Dec 282016
 

AgustaWestland, AW101 MK 4 (Foto : Rich@rotorblur –
@RotorRich78)


Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa TNI batal membeli helikopter Agusta Westland 101, yang rencana pembeliannya sudah ditolak oleh Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu.

“Yang jelas saya sudah buat surat untuk pembatalan kontrak, sudah lama (dikirimkan)” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, seperti dilansir Tribunnews.com pada Rabu (28/12).

Terkait kabar pembelian helikopter Agusta Westland 101, Panglima TNI menjelaskan bahwa pihaknya sudah membentuk tim investigasi untuk mencari tahu di mana letak kesalahannya.

“Tergantung tim investigasi (tindak lanjutnya),” kata Jenderal Gatot.

Panglima TNI menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan kepada pihak yang bertanggungjawab dan terbukti melakukan kesalahan.

Sebelumnya, diberitakan bahwa TNI Angkatan Udara tetap membeli helikopter AgustaWestland 101, meski pernah mendapat penolakan Presiden Joko Widodo pada Desember 2015 silam.

Sumber: Tribunnews

https://twitter.com/suparjorohman

  54 Responses to “Panglima TNI Sudah Kirim Surat Pembatalan Pembelian Helikopter Agusta Westland 101”

  1. dapet gak

    • Itulah repotnya di indonesia….. Terlalu byk pertimbsngan alasan hukum dan perundangan sampe2 tujuannya jadi samar. Su35 sdh jadi bukti, wacana lama hingga saat ini tdk ada realisasinya. Biar beli ketenganpun minta tot yg tentunya memberatkan kelangsungan hiduup dan rahasia perusahaan. Terlalu bnyk oranng pintar bah di republik ini, jadi apapun selalu dikaitkan politik, hukum dgn tujuan mementahkan sasaran awal.

    • Knapa selalu tmn2 werjager berprasangka “komisi” setiap ada penolakan atau pembelian yg g sesuai maunya tmn2.. dewasa dikit dung.. komentar yg memalukan.. msh bnyk pejabat yg baik.. buktinya negara kita bs jauh berkembang dr 15thn yg lalu.. kayak org2 yg slalu bilang “pengalihan isu” hahahha.. piss

    • @pelek penyok

      Sama bingungnya dg kenapa sampai tjd lagi polemik jilid 2 antara perwakilan matra pengguna vs (KKIP/kemhan/inhan)….

      Dulu waktu pembelian NC-295 juga terjadi polemik serupa…vs C-27 spartan…lagi2 antara 2 “kubu” diatas.

      Yang patut dipertanyakan adl kenapa rencana pembelian alutsista yang mahal spt ini seperti tanpa melalui perencanaan yang jelas (terlihat dr perubahan permintaan dr VVIP tiba2 bisa mjd SAR, untuk tipe heli yang itu juga), kenapa tidak dilakukan tender/uji terbang heli yang dikompetisikan…..dan tau-tau sudah muncul pilihannya ?

      • Satu lagi yang agak menarik….kali ini kubu awe-awe mengerahkan timses yang cukup “fenomenal” spt ayang konie, ucok-baba dan al-arab yang secara fenomenal menguasai teknologi kedirgantaraan

    • Au ah….

    • Waduh…. Bener kan firasatku ga enak… AgustaWesland harus kasih TOT Yang bener biar lanjut nih pembelian… Kasian salesnya….

    • KSAU SKR INI, PERLU DIINVESTIGASI..DARI DULU NGOTOT HELI AW,….JANGAN2 DAH MASUK ANGIN

      • @pencitraan

        Ane ingat alasan memilih heli VVIP ini, katanya heli ini kabinnya cukup tinggi shg presiden tidak perlu membungkuk kalo masuk kedalam heli.

        Hmmm…berapa sih tingginya pak presiden?

        Ternyata yang dipake buat ukuran, tinggi badannya bu ayang connie yang jangkung dan besar

  2. Barusan mbk Connie bilang kalo PT DI belum mampu buat heli cougar jd TNI AU lebih memilih beli AW101

    • @ayoeng

      Memang betol…gak cuma cougar, tapi nc-295 dan panther juga begitu.

      Tapi bukan berarti PT. DI gak berdaya sama sekali….tipe2 tsb diatas baru diimpor RI utk pertama kali jadi PT. DI belum punya toolingnya.

      Nah kalo PT. DI/kemhan sudah teken kontrak sekian unit dari alutsista tsb sesuai kesepakatan dg airbus baru PT. DI diberi hak…entah lisensi atau memproduksi sendiri komponen2 tertentunya.

      Wkwkwkwkwk, dr kemarin. ada yang getol menuduh PT. DI cuma kebagian ngecat helinya doang….kesian ada yang kebakaran jenggot

    • Tipisan mana dg daster tante…

  3. Hahahaha hihihihi kita gak jadi beli om investigasi om

    • Hahahahihihihi…betul-betul-betul

    • udah ngaak ada uang….haha indonx3….ada kopassus terheabat pon lari naik teksi sambil terkencing dlm seluar,pasukan katak lg la lawan nelayan fipina pon udah takut sampai kapal kena tawan dgn nelayan…jet f16 blok15 aka viper menurut indon ja kepacu terbakar blom sempat berperang…hercules lg la mls la nk cerita…Leopard aja 10unit terkubur dlm store akibat rosak enjin plus ambles n xmampu bli enjin br…kesian kesian kesian

  4. wah gara2 helinya agusta westland pk joko, pk Gatot n pabriknya juga ikut pusing tenan ki rek.trus yg jadi dibeli itu yg mn?
    cinook kagak
    agusta westland kagak
    mi 17 kagak
    sukoi 35 nggk kelar2
    bung patih, bung Pkb, bung Rusky, bung jfs, bung koclok, bung TN,phd.bung jembling ayo biar nggk pusing minum kopi diwarungnya mbah bowo aja naik onta kwkwkwkwk

  5. D cari siapa pak yg mau tggung jawab bayarx klo ada lgsg suruh potong gaji seumur hidup…mef II ada gak list buat pmbelianx nih.
    Berawal dri prencanaan yg kurang tepat outputx psti error…prinsip efektif efisien ekonomisx

  6. Aaaaaaaahhhhh….

  7. jaman pak SBY alutsista banyak dari luar dan alutsista dalam negeri banyak juga. Jaman pemerintah sekarang bingung mau beli apa cuma akhirnya ga jadi dalam pembelian alutsista dari luar negeri

  8. TNI-AU nasib mu kini?????

    • @ryan zae

      Kenapa bung…?

      Padahal matra laut anteng2 aja tuh dg pesanan alutsista buatan industri dalam negri, ato paling enggak dalam wujud TOT , spt PKR, LPD, LST, KCR, kapal tunda, imp-CBG dan juga pesanan CN-235 mpa

  9. mantapp, inilah proses pengadaan alutsista jaman bapak kecil.. berbelit belit

  10. …..>>> AWE

  11. kalo gk keburu dibeli,,kagak mungkin beli yg lainnya.mau,akan,minat ribet melulu.sudah kebeli juga diributin.maunya apa sih pimpinan2 kita.

    • ente gak ngerti masalah -itu aja..

      • Bed bed. Sikap nt msh saja satu warna, monoton dan membosankan : fanatik buta. Sikap ini menjadikan nt tidak bs membedakan mana hitam mana putih, mana benar mana salah, mana kritikan mana celaan. Kasat mata yg bs dipahami dlm mslh ini adalah keinginan pemakai (TNI AU) selalu dipersulit oleh instansi pemerintah terkait (kemenhan). Tak jauh beda dgn pengadaan SU 35 yg menjadi idaman TNI AU. TOT yg tak masuk akal menjadi salah satu dalil untuk mempersulit segala pengadaan.

        • Makanya sama tante aja biar gak monoton

        • @kelong wewe

          Oyaaaa…matra laut gak dibeliin KILO hepi-hepi aja tuh

        • seperti biasa, ente gak ngerti masalah, mis kata2 panglima tni: skema pengadaan harus g-to-g
          jadi yang dilakukan ksau spt apa?

          mabes tni akan membentuk tim investigasi kenapa pembelian terjadi

          baca koran tuh, menurut kkip klo sampai melanggar uu berarti melanggar sumpah jabatan, ujungnya bisa pidana..

  12. Horeee ada sinetron baru dari negeri sendiri………..

  13. Setahu saya AW itu singkatan dari American Warteg (itu lho warung franchise yg jual ayam krispi dan ada simbol beruang pake baju kaus).

    Xixixixi

    Ini semua disebabkan PTDI tidak punya saingan jadi ya gitu deh kinerjanya.

    Coba lihat PT PAL, saingan perusahaan galangan lain banyak jadi kinerjanya bagus.

    Coba kalo PTDI dikasih saingan misal SAAB dan Locheed Martin dan Boeing buka pabrik pesawat di sini, pasti kinerjanya terpacu deh…

  14. sinetron apalagi INI. . emang sebelum beli gak dimusyawarahin dulu?? berani pesan berani bayarlah

  15. 1. Yang jaman dulu itu mengapa kok kelihatannya nggak ada TOT tapi bisa akuisisi ? Sebab nggak ada yg berani protes, kalo protes dilengserkan atau masuk bui karena satu atau lain alasan.

    2. UU yg mewajibkan TOT juga produk yg dulu.

    3. Yang jaman sekarang dan jaman nanti harus ikuti UU sebab patuh UU aja rame yg mencela dan mau melengserkan apalagi kalo pakai gaya ugal2an nggak mau ikuti UU wah pasti nanti lebih rame yg ngegruduknya.

  16. UU Nomor 16 Tahun 2012 … ToT

  17. VESRI MILITER OK, VERSI VVIP NO WAY!!

  18. Para elit d negeri ini banyak yg berkoar, klo memang dalam negri mampu buat,ngapain hrs impor, yg jd pertanyaan heli yg kaya apa yg telah d buat pt DI asli made in indonesia, bell, puma, super puma, cougar? wong cuma numpang rakit doang d pt DI, susah bwt d ajak maju..

    • Lambemu son…son…

      Memang negara maju dekat2 kita spt aaussy dan singapur sdh bisa bikin helikopter?

      Jepang saja melisensi heli…gak bikin sendiri dari nol

    • @indra

      Memang ente kira kalo beli AW bakal dikasi TOT apa….lha wong belinya gak pake pola G to G, belinya satu biji pula ?!!!

  19. Apa Tidak Memalukan itu ?
    Sudah beli ..dipasang logo TNI kok dibatalkan …?? Awas Kena tuntutan hukum …

  20. Lha barang ws di tuku kok di batalna ya duite balik separo harga tha!!! NDAK SAAYANG duite ilang separo?duit milyaran kui..kepriben sirane son

  21. Tes

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)