Jan 052017
 

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menghentikan sementara kerja sama militer dan pertahanan dengan Australian Defence Force (ADF). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membenarkan adanya penghentian sementara kerja sama militer antara TNI dengan ADF.

“Penghentian kerja sama militer antara kedua negara, terkait adanya pelecehan terhadap idiologi Pancasila dan kurikulum pendidikan militer,” ujar Panglima TNI dihadapan awak media, usai memberikan ceramah pada acara Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian, di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (5/1/2017).

“Terlalu menyakitkan dan tidak perlu saya jelaskan di sini, tentang tentara yang dulu, tentang Timor Leste dan tentang Papua yang terus merdeka serta Pancasila yang diplesetkan menjadi Pancagila dengan lima silanya yang tidak benar,” ungkap Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa, penghentian kerja sama militer ini menunggu sampai adanya hasil investigasi dan penyelesaian serta klarifikasi dari pihak militer Australia kepada TNI. “Saya sampaikan bahwa, untuk sementara kerja sama dibidang pendidikan militer dihentikan dulu dan akan kita evaluasi,” ujarnya.

“Saya tidak akan ke Australia, tapi menunggu dari hasil investigasi dan saya berterimakasih atas niat baik Chief of Defence Force Air Chief Marshal Mark Binskin yang telah menyampaikan permohonan maaf dan kemudian mengganti kurikulum Australian Defence Force serta mengadakan investigasi,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Lebih lanjut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa, terkait penghentian sementara kerja sama militer kedua Negara (TNI dan ADF), beberapa waktu lalu Chief of Defence Force Air Chief Marshal Mark Binskin telah mengirim surat kepada saya selaku Panglima TNI terkait empat hal, yang berisikan permohonan maaf, perbaikan kurikulum, akan melaksanakan investigasi dan akan mengirimkan Chief of Army Australia untuk datang meminta maaf dan klarifikasi kepada Kepala Staf Angkatan Darat dan kepada Panglima TNI.

“Saya dengan Marsekal Mark Binskin adalah sahabat, dia adalah teman baik saya, dan beliau sudah mengirim surat kepada saya terkait permohonan maaf tersebut,” ucap Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dihadapan awak media, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menyatakan bahwa bagi militer, idiologi negara adalah hal yang sangat prinsip bahkan prajurit rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan idiologi negaranya. “Dalam pendidikan doktrin militer, bahwa setiap tentara harus sangat mencintai idiologi bangsanya dan setiap prajurit rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk menghadapi apapun juga terkait ideologinya,” ungkapnya.

Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dalam setiap pasukan khusus, doktrin terhadap idiologi harus diberikan secara luar biasa agar benar-benar mencintai negaranya dan kepada musuhnya pun harus di doktrin bahwa dia adalah musuh. “Pada saat melaksanakan tugas operasi, pasukan khusus itu operasinya one way ticket, dia rela untuk itu,” pungkasnya.

Puspen TNI

Artikel Terkait :

 Posted by at 10:36 pm

  135 Responses to “Panglima TNI : “Terlalu Menyakitkan dan Tidak Perlu Saya Jelaskan di Sini””

  1. Pertamax

    • Jangan lembek lagi dengan terlalu buru-buru menerima bujukan normalisasi kerjasama. Harus tegas menolak.

      Awas jebakan hibah !

      Dengan adanya kasus ini seharusnya dapat menguatkan tekad untuk borong 3 squadron Su-35 dan rudal jarakjauh yang mampu menjangkau Canbera.

      • dan j 20 , dan misile dari block china,dan rusia cs

      • terus ormas yg waktu plesetin ideologi negara kenapa gak pernah ditindak sama TNI

        • ormas urusan polisi brow buat nyelidiki dan membereskan.. kl tentara/negara lain masa tukang jamu yg harus ngeladenin. ngerti ora son… ngomong kok asal nguap aja.

          • Lah namanya ideologi dihina sama dalam atau luar tetap harus dibela tanpa pandang bulu dong.
            Kalau gitu knp panglima melakukan pemberhentian kerjasama tanpa berkoordinasi dgn kemenhan selaku perwakilan pemerintah terlebih dahulu?
            Terlepas dr ini semua, saya mendukung sikap pak Gatot Nurmantyo dlm merespon tindakan ausie, bayangkan saja sampai di kurikulum pendidikan militer/doktin mereka dididik utk melecehkan kita.

        • Bule goblok lagi komen..apa bapak lo yg bule merkosa pribumi..? Kalo ada orang pribumi bilang kerja presiden Indonesia jelek, itu nama nya kritik..kalo keturunan lo atau bangsa bule bilang yg sama itu namanya pelecehan..ngapain lo ngurusin dapur gw..sama Aja lo bilang bapak lo pelit,tentu bapaklo yg bule itu ga marah banget..tapi Kalo gw yg bilang,,gimana?

      • – trick sama dengan rooting ideologi israel ke palestina
        – menanamkan kebencian pd potensi ancaman ausi
        – ubah dulu kurikuluk baru maap

      • Terima kasih banyak kepada Australia, semoga pancingan anda bikin anggaran pertahanan lipat empat dari tahun lalu…. 🙂

    • Sangat disayangkan pernyataan pemerintah” putus hubungan dengan Australia hanya bersifat sementara???”Hanya akan menimbulkan besar kepalanya negara australia terhadap hubungan dgn indonesia. Mereka akan memandang Indonesia semakin remeh dan bisa dikerjain dikemudian hari karena biar apapun masalah yang dilakukan Australia terhadap Indonesia penyelesaiannya sangat mudah karena Indonesia sangat memerlukan hubungan baik dengan negara tersebut. Pdhl kalo dilihat dari segi geologi maupun kekuatan, Indonesia harusnya sangat diperhitungkan dan diutamakan dalam hal kerjasama kedua negara. Tapi nyatanya terbalik realitanya ditambah sikap pemerintah yang terlalu membebek dan lembek pada hubungannya dengan australia.

    • Real man….bukan pencitraan….

      semoga ga ada yg koment…kayaknya aussie dipengaruhi fpi…seperti biasa cari kambing hitam….

      # pikiran pasukan nasbung….
      Nasi bungkus…..

    • Kalo gw yg jadi pemimpin udah pasti kelar tu australi. Edisi merindukan pemimpin seperti sukarno & hitler

    • ada video beredar di you tube tentang propaganda navy amerika yang mana mereka mengatakan divideo tsb, kemampuan mereka bisa menguasai pasific. terutama indonesia, search aja di youtube, navy.com

  2. Ini baru Pangab..kami mendukungmu Jendral..Salam “BHINEKA TUNGGAL IKA” JAYALAH NKRI!!!

    • Hahahahaha..ngeri baca karya tulis ilmiahnya Bung.. asli ngakak.. Ostralibesi gak tau diri Bung, tetapi malah di serang simpatisan PDI koplak. Panglima dibilang pencitraan .. untung saya tidak dikasih bebas bawa pistol babe, klo gak ‘DOOOOOOOOOR’ mati tuh .:: anak ayam maksudnya ..xixixixixi..salam kenal Bung..

  3. Nampaknya, ideologi pancasila Kita di lecehkan dan masuk kurikulum pendidikan militer mereka.

  4. Beberapa kali australi bikin ulah, dulu katanya kalo bikin ulah lg kita mau ajak perang…kenapa terus mau aja dilecehkan bangsa lain??.. apa kita ini penakut? Apa bangsa kita tdk bisa melawan??. Apa indonesia diam saja stelah dasar negara kita sangat amat dilecehkan??. Apa kita ga bs bergerak??. Masak negara besar indoensia dilecehkan spt itu kita hanya diam saja??? Mana nyali kita sbg bangsa pejuang???. Mana??? Australia harus kita binasakan, agar jgn ada lg pelecehan thd dasar nefara indonesia yg kita cintai ini….bilaperlu perang!!!, krn nkri harga mati!!!,,

    • Perang alternatif terakhir…lebih baik putus hubungan dplomatik jangka panjang. Nanti akan terlihat negara mana yang memang sangat memerlukan hubungan baik diantara kedua negara. Kalo dilihat posisi strategi dan geografi harusnya Indonesia yang bisa intervensi Australia. Tapi nyatanaya dunia terbalik. Pemerintah seakan tak ada nyali dan taji terhadap usil australia selama ini.

  5. Siap perang Jendral..kita seluruh rakyat kencingin aja tuh OZ biar kebanjiran..ga perlu pake bambu runcing apalg senjata mutakhir.. Ato kirimin weduzz gembel aja Jendral..mendidih nih darah..Salam satu jiwa,satu tumpah darah, satu tanah air dan satu bahasa..”SALAM BHINEKA TUNGGAL IKA” JAYALAH NKRI!!!

  6. karin dimana ya?? dicari tante mirna tuh…xixixixixxixi

  7. mereka udah meminta maaf,
    dan itu ulah oknum, bukan mewakili pemerintah atau negara,
    soo tunggu aja reaksinya gmn..

    • Ulah oknum gmn boss….lha msk kurikulim kok oknum…??

    • Bacanya yg bener bung. Sdh masuk kurikulum masih dibilang oknum?

    • Ya ini begini ini… Baca berita tapi logkanya tdk dijalankan. Penghinaan lewat kurikulum militer msh anggap perbuatan oknum. Pdhl sejatinya itu kesalahan dilakukan secara sistematis instansi miiter, dan itu pastinya ada keteerlibatan pemerintah australia didalam misi dan skenarionya. Pemerintah harus tegas putus hubungan diplomatik jangka panjang sbg sanksi trhdp australia brengsek.

    • yup oknum…
      oknum2 yg menyusun dan kepala pendidikannya sedang di skors..
      tunggu investigasinya. Panglima TNI saja nyuruh nunggu, senopatinya juga nunggu.
      berita nasional di Aus juga ada yg menyiarkan.. pemimpin ADF menyayangkan ulah oknum anggotanya.

  8. Sakitnya tuh di sini…

  9. tarik semua peajurit yg ada di sana jendral.jadikan australia sasaran tembak roket rhan kita.biar mereka tau siapa kita jendral..!! kita cinta damai tpi kita gak takut berperang..

  10. Perang jendral, ayoo dah, siap jendral,

  11. Horeee…. Perangnya sama australia. Gitu dong ributnya ama negara yang agak kuatan dikit seperti australia. Yah minimal china lah. Kalo perang sama australia kan saya bisa ikutan. Jangan beraninya sama malaysia aja, malaysia tuh apaan sih, gak penting banget. Malaysia tuh Nothink. Semoga aja jadi perang.

  12. tentara mereka didoktrin kalau bangsa kita ini primitif dan miskin.pantas mereka ha trima kalau kita lebih ungul.payah…

    • Bukan hanya tentara tapi juga rakyat mereka di doktrin kalau bangsa kita ini adalah ancaman dan primitif. Sudah jelas ini bukan ulah oknum melainkan ulam pemerintah Aus.

  13. Aussie punya destroy bung..
    Ngak ada kapal perang Indonesia yg mampu berdepan apa lagi bisa ngalahi kpl perang ausie.
    Parchim class kalo dikerahkan bisa jadi bahan uji coba rudal terbaru anti kapal yg dimiliki ausie.
    Iya indonesa kuat di negara sendiri.
    Tp diluar atau di laut Indonesia belum jago.
    Pikir pikirin seluasnya.
    Hihihi

    • Ngomong apa nih bocah…!!

    • Entah siapa anda saya tidak peduli,ini soal harga diri bangsa,soal ideologi bangsa. Tidak akan kami biar kan negara manapun menghina itu. Kami adalah bangsa pejuang,bangsa merdeka. Tidak akan kami biar kan negara mana pun merendah kan atau menghina bangsa kami bangsa indonesia..
      Kami bukan negara pesemakmuran yg merdeka pun harus di beri,kami adalah bangsa yg merdeka,dengan darah kami rebut dan kami raih kemerdekaan itu. Jadi ingat baik”,tidak akan kami biar kan negara mana pun menghina atau merendah negara kami,negara indonesia. Sekali pun hanya bermodal nyali dan tekat tetap akan kami lawan. Jadi Ingat itu baik” karna kami adalah negara dan bangsa yg merdeka

    • Ya udah, mereka tinggal serang kita aja kan, soalnya kamu yakin kalo kita bisa di kalahkan sama aushit. Gitu. Gimana. Ya kan, kenapa!! He’em..

    • Ohhh ya, skalian kamu sama keluarga kamu gabung jadi ADF, dan ikut serang kita….oke khaaann..!!!!

      Kita siap menyambut kamu dan ADF serta kapal Distroy nya yg terrkalahkan itu looo..!!!

    • kalo aushit nyerang kesini kmu jangan kabur yh ko

      • Apalah artinya destroyer? Alutsista bejibun kagak akan ada gunanya jika mereka berada di jalan yg salah, tdk perduli kita kalah perang ato seluruh umat bangsa ini mati, setidaknya bangsa ini tdk akan mati sebagai bangsa yg pengecut, bangsa ini tidk akan mati karna menyerang/menginvasi negara/bangsa lain, melainkan membela dan mempertahankan keutuhan dan harga diri bangsa RI, kematian apalagi yg lebih terhormat dari kematian karna membela bangsa dan negara kita?

      • Lebih baik mati berkalang tanah daripada harus menanggung malu

    • Klu gak tau mending duduk manis,indonesia lebih kuat dari apa yang ada dalam otakmu

    • Donkey ini Beruk GAM Malon

    • Ane nggak perduli negara loe & ostrali punya arsenal canggih.silahkan serang kami kalo loe punya nyali….!!!!!

    • lho…dulu sebelum indonesia punya fregat PKR1504 dan sebelum australia punya destroyer….australia menghadapi 3 kapal perang indonesia ….mereka (australia) gugup dan mengerahkan semua kapal mereka, dan memanggil pulang kapal perang mereka yg ada di luar negeri.

  14. Lagi dan lagi terulang kembali. Bahkan yg mengaku sahabat pun tega munusuk dan menghina sahabat nya..
    Salvo RX 450 itung” jadi targer ujicoba rudal nasional. Kan lumayan uji coba real target ..
    Klw masih kurang jauh jajal salvo pake RX 750,lumayan siapa tau klw sukses bisa jadi ICBM nya indonesia tinggal di kasih guild missile aja biar pas kena kepala ..

  15. Dilecehkan sebab suka leceh negara orang hina negara orang memang aneh orang indonesia macam indonesia tu boleh lawan tuhan semua indonesia menang..sebab org indonesia hina malaysia,malaysia kian bangun dendam org malaysia dihina bangsamu..lihat sekarang negara Australia gak suka nanti satu dunia tak suka org indonesia tapi hanya suka pulaunya ja kaya dengan pulau org nya tak sekaya pulau yg indah..sedar lah cukup cukup hina negara lain.dulu gua lihat indonesia bagus setelah kata kata indonesia gua benci sama org indonesia.### malaysia melawan british dengan nyawa .malaysia bukan negara boneka ..

    • Malaysià lawan british dgn ngirim upeti dan askar paling jaguh dunia akherat jadi security istana mama elly.wkwkwkwk

    • @malon.
      Cuba introspeksi Lon, jangan asal gacor. Malon lah duluan yang suka menghina dan merendahkan kami.
      Suka maling, suka klaim, suka nyiksa TKI, suka geser patok, suka nusuk dari belakang.

      Malon sama Aushit sama bejadnya. Mau suka g suka sama Indonesia kita gak nguruus.. masih banyak negara sahabat lain.

    • malay lawan british ya….??? trs menang ga..??? yg enyong tau si malah jadi jongosnya ga tau kalo orang malay jadi jongos tu di angap kemenagan besar… #MIKIR

    • Malon sejak kapan menang lawan british??? Mimpi lo tong.
      Masa iya merdeka tpi kasih jatah ke british? Haha merdeka persemakmuran namanya tong. Berbedalah sama negara Indonesia yg MERDEKA.
      Org lo dluan yg hina negara kami, main klaim wilaya . Klaim budaya, geser patok batas negara.
      Dasar malon ga tau sejarah.
      MALON NEGARA MALING.

    • Eehhhhhmmmmmm heeeeeemmmmmmmmmm,,,uuuhhhh yeeaaahhhhh……
      MALAYSIAAHH TRUULYYYY BUUUUUDAAAAAAKKKK..

      Ayookk Visit BabU country…

    • mana bukti malaysia lawan british dg nyawa dan bukan boneka british…mohon pencerahan gan

      • Jika malaysia merdeka dari british, maka sabah dan sarawak bukan milik malaysia, sabah dan sarawak bisa jadi milik indonesia, bisa jadi gabung dengan brunei, bisa jadi gabung dengan fillipina atau buat negara sulu..

        Karena malaysia mau ikut dengan british, maka sabah dan sarawak di gabungkan jadi satu dalam federasi malaysia oleh british….

    • buhahhahahhahahaha british memberi kemerdekaan pada negara melon..askar melon hanya jd pesuruh pasukan SAS

    • Kalo malon lawan british,knp askar jaguh malon jaga istana buckingham british kah kah kah

  16. pak apa gak kasian sama mbah bowo yg dah menggigil ngebayangin JDAM nya aushit,,,xixixix
    sekali2 kasih pelajaran pak, klo ada dana lebih dr pagu 2016, alki 2 n 3 tutup aja dulu buat latpur

  17. memang menyakitkan pak..!!

  18. maka jika mewujudkan
    Lanud El tari kupang 8 su35 (tipe B)
    lanud Merauke 8 su35 (tipe B)
    tidak akan di protes keberadaannya dengan alasan dan curiga..

    16 September 1999, dimana 2 unit F/A-18 Hornet Australia berhasil di usir oleh 2 unit Hawk-109/209 milik TNI AU.. Hawk saja berhasil,, apalagi SU35 entah bagaimana jadinya..

  19. Ajiiibbb

  20. Itu karena kecemburuan militer australia terhadap TNI kita yang selalu juara umum menembak antar militer di perlombaan tingkat dunia seperti anak tk yang kalah dalam lomba lalu bikin tingkah.jadi militer australia itu tak ubahnya seperti anak tk. Ingin adu tembak secara real sama TNI kita. Mau uji nyali.

  21. hidup indonesia !!! indonesia …!!!! indonesia…!!!!

  22. JANGAN PERCAYA SEPENUHNYA KEPADA MUSUH MUSUH NKRI …TERUTAMA SENYUMAN MANIS YANG DITUJUKAN KE INDONESIA …..SEBENARNYA MEREKA SEMUA ADALAH MUSUH NKRI YANG HARUS DIWASPADAI …..INDONESIA MERASA TULUS DAN SENANG KARENA INDONESIA BISA BEKERJASAMA PERTAHANAN DENGAN AUSTRALIA ….TETAPI INGAT.!!!!!….AUSTRALIA ADALAH NEGARA PANAROID DAN NEGARA YANG SUKA USIL KEPADA INDONESIA…..PERISTIWA LEPASNYA TIMOR TIMUR JUGA KARENA ULAHNYA AUSTRALIA DAN ANTEK ANTEKNYA…..SEKARANG KITA BICARA PAKTA….MENGAPA AUSTRALIA MENEMPATKAN PASUKAN MARINIR AMERIKA SERIKAT DIPULAU KHOKHOS YANG BERDEKATAN DENGAN INDONESIA ( JARAKNYA KURANG LEBIH 475 KM ) DAN SEKARANG AUSTRALIA LAGI MEMESAN KAPAL SELAM CANGGIH DENGAN PERANCIS SEBANYAK 12 UNIT ( NILAINYA 450 TRILIUN ). BELUM LAGI KEDATANGAN PESAWAT TEMPUR F 35…..KALAU SEMUANYA SUDAH TERPENUHI….AKU YAKIN….AUSTRALIA AKAN SELALU MEMBUAT ULAH KEPADA INDONESIA……MAKA SARAN DARI WARJAGER DAN SELURUH RAKYAT INDONESIA……BAHWA…..INDONESIA MAU TIDAK MAU….SUKA ATAU TIDAK SUKA….INDONESIA HARUS MENDATANGKAN PESAWAT PIGHTER CANGGIG SU – 35 BERIKUT RUDAL RUDAL YG MEMATIKAN….DAN JUGA RUDAL PERTAHANAN UDARA CANGGIH S 400 DARI RUSIA…..MENUNDUKAN AROGANSI NEGARA AUSTRALIA DAN ANTEK ANTEKNYA BUKAN DENGAN DIPLOMASI ATAU SENYUMAN…..TAPI DENGAN PENGADAAN PERTAHANAN NKRI YANG GAHAR DAN MENGGENTARKAN…

    • Betul bgt, smpe slr aja blm beli apapun…pemerinyahan yg kurang greget, yakin deh ga lagi2 pilih yg beginian….ekomoni para pebisnis jd seret rejeki, semua di stop, property bangkrut, pungli di babat dan harga2 barang dan pajak semua naik….2019 pilih yg lbh adil aja….males dah pilih2 yg terlalu ketat

    • 1000 kawan kebanyakan…… 1 musuh terlalu sedikittttt…

  23. Kalo begitu…Saya rela ausil dihajar china..
    Hahahahaha…

    Btw Pak Presiden comment apa ya ??

    “Paling mbatin..ausil turunan penjajah belanda – inggris awas koen..timor timur akan ku ambil lagi..”

    Xixixi

  24. Kepala sekolah Passus Negara mengajarkan kebencian terhadap tetangga kepada anak didiknya. Da dibilang cuma oknum? Sejak penempatan marinir US di darwin, pesawat F22 raptor di darwin, perubahan doktrin dan pandangan kebencian Passus SASR terhadap TNI, semuanya memiliki benang merah dengan kepentingan barat terhadap PAPUA. Eksekusinya paling cepet 5 tahun lagi, Saya pikir Pemerintah dan TNI harus memikirkan rencana besar antisipasi yang lebih kuat dari sekedar mengembangkan divisi marinir ke-3 di sorong, komando armada ke-3 dan kostrad.

  25. kalau sja warjagers semuanya jago bhasa inggris dan sering main2 ke thread politik internasional pasti tahu persepsi orang luar terhadap negara dan bangsa indonesia dan pasti nyesek karena sama dgn apa yg di sampaikan pak jenderal.
    propaganda dan ketidaktahuan ditambah lemahnya keinginan utk terus membaca apalagi karena pemikiran sempit disebabkan oleh mbak sarah dan pemikiran asal besok bisa makan,nyicil motor/mobil adalah kunci2 pelemah bangsa.
    rasa nasionalisme harus ditumbuhkan lagi dgn penanaman rasa bela negara dan pelurusan sejarah bangsa serta penguatan kurikulum pancasila yg melemah sejak tahun 90an,

    dan awasi terus kaum sosialis liberal sayap kiri dan para barisan sakit hati yg menghambat pembangunan bangsa.

  26. Ausi pengen papua merdeka wah tidak ada kompromi nih ayo Pak jokowi segera datangkan 3 skuadron su 35,3 skuadron su 30 sm,3 skuadron rafale, batre S 400, buk mk3, pantsir, iskander, topol m, slava class, iver huitfield class,buyan m, lada class, improve kilo class

  27. Gaka ada ruginya kalo dibekukan selamanya, sudah terlalu dan sangat-sangat menyakitkan…..putuskan hubungan dan tarik pulang Dubes dan atase kita disana…. NKRI harga mati.

  28. Gaka ada ruginya kalo dibekukan selamanya, sudah terlalu dan sangat-sangat menyakitkan…..putuskan hubungan dan tarik pulang Dubes dan atase kita disana selanjutnya jangan pernah ada lagi komunikasi dengan mereka, biar mereka tahu dan memang harus tahu ini menyakitkan !!!!…. NKRI harga mati.

  29. hmmm….. ejeeek terus australia… wkwkwk.. kl ga di ejek kebanyakan mikir mau beli yg sangar sangar… yg serem serem… kalo bisa provokasinya agak lebih sadis sedikit…

  30. Elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizzabeth, elizabethn elizabeth. Elizabathtub, elizabuthub, elizabeth,elizabeth, elizabeth, elizabeth, elizabeh, elizabeth, elizabeth…..

    Aushit, aushit. Aushit, aushit, aushit, aushit, aushit..
    The british slave, the british slave, the british slave, the bristish slave…….

    Udah, sudah saya balas pak…!!!!!

  31. kalo sdh msk kurikulum…
    itu sdh bukan oknum lg….!!!!

    Lbh baik putus’kan hubungan diplomatic…
    Soale Indonesia Kita tdk ada rugi & untung’x hubungan dgn Aussies…..
    Ckp sebatas say hello aja….

    Jgn cuma koar” aja…
    HARUS berani utk ber’Sikap & ber’Tindak Tegas & Lugas….!!!!

  32. Goblok banget Australi hina pancasila dikatanya pancagila.

  33. Ideologi di lecehkan dan bangsa ini memaafkan, benar benar “bangsa pemaaf”, dan ketika istri di lecehkan tetangga semoga tidak demikian jawabannya

  34. Wahai Panglima kami, semoga Ridho ALLAH selalu menyertai setiap perjuangan mu. Kami, rakyat Indonesia selalu bersamamu. Merdeka . . . Mereka . . . Merdeka . . .

  35. Putus hubungan militer jangan sementara, putus ya putus…pedot….kapan mau balas pak Panglima? sebelum pulang latihan, harusnya Kopassus bikin balasan, mbok apa kek…tonjok muka mereka atau membakar tempat latihan…pura-puranya inseden tidak sengaja….atau jika perlu meledakan barak militer mereka…juga insiden ndak sengaja….impas, baru pulang ke tanah air. Tahu ndak, ADF itu sebenarnya kelasnya biasa saja, jauuuh di bawah nya Kostrad….atau sekelas dgn Brimob….kalau Kopassus ngajak latihan dgn mereka….rugi beeesaaar bos…costnya mahal, untuk apa latihan dgn mereka? tujuan apa? untungnya apa? malah kita sendiri yg rugi….Indonesia ini punya martabat dan kehormatan, ora sudi ada ADF injak-injak penghinaan yg tidak bisa di toleransi seperti ini…ora usah klarifikasi atau pergi ke sana, buang-buang duit dan tenaga…kalau ke sana boleh asal meledakan barak militer mereka…perang….monggo, kenapa harus takut?

  36. uda saatnya Indonesia membeli
    -9M111M Fagot-M
    -9M113M Konkurs-M
    -9K115-2 Metis-M
    -9M133 Kornet
    -9K34 Strela-3
    -9K38 Igla
    -9K333 Verba
    -2S19 Msta-S 152mm Self-Propelled Howitzer
    -2S35 Koalitsiya-SV 152mm Self-propelled howitzer
    -BM-30 Smerch 300mm Multiple Rocket Launcher
    -9K512 Uragan-1M Universal 220mm-300mm Multiple Rocket Launcher
    -TOS-1 220mm Thermobaric Rocket Launcher
    -OTR-21 Tochka-U / SS-21 Tactical ballistic missile
    -9K720 Iskander-M / SS-26 Tactical ballistic missile
    -ZSU-23-4 SPAAG
    -9K22 Tunguska
    -9K37M1 Buk Medium range SAM
    -S-300V Antey-300 Long-range SAM
    -T-80 Main battle tank
    -BMP-3 Infantry fighting vehicle
    -BTR-90 Armoured personnel carrier

  37. Lo kok temen temen komennya kok agak sedikit nlantur yaa…pantesan komen itu yaa yg positif…gini teman teman ini kan kecewanya atas kegagalannya pihak sono untuk memporak porandakan nkri…coba lihat kasus demo fpi tempo hr ..juga makar yg di lakukan pr bajingan…nah masalah gitu dgn muda jokowi bisa selesaikan dgn cpt…itu sebab nya mereka kecewa jd bikin dong huru hara..udah taukan sapa dalangnya ..eh eh udah ketahuan berkah petunjuk tuhan…makanya sekarang kita tinggal beresin sampanya…fpi hrs di bubarkan ..dan yg 11 orng makar hrs di gantung biar nkri aman…masak indonesia tak berani….

    • Demi negara & bangsa kita.untuk sementara dulu,buang jauh2 segala perbedaan.musuh yg sebenarnya udah kelihatan satu persatu.rapatkan barisan.pemerintah,TNI,POLRI & rakyat harus bersatu.

    • hubungannya dengan FPI opo toh… dasar minoritas koplak..!

  38. Seberapa kali pun dipecehkan Indonesia tidak akan berani sama Australia..jadi Ausy enjoy aj kalau urusan sama Indonesia mah….

  39. Rakyat biasa di RI aja marah, apalagi TNI, adf hrs di beri pelajaran, Bener kata panglima, saakitnya tuh disini… disini….. awas lu aushit.

  40. Ketegangan antara RI dan australia bisa jadi itu merupakan suatu hal yang memang sudah di rencanakan sama australia atau bisa jadi pihak AUS emang kecolongan mengingat yang menemukan hal itu koppasus.
    Disebut kecolongan karena dari pihak AUS:
    1. Gencar meminta maaf kepada indonesia meski cuma lewat surat bahkan menhan Aus mau datang ke indonesia buat minta maaf secara langsung.
    2. ada upaya cuci tangan dimana Aus mengatakan itu “ulah oknum” padahal jelas2 masuk kurikulum.
    3. Jasmerah ingat sejarah di mana AURI pernah berhasil memasuki ruang udara AUS dan menghujani daratan aus dengan kaleng. Kemudian pihak aus menganggap ada ancaman dari utara. Hal ini bisa saja terjadi penanaman doktrin terhadap tentara aus tentang bahanya RI sehingga dalam kurikulum pendidikan nya dan kecolongan ketahuan oleh koppasus

    Bisa jadi hal ini upaya kesengajaan dari AUS untuk:
    1.melihat reaksi indonesia atas peristiwa tersebut
    2.mengukur kekuatan indonesia atas peristiwa tersebut
    3. Poin ketiga ini berhubungan denga poin ke 1 dan 2, yaitu setelah melihat reaksi indonesia dan mengukur kekuatan indonesia juga melihat negara mana saja yang ada di balik indonesia untuk membantu jika pada poin 2 dan dua indonesia memilih emosi dan mengerahkan kekuatannya.
    4. Kemungkinan juga ada hubunganya dengan aksi demo kemarin dan freeport.

  41. ntar latber lagi, tenang indonesia itu pemaaf australala mau lo buat seratus x pelecehan thd nkri juga tetap dimaafkan…..hahahaha maaf edisi sebel, udah tau negara potensial jdi musuh kog asik2 memberikan ilmu apa gak takut ilmu tni di rebut???? apakah ada pihak di nkri yg dibayar utk pelatihan ini???? makanya himbauan untuk masyrakat indonesia dan anggota TNI jangan terbuai dengan PUJIAN karena membutakan, melemahkan kita…kerja keras dan profesional serta cinta tanah air itulah arti dari meneruskan jasa para pahlawan jangan mau di lecehkan stop latber n kerjasama militer dgn cecunguk2 tetangga sprti aus spre malay

  42. Seharusnya peristiwa ini kita jadikan momentum untuk lebih mencintai dan menghargai bangsa dan negara kita terutama ideologi negara kita yaitu pancasila.
    Kita tahu akhir2 ini kita ketahui ideologi bangsa kita(sila ketiga “PERSATUAN INDONESIA”) benar2 di uji secara real dengan beberapa peristiwa:
    1. Perseteruan KMP dan KIH (pemecahbelahan dengan politik)
    2.kasus penistaan agama dan demo besar2an umat islam (pemecahbelahan dengan agama)
    3. Kasus pekerja tiongkok ilegal yang ujung2nya mengarah ke kecemburuan sosial masyarakat pribumi terhadap WNI berketurunan china (pemecah belahan dengan ras)
    Setelah semua itu kini giliran pelecehan pancasila oleh pihak asing.
    Kita tahu dan sadari pemersatu kita adalah Pancasila dan perpecahan kita bisa melalui SARA.
    Maka dari itu ayo kita sebagai penerus para pejuang bangsa dan negara ini, merapatkan barisan utuk saling bahu membahu membantu pemerintah untuk membangun bangsa dan negara dengan menjadi pribadi yang cerdas dan terdidik serta produktif. Kini bukan lagi era dimana kita menuntut semua hal kepada pemerintah dan negara saja tapi kini era dimana kita membantu pemerintah dan negara untuk kesejahteraan kita bersama. Sebagai bangsa indonesia yang pancasilais.
    Mohon maaf kalau ada yang salah.
    Mohon bimbinganya
    Salam dari arek kota majapahit

  43. Sehebat manapun ..dqn sekuat apapun autralia itu tidak ada apa apa nya jk tak punya orng suruhqn di dalqm indonesia…tetapi apakan daya …masyarakan indonesia terlalu cetek tetang persatuan ..merekq dgn gampang nya di buat tipu daya dan di adudomba…apa yg penteng pemerintah hrs ikut jejak duterte..karna sdh banyaknya masarakat sampa di indonesia…dan ini kalau sdh bersih maka sy yakin negara asing akan diam dan tak berani macam macam ini demi nkri…..

  44. ane 100% setuju ama mbah….

  45. Ausy berani karena lebih kuat segalanya dari Indonesia.cukup minta maaf kelar.next dilecehkan lagi minta maaf lagi.
    Kalau papua lepas cukup minta maaf..beres

  46. Untuk kesekian kalinya hati saya remuk redam melihat tingkah laku diluar batas bangsa buangan ini (AUSHIT). Kuping saya panas ketika mereka berkilah bahwa kejadian pelecehan, penghinaan, penyadapan, dukungan bayangan separatis OPM, diluar kontrol mereka. Kepala saya pusing ketika petinggi negara ini malah menormalisasi semua kerjasama paska insiden. Beralaskan kesinambungan ekonomi, pendidikan, devisa pariwisata. Mari saudara sebangsa setanah air Satu kata NKRI harga mati. Dari Sabang sampai Merauke adalah tumpah darah Republik Indonesia. Dapatkan barisan kita terhadap Proxy War negara (ASU, AUSHIT, ELI, FPDA, NATO, ANTEK ASING/ASENG). Pantang untuk kami kesucian bangsa ini mereka hina. Darah kami siap mengucur, nyawa kami siap korbankan untuk tanah leluhur Ibu Pertiwi. (Merdeka)

  47. Sejak pemerintahan Jokowi, sudah beberapa kali kita mengeluarkan sikap tegas kepada dunia internasional.

    Dimulai dari sikap bu Susi menenggelamkan kapal2 asing yang selama ini dengan seenaknya mencuri ikan di laut kita dengan nilai trilyunan rupiah.

    Langkah ini diikuti oleh Menlu Retno Marsudi yang meresmikan konsulat Indonesia di Ramallah Palestina meski dihalang2i Israel. Bu Retno juga menolak permintaan kerjasama dari Saudi untuk membentuk koalisi teroris yang hanya menguntungkan mereka dalam perangnya dengan Yaman.

    Jokowi tidak mau kalah. Ia pun muncul dalam sengketa Natuna dengan China dan mengirim pesan terkuatnya. Ia juga bersikap tegas tetap menghukum mati para pengedar narkoba meski dicecar tekanan dari banyak negara. Indonesia juga bersuara keras pada 6 negara di Kepulauan Pasifik di sidang PBB karena ikut campur masalah HAM di Papua.

    Sri Mulyani menggebrak Google dan Facebook karena mereka tidak mau membayar pajak. Dan tanpa ragu, JP Morgan ditendang keluar dari kerjasama dengan Indonesia karena laporannya menurunkan peringkat Indonesia menjadi negara yang tidak layak investasi.

    Dan yang terbaru, TNI menghentikan kerjasama militer dengan Australia karena menghina Pancasila.
    Ada apa semua ini ? Kenapa kita jadi begitu aktif bersikap di dunia internasional?

    Ini bisa dibilamg pertanda dari kebangkitan Indonesia. Kebangkitan dari lumpuhnya kita selama puluhan tahun dari injakan terhadap harga diri yang hilang. Ingat dulu, begitu mudahnya pesawat asing melewati udara kita dan begitu gampangnya menyadap pembicaraan rahasia di negara kita.

    Sekarang Indonesia berdiri dengan kepala tegak. Ada satu kebanggaan bersama yang dijunjung karena Indonesia sekarang berbeda, menjadi sangat berharga. Tidak ada lagi rasa rendah diri dalam membuat keputusan yang beresiko besar.

    Indonesia selama sepuluh tahun pemerintahan SBY menjadi sangat lemah. Itu karena konsep SBY yang seperti tidak punya perlawanan karena prinsipnya, “thousands friends and zero enemy”. Karena berharap dapat banyak teman dan tidak punya musuh, maka kita diinjek pun mau2 aja. Ditampar pipi kiri, berikan pipi kanan, sorongkan kepala, injek injek deh gua manut ajah..

    Jokowi beda. Prinsipnya, berkawan itu baik selama sang kawan tidak mengganggu kedaulatan negara ini. Karena prinsip inilah, maka seluruh unsur di bawah pemerintahan Jokowi bergerak dengan bebas menegakkan kepalanya..

    Jadi tidak heran ketika kita melihat negara ini seperti seekor singa yang mengencingi batas-batas wilayahnya sebagai pesan kuat, “Jangan pernah coba-coba melewati batas teritorial gua atau lu akan merasakan kerasnya taring gua..”

    Indonesia bersikap. Seperti sikap secangkir kopi yang meski ditambahi berbagai macam elemen di dalamnya, ia tetap dinamakan secangkir kopi. Seruput dulu, teman.

  48. kalau betul harusnya setelah di sanksi secara administrasi, dikirim ke Indonesia kita gebukin rame-rame

  49. klo mau gak di lecehkan kita harus punya alutsista yg gahar, tapi gimana mau beli alutsista gaharrrr, pajak naik dikit aja rakyatnya pada protes xixixi

  50. Aussie udah tau ngak ada alutsista Indonesia yg bisa ngalahkan mereka.
    Soal udara dan laut tetep mereka jauh lebih jago.
    Liat kpl perang aja udah tau .
    Pkr sigma yg paling jago buat Indonesia itu pun masih belum sukses . Masih ompong dan palin cepat pun harus 3 tahun lg baru siap operasional.
    Soal udara pun mereka jauh lebih tangguh .
    Andai Indonesia punya 100 su35 pun belum mampu ngalahkan ausie .
    Apa lagi mereka tau kopassus di latih dan belajar dari mereka.
    Indonesia kalo Mau ditakuti negara barat atau nato maka harus beli alutsista dari China yg buanyak . Ato dari ruski aja dlm semua jenis nya. Kalo masih punya alutsista beli ato hibah dari nato ngak perlu lah rasa haibat segala.
    Nanti diambergo lagi kayak hawk f16 yg nganggur 10 taun .
    Ama British jgn cakap besar nanti nakhoda ragam , hawk, scorpion ,startreak kamu di aniaya lg.

  51. Australia lagi, bosan ah! Cecunguk satu ini selalu saja tdk berhenti berulah!
    Sejak tahun 2013 forum militernya telah dipengaruhi para pemikir paranoid yang selalu menempatkan Indonesia sebagai ” the next greatest threat for the nation”. EMANG SICH masih banyak yang wajar kok. Tetapi “those litle amount paranoid ” sangatlah aktif untuk membangkitkan kebencian kepada Negara kita dan celakanya sel – sel “rusak ini rupanya telah masuk di elit pasukan SAS.
    Semoga kejadian ini membangkitkan kembali “RUH KE-INDONESIAN ” KITA.
    MERDEKA!

  52. Kl bs gw siap deh jd next usman harun

  53. Dosa besar indon pada negara jiran….

    Malaysia : konfrontasi…melakukan keganasan pada malaysia yg dianggap ancaman kedaulatan indon.malaysia yg sedang dlm keadan sukar dgn insurgency komunis,disusahkan lagi dengan serangan/sabotaj pengecut indon..peristiwa kalabakan menjadi sejarah kejahatan tingkat tinggi indon..dimana tentera RAMD yg 100% muslim dibom ketika sedang solat berjemaah….apakah kesalahan malaysia hingga indon sanggup melakukan keganasan seperti itu???

    Singapore : konfrontasi..melakukan keganasan dengan menghantar komando utk mengebom rakyat awam yg punya dosa..tak pernah mengaku salah malah tanpa rasa malu/berbangga dengan keganasan tersebut…itu lah indon..

    Brunei : sabotaj..mendukung/membiayai/melatih gerakan pemberontakan utk menggulingkan raja brunei…apakah dosa brunei pada indon???

    Aceh : pengkhianatan…dukungan yg di beri penduduk aceh ketika menentang penjajah di balas dengan pengkhianatan…aceh dijadikan tempat utk sumber kekayaan pemimpin boneka amerika di jawa..rakyat aceh yg cuma mau autonomi dipandang sepi..bila wujud gerakan merdeka…rakyat aceh di ganyang habis2 tanpa budi bicara…

    1 soalan utk indon…kini lawan sepadan Australia,British & china telah berkali2 menghina & menganggu kedaulatan indon..bilakah indon akan melakukan serangan terhadap mereka??? TAKUTKAH dengan lawan sepadan??

    Kami menunggu aksi anda don…jangan bagi alasan cinta damai kerana kami sudah jelas dengan kejahatan yg pernah dilakukan indon pada negara2 kecil…

  54. Saya baca Bunker di Papua sudah siap. Tapi di Jakarta bunker belum selesai di bor. kalian ribuuut teruus.
    Amankan perbatasan.

  55. Sdh isu luar negri sdh berahir tinggal isu dalaman yg hrs di benahi…berani nya australi karna bobrok nya orng di indonesia …semua rakyat indonesia ingin jd pemimpin .kau lihat bagai mana ragam di indonesia .hampir 2600 ormas tumbu di nkri dan ini belum esok dan thn hadapan kalau ini tak segera di bendung maka nkri akan j warga berkelompok lopok ..dan ini tdk mungkin lama kelamaan akan tumbu jd mafia lalu amat la senang bg orng luar..kau ingat apa yg terjadi di india sekarang pemerasan dan pemerkosaan sering melanda pd masyarakat umum…bisa sj ini akan beralih ke indonesia …australia tak sehebat manapun walau kadang sesekali ngocok nkri…bukti nya di sebelah utara bumi australia bercokol army america….

  56. Gua masih ingat Austroli ada perjanjian fpda dengan siluman.perang aja sama austroli perang gak usah takut negara kecil aja senjatanya gak banyak nkri sudah lengkap..kok askar us bertapak di austroli mereka buat ulah agar kita berperang gitu..austroli selalu merahsiakan senjata cangih merka sperti nuklea

  57. Bangsa indonesia gak bersatu sama lain..yg best sangat warga Indonesia dok dekat malaysia saling bunuh..Kerana tidak sama bangsa apa itu bangsa madura ngn b0yan gua seronok lihat harap besar jertinya indostan tapi bangsa tak bersatu papua pom nak keluar nkri aceh mahu keluar negara yg bangsa yg saling membunuh …gua lihat rumah nya di dalam air kesian deh lihat demo bangso susoh sangop makan orang wakaka aneh ..wau Australia ada nuclear senjata rahsia

  58. suruh pergi pelesir2x bule australi di bali
    biar modar gak bs jalan2x liat alam yang bagus.. maenan sono sm kangguru

  59. Pemerintah memang harus ekstra pertimbangan dalam membina hubungan pertahanan dan keamanan dengan negara seperti Australia dan AS, dari kilas balik kita melihat, Pemerintah maupun petinggi tentara negara tersebut di depan ngomong bagus tapi menusuk Indonesia dari belakang, paling nyata adalah kasus TIMOR TIMUR.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)