May 182016
 

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan bahwa pilihan terhadap Sukhoi Su-35 berasal dari kajian dan perencanaan TNI sebelumnya. Berdasarkan kajian tersebut, Sukhoi dianggap mampu memenuhi kebutuhan pertahanan di Tanah Air, sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo agar Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Apa yang dikatakan Presiden, poros maritim dunia. Otomatis laut kita begitu luas dan terbuka. Maka perlu ada pengawasan, setiap relung laut, batas, harus diawasi. Selain itu kalau ada ancaman bisa kita segera atasi. Maka diperlukan alutsista yang terkini dan tercanggih, Sukhoi 35,” kata Jenderal Gatot di Kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/05).

Jenderal Gatot menjelaskan bahwa jet tempur Su-35 merupakan pilihan tepat untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

“Kalau kita punya itu (Sukhoi Su-35), sudah dipastikan kita akan menjadi yang terbaik,” ujar Jenderal Gatot.

Meski demikian, Jenderal Gatot menyebut, TNI tidak turut campur di dalam pengadaan itu. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Pertahanan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa Indonesia berencana untuk membeli Sukhoi Su-35 dari Rusia. Menurutnya, pembelian Su-35 merupakan upaya untuk menjaga keberlanjutan teknologi dari pembelian pesawat Sukhoi model sebelumnya.

Kompas.com

  54 Responses to “Panglima TNI: Su-35 Guna Memperkuat Pertahanan Indonesia”

  1. Critone sukhoi mulek di olak alik ae… kpan tkune…

  2. #sabar menanti…

    #rencana…

    Tunggu yg pasti2 aj…

    Nyimak-nyimik…

  3. Cukup Realistis … semoga berhasil

  4. “Kalau kita punya itu (Sukhoi Su-35), sudah dipastikan kita akan menjadi yang terbaik,” ujar Jenderal Gatot.

    T E R B A I K

    -.-“

  5. Berita yg diulang- ulang

  6. Dari kemaren2pun dh pada tau kalo beli sukhoi TU untuk MEMPERKUAT PERTAHANA NEGARA REPUBLIK INDONESIA RAYA TERCINTA…. Tapi kapaaaaan datangnya… #Tabah Sampai Akhir …

  7. siap…teken kontrak…..ok..ok…..

  8. jadiny bungkus brp biji pak?? jangan lupa lontongny pak..

  9. knp g su-34 je

  10. Ayo tebak-tebakan 8 unit atau 12 unit ?

    Su 35 akan lengkap 1skuadron 2018-2019 sekedar opini ane..

  11. percuma pak jendral kalo cuma 8bijimah

  12. Pesawat rusia gahar ni.,,indonesia hebat pasti bisa beli beli apa saja..tapi kalo buat pesawat tempur sendiri masih jauh..

    Produk LAPAN mana ni nga kelihatan roket ama rudalnya..????

    Smoga bangsa indonesia menjadi negara hebat..mandiri.
    Jangan ada korupsi partai berjemaah ..!!!!

  13. Dari sumber yg tidak ingin disebutkan namanya, pembelian sukhoi akan ada penambahan dlm segi jumlahnya. Untuk efek kejut buat Fans Sukhoi Indonesia(FSI).

  14. Karena uang ada …
    Kok bisa ada …?
    Karena pemerintah nya bersih …
    Tidak banyak KKN …hukum dan keadilan berjalan Lumayan baik….
    Makanya rakyat nya cukup…sehingga …
    Anggaran belanja Alutsista nya ada dan cukup terus …
    Sedangkan kita ..harus diakui …sebaliknya ..dan tertinggal terus …

  15. Ide pembelian su 35 itu atas kajian dari tni au, bukan menhan. Ngaco itu yg di atas

  16. Sebenarnya Indonesia Pengen beli Banyak sukoi SU35 tp ada beberapa faktor :
    1. Setiap tahun terdapat update teknologi pesawat tempur, sehingga klw belinya kebanyakan maka kita akan rugi, meskipun pesanan pesawat bisa selesai dalam jangka watu 2-3 tahun, tp teknologi yg dipasang adalah hasil kesepakatan yg pertama dibuat, sehingga update teknologi yg baru tidak masuk hitungan .
    2. Sebenarnya indonesia sangat menginginkan sukoi yg bnyak untuk efek detterent, tp yg perlu dipertimbangkan pula bahwa indonesia sekarang sedang giat-giatnya memulai kemandirian alusista yang termaktup dalam progres kerjasama IFX dengan korea, yg dimana kelancaran proyek itu sangat ditentukan oleh empunya teknologi yaitu USA, sehingga indonesia dituntut utk dpt bekerja sama dengan USA dengan jalan membeli F16 Viper.
    3. ini faktor terakhir yg sangat penting. mau diakui atw tidak bahwa anggaran utk TNI cuman 0,8% dari APBN itupun masih dibagi2 lagi utk operasional, gaji pegawai/tentara dan alusistanya sendiri,, jd jangan harap dapat membeli banyak. jd realistis saja,

  17. BENER DEK ROJALI, YANG MINTA SUKHOI TNI AU SELAKU USER. BUKAN MENHAN RI
    TAPI MASIH KURANG BANYAK, PERCUMA MENGHADAPI PLA, KITA BISA DIGULUNG KATA SUAMI SAYA

  18. apa hubungannya.?

  19. Jadi beli su 35 tp next president

  20. Beli SU-35 gak banyak-banyak, kemungkinan cuma 1 skuadron aja. Soalnya susah buat nyatukan data linknya dng produk barat. Sementara sebagian alutsista buatan barat dan TOT barat.
    Dan katanya lg SU-35 yg dipesan gak jd pake diinstall data link standart barat punya.
    Bakalan susah mewujudkan battle management system nantinya.
    Gimana menurut anda Bung B.Stepanus.?

  21. Klo beli ya pasti para negara tetangga… Tapi klo jumlahx… Cari sendiri ya… dokumenx yg bakal di tandatangani jokowi

  22. Sudah dipastikan kita akan menjadi yg terbaik, …………….. atas dasar apa ???
    poros maritim DUNIA, apa gak terlalu muluk , …………….. ???

  23. Jadi kudu piye jal

  24. http://www.spacewar.com/reports/Jets_for_Jakarta_Part_One_999.html
    Jets for Jakarta: A Whole New Strategic Game For Australasia

  25. sabar….thn 2019 nanti juga sdh selesai pengembangannya…dan bisa di pakai ke su 35,..
    agar SETARA dengan f 16 v ,f 15 sg,f 18 super hornet…

    ha ha ha

  26. Angkat berita dong korsel bangun kasel changbogo 3!!!

  27. Pak Panglima bicara tentang Sukhoi kok dihubungkan dengan relung laut ya ?

    Relung laut itu tugasnya kapal selam Pak.

    Atau Pak Panglima sedang mabuk kecubung ya ? Mau bicara tentang 2 alutsista yang berbeda tetapi dijadikan satu.

    Xixixixixi

  28. MASALAHNYA ADALAH….NEGARA NEGARA YG SUKA USIL , SUKA MEMAMERKAN ALUTSISTA CANGGIH KHUSUSNYA PESAWAT TEMPUR TIDAK BISA LAGI BERMAIN MAIN LAGI DI LANGIT UDARA NKRI….APAPUN YG SEKARANG INI MAU DIMILIKI OLEH NEGARA TETANGGA ATAUPUN NEGARA SEKUTU ASU KIRIK YG SUKA RESEH , USIL DAN DARAH TINGGI TIDAK LAGI SEBEBAS SRPERTI JAMAN DULU WAKTU PRESIDEN SBY….WALAUPUN NEGARA NEGARA TETANGGA AKAN MEMILIKI F 35 …MINIMAL INDONESIA SEDIKIT SEDIKIT BISA MENGATASINYA……DISAMPING ITU JUGA UNTUK JAGA KARENA SIMATA SIFIT /RRC/TIONGKOK…MASIH NGILER DAN BERMIMPI KIRA KIRA KAPAN BISA MENCAPLOK NATUNA…..JANGAN PERCAYA DENGAN JANJI RRC UNTUK SAAT INI TIDAK MENCAPLOK NATUNA…..BUKTINYA PULAU SPARTLY DAN PULAU PETBATASAN VIETNAM DICAPLOK…..NKRI HARGA MATI…..PARA JAWARA , PARA MILITAN AKAN SELALU SIAP SIAGA AOABILA RRC COBA COBA MENCAPLOK NATUNA

  29. Tak terbantahkan lagi bahwa penggantian F-5 tiger adalah yang paling menyita perhatian para military fanboy. Dulu ketika pesawat Bronco akan diganti Super Tucano tak ada reaksi seheboh ini. Hal itu wajar saja karena beda level dengan Flanker. Su-35 ini pesawat tempur kelas berat yang tergahar di generasinya. Memiliki pesawat sehebat ini tentu akan sangat menyita perhatian militer negara sekawasan.
    Saat ini TNI AU masih memiliki pesawat Hawk pembelian era ’90an. Pesawat2 ini masih akan terus bertugas dalam masa yang masih lumayan lama. Kondisinya masih prima.
    Namun alangkah baiknya jika TNI AU mulai saat ini melakukan pengkajian untuk memilih mana pesawat yang paling tepat sebagai pengganti Hawk, sehingga kelak ketika masa dinas Hawk sudah selesai maka sudah punya pilihan pesawat penggantinya. Ini penting sehingga proses penggantian tidak tertunda berlarut-larut karena kajian yang lama. Belum lagi proses tawar-menawar yang alot.
    Kita berharap, dan yakin tentunya TNI sudah mulai melakukan kajiannya. Dan alangkah eloknya jika rencana pembelian alutsista tidak terlalu diekspos ke media. Kasihan para pemerhati militer sampai kelimpungan gara-gara simpang-siurnya info pembelian Su-35.

  30. Pokoe yg penting beli mboh iku tuku super tukini to super dede yg penting beli xixixi

  31. Tentu melalui waktu nego yang lama bung, karna yg kita inginkan su 35 s versi militer rusia. . . ujungnya juga di downgrade , su 35 tni vs su 35 pla siapa yang menang ???

  32. SABAR…..nanti pengembangan tergeting pot nya akan selesai….tp entah thn berapa..?

  33. Tapi tolong sabar ngantri ya untuk pengirimannya su-35 ya kira kira taun2024 lah,soalnya banyak yg pesan duluan untuk memenuhi pesanan angkatan bersenjata mereka sendiri aja belum full,taukan dalam setahun pabrikannya cuman bisa buat berapa?…tapi kalo borongan bisalah di kebut..untuk tanda jadi ya taun 2019 bisalah di kirim 2/4 ekor buat pamer di HUT TNI.edisi sok tau maklum anak jalanan kerjaannya ngelem

  34. Senjata ohh senjata… Kenapa senjatany ya apakah harus …Canggih ?? harus, murah ?? perlu, jumlah banyak ?? Kalo bisa, daya rusak tinggi ?? Yes, bisa dikembangkan ?? Wajib, teknologinya bisa untuk sipil ?? Ohh yes, buatan sendiri ?? Emm buat sendiri masih belum bisa om, terus yang penting beli om tetangganya ganas dan licik licik om… Ya udah nanti saya tarikkan senjatanya kerajaan majapahit ya biar gempa 7 hari 7 malam yang mau ganggu kamu… Xixixixi…

  35. Dan tak lama mbah bowo muncull…genjrengg genjrengggg

  36. Nah tu mbah bowo sekali panggil langsung muncul…joss buat mbah bowo..

  37. Nah itu masalhnya, harusnya jgn diserahkan ke menhan, hasilnya bertele2 dan jumlahnya tdk sesuai harapan. Salam.

  38. cukup sukhoi family dan IFX saja sbg penjaga langit NKRI, IFX untuk kemandirian dan sukhoi sbg tolok ukur tekhnologi

 Leave a Reply