Apr 302016
 

Papua – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengunjungi sejumlah pangkalan udara dan laut, di Indonesia bagian timur. Salah satunya melihat dermaga yang masih dalam tahap konstruksi.

Saat disinggung lokasi, serta sudah sejauh mana pembangunan dermaga tersebut, Jenderal Nurmantyo tidak bersedia menjawabnya.? “Tempatnya rahasia,” ujar Panglima TNI di sela-sela kunjungannya, ke Papua, Sabtu (30/4/.2016).

Kendati begitu, Jenderal Nurmantyo sedikit membocorkan peran dermaga rahasia tersebut. Nantinya, dermaga itu akan menjadi markas pertahanan maritim, intelijen, dan tempat kapal selam bersandar.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo meninjau Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Papua Barat, Jumat, (29/4/2016).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo meninjau Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Papua Barat, Jumat, (29/4/2016).

“Untuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,” ujar Panglima TNI.

Sementara itu, dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam. Menurut Panglima TNI, dua unit kapal selam tidak bisa menjaga keutuhan maritim Indonesia bagian timur.

“Kalau kita punya satu kesatuan yang mampu berperang sendiri saja, minimal yang depan itu tiga dan di belakang tiga. Ya minimal enam. Dan itu tidak boleh semuanya keluar. Harus ada yang maintanence. Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya,” ujar Panglima TNI Gatot Nurmatyo.?

Sumber : .Jpnn.com

  116 Responses to “Panglima TNI Tinjau Dermaga Kapal Selam Rahasia”

  1. buat nampung kilo ama armur atau ama produk yunani

  2. Tuuuh kan panglima aja ngomong gitu RAHAAAAAAAA SIAAAAAAA….husssssssst yng penting percaya….kwkwkw

  3. Wes percaya sj dah drpd migrainilir si lomtong antara ada dan tiada

  4. Kayaknya bakal rame ni berita….????

    • biar jamaah resmiyah wal dongoiyah bin alayiyah bin luguiyah bin malas-iyah bin duite sopoiyah bin otak dangkaliyah.. pada koment..

      lontong lontong lontong… kerahasiaan alutsista strategis diatur dalam undang-undang…
      disini bukan ranah jamaah resmiyah alay yg numpang eksis diformil

      wkwkwkeekeke… (dibanting ama panglima bgmn rasanya) wkwkwkwkwkeekekekekeke…..

      • panglima ga banting , dibaca lagi “Untuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,” ujar Panglima TNI.
        Sementara itu, dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam.
        2 KASEL kita cakra dan naggala memang ditempatkan di ARMATIM , maka dari itu mereka sering terlihat di palu , makassar , papua , ambon , morotai dll patroli karena ALKI di timur lebih dalam dan sering dilewati kasel asing , ARMABAR yg tanpa KASEL karena agak dangkal dan ramai lalu lintas kapal sipil ,
        ORANG GA PERCAYA KITA PUNYA KASEL , (MEMANG PUNYA) .. dan KITA CUMAN PUNYA 2 KASEL DI ARMADA TIMUR ( cakra dan nanggala ) .. mana yg banting bos

        • Kopral kok mbantah jendral,,,kualat luh

        • Perlu di cermati Indonesia bagian timur itu ya Papua,Ambon dll. Beda dengan KOARMATIM. Ada Indonesia bagian timur, bagian tengah dan bagian barat. Maksud panglima adalah di Indonesia bagian timur saja sekarang standby kasel 2.

        • Bung kopral jono.. Komentar anda benar2 cerdas, simpel & jelas..
          Ini komentar terbaik diartikel ini..
          Salam bung..

        • Bung kopral jono.. anda tau dak yg namanya rahasia… klo cakra dan nanggala itu bukan rahasia lgi… orok bru lahir pun tau indonesia punya itu… yg dibicarakan artikel di atas adalah kasel yg di rahasiakan… coba pahami artikel di atas tujuh hari tujuh malam.. bru ngerti anda mungkin…

      • tukang bohong@ apanya yg dibanting mbah? gak ada yg wah dari pernyataan panglima pd artikel di atas, belajarlah baca yg bener ya mbah! salam

  5. Wwehhh. ..

  6. Manut wae,,,

    • yg namanya armatim kan armada timur markas di surabaya memang ada 2 kasel , cakra dan nanggala .. armabar yg ga punya armada kasel , gitu aja kok repot .. kalo di papua yg jauh di sana ya masuk armatim ya itu tadi cuman punya 2 kasel .. bukan pesimis tetap optimis tapi realistis ….

      • bung kopral… tingkat warung pinggir jalan aja pakai pengelaris bung.. kalau mau bertahan hidup harus optimis.. yg pesimis adalah orang tdk berguna.. lebih baik mati dr pada menyusahkan orang lain..
        bicara realistis dan selalu itu yg anda agung2 kan.. serelistis apa anda tau tentang alutsista dunia dan indonesia..sudah pernah lihat dan sentuh sendiri.. kalau hanya sekedar baca saja maaf.. orang yg bikin berita itu saja tdk tau..dan anda sudah sangat menyakininya.. apa kalau yg bikin berita bilang gajah bisa terbang anda jg percaya.. realistis boleh bung.. tp jgn terlalu percaya sebelum anda tau dg mata dan merasakan sendiri.. santai saja jgn terlalu memaksakan..
        maaf pangkat ente masih rendahan.. jd urusan yg rahasia anda belum masuk ke ranahnya.. maaf ya jgn marah.. nanti kalau pangkat ente minimal kolonel jono baru dech boleh sedikit tau yg rahasia.. tp sedikit saja.. kalau pengen banyak jd presiden dulu bung ..
        maaf cuma dpt pesen gitu dr komandan ..

      • masa sih “Kopral” lebih tau dari pada “jendral” masalah alutsista ????

  7. Indonesia Timur “hanya” punya 2, lahh Indonesia bagian barat yg jd hantu laut siapa Panglima hehehehehehehe. Clue Clue yg membuat blog ini menarik

  8. rahasia kok di omongin…??

  9. Rahasia kok masuk MEDIA

    • @gaplek

      Itu kan wartawannya aja yang nggak bisa nyimpen rahasia,,,,!!

      Udah dibilang rahasia kok masih diblow up juga,,,xixixixixi

  10. …udah,,,Indonesia cuma punya 2 KS, dua di Armabar, dua di Armatim, dan dua-dua lainnya,,,,xxixixi,,, :sambil ngopi, biar ga stress 🙂

  11. dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam.

    hanya bagian timur hem????????????????????????????????????????????????????

  12. Lha mulai rame kan….

  13. tuchkan 2 operasional…2 maintenance…2 cadangan…anggap aja baru koarmabar Dan koarmatim…berarti ada berapa hayoo???kedepannya butuh 6 kalo war,6-6-6…ada 3 koarma..berarti butuh 54..yah anggap aja..3-3-6… berarti..36…

  14. Banyak Clue dari perkataan Panglima…

  15. Ooooo….maksutnya indonesia punya 2 KS di masing masing propingsi …….waoooooo propingsi kalimantan ada 2 ks sulawesi 2 ks papua 2 ks sumatra 2 ks jawa 2 ks bali 2 ks aceh 2 ks dan masih banyak lagi weleh weleh …..

  16. Aduh panglima ngehoax ya,menurut rilis cuma 2 kasel kitaaa…..

    Amrik aja yg ngaku transparan juga bungkam kok dg pespur f117 nighthawk dulu hehehehe

  17. goib goib.. yang suka goib..Hahaha

  18. Tinggal tunggu bung tukang ngitung tung tung….,ayo munculah, dsini ane udah bakar kmenyan neh..

  19. Pokonya cuman punya 2 kita…wkwkwkwkwk biar ngegara tetangga ga tau klo kita pnya ks….

  20. minta dipecat. Hahaha

  21. bantingan mantab langsung dari panglima

  22. Tes comment,Indonesia cuma punya 2 namun seri kembarnya lebih dari 2

  23. Hah….panglima ada ada saja ,la kan cuma 2…???

  24. Ada yg bilang rahasia kok diomongin?? Rahasia kok masuk media?? Mau tau banget apa mau tau ajaa?? Mang tau lokasinya dimana?? Lupakan apa yg telah anda lihat.. :mrgreen:

  25. Ada yg mau membantah….???

    cecurut2 yg suka mencibir mana nih

    TNI stlong…..

  26. Maksudnya 22 kasel….hahahahaha..

  27. Goreng…. teruss…… ???? ????

  28. 2=????? ahhh susah dech rasanya tuk nebak arti dr angka 2 klo bini 2 ma tau lah aq namanya poligami hhhhhhaaaaaa!!!!!!!

    • Bung ENCOK PEGEL LINU@ memang susah bung mengartikan angka dua….
      Kalau angka 1 sih udah tau arahnya rekan rekan….
      Ibarat bini 2 jelas poligam,udah g ada babaran lagi….
      Klw bini 1 jadi panjang urusannya,1 bini yg di jakarta,1bini yg di garut,1 bini yg di surabaya,1bini yg di sulawesi,1 bini yg di natuna ,satu bini di kalimantan,1bini yg disorong ….

  29. Pak gatot lgi jones x mlm mnggu kok ngomong hal2 bgini ksian pak pra jones yg lain jdi ikut komentar kan…ayolah pak

  30. Goreng…. teruss…… ???? ????

  31. Goreng…. teruss…… ???? ????

  32. Indonesia bagian timur 2, bagian tengah??? bagian barat ???? terusss yg jaga natuna barapa ??????? xixixixi bikin intel asing pada pusing 😀

  33. Nkri itu negaranya sngt luas jd mau ngumpetin kapal selam berapapun bisa,ngumpetin destroyer,mistral,s300,k club dll..adalah hal mudah apalagi dikirim dr rusianya lwt belakang papua lurus trus ke rusia siberia..bnr kata bung narayana yg skrg jd orang goib ilang entah kmna..

  34. Digoreng terus neh berita KS …
    Gosong-gosong dah tuh KS

  35. barang goib mulai dibuka sedikit demi sedikit untuk memberi pesan kepada semua negara yg mau macam2 m NKRI.

  36. dibeberapa artikel kok ga kelihatan bung bakulo wajaro n bung trahlor apa mgkin lg operasi senyap.saya doakan semoga bung berdua selalu dberi kesehatan.amin

  37. “Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya”

    kalimat paling nonjok tuh…
    di lautan yg sangat luas cakra nanggala muter2 terus? berarti pas masuk bengkel malah 1 doang yg ronda? atau jangan2 cakra nanggala gak pernah masuk bengkel? soalnya mana mungkin lautan dibiarin kosong ? buset dah… bisa jadi cakra nanggala masuk rekor dunia nih, kapal selam paling kuat di dunia.. buktinya kagak abis2 masa kerjanya 😀
    MASIH YAKIN TNI PUNYA DUA UNIT KAPAL SELAM???? buatan taun 80 loh? wekawekawekaweka

    Sebelum ditelan…
    Dikunyah dulu…
    Masih percaya cuma dua dilautan?
    Prihatin banget sama cara berpikirmu 😀

    • Cara berpikir anda yg sangat memprihatinkan… Optimis boleh saja tapi harus tetap realistis bos..!!
      Percuma anda berkoar-koar klo tdk punya bukti.. Bicara masalah bukti, pst ujung-ujung nya nunjukin foto kalender editan..
      Muehehe…

      Inilah para JAMAAH yg membuat komentator secerdas bung MELEKTECH meninggalkan forum ini..

      Ghoibiyah..
      Mistiqiyah..
      Menghayaliyah..
      Mimpiniyah..
      Hyperbolaniyah..

    • klu saya yakin bung@cah ngapak itu kasel tahun 80 an msih aktif,cma dijadikan kasel latih am buat selfi bung….hahahaha
      entr klu si changbogo udh berenang disni bru di pensiunkan bung itu kasel thun 80 an,

  38. harus ada yang berteriak bahwa Indonesia kekurangan kapal selam, bukankah makin banyak makin menggentarkan ???

  39. Kek nya panglima sering mantengin warjag neh.. suka yang rahasia2. Ntar ada yang hoex hoex pak. Wekekeke

  40. nyam nyam pak panglima bilang angka depannya 2 tapi dibelakangnya.angkanya 2 digit lagi ya dari 01-99 mantap nkri strong

  41. bacalah dengan cerdas !!

    “Untuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang gak percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam,” ujar Panglima TNI

    masih beranggapan cuma punya 2 kapal selam ?

  42. Mungkinkah, 2 timur, 2 barat, 2 stand by…, jadi 6 kasel dong….,xixixi…
    Lanjutkan Jenderal…

  43. buat yg mengaku anak negri! anak bangsa besar! anak indonesia!! tapi sllu mencibir! menghina! bahkn menjatuhkan bangsanya sendiri!! lihatlah kalian smua! betapa kuatnya, kokohnya negri ini!! tidak kah kalian sadari?! dgn mnggunkn akal sehat kalian!! inilah fakta terbesar yg perlu kalian tau!! kalo indonesia timur aja hanya di jaga oleh 2 unit ks?! brpa unit ks lg yg blm kalian tau jumlahnya untuk menjga keseluruhan wilayah NKRI TERCINTA INI..!!!

    • Sante Bung….orang yg kayak gitu pada akhirnya akan tersingkirkan dengan sendirinya, baik oleh masyarakat yg menyingkirkan atau Tangan Tuhan…

      Salam Damai Bung

      • sabar bung, di antara jamaah resmiiyah itu ada yang memang ditugaskan untuk tetap menjaga kerahasiaan, tapi sebenarnya mereka lebih tau, mereka dikondisikan untuk menjaga agar kita tidak kebablasan bicara yg justru merugikan pertahanan, mereka pada senyum senyum tu hehe. salam tukang becak, pada narik belum bang hehe..

  44. Paling tidak yang dulu ngeyel ndak percaya dengan filosofi standar; operasional, cadangan dan maintenance sudah dijawab panglima. Jadi paparan bung Tukang Hitung sudah benar mengenai hal itu.
    Yang dulu menafikan ada tempat sandar (ingat tempat sandar lho!!) kasel selain di surabaya dan akan halnya palu, bisa mengkoreksi pendapatnya. Bisa saja diikuti penjelasan ini, bahwa publikasi selain ditujukan untuk pesan tertentu, juga menjelaskan ke warga negara bahwa tempat-tempat lain yang serupa fungsinya (bisa) ada juga di kawasan berbeda.
    Semoga menambah sophiticated dunia per-kasel-an. Karena dengan adanya kerjasama pabrikan kasel Jerman, Korea dan Prancis maka wacana (tandingan) bangunan akuisisi kasel australia lebih daripada sekedar menangkal isu agresi China dan ricuh laut China selatan.
    Salam tabik, imho.

  45. diatas india dibawah cina,,,,

  46. Pernyataan Bpk Panglima ini bikin semangat jadi full ya!
    Pangkalan rahasia?! Apa saja dirahasiakan disana ya? hehehe
    Jangan-jangan tiap wilayah kekuatan ada pangkalan rahasianya, top dah!

  47. Kaum yg pny hoby nyinyir kagak berani nongol abis di goreng ampek gosong xixixi…bnr”mantep..

  48. Bu Susi berencana beli kapal selem jg ga ya?
    Hehehehe

  49. aduh jendral jangan dibabar habis cluenya.nanti pada mabuk kecubung.cukup 2 aja yg keliatan….ssssstttt goib…goib memang bikin penasaran.salam jamaah goibiyah muhemuhemuhe

  50. Potong bebek angsa
    Masak di kuali
    Nona minta dansa
    Dansa empat kali

    (Sensor) ke kanan
    (Sensor) ke kiri

    Lalala lala lalala la lalaaaa….

    Ups keceplosan

    Ini keceplosan apa sok tahu ya ?
    Nggak tahu tuh tapi tempe … xixixixi

    Bobo lagi aaaaaahhhh…

    • wkwkwkwkkkkk ngelindur nih bung T.N. phd…..jangan jangan mimpi di keroyok hantu laut mbah cakra kali nih…….wkwkwkwkwwkwkwkkkk

      Banguuuuuun bung noh kalkulatornya ada yg nyuri bung…..!!!!!!!

    • Bakar kemenyan pasti kurang nih……
      Jadi cuma sing song ….
      Coba Klo banyak…..moga bung Mega Karti dapat ambil calculator nya TN Phd…..xixixi….pis bung

      • Bung Km@ yaaaaaaahhhhh udah di ambil semalam bung sama mega karti kalkulatornya…..xixixixixixiiiiii
        biarin ajah bung T.N phd entar juga nyari’in kalkulatornya bung….
        Salam bung…

  51. jreng jreng jreng
    😀

  52. bung tukan hitung ikut FB patga gk

    kok kyak bener kayak gk

    kok yg dibicarain seperti dihayalan n mimpiq

    maklum buruh tani TK pnya akses n tak mampu

    mator nuwon oret” e

  53. kerangka alutsista indonesia 2015 :

    1/3 operasi (operation)
    1/3 siaga (standby)
    1/3 perbaikan (maintenance)

    nah … karena INDONESIA memiliki 9 CHOKE POINT (menurut deputi BPPT yang tengah mengerjakan proyek kapal selam midget 22 m dan 15 m – bapak Erzi AG – JUN 2013)

    maka setidaknya INDONESIA memerlukan :

    # minimal : 9 x 3 = 27 kapal selam; dibulatkan jadi 28 kapal selam
    (1 CHOKE POINT dijaga oleh 1 kapal selam)

    # optimal : 18 x 3 = 54 kapal selam
    (1 CHOKE POINT dijaga oleh 2 kapal selam)

    #ideal : mungkin 100 kapal selam
    (yang beroperasi cuma 30 kapal selam)

    jika ada pejabat bilang INDONESIA perlu setidaknya 12 kapal selam maka harus ditafsirkan sebagai “12 kapal selam yang operasional” atau harus dibaca sebagai : 24 atau 36 kapal selam

    sebab dengan prinsip 1/3 operasional, 1/3 siaga dan 1/3 perbaikan, jika kapal selam cuma 12 buah, maka jumlah kapal selam yang beroperasi cuma 4 buah … masak cuma 4 ?

    sedangkan jumlah CHOKE POINT nya saja ada 9 buah … mana cukup ?

    RADAR TIMIKA – Komandan kapal selam Letkol Purwanto (APR 2013) :

    “saat ini ada 5 KAPAL SELAM milik INDONESIA yang sedang BEROPERASI dengan kondisi baik”

    terus yang enggak beroperasi ada berapa pak ? … kikikikikikih …

    Komandan Pangkalan Kapal Selam Watu Sampu, Palu, Sulawesi Tengah Kolonel (laut) Yanu Madawanto (FEB 2016) :

    “operasional pangkalan kapal selam akan BERTEPATAN dengan KEDATANGAN kapal selam dari KOREA SELATAN dan RUSSIA”

    hah … ada dari RUSSIA juga ? kapan tanda tangan kontraknya ?

    mungkinkah ini menjelaskan penggunaan kata THE DELIVERY of Varshavyanka dan bukannya TO BUY Varshavyanka di website berbahasa RUSSIA ? … kikikikikikih …

    hmm … kapan pesannya ya ?

    MEGA KARTI menduga (lebih tepatnya ngarep.com) KS Improved Kilo dipesan pada bulan SEP 2013 dan akan dikirim ke INDONESIA pada bulan OKT 2017 bersamaan dengan dikirimnya KS CBG No. 2 dari Korea Selatan

    (PERBANDINGAN : VIETNAM pesan KS Improved Kilo pada bulan DES 2009 dan dikirim pada bulan JAN 2014)

    sejarah mencatat pejabat TNI AL berangkat ke Russia 2 kali yaitu pada bulan SEP 2013 (melihat tawaran 10 KS Kilo bekas) dan bulan FEB 2014 (melihat tawaran hibah 2 KS Kilo bekas – itu juga katanya duta besar Djauhari Oratmangun)

    MAR 2014 : menolak tawaran hibah 2 KS Kilo dari RUSSIA

    abis koar-koar … seperti biasa terus senyap lagi beritanya …

    cuma sotoy mode on … kikikikikikih …

    • IIIIINIIIII DIA YG NYURI KALKULATOR BUNG T.N PHD.

      buuung tukang ngitung phd banguuuuuun bung kalkulatornya di curi sama MEGA KARTI bung……!!!!!!!

  54. 2 Kasel mbah cakra class 209 1300
    1 Kasel CB 209 1400 Nagabanda class lagi belajar jalan. lahir di Korsel
    1 Kasel separo jadi CB 209 1400 rencana lahir di Korsel
    1 Kasel CB 209 1400 belon lahir ( rencana di surabaya ) masih disiapin tempat bersalinnya.

  55. 2 Kasel mbah cakra class 209 1300
    1 Kasel CB 209 1400 Nagabanda class lagi belajar jalan. lahir di Korsel
    1 Kasel separo jadi CB 209 1400 rencana lahir di Korsel
    1 Kasel CB 209 1400 belon lahir ( rencana di surabaya ) masih disiapin tempat bersalinnya.
    2 Kasel Kilo dan Amur 950 serta scorpene1000 masih bentuk air….

  56. Mana nih tukang ngitung…
    Beri penjelasan yg realistis dung…
    Rakyat jadi bingung… Apalagi tetangga

  57. Armada tengah lagi dibangun bung!! Dan nanti nya ada arm timur tengah dan barat .

  58. jenderal gatotkoco lambang kebangkitan macan asia,,, gatotkoco tokoh idola bung karno, jauh”hari bung karno sudah tahu klo negara kita akan sangat kuat saat dipimpin sosok yg bernama gatotkoco nurmantyo,,,

  59. KS Indonesia cuma ada 2 nomor saat ini sebelum Nagabanda, yaitu 401 dan 402. di butuhkan 1 unit utk operasional, 1 unit maintenance dan yang polos-polos 1 unit utk cadangan. armada kasel ada barat, tengah dan timur. Jika penempatan di setiap armada itu 401,402 dan polos2 1 unit sebagai cadangan yg tinggal tulis nomor berarti total 9. Jika berdasarkan choke point NKRI yg ada 9 di kalikan 3 berarti minimal butuh 27 kasel 401,402 dan polos2 utk di sebar di 9 choke point.

  60. 5 SU-27 operasi, 5 SU-27 cadangan, 5 SU-27 maincatur ?
    11 SU-30 operasi, 11 SU-30 cadangan, 11 SU-30 mainfutsal ??
    :v total 15 SU-27 & 33 SU-30 = 48 Sukhoi. :v
    puyeng ah..

  61. urusan kapal selam adalah wajib di rahasiakan kita harus percayai itu….
    kayanya ada code mo beli kapal selam lagi nih kalau yang di rahasiakan dulu sudah di buka….

  62. “Kalau kita punya satu kesatuan yang mampu berperang sendiri saja, minimal yang depan itu tiga dan di belakang tiga. Ya minimal enam. Dan itu tidak boleh semuanya keluar. Harus ada yang maintanence. Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya,” ujar Panglima TNI Gatot Nurmatyo.?

    depan : 3
    belakang : 3

    jadinya : 33 yang maintenance, yang keluar 33 jg dong heheee….. total 66 KS ,,,,, mantab…

    edisi ghoib….

  63. Pernyataan Panglima TNI itu multitafsir.

  64. yg gak percaya ghoib silahkan saya di ralat mohon maaf krn saya cuma bagian narik selang,,,,saya pernah ngisi kri khusus ks waktunya malam,,,dan saya gak terlalu bodoh berapa kali ks harus ngisi bbm pernah kejadian,,,tongkang saya di tugasin ngisi ks no lambung 402 padahal baru kemaren di isi bukan apa2 ngisi ks pekerjaan yg menyebalkan lama banget krn selang kecil dan saya tahu waktu itu menara nya pun berbeda saya membuka obrolan daripd suntuk nanya sama penjaga ttg perbedaan menara dia senyum dan jari telunjuk menyilang di bibir tanda saya hrs diam 7 tahun saya kerja di pengisian bbm khusus kri saya hpal betul bahwa ks 402 itu berlainan menaranya dan itu ada 3 tanda klo saya salah mohon di ralat
    NKRI HARGA MATI,,,,,

  65. jdi pengen tau.kira2 skg (2016) indonesia punya brapa KS…ada yg bsa berbagi info ga.

  66. KASAL Laksamana Marsetio (SEP 2013) :

    “idealnya punya 10 kapal selam hingga AKHIR 2016”

    —————-

    baca: idealnya punya 20 kapal selam hingga akhir 2016 (10 jalan, 10 diperbaiki) – just kidding … kikikikikih …

    cuma sotoy mode on … kikikikikih …

 Leave a Reply