Oct 182013
 
Iveco Superav 8x8. Kendaraan Tempur Amphibi buatan Italia

Iveco Superav 8×8. Kendaraan Tempur Amphibi buatan Italia

Ada keterangan menarik yang disampaikan Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Pindad, Wahyu Utomo, terkait pengembangan Panser Anoa Amphibi, saat pameran Alutsista TNI di Monas Jakarta, awal Oktober 2013. Wahyu utomo mengatakan panser yang akan mereka buat tahun 2015, mampu mengarungi: sungai, danau dan laut. Panser tersebut akan melibatkan kerjasama dengan Italia dan Korea Selatan: “Tahun 2015, panser anoa akan bisa beroperasi di laut dengan teknologi hydrojet. Untuk mendapatkan kemampuan itu, PT Pindad bekerjasama dengan Italia dan Korea Selatan”, ujar Wahyu Utomo.

Jika bekerjasama dengan Italia untuk membuat panser amphibi, kira-kira bentuk Panser Pindad nanti seperti apa ?. Salah satu APC produk Italia yang sedang naik daun adalah Superav 8×8 buatan Iveco Defence Vehicles.

Superav 8×8 dibuat Iveco Defence Vehicles untuk menggantikan 600 unit kendaraan tempur amphibi M113 dari Pasukan Pendarat Angkatan Darat Italia, pada tahun 2010.

Ujicoba di Perairan, Bae-Iveco Superav  8x8 selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

Ujicoba Bae-Iveco Superav 8×8  di air selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

Ujicoba di Perairan, Bae-Iveco Superav  8x8 selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

Ujicoba Bae-Iveco Superav 8×8 di air selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

superav3

superav4

Ujicoba di Perairan, Bae-Iveco Superav  8x8 selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

Ujicoba Bae-Iveco Superav 8×8 di Air selama 12 hari, untuk MPC US Marine, Mei 2013 (photo: BAE)

Superav 8×8 ini menarik perhatian negara lain karena dianggap memiliki mobilitas tinggi dan proteksi superior bagi operasi pasukan militer di medan pertempuran. Kemampuan amphibi Superav 8×8 didukung sistem propulsi waterjet, mampu bergerak 5 km/jam di air di laut hingga level sea II atau dengan ketinggian ombak maksimum 1/2 meter. Superav bisa dilepas, jauh dari garis pantai oleh kapal pengangkut dalam melakukan penyerbuan.

Dengan kecepatan maksimum 105km/jam, kendaraan ini dapat beroperasi sejauh 800 km di daratan atau 64 km di air serta bisa diangkut pesawat transport C-130 Hercules.

Pada Agustus 2011, Iveco Defence Vehicles dan BAE Systems bergabung untuk menawarkan kendaraan platform amphibi bagi US Marine Personnel Carrier (MPC). Dalam kesepakatan itu, Iveco dan BAE Systems mengembangkan kendaraan baru berbasis Iveco Superav 8×8. Kendaraan BAE – IVECO SuperAV 8×8 Marine Personnel Carrier (MPC) itu kini sedang menjalani uji coba di air.

Varian Superav
Fleksibilitas dari disain Superav membuat kendaraan tempur ini dapat dirakit menjadi berbagai varian dari platform yang sama. Hal serupa sebenarnya terjadi juga dengan Patria AMV 8X8 Finlandia, sehingga banyak pihak asing tertarik membeli jenis kendaraan tempur tersebut.

Superav dapat digunakan sebagai: Kendaraan tempur pengangkut pasukan, Kendaraan Anti-Tank, Mortar carrier, Kendaraan Pos Komando, Engineer/ recovery vehicle, serta Ambulans. Dengan mengusung sistem monocoque Superav memiliki dua varian lebar body, yakni 2.7 m serta 3 meter. APC ini mampu menampung 13 pasukan, termasuk supir dan 12 anggota pasukan. Untuk keluar masuk pasukan, tersedia pintu di bagian atas serta bagian belakang APC.

Dengan bobot tempur 24 ton, Superav 8×8 memiliki konfigurasi panjang 7,92 meter, lebar maksimum 3 meter serta tinggi 2,3 meter, dilengkapi peralatan standar: air conditioning system, NBC (nuklir, biologi, kimia) system, pendeteksi api dan kebakaran, suppression system serta central tyre inflation system.

Iveco Superav 8x8

Iveco Superav 8×8

Superav mengusung persenjataan hingga kaliber 40 mm, serta sistem turret/canon, dilengkapi 8 peluncur granat asap. Chasis dan hull-nya dilengkapi sistem proteksi pasif dan aktif untuk menyediakan perlindungan level tinggi terhadap serangan senjata mesin, artileri, ranjau atau pun perangkat peledak buatan IED attacks. Kendaraan ini bisa dipasang lapisan pengaman tambahan (add-on armour kits) untuk meningkatkan proteksi. Kemampuan survival ditingkatkan dengan adanya sistem pemadam api dan anti-ledakan.

Kendaraan ini digerakkan double turbocharged multifuel diesel engine yang menghasilkan tenaga 500-560 hp, dengan gearbox 7 transmisi untuk maju dan 1 untuk mundur. Mesin dan sistem kemudi APC Superav 8×8 turunan dari kendaraan tempur Italia Centauro yang sudah combat proven.

Iveco Guarani 6×6
Iveco Defence Vehicles memiliki varian Kendaraan tempur roda 6×6. Pada tahun 2009, Iveco menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Brasil, untuk memproduksi VBTP-MR (Viatura blindada de transporte de pessoal-médio de rodas) Guarani 6×6 bagi kebutuhan Angkatan Darat Brasil.

VBTP-MR Guarani 6x6 Brasil

VBTP-MR Guarani 6×6 Brasil

Kontrak pertama senilai 119 juta USD ditujukan untuk pengadaan 86 APC Iveco Guarani 6×6. Kontrak ini bagian dari rencana Brasil yang memesan 2044 unit Iveco dalam 20 tahun ke depan dengan nilai kontrak 2,5 miliar Euro. Angkatan darat Brasil membutuhkan sekitar 2000 Iveco Guarani sebagai bagian restrukturisasi Pasukan Mekanis Brasil.

Ujicoba VBTP-MR Guarani 6x6 (photos: CAEx / CECOMSEX)

Ujicoba VBTP-MR Guarani 6×6 (photos: CAEx / CECOMSEX)

Ujicoba VBTP-MR Guarani 6x6 (photos: CAEx / CECOMSEX)

Ujicoba VBTP-MR Guarani 6×6 (photos: CAEx / CECOMSEX)

Guarani_04

Pabrik Iveco yang berada di Sete Lagoas Brasil telah mengirimkan 38 APC Gurani 6×6 untuk Infanteri dan Kavaleri Brazil. Sisa 48 APC Guarani untuk batch pertama akan dikirim bulan Juli 2014. “APC ini diinstal turret yang berbeda , senjata, sensor dan sistem komunikasi ke dalam hull yang sama”, ujar Menteri Pertahanan Brasil, Celso Amorim.

Guarani 6×6 merupakan hasil kerjasama Iveco dengan Angkatan Darat Brasil, untuk membuat kendaraan roda 6×6 amphibi, menggantikan kendaraan tempur Angkatan Darat Brasil (armoured fighting vehicles) EE-11 Urutu dan Cascavel pada tahun 2015.

Apakah Panser Amphibi PT Pindad yang dibangun tahun 2015, merujuk pada Superav 8×8 ,  Guarani 6×6 atau disain PT Pindad ?. Kita tunggu informasinya. (JKGR).

  56 Responses to “Panser Amphibi Pindad dan Iveco Superav”

  1. walau berharap akan hadir Anoa ampibi 8×8, tapi kemungkinan masih yang 6×6

  2. Kalau panser anoa hasil kerja keras pak JK sbg wapres dgn memanggil semua lini, apakah pak boed sbg wapres bisa melahirkan 10×10 ? Kebanyakan 8×8 ???? Saya rasa pematangan PT.Pindad di dlm pengelolaan 8×8 amphibi masih ragu krn tdk didukung dgn jiwa seorg pak JK. Bgmana pun ini tugas berat harus ditanggung bukan dri produsen kita tpi ya pemimpin yg cerdas itu.atw jgn2 cuman pinter bail********* sensooooorrrrrrrrrrrr………..

    • bantu in tulisan mr patton yg ke abisan tinta….. bail= bailout maksudnya kan :) untuk bank century klo ga salah..

      • kalau duit untuk bank century dan abang2 lainnya digunakan buat beli su 35 kira2 dapat berapa biji?

      • Haha,bukan saya yg bilang pak boed tpi bro arta.
        Jiwanya membangun kemandirian produsen alutsista lokal sprtinya sgt kurang. Kalau skedar mendukung sih kite2 rakya indonesia sgt2 mendukung,malah terbukti diforum ini smua pgen TNI kita jadi macan asia lagi, kalo ane sih pgen nya garuda asia,macan asia,naga asia. Biar kedaulatan kita kagak di injek2 sama si malaysia,austral,usa.ya negara2 bermuka dua kayak israel ntu noh.hehehe

  3. pgn nya punya panser baik yg 6×6, 8×8, 10×10 , tapi dapat mengotong minimal rudal /roket SAM anti pespur atau anti helicopter, sample ter inspirasi dari film GI. JOE 1 dimana, pasukan khusus nya membawa mobil lapis baja, namun di atap nya di pasangin rudal SAM anti serangan udara yg membawa 2 -4 rudal…

  4. Bisa atau enggaknya, itu semua tergantung dengan anggaran.
    Pasti bisa kalau dana segar yang dianggarkan sesuai dengan kebutuhan.
    Pasti tidak bisa kalau tidak ada keinginan untuk menganggarkan dana segar nan besar itu…

  5. Kalau jadi Anoa 8×8 semoga dipersenjatai 30 mm + rudal anti tank range > 3 km. jangan ada jendela lagi semua pake priskop dan NV

  6. D.day…02.00 pasukan infantri senjat berat lengkap gab setingkat brigade dgn 100 kendaraan angkut personil…25 pantsir anti serangan udara terbatas 50 mbt leo untuk penyekatan ..banpur altros 10 unit..howitser kh 25 unit..mlrs marinir 10 unit…10 apache…1 skudron su-27 jeroan 35…1 baterai s-300 mobile…5 kilo 1 lada 1 typhoon jaga lcs…6 jam serawak sabah jadi provinsi ke-34 nkri

    • waduh…. persiapan untuk invasi ya …??? hehehehehe :)

    • Hahaha… cukup inspiratif sekali om… Ane daftar duluan kalo dibuka tentara sukarela….

    • Oh iya, bagaimana bila datang bala bantuan dari semenanjung, osi, cocos island dan diego garcia, om??? Gmn skenario nya..??

      Kalo sekali strike ane sih yakin sukses tuh hajatan…..

      • Bakar ladang di riau dan sumatera…2 bateray s-300-400 atau hq di sumatra 2 bateray s-300 di kepri 3 bateray jawa 3 bateray wil.timur s-300-400 hq….kerusuhan di semenanjung malaya…sulu di wil….sabah filipin….8 ks..samudra hindia..4 ks.wil.timur…mobilisasi..wni di asean….penempatan rudal jarak 500 km…..yg di hajar duluan singasu…dgn rudal..200 buah dlm 10 menit pertama….heee..mohon masukan…

        • Setuju om, Yang paling penting ialah menghancurkan komunikasi satelitnya terlebih dahulu, jaringan televisi, dan target2 militer.

          TAPI GIMANA CARANYA, SEDANGKAN TELKOMSEL DAN INDOSAT SAJA SUDAH DIMILIKI SINGAPORNO(SINGTEL).
          TENTU SAJA MEREKA SUDAH MENG-INSTALL PROGRAM TROJAN UNTUK MENYADAP KOMUNIKASI PETINGGI2 SIPIL DAN MILITER RI.

          Apalagi, ALAT2 KOMUNIKASI SEKARANG (HP, TV, LAPTOP, MODEM, IPAD, DLL) ADALAH SEBUAH TROJAN HORSE YANG DAPAT MENJADI MATA TELINGA BAGI YANG MEMBUTUHKANNYA.

          SAYA PUNYA USUL DAN SARAN, AGAR SEWAKTU MEMASUKI MARKAS2 MILITER, KANTOR2 KENEGARAAN, ALAT2 KOMUNIKASI DITINGGALKAN /DISIMPAN DI LUAR YANG JAUH DARI KANTOR, JAUH DARI BAHAYA KEMUNGKINAN TERSADAP TANPA DISADARI.

          Gimana mau rahasia, pas lagi rapatnya ada orang luar juga yang ikut mendengarkan (sambil makan kacang, dan minum segelas kopi, yang mungkin sudah 3 hari belum mandi, sampah kacang berserakan di lantai) melalui HP yang terbawa , TV yang ada di ruangan tanpa kita sadari.

          • Lebih hebat lagi, bila di kantor2 militer dan kantor2 kenegaraan dipasangin jammer, jadi tidak bisa disadap oleh orang2 yang kerjaannya nyadapin orang aja..

    • Sbnrnya pada hasil rancangan PPKI sabah serawak als borneo utara sudah dimasuk kan dlm dftr nkri,terbukti TNKU PGRS dan sukarelawan lainnya dihabisi oleh yg kita kenal dgn nama Kopassus.krn jatuhnya orla bung karno dgn si orba soeharto korup. Andai saja borneo utara nyatu singapura dan si malaysia jadi ciut nyali nya,melihat keberhasilan tentara kita menyatukan kalimantan.nasi sudah jadi bubur deh

    • Walah si gembel mikiran perang terus.
      Makan ajah disuapin…

    • ‘Ngaca dulu deh’ anak SMP aja ngerti (Coboy jr).

      Jika invasi berarti menyebarkan keunggulan ke para tetangga (misal mereka masih primitif, baca-tulis, bertani aja belum bisa) mungkin masih bisa diterima.

      Lha peringkat HDI (human development index) mereka aja jauh di atas kita, berarti kita hanya menyebar penderitaan ke rakyat negara tsb.

      HDI -2013:

      18 Singapore
      30 Brunei Darussalam
      64 Malaysia
      103 Thailand
      114 Philippines
      121 Indonesia

      (Ngurus sepakbola aja kita masih kalah dari mereka…;)

      • HDI, sepakbola dan kemakmuran sama sekali engga ada hubungannya dengan kemampuan militer bro. :)

        Tentu saja, tidak peduli seberapa cepat ekonomi mereka tumbuh, Indonesia secara rata-rata akan tetap jauh lebih miskin dari Singaporno, Malaingsia dan Australia.
        Tapi PDB adalah yang menjadi dasar kekuatan nasional – tidak PDB per kapita.
        PDB Korea Selatan per kepala adalah tiga kali China, tapi tidak ada yang meragukan bahwa Cina adalah negara yang lebih kuat daripada Korea Selatan.
        Sebaliknya Ilusi – bahwa kekuatan nasional tergantung pada GDP per kapita lebih dari pada PDB keseluruhan – adalah hanya salah satu dari banyak cara yang digembar gemborkan Barat, di mana Barat selalu menghindar dari pergesaran distribusi kekuasaan yang terjadi karena negara-negara miskin menjadi kaya.
        Menjadi kaya dan berkuasa tidak lagi menjadi milik Malisia, SIngaporno dan Australia (Barat);
        Kebangkitan Indonesia saat ini hanyalah suatu bagian dari fenomena yang lebih besar.
        Malisia, singaporno, dan Osy hanya akan menemukan dirinya tersadar tepat di saat Indonesia telah jauh meninggalkan mereka., dan takkan terkejar lagi…. ;)

        • Syaratnya Indonesia harus membatasi SDA yg terjual keluar dalam bentuk mentah ( RI sedang menuju kearah situ ) karena klo semua SDA terjual habislah untuk anak cucu. yg kaya ya para pengepul dan pengelola di luar negeri.

          Meningkatkan mutu SDM itu yg sangat penting, klo untuk militernya SDM juga sangat perlu jangan masih konvesional semua mind sett harus berubah, jng masih suka brondong dari hull tank atau panser sedangkan jaman sekarang semua sudah kendali elektronik, semua serba nir awak, musuh pun akan berfikir ribuan kali

          oh ya saya lupa rakyat kita sangat banyak mungkin mati 10 ribu atau ratusan ribu tidak masalah karena cadangannya banyak ( pola pikir tradisional ).

          10 ribu tentara bisa menghabisi ratusan ribu tentara dengan menggunakan teknologi canggih

        • Memang gak ada. Point-nya: jika merasa kemampuan militer kita telah mumpuni, apakah lalu ujug2 merencanakan invasi tetangga A atau B?

          Tujuan TNI adalah untuk menegakkan kedaulatan RI, bukan untuk menghancurkan kedaulatan negara lain !.

          Dan jika merasa kemampuan militer RI telah unggul, masih ada PR untuk mengajar ketertinggalan di bidang2 lain seperti HDI dsb sebelum mengeluarkan biaya ekstra untuk perang…

          • Heran ya bang, anak sekarang pada suka perang2an.. Emang perang enak apa.. Ane yakin klo perang beneran paling pada ikut kloter pertama pengungsian.. Hi hi hi…

          • Iya, apalagi kalau RI punya ICBM, pasti pada gerah kalo gak ditembakkin.

            Perlu nonton The Admiral (tentang commander-in-chief AL Jepang di PD II, Yamamoto)…

  7. Mantap……. kl perlu tambahin lagi … masih ada tuh 2 daerah jadi calon propinsi tambahan NKRI….. Sing.. sm KL xixixixixxixiii

  8. mungkin membidik rencana TNI memekarkan marinir hingga 60k personel. lumayan menghemat banyak devisa hingga $ bisa dialokasikan ke hardware lain

  9. Progress Pindad pada anoa layak di dukung,.. anoa perlu diasah lagi agar lebih tajam… sehingga pengadaan alutsista (MEF) harus mengedepankan produksi dalam negeri… jenis 6×6, 8×8 ataupun 10×10… ini juga sangat penting.. karena kendaraan ini relatif lebih ringan daripada roda rantai,(akan memudahkan dalam memindahkan dr lain pulau).ini adlkebutuhan negara kepulauan seperti kita.

    • Jumlahnya diperbanyak, lantas disebar di daerah2 perbatasan. dan kalo bisa diupgrade supaya bisa menggendong rudal2 3 digit…..

      • Anoa diorder 300 unit sudah disebar ke unit kavaleri, karena anoa cocok untuk berhadapan dengan separatis, tapi klo untuk negara penceroboh ( bhs alay ) harus dihadapi dengan anti tank, SPR + dukungan udara, klo leopard untuk proteksi belakang saja klo untuk serang cepat tidak efektif, perlu dukungan tarantula cs

        • Yupz… setuju bro.. juga tambahan lagi, jangan lupa di install payung udaranya ya.. kalau bisa yang sudah terintegrasi dengan radar VHF buatan rusia/belarusia.
          Pesawat siluman manapun, mirip bebek yang lagi terbang kalo lagi dipantau di layar monitor radar VHF itu..

      • Paling mantap apabila kemampuan panser kita menjadi panser kanon mengusung meriam artileri 105mm 8×8,panser dgn kemampuan rudal Sam. Kemampuan cepat untuk bergerak ini lah yg paling bgus untuk memukul dan menyerbu secepat mngkin.Mudah2an 8×8 yg gagal oleh PT.Pindad bisa diperbaharui ulang mnjdi lebih baik guna melindungi negara kita.Gerak nyata pemimpin negara lah yg dibutuhkan sprti pak jk.

  10. Hebat banget ya mampu “mengarungi sungai, laut dan udara”. Klo emang maksudnya bisa deploy pake pesawat angkut, pesawat apa yg kuat 24 ton sedangkan kita cuma punya hercules..

    • mereka bisa merebut batam untuk dijadikan markas untuk menyerang daerah” lain disumatera, merebut bandara hang nadim untuk dijadikan markas AU, dengan kekuatan militer udara yg canggih mereka bisa melindungi kawasan udara dari pergerakan tank ataupun kapal perang indonesia.

      Untuk mendeploy pasukan, tank dan logistik mereka punya Helikopter chinok sekitar 20an chinook. 2 unit waktu itu dikirimkan untuk bantuan bencana aceh,

      Helikopter chinok bisa mengangkut logistik dan panser.belum lagi kapal perang transport tentunya kapal perang tersebut akan dilindungi dengan kapal perang lainnya termasuk 6 buah KS.

      Jadi bagaimana pun Singapura bisa menyerang bagian barat dr NKRI, Australia bagian selatan bahkan meggempur jawa, sedangkan Malay ikut meyerang bagian utara dengan merebut Kalimantan, Selandia baru akan menyerang sulawesi dan papua.

      Klo alutsista masih ecek” tidak bakal bisa menahan gempuran cepat terutama AU dan AL pasti dibikin rontok dulu klo AD bisa dibantu kekuatan rakyat, perang mmg memakan waktu lama tapi dengan korban jiwa yg sangat banyak dan kerugian pasti ada di NKRI tentunya ini yg tidak kita inginkan.

      • Tenang bro, walaupun mereka unggul dlm hal peralatan.tapi jumlah personil mereka jauh dibawah kita.walaupun peralatan tempur mereka unggul tetep faktor lain msih ada.710km luas singapura klo di invansi hnya lewat tki aja mereka kewalahan.kata dosen dulu dikencingi aja singapura dgn org indonesi tenggelam itu hahaha.diserbu asap aja mereka kewalahan.lagian kita dgn singapura lebih bersahabat dri pada dgn malaysia dan australia.

      • waw? bang joni menggambarkan kondisi indonesia dikeroyok oleh negara2 persemakmuran di sekitar kita ya?
        kalaupun itu terjadi, pasti ada SEBAB yg SANGAT LUAR BIASA sehingga mereka benar2 mau main keroyokan seperti yag bang joni sampaikan.

        kenapa saya bilang “sebab yg sangat luar biasa”?

        dari ke-4 negeri yang bang joni sebutkan tadi, semuanya punya kepentingan yg sangat dalam terhadap indonesia, apapun bentuknya.
        dan secara logika saja, tidaklah mungkin suatu negara dikeroyok ramai-ramai jika sumber masalah bukan berasal dari dalam negeri itu sendiri.
        (kalai tidak krn melanggar aturan internasional, bisa juga menginvasi negara lain atau hal lain yg benar2 kesalahan fatal)

        pertanyaannya, apakah indonesia menurut bang joni punya potensi itu?

        Kalopun indonesia mempunyai alutsista yg bang joni sebut “ecek2″, bukankah saat ini masih sedang dalam usaha penambahan secara kuantitas dan kulitas?

        Kita jangan terlalu silau dengan berbagai jenis alutsista yg dipajang oleh para produsen juga alutsista para tetangga, sehingga mengerdilkan, mencemooh, dan meragukan kemampuan pertahanan kita.

        Saya pribadi masih yakin kalo pisisi kita masih “cukup aman” untuk melapaui batas peperangan besar, kalaupun skalanya sebatas pertempuran masih mungkin terjadi. itupun paling bisa diselesaiakan lewat jalur diplomasi.

      • Kita harus memiliki beberapa unit satuan tempur (10-100 prajurit/unit) yang mampu menjangkau daerah terjauh dari Indonesia di bumi dalam waktu 1 jam.
        Satuan ini tentu memiliki pesawat tempur jarak jauh, pembom jarak jauh, pasukan elit yang tidak takut mati.

        Jika wilayah kita diserang oleh agresor, disamping menghadapi unit yang menyerang, ibukota negara agresor tersebut juga harus kita bombardir dengan bom2 besar. (Meniru AS yang mengebom Tokyo saat PD II)
        Jangan biarkan kematian dan kehancuran hanya terjadi di negara kita.
        Kematian dan kehancuran harus dirasakan juga oleh negara agresor tersebut.
        Kalo disiapkan dari sekarang, minimal dalam jangka waktu 10 tahun kita sudah memiliki unit ini.
        :)

    • La dalah.. Malah ngomongin perang.. Ane konsen disini ” mampu mengarungi sungai, laut dan UDARA”. Khusus yg ane caps lock “UDARA”, apa emang udah masuk rencana beli pesawat angkut yg kuat 24 ton keatas. Klo nggak apa ni panser emang bisa terbang?.. Gitu tok ane nanyanya, dan nggak pake perang2an…

      • iya nih bang arie.. para pengamat sukanya berimajinasi indonesia berperang.
        mbok-yao, yg ga aneh-aneh deh imajinasinya..

      • Salah ketik Bung Wie. Maksudnya superav itu fully amphibi: bisa mengarungi sungai, danau dan laut. Bahkan ada juga yang mengulas bisa sea level 3, berarti sudah berkembang dan bisa menembus laju ombak 1 meter plus.

        Superav didisain iveco agar bisa diangkut C-130 Hercules. Yang jadi persoalan apakah di bobot 25 ton itu, bisa langsung diangkut hercules, atau mereka akan turunkan lagi bobotnya, agar bisa diangkut Hercules….belum lihat google lagi nih ….

        Iya… yang komentar kok banyak jadi ngomongin perang dengan tetangga ya…

        • O gitu to ceritanya.. Pan dulu katanya mo nggarap Terrex bareng Singapore, apa nggak jadi bang..

          Lha itu dia, klo bobotnya segitu ya efisien pake kapal. Tapi emang keren ni barang, tu body Stanag level berapa bang klo boleh tau. Dilihat dari berat mustinya proteksi lebih bagus dari Terrex..

          Pada suka main game perang kayaknya bang. Ane dulu juga suka main sih klo lagi nganggur..

        • Superav stanag 4569 level 4 dengan new ceramic armor. Kayaknya superav juga akan menjadi pemenang MPC USMC, versus Piranha dan Havoc.

          Terrex kan lisensi juga ?. Pernah ada yg komentar

          Soal kerjasama pindad dengan singapura kinetics…kayaknya waktu itu lebih untuk optik dan rcws dari terrex yg akan diupdate ke panser Anoa, terus pindad juga belajar rcws ke belgia.

          Gak tahu apakah prototype rcws pindad sudah diproduksi massal/dipasang ?. Harus ke Pindad dulu nih, atau ada orang Pindad yg bisa kasih informasi ?

  11. panser ???
    coba dilihat2 tu celah roda kalau dimasukin rpg, javelin, ranjau atau sejenis apa nggak geli-geli enak…..
    nggak kebayang rodanya pada lepas :D

    tracked whell nya tank masih lebih menyakinkan……..

    • Semuanya pasti sudah difikirkan oleh yang buat mas…

      Panser modern sangat lincah dan sudah dilengkapi berbagai macam peralatan canggih, semisal anti sniper yang mampu mendeteksi segala macam bentuk ancaman, sebelum mereka menbidik,sudah terdeteksi dahulu dan langsung dieksekusi atau menghindar.

      masalah ranjau, masih ingat si “CASSPIR”, kendaraan anti ranjau yang sudah battle proven, dia beroda, dan teknologinya sudah diaplikasikan di panser modern.

      So…..Jaman sudah berubah, Trend masa depan berada di Panser Roda nan lincah dan murah, dan sedikit Tank Ringan-Menengah Roda Besi

      Sedang MBT nan berat dan Heavy-Cost sudah saatnya dikandangkan atau di jual “OBRAL”

      • bung melektech, klo menurut saya, semua saling mengisi, jadi medium tank terus light tank sampe panser roda dengan heavy tank / MBT, saling membutuhkan diliat situasi dan kondisi.
        Mungkin klo untuk latihan rutin dan patroli cukup panser dan light tank maksimal medium tank. Juga latihan perang kota, atau latihan yg perlu mobilitas tinggi yg harus bisa diangkut oleh pesawat sekelas hercules. untuk mobilitas kavaleri tempur untuk mendukung ifanteri memang perlu lapis baja yg lincah, modern dan canggih. Solusinya salah satunya adl panser modern.

        Sedangkan MBT turun kalo benar2 situasi sudah mendesak untuk perang, terutama perang kovensional. MBT head to head dgn MBT lawan misalnya. Wlo hal itu sudah jarang tefjadi. MBT canggih bisa menaikkan moral tempur bagi pasukan. Negara negara maju yg sudah punya byk MBT, mereka tetap menyimpan di gudang2 masing yg kelebihan dijual tapi mungkin diganti yg lebih maju, tapi intinya mereka tdk mungkin membuang semua aset tempur kelas beratnya yaitu MBT. Mereka juga membutuhkan yg medium untuk mobilitas tempur.
        Tapi dgn indonesia sudah punya MBT untuk angkatan darat sudah memiliki nilai tawar tersendiri, diluar mlrs atross, meriam caesar, apache, fennec dll

        Ibarat kayak konsep TNI AU, yang mempunyai medium fighter yaitu F-16 yg nantinya byk digunakan untuk patroli/peronda keliling nkri, sedangkan heavy fighter yaitu sukoi su-27/30 sebagai pemukul /intercept (ada efek deterentnya)
        Terima kasih

        • MBT (Main Battle Tank) = Apakah wajib diatas 50 ton ????
          Heavy Fighter = Apakah harus Guuuuweeede kayak si Sukro ???
          itu konsep kuno

          Jaman sekarang adalah nano teknologi, Sekarang jamannya minimalis, kecil namun mematikan.
          Handphone aja sekarang hanya sebesar jam tangan, bisa lihat video, bisa denger lagu, dan bisa apa saja.

          kalau dulu perangkat komunikasi di dalam MBT seberat 100 kg, sekarang hanya 1 kg saja,
          kalau dulu Computer di MBT seberat 50kg, sekarang hanya beberapa gram saja.
          kalau dulu Armory per blok seberat 10 kg, sekarang hanya 2 kg saja dengan kekuatan 3 kali lipatnya.
          Dll……

          Bukan tidak mungkin MBT masa depan berat tempurnya hanya sekitar 30 ton saja, dan hal ini sudah dimulai.

          • Iya kayak rancangan terbaru BAE System itu yak..kurang lebih segede marder dengan meriam 120mm. Wow keren :)

      • Bung Melektech mohon share pencerahannya terhadap pernyataan “Panser modern sangat lincah dan sudah dilengkapi berbagai macam peralatan canggih, semisal anti sniper yang mampu mendeteksi segala macam bentuk ancaman, sebelum mereka menbidik”

        Teknologi macam apa yg diterapkan, canggih betul kalau bisa antisipasi sniper segala, krn kalau senjata sniper kan melekat langsung pada orang dan sniper bergerak atas dasar pikiran manusia lsg, bagaimana caranya mendeteksi pergerakan tsb, mohon maaf jika ini pertanyaan bodoh, mohon pencerahannya.

        • Teknologi ini sudah lama mas, tahun 80-an sudah ada, bahkan konsepnya sejak WW-2, coba tanya ke mbah google aja, “Anti Sniper Device”

          kalau sekarang tambah sangat canggih, peralatan yang dulu hanya ada di pilem-pilem sekarang sudah jadi kenyataan, bahkan denger-denger di DARPA sudah ada pembidik seperti di Filmnya “ERASER”, sehingga tidak ada lagi tempat untuk bersembunyi

      • Dalam perspektif AS yang melantik diri sendiri sebagai Globo-Cop, waktu mobilisasi kekuatan darat untuk Perang Teluk yang 185 hari dinilai tidak memuaskan. Mereka lalu ingin melakukan restrukturisasi terhadap AD agar bisa mengirim 1 brigade tempur ke titik manapun di dunia dalam 96 jam, 1 divisi dalam 120 jam dan 5 divisi dalam 30 hari.
        Dalam konteks fast-to-the-scene 911 force tsb, M-1 Abrams dirasakan sebagai beban, hanya bisa 1 unit sekali angkut dengan C-5 / C-17.
        Perang masa kini adalah konflik kecil regional yang timbul dengan cepat dan berakhir dengan singkat juga, a weapon that can’t arrive in time for the battle isn’t really a weapon at all.

        KSAD Gen. Eric Shinseki (1999 – 2003) ketika baru menjabat langsung menyatakan bahwa MBT adalah masa lalu dan US Army akan melakukan transisi menjadi kekuatan tempur yang lebih ringan.
        Tapi penggunaan luas IED pada perang Irak (2003) dan Afghanistan memaksa AD AS untuk menambahkan ‘tons of armor’ pada ranpur non-MBT, dengan mengorbankan kecepatan dan mobilitas off-road.
        Ujung2nya CLBK pada MBT, kata Col. Rocky Kmiecik “We are looking at going back and achieving that balance among protection, mobility and lethality”, alias keseimbangan yang ditawarkan oleh MBT.

        Maka upgrade dilakukan terhadap M1A1/A2 dengan kit TUSK (tank urban survival kit) dan Common Remotely Operated Weapons Station (CROWS)
        http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/91/OCPA-2005-03-09-165522.jpg

        AD AS mengantisipasi M1A1 akan bertugas hingga at least 2021, dan M1A2 melewati 2050. Sementara M1A3 masih berada dalam tahap awal desain, diharapkan akan combat-ready by 2018 or 2019.
        http://www.cotsjournalonline.com/files/images/556/cots1005sf_lead1_large.jpg
        Menurut tabel diatas, M-2 Bradley yang akan dipensiun karena armor-nya dinilai kurang, tapi nasib penggantinya (GCV) sedang gak jelas akibat pemotongan anggaran militer AS.
        Untuk kecepatan penggelaran skala brigade, tetap akan mengandalkan pada Stryker Brigade Combat Team, sementara M-1 berada di Heavy BCT.

        Walaupun bukan polisi dunia, TNI sepertinya perlu juga mengkaji waktu yang dibutuhkan Leo yang berpangkalan di Jawa, jika ada MBT jenis lain nyelonong di perbatasan Kalimantan (seandainya 50an Leo memang bakal ‘prepositioned’ di sono, ya baguslah).

    • Bung chaos, semua memang bertahap, alhamdullillah indonesia sudah bisa membproduksi panser sendiri dgn nama anoa.
      Menurut data memang perlindungan yang diberikan oleh lapisan baja dan rangka ANOA memiliki tingkat STANAG 3 level 3, yang berarti bisa menahan peluru kinetis hingga 7.62×51 mmArmor Piercing standar NATO dari jarak 30 meter dengan kecepatan 930 m/s serta bisa menahan ledakan ranjau hingga massa 8 kg di bagian roda gardan dan di tengah-tengah badan.
      Nah kedepannya insyaallah, pasti akan berkembang jauh lebih baik, baik tingkat perlindungan, keamanan, kenyamanan, kecanggihan dst.

  12. kalo boleh ikut memberi saran, sebaiknya panser amphibi mengacu ke iveco superrav 8×8 dengan mengusung canon MK 30-2/ABM Rheinmetall yang di usung Puma, dan rudal spike LR, dipasangkan senapan mesin Pindad SM2/SPM2,

  13. Boleh juga tuh dipinang Iveco Superrav 8X8 sama PT. Pindad …..kita tunggu aja resepsinya, OK!

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons