau mewujudkannya, apa karena terbatas masa kepemimpinan 10th masi kurang. presiden yg yg 4 th kurang aja bisa wujudtin 2 su-27 dan 2 su-30 di tahun 2003 pdhal Indonesia baru merangkak dari krismon!dan gk usa nyinggung penjualan satelit krn penjualan itu berdasarkan ketetapan MPR kesepakatan bersama, karena presiden sebagai mandataris MPR. kalo presiden tidak melaksakan itu maka ia bisa di copot dari posisinya itulah politik bung.

        itu uang triliunan dr pada bikin proyek fiktif hambalang mending buat beli alutsista..

        pemikiran tuh jangan seperti kaca mata kuda!

        saya juga bisa punya pemikiran sehebat pemikiran orang itu. cukup bikin “LIST” tok kabeh juga bisa cok..

        ujung ujungnya molor malah minang 24 barang bekas elbot ckckckck. pdhal uda ditawarkan soft loan 3 milyar$,kenapa tertunda????ini yg jadi pertanyaan apakah karena takut dgn USA!!!! takut kursi empuknya di goyang!! beli 24 elbot tua atau pun elbot viper atau sebaik apapun negara kita,entah memberikan keringanan bagi freepot pun gak bakal tuh dikasi 4 teknologi dasar pesawat experimental.

        nih illustrasinya oran awam spt saya: mau kepasar nanti beli gula seton, beli cabe sekuintal, beli sayur se truck, tp duitnya cuma sejuta. ??mimpi tah???

        salam kecebong

      • mbah pur itu kroninya usa sejak jadi mentri esdm ngurusi freeport. dia biangnya f16 hibah sama herky ex ausie dll. justru dia yg nunda permintaan tni utk akuisisi flanker family. dasar gemblung kowe

        • punya ide beli su-35 kok molor,gk jadi beli! malah jd beli bekas??disitu pertanyaan besarnya?
          dasar pepesan kosong!!

          bukankah begitu Elly..

      • emang kau kira indonesia cuma milik pak purnomo gkgkgkgkgk ngakak guling guling 😀

      • Veak !!
        yang milih pembelian SU-35 itu TNI.
        Menhan cuma memutuskan saja.

      • yg mengkaji ya TNI AU bung sebagai user, Kemenhan hanya menampung dan menyesuaikan anggaran aja, belum tentu jg kemenhan menyetujui
        kaya dulu tahun 90an TNI AU minta mengkaji mirage yg dibeli F-16

  4. Berita yg diulang- ulang

  5. seandainya … Australia hanya membeli 8 unit F-35 …

    • Karena uang ada …
      Kok bisa ada …?
      Karena pemerintah nya bersih …
      Tidak banyak KKN …hukum dan keadilan berjalan Lumayan baik….
      Makanya rakyat nya cukup…sehingga …
      Anggaran belanja Alutsista nya ada dan cukup terus …
      Sedangkan kita ..harus diakui …sebaliknya ..dan tertinggal terus …

  6. Pak joko sekarang dlm perjalanan ke rusia kita DO`A kan saja semoga ada ttd kesepakatan kalo engga ada sudah lah jangan terlalu banyak berharap ini sudah terlalu lama…

  7. Dari kemaren2pun dh pada tau kalo beli sukhoi TU untuk MEMPERKUAT PERTAHANA NEGARA REPUBLIK INDONESIA RAYA TERCINTA…. Tapi kapaaaaan datangnya… #Tabah Sampai Akhir …

  8. siap…teken kontrak…..ok..ok…..

  9. jadiny bungkus brp biji pak?? jangan lupa lontongny pak..

  10. MENUNGGU adalah pekerjaan orang2 yg punya keyakinan,dan setidaknya kita tidak menunggu kereta di terminal bus..#mudah2an tidak di bully xixixi

  11. knp g su-34 je

  12. Ayo tebak-tebakan 8 unit atau 12 unit ?

    Su 35 akan lengkap 1skuadron 2018-2019 sekedar opini ane..

  13. percuma pak jendral kalo cuma 8bijimah

  14. Dari sumber yg tidak ingin disebutkan namanya, pembelian sukhoi akan ada penambahan dlm segi jumlahnya. Untuk efek kejut buat Fans Sukhoi Indonesia(FSI).

  15. Ide pembelian su 35 itu atas kajian dari tni au, bukan menhan. Ngaco itu yg di atas

  16. Ini bukn soal idenya siapa,yg pnting rncnax bukn cm skdr rncana,action yg pnting,jgn cm pncitraan.
    Indonesia sngt membtuhkan su-35 2 skuadron dn s400 4 batalion,klo sdh ad itu kmi warjager bru angkt topi sm pak rr.

  17. Sebenarnya Indonesia Pengen beli Banyak sukoi SU35 tp ada beberapa faktor :
    1. Setiap tahun terdapat update teknologi pesawat tempur, sehingga klw belinya kebanyakan maka kita akan rugi, meskipun pesanan pesawat bisa selesai dalam jangka watu 2-3 tahun, tp teknologi yg dipasang adalah hasil kesepakatan yg pertama dibuat, sehingga update teknologi yg baru tidak masuk hitungan .
    2. Sebenarnya indonesia sangat menginginkan sukoi yg bnyak untuk efek detterent, tp yg perlu dipertimbangkan pula bahwa indonesia sekarang sedang giat-giatnya memulai kemandirian alusista yang termaktup dalam progres kerjasama IFX dengan korea, yg dimana kelancaran proyek itu sangat ditentukan oleh empunya teknologi yaitu USA, sehingga indonesia dituntut utk dpt bekerja sama dengan USA dengan jalan membeli F16 Viper.
    3. ini faktor terakhir yg sangat penting. mau diakui atw tidak bahwa anggaran utk TNI cuman 0,8% dari APBN itupun masih dibagi2 lagi utk operasional, gaji pegawai/tentara dan alusistanya sendiri,, jd jangan harap dapat membeli banyak. jd realistis saja,

  18. BENER DEK ROJALI, YANG MINTA SUKHOI TNI AU SELAKU USER. BUKAN MENHAN RI
    TAPI MASIH KURANG BANYAK, PERCUMA MENGHADAPI PLA, KITA BISA DIGULUNG KATA SUAMI SAYA

  19. Jadi beli su 35 tp next president

  20. Beli SU-35 gak banyak-banyak, kemungkinan cuma 1 skuadron aja. Soalnya susah buat nyatukan data linknya dng produk barat. Sementara sebagian alutsista buatan barat dan TOT barat.
    Dan katanya lg SU-35 yg dipesan gak jd pake diinstall data link standart barat punya.
    Bakalan susah mewujudkan battle management system nantinya.
    Gimana menurut anda Bung B.Stepanus.?

  21. Klo beli ya pasti para negara tetangga… Tapi klo jumlahx… Cari sendiri ya… dokumenx yg bakal di tandatangani jokowi

  22. Sudah dipastikan kita akan menjadi yg terbaik, …………….. atas dasar apa ???
    poros maritim DUNIA, apa gak terlalu muluk , …………….. ???

  23. Bolak balik dekok beritanya dibolak balik tp hslnya gak ada..

  24. Jadi kudu piye jal

  25. http://www.spacewar.com/reports/Jets_for_Jakarta_Part_One_999.html
    Jets for Jakarta: A Whole New Strategic Game For Australasia

  26. Angkat berita dong korsel bangun kasel changbogo 3!!!

  27. Pak Panglima bicara tentang Sukhoi kok dihubungkan dengan relung laut ya ?

    Relung laut itu tugasnya kapal selam Pak.

    Atau Pak Panglima sedang mabuk kecubung ya ? Mau bicara tentang 2 alutsista yang berbeda tetapi dijadikan satu.

    Xixixixixi

    • Saking canggihnya su-35 pak..bisa buat patmar juga…

      • @kuli tembakau

        Pesawat jaguuuuh….buat apa saja bisa bung!!

        Jangankan pespur lawan….kapal perang musuhpun sanggup dijabanin juga dg meluncurkan rudal kh-59 (apa hebatnya….pespur lain juga bisa?)

        Seandainya ada tipe sukhoi-35 double seat, pesawat ini juga bisa difungsikan sbg “Grab Fighter” antar kota-antar profinsi….jauh-dekat tarifnya sama, asal tidak muntah-muntah dipesawat

  28. MASALAHNYA ADALAH….NEGARA NEGARA YG SUKA USIL , SUKA MEMAMERKAN ALUTSISTA CANGGIH KHUSUSNYA PESAWAT TEMPUR TIDAK BISA LAGI BERMAIN MAIN LAGI DI LANGIT UDARA NKRI….APAPUN YG SEKARANG INI MAU DIMILIKI OLEH NEGARA TETANGGA ATAUPUN NEGARA SEKUTU ASU KIRIK YG SUKA RESEH , USIL DAN DARAH TINGGI TIDAK LAGI SEBEBAS SRPERTI JAMAN DULU WAKTU PRESIDEN SBY….WALAUPUN NEGARA NEGARA TETANGGA AKAN MEMILIKI F 35 …MINIMAL INDONESIA SEDIKIT SEDIKIT BISA MENGATASINYA……DISAMPING ITU JUGA UNTUK JAGA KARENA SIMATA SIFIT /RRC/TIONGKOK…MASIH NGILER DAN BERMIMPI KIRA KIRA KAPAN BISA MENCAPLOK NATUNA…..JANGAN PERCAYA DENGAN JANJI RRC UNTUK SAAT INI TIDAK MENCAPLOK NATUNA…..BUKTINYA PULAU SPARTLY DAN PULAU PETBATASAN VIETNAM DICAPLOK…..NKRI HARGA MATI…..PARA JAWARA , PARA MILITAN AKAN SELALU SIAP SIAGA AOABILA RRC COBA COBA MENCAPLOK NATUNA

  29. nyimak aja…… harus nya digadai aja pulau2 saat ini..
    harus nya pak sam juga pak putin ada di pulau kita….

  30. Pokoe yg penting beli mboh iku tuku super tukini to super dede yg penting beli xixixi

  31. Tentu melalui waktu nego yang lama bung, karna yg kita inginkan su 35 s versi militer rusia. . . ujungnya juga di downgrade , su 35 tni vs su 35 pla siapa yang menang ???

  32. koq gwe sering denger Panglima bilang sesuai instruksi Presiden … jadi inget menteri jaman ORBA sopo iku …. Harmoko ….. (semoga panglima kita ini tidak seperti ……. “asal Bapak SENANG “).

    • ahahhahahahhaha payah sekali kmu itu..saya tanya sama kmu siapa pemimpin tertinggi di negara????
      A. presiden
      B. MPR
      C. DPR

      jadi panglima TNI mengikuti intruksi siapa??itu prosedur.

    • Bang” kecebong woles”..ada yg salah dgn statement saya ……..

  33. Tapi tolong sabar ngantri ya untuk pengirimannya su-35 ya kira kira taun2024 lah,soalnya banyak yg pesan duluan untuk memenuhi pesanan angkatan bersenjata mereka sendiri aja belum full,taukan dalam setahun pabrikannya cuman bisa buat berapa?…tapi kalo borongan bisalah di kebut..untuk tanda jadi ya taun 2019 bisalah di kirim 2/4 ekor buat pamer di HUT TNI.edisi sok tau maklum anak jalanan kerjaannya ngelem

  34. Senjata ohh senjata… Kenapa senjatany ya apakah harus …Canggih ?? harus, murah ?? perlu, jumlah banyak ?? Kalo bisa, daya rusak tinggi ?? Yes, bisa dikembangkan ?? Wajib, teknologinya bisa untuk sipil ?? Ohh yes, buatan sendiri ?? Emm buat sendiri masih belum bisa om, terus yang penting beli om tetangganya ganas dan licik licik om… Ya udah nanti saya tarikkan senjatanya kerajaan majapahit ya biar gempa 7 hari 7 malam yang mau ganggu kamu… Xixixixi…

  35. Dan tak lama mbah bowo muncull…genjrengg genjrengggg

  36. Nah tu mbah bowo sekali panggil langsung muncul…joss buat mbah bowo..

  37. Mlm pak “kecebong woles” ….maaf pak ada yg salah dgn statement saya……….

  38. Nah itu masalhnya, harusnya jgn diserahkan ke menhan, hasilnya bertele2 dan jumlahnya tdk sesuai harapan. Salam.

  39. cukup sukhoi family dan IFX saja sbg penjaga langit NKRI, IFX untuk kemandirian dan sukhoi sbg tolok ukur tekhnologi

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)