Apr 302016
 

Papua – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengunjungi sejumlah pangkalan udara dan laut, di Indonesia bagian timur. Salah satunya melihat dermaga yang masih dalam tahap konstruksi.

Saat disinggung lokasi, serta sudah sejauh mana pembangunan dermaga tersebut, Jenderal Nurmantyo tidak bersedia menjawabnya.? “Tempatnya rahasia,” ujar Panglima TNI di sela-sela kunjungannya, ke Papua, Sabtu (30/4/.2016).

Kendati begitu, Jenderal Nurmantyo sedikit membocorkan peran dermaga rahasia tersebut. Nantinya, dermaga itu akan menjadi markas pertahanan maritim, intelijen, dan tempat kapal selam bersandar.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo meninjau Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Papua Barat, Jumat, (29/4/2016).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo meninjau Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Papua Barat, Jumat, (29/4/2016).

“Untuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,” ujar Panglima TNI.

Sementara itu, dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam. Menurut Panglima TNI, dua unit kapal selam tidak bisa menjaga keutuhan maritim Indonesia bagian timur.

“Kalau kita punya satu kesatuan yang mampu berperang sendiri saja, minimal yang depan itu tiga dan di belakang tiga. Ya minimal enam. Dan itu tidak boleh semuanya keluar. Harus ada yang maintanence. Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya,” ujar Panglima TNI Gatot Nurmatyo.?

Sumber : .Jpnn.com

  91 Responses to “Panglima TNI Tinjau Dermaga Kapal Selam Rahasia”

  1. buat nampung kilo ama armur atau ama produk yunani

  2. Tuuuh kan panglima aja ngomong gitu RAHAAAAAAAA SIAAAAAAA….husssssssst yng penting percaya….kwkwkw

  3. Wes percaya sj dah drpd migrainilir si lomtong antara ada dan tiada

  4. Kayaknya bakal rame ni berita….????

    • panglima ga banting , dibaca lagi โ€œUntuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,โ€ ujar Panglima TNI.
      Sementara itu, dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam.
      2 KASEL kita cakra dan naggala memang ditempatkan di ARMATIM , maka dari itu mereka sering terlihat di palu , makassar , papua , ambon , morotai dll patroli karena ALKI di timur lebih dalam dan sering dilewati kasel asing , ARMABAR yg tanpa KASEL karena agak dangkal dan ramai lalu lintas kapal sipil ,
      ORANG GA PERCAYA KITA PUNYA KASEL , (MEMANG PUNYA) .. dan KITA CUMAN PUNYA 2 KASEL DI ARMADA TIMUR ( cakra dan nanggala ) .. mana yg banting bos

  5. Wwehhh. ..

  6. Manut wae,,,

    • yg namanya armatim kan armada timur markas di surabaya memang ada 2 kasel , cakra dan nanggala .. armabar yg ga punya armada kasel , gitu aja kok repot .. kalo di papua yg jauh di sana ya masuk armatim ya itu tadi cuman punya 2 kasel .. bukan pesimis tetap optimis tapi realistis ….

  7. Indonesia Timur “hanya” punya 2, lahh Indonesia bagian barat yg jd hantu laut siapa Panglima hehehehehehehe. Clue Clue yg membuat blog ini menarik

  8. rahasia kok di omongin…??

  9. Rahasia kok masuk MEDIA

    • @gaplek

      Itu kan wartawannya aja yang nggak bisa nyimpen rahasia,,,,!!

      Udah dibilang rahasia kok masih diblow up juga,,,xixixixixi

  10. …udah,,,Indonesia cuma punya 2 KS, dua di Armabar, dua di Armatim, dan dua-dua lainnya,,,,xxixixi,,, :sambil ngopi, biar ga stress ๐Ÿ™‚

  11. Lha mulai rame kan….

  12. tuchkan 2 operasional…2 maintenance…2 cadangan…anggap aja baru koarmabar Dan koarmatim…berarti ada berapa hayoo???kedepannya butuh 6 kalo war,6-6-6…ada 3 koarma..berarti butuh 54..yah anggap aja..3-3-6… berarti..36…

  13. Banyak Clue dari perkataan Panglima…

  14. Ooooo….maksutnya indonesia punya 2 KS di masing masing propingsi …….waoooooo propingsi kalimantan ada 2 ks sulawesi 2 ks papua 2 ks sumatra 2 ks jawa 2 ks bali 2 ks aceh 2 ks dan masih banyak lagi weleh weleh …..

  15. goib goib.. yang suka goib..Hahaha

  16. Tinggal tunggu bung tukang ngitung tung tung….,ayo munculah, dsini ane udah bakar kmenyan neh..

  17. Pokonya cuman punya 2 kita…wkwkwkwkwk biar ngegara tetangga ga tau klo kita pnya ks….

  18. minta dipecat. Hahaha

  19. bantingan mantab langsung dari panglima

  20. Tes comment,Indonesia cuma punya 2 namun seri kembarnya lebih dari 2

  21. Hah….panglima ada ada saja ,la kan cuma 2…???

  22. Ada yg bilang rahasia kok diomongin?? Rahasia kok masuk media?? Mau tau banget apa mau tau ajaa?? Mang tau lokasinya dimana?? Lupakan apa yg telah anda lihat.. :mrgreen:

  23. Ada yg mau membantah….???

    cecurut2 yg suka mencibir mana nih

    TNI stlong…..

  24. Maksudnya 22 kasel….hahahahaha..

  25. Goreng…. teruss…… ???? ????

  26. Pak gatot lgi jones x mlm mnggu kok ngomong hal2 bgini ksian pak pra jones yg lain jdi ikut komentar kan…ayolah pak

  27. Goreng…. teruss…… ???? ????

  28. Goreng…. teruss…… ???? ????

  29. Digoreng terus neh berita KS …
    Gosong-gosong dah tuh KS

  30. barang goib mulai dibuka sedikit demi sedikit untuk memberi pesan kepada semua negara yg mau macam2 m NKRI.

  31. dibeberapa artikel kok ga kelihatan bung bakulo wajaro n bung trahlor apa mgkin lg operasi senyap.saya doakan semoga bung berdua selalu dberi kesehatan.amin

  32. “Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya”

    kalimat paling nonjok tuh…
    di lautan yg sangat luas cakra nanggala muter2 terus? berarti pas masuk bengkel malah 1 doang yg ronda? atau jangan2 cakra nanggala gak pernah masuk bengkel? soalnya mana mungkin lautan dibiarin kosong ? buset dah… bisa jadi cakra nanggala masuk rekor dunia nih, kapal selam paling kuat di dunia.. buktinya kagak abis2 masa kerjanya ๐Ÿ˜€
    MASIH YAKIN TNI PUNYA DUA UNIT KAPAL SELAM???? buatan taun 80 loh? wekawekawekaweka

    Sebelum ditelan…
    Dikunyah dulu…
    Masih percaya cuma dua dilautan?
    Prihatin banget sama cara berpikirmu ๐Ÿ˜€

    • Cara berpikir anda yg sangat memprihatinkan… Optimis boleh saja tapi harus tetap realistis bos..!!
      Percuma anda berkoar-koar klo tdk punya bukti.. Bicara masalah bukti, pst ujung-ujung nya nunjukin foto kalender editan..
      Muehehe…

      Inilah para JAMAAH yg membuat komentator secerdas bung MELEKTECH meninggalkan forum ini..

      Ghoibiyah..
      Mistiqiyah..
      Menghayaliyah..
      Mimpiniyah..
      Hyperbolaniyah..

    • klu saya yakin bung@cah ngapak itu kasel tahun 80 an msih aktif,cma dijadikan kasel latih am buat selfi bung….hahahaha
      entr klu si changbogo udh berenang disni bru di pensiunkan bung itu kasel thun 80 an,

  33. harus ada yang berteriak bahwa Indonesia kekurangan kapal selam, bukankah makin banyak makin menggentarkan ???

  34. Kek nya panglima sering mantengin warjag neh.. suka yang rahasia2. Ntar ada yang hoex hoex pak. Wekekeke

  35. nyam nyam pak panglima bilang angka depannya 2 tapi dibelakangnya.angkanya 2 digit lagi ya dari 01-99 mantap nkri strong

  36. bacalah dengan cerdas !!

    โ€œUntuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,โ€ ujar Panglima TNI

    masih beranggapan cuma punya 2 kapal selam ?

  37. Mungkinkah, 2 timur, 2 barat, 2 stand by…, jadi 6 kasel dong….,xixixi…
    Lanjutkan Jenderal…

  38. Paling tidak yang dulu ngeyel ndak percaya dengan filosofi standar; operasional, cadangan dan maintenance sudah dijawab panglima. Jadi paparan bung Tukang Hitung sudah benar mengenai hal itu.
    Yang dulu menafikan ada tempat sandar (ingat tempat sandar lho!!) kasel selain di surabaya dan akan halnya palu, bisa mengkoreksi pendapatnya. Bisa saja diikuti penjelasan ini, bahwa publikasi selain ditujukan untuk pesan tertentu, juga menjelaskan ke warga negara bahwa tempat-tempat lain yang serupa fungsinya (bisa) ada juga di kawasan berbeda.
    Semoga menambah sophiticated dunia per-kasel-an. Karena dengan adanya kerjasama pabrikan kasel Jerman, Korea dan Prancis maka wacana (tandingan) bangunan akuisisi kasel australia lebih daripada sekedar menangkal isu agresi China dan ricuh laut China selatan.
    Salam tabik, imho.

  39. diatas india dibawah cina,,,,

  40. Pernyataan Bpk Panglima ini bikin semangat jadi full ya!
    Pangkalan rahasia?! Apa saja dirahasiakan disana ya? hehehe
    Jangan-jangan tiap wilayah kekuatan ada pangkalan rahasianya, top dah!

  41. Kaum yg pny hoby nyinyir kagak berani nongol abis di goreng ampek gosong xixixi…bnr”mantep..

  42. Bu Susi berencana beli kapal selem jg ga ya?
    Hehehehe

  43. Sante Bung….orang yg kayak gitu pada akhirnya akan tersingkirkan dengan sendirinya, baik oleh masyarakat yg menyingkirkan atau Tangan Tuhan…

    Salam Damai Bung

    • sabar bung, di antara jamaah resmiiyah itu ada yang memang ditugaskan untuk tetap menjaga kerahasiaan, tapi sebenarnya mereka lebih tau, mereka dikondisikan untuk menjaga agar kita tidak kebablasan bicara yg justru merugikan pertahanan, mereka pada senyum senyum tu hehe. salam tukang becak, pada narik belum bang hehe..

  44. aduh jendral jangan dibabar habis cluenya.nanti pada mabuk kecubung.cukup 2 aja yg keliatan….ssssstttt goib…goib memang bikin penasaran.salam jamaah goibiyah muhemuhemuhe

  45. Potong bebek angsa
    Masak di kuali
    Nona minta dansa
    Dansa empat kali

    (Sensor) ke kanan
    (Sensor) ke kiri

    Lalala lala lalala la lalaaaa….

    Ups keceplosan

    Ini keceplosan apa sok tahu ya ?
    Nggak tahu tuh tapi tempe … xixixixi

    Bobo lagi aaaaaahhhh…

    • wkwkwkwkkkkk ngelindur nih bung T.N. phd…..jangan jangan mimpi di keroyok hantu laut mbah cakra kali nih…….wkwkwkwkwwkwkwkkkk

      Banguuuuuun bung noh kalkulatornya ada yg nyuri bung…..!!!!!!!

  46. jreng jreng jreng
    ๐Ÿ˜€

  47. bung tukan hitung ikut FB patga gk

    kok kyak bener kayak gk

    kok yg dibicarain seperti dihayalan n mimpiq

    maklum buruh tani TK pnya akses n tak mampu

    mator nuwon oret” e

  48. 2 Kasel mbah cakra class 209 1300
    1 Kasel CB 209 1400 Nagabanda class lagi belajar jalan. lahir di Korsel
    1 Kasel separo jadi CB 209 1400 rencana lahir di Korsel
    1 Kasel CB 209 1400 belon lahir ( rencana di surabaya ) masih disiapin tempat bersalinnya.

  49. 2 Kasel mbah cakra class 209 1300
    1 Kasel CB 209 1400 Nagabanda class lagi belajar jalan. lahir di Korsel
    1 Kasel separo jadi CB 209 1400 rencana lahir di Korsel
    1 Kasel CB 209 1400 belon lahir ( rencana di surabaya ) masih disiapin tempat bersalinnya.
    2 Kasel Kilo dan Amur 950 serta scorpene1000 masih bentuk air….

  50. Mana nih tukang ngitung…
    Beri penjelasan yg realistis dung…
    Rakyat jadi bingung… Apalagi tetangga

  51. Armada tengah lagi dibangun bung!! Dan nanti nya ada arm timur tengah dan barat .

  52. jenderal gatotkoco lambang kebangkitan macan asia,,, gatotkoco tokoh idola bung karno, jauh”hari bung karno sudah tahu klo negara kita akan sangat kuat saat dipimpin sosok yg bernama gatotkoco nurmantyo,,,

  53. KS Indonesia cuma ada 2 nomor saat ini sebelum Nagabanda, yaitu 401 dan 402. di butuhkan 1 unit utk operasional, 1 unit maintenance dan yang polos-polos 1 unit utk cadangan. armada kasel ada barat, tengah dan timur. Jika penempatan di setiap armada itu 401,402 dan polos2 1 unit sebagai cadangan yg tinggal tulis nomor berarti total 9. Jika berdasarkan choke point NKRI yg ada 9 di kalikan 3 berarti minimal butuh 27 kasel 401,402 dan polos2 utk di sebar di 9 choke point.

  54. 5 SU-27 operasi, 5 SU-27 cadangan, 5 SU-27 maincatur ?
    11 SU-30 operasi, 11 SU-30 cadangan, 11 SU-30 mainfutsal ??
    :v total 15 SU-27 & 33 SU-30 = 48 Sukhoi. :v
    puyeng ah..

  55. urusan kapal selam adalah wajib di rahasiakan kita harus percayai itu….
    kayanya ada code mo beli kapal selam lagi nih kalau yang di rahasiakan dulu sudah di buka….

  56. Pernyataan Panglima TNI itu multitafsir.

  57. Bung newbie
    Hsssssttttttt……
    Rahasia…

    Biarlah yg ghoib tetap ghoib bung….
    Lain x coba tanyain typenya aja,apa 214,636,877 ato yg lain..xixixixi
    Btw ngisi minumnya di wil mna bung klo blh tau..??

  58. jangan dibabar bung.. nanti pd muntah2

  59. jdi pengen tau.kira2 skg (2016) indonesia punya brapa KS…ada yg bsa berbagi info ga.

 Leave a Reply