May 242015
 

Jakarta – Tahun 2015, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memesan sejumlah 14 unit Panser Anoa. Kendaraan Taktis (Rantis) buatan PT Pindad (Persero) yang dipesan dengan kelir putih dan tulisan “UN” ini sebelumnya telah dibeli sebanyak 46 unit.

Untuk mencapai keberhasilan dunia Internasional, jalan panjang dan berliku telah dilalui PT Pindad. Kendaraan angkut personel ini  dikembangkan untuk menjawab tantangan Panglima TNI saat itu, Jenderal Endiartono Sutarto.

Menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), pada tahun 2005, Pindad merancang panser 6×6 yang berbasis truk Perkasa buatan PT Texmaco. Panser 6×6 pertama dengan kode APS1-V1 ini pun dinamai “Si Jablay”.

Penamaan “Si Jablay” dikarenakan karyawan yang terlibat proyek ini meluangkan waktu lebih dan merunjuk pada lagu yang sedang tren saat itu. Seperti yang disampaikan Direktur Teknologi dan Pengembangan, Ade Bagdja, yang tertulis di buku “Pijakan untuk Kemandirian Alutsista” 30 Tahun PT Pindad.

“Pada tahun itu (2008), kami hanya mendapat libur 1,5 hari. Sehari Idul Fitri, setengah hari Idul Adha. Bahkan, saya dan ada beberapa yang lain sempat dibekali koper oleh istri karena hanya pulang ke rumah untuk mandi dan makan saja,” tutur Ade.

Kini Panser Anoa buatan PT Pindad telah mendapat pengakuan dari PBB dan dibeli oleh beberapa negara lain seperti Malaysia, Brunei dan beberapa negara lainnya. Selain itu, sejumlah negara juga tertarik untuk memesan seperti Nepal, Irak, Bangladesh, Pakistan, dan beberapa negara lainnya.

Anoa menggunakan badan dengan desain monokok berlapis baja tahan peluru dengan sistem suspensi batang torsi. Panser Anoa memiliki beberapa varian yakni, Komando, Ambulans Logistik (untuk amunisi, pionir, dan bahan bakar), recovery, mortir, dan intai.

Panser Anoa sudah menggunakan hampir 65 persen komponen dalam negeri, seperti suspensi dan body hull di desain dan di produksi PT Pindad sendiri. Renault memasok jantung pacu Anoa yakni mesin diesel turbocharged MIDR 062045 yang berkekuatan 320 tenaga kuda dan transmisi Otomatis ZF S6HP502, 6 maju, 1 mundur.

Di bagian kedua ini, Tim Otomotif Liputan6.com akan mengajak sahabat Liputan6.com tentang interior dan asiknya mengendarai Panser Anoa. Seperti apa keseruannya, saksikan video yang dipandu oleh Host Liputan6.com, Amii Nindita ini :

Artikel Terkait :

  162 Responses to “Panser Anoa, Kendaraan Tempur Kebanggaan Indonesia (2)”

  1. Absen

    • Bukti nyata hasil ToT barat

      ToT Rusia, ditunggu buktimu……………..

      • Ah masa bung Ronggo, setahu saya tak ada ToTnya. Barat cuma kasih mesin. Desainnya sih spanyolan dikit, tapi asli buatan orang Bandung tuh.

        • mungkin maksud bung ronggolawe kita diberi TOT mesin Renault…. Kan memang sudah diberi TOT oleh renault untuk mesinnya…. Kalau nggak salah di mimpi saya semalem……… wkwkwkwkwk……..

    • apa sudah tidak ada campur tangan perancis jika suatu saat kita beda paham dgn dgn itu karena yg saya denger anoa desain dari perancis.

      • Anoa mesin dari Prancis.Anoa menggunakan mesin dari Renault.Kalo terjadi hal yg tdk di inginkan,kita masih bisa menggunakan mesin dari Mercedes-Benz/Deutz dari Jerman.

      • tenang aza, yg di tetot kan vab france yg aslinya 4×4, klao ga salah lisensi 14, abis iitu putus hubungan karena kita langsung bikin beda disain yakni 6×6, jadi desain industrinya dah beda, france ga bisa nuntut royalti

        nah disinilah kreatifnya==>> jd 6×6
        contoh tetot lain yg beda desain==>>lpd makasar, korsel ga bisa nuntut krn beda desain, lantas kita menang tender di pinoy

      • Anoa itu ide awalnya dari desain VAB 4×4… Lalu kemudian dikembangkan dan di desain akhirnya berhasil jadi si Jablay yg dikatakan di atas…

        • Bung Jalo, apakah Anoa yang 4×4 memang tidak dikembangkan lagi akibat klaim dari VAB perancis atau ada sebab lainnya? trims.

    • isi artikel bilang “hasil karya putra-puteri bangsa ” rasanya jadi gimana gitu untung z g’ “bilang murni karya putra-puteri bangsa ” 😀

  2. mantap deh anoaku

  3. Pertamax

  4. Jablay…jablay…maju terus!!

  5. adakah Anoa di modif pembawa Rudal antar benua?

  6. kl bisa barang yg laen dikembangin lg jgn cm seutaran panser doang, lbh banyak inovasi lbh baik drpd beli,beli dan beli.

    • Setuju bung freddy..
      Sepertinya yang segera cepet menyusul kok tank medium ya..

      • bisa pasti bisa cm masalahnya di waktu aja, bertahap kl di liat2 di tv dan koran ibarat kt ini kan ky anak bayi yg baru lahir, berproses dr yg gampang dl mata melek, nangis, merangkak, belajar ngomong, sampe bisa jalan dan seterusnya sampai dewasa, bgtlah industri pertahanan kt.

        • Setuju bung..saat ini pondasi industri strategis kita sudah kelihatan mantap dan berada di jalur yang benar. Tugas pemerintah dan kita semua untuk menjaganya.
          Yang pasti posisi kita saat ini di kurung oleh negara2 yang sebenarnya takut dan tidak ingin industri strategis kita semakin berkembang dan maju.

    • lhah kan memang sudah…toh?
      mungkin elu aja kale yang ketinggalan berita.

      yang asli ciptaan dan pengembangan indonesia.

      panser :
      – 6X6 anoa (versi: APC, ambulance, recovery, IFV 20mm, canon 90mm, logistic)
      – 4X4 kommodo,
      – DMV30, P2 komando (based on renault VBL recon mission)
      – tank SBS apc tracked.
      – tank medium 30 – 40 ton pt pindad

      kapal :
      – KCR 40
      – KCR 60
      – Trimaran
      – midget submarine 22 m
      – LST 117 m
      – LPD 125 m
      – LCU
      – hovercraft
      plane :
      – UAV
      – heli attack gandiwa
      – IFX
      – CN235/245
      – bom2 , missile2, roket2
      gun :
      – pistol2
      – revolver2
      – assault rifle SS2,
      – sniper SPR1, 2, dan 3
      – SMB
      – mortir 60, 80 mm

      elektonik :
      – radio alkom PT LEN
      – radar
      – sonar
      – jammer
      – CMS

      dsb,

  7. Semoga bukan hanya panser 6×6 nya saja yg bagus tp buat juga yg 8×8 yg semakin gahar
    Good job pindad

  8. makin bangga menjadi rakyat NKRI..

  9. siapp jendralll! Kapan beli lagi?, TKDN 60 persen mantap boss,

    • 65% Bung Ri wan….
      Power Pack kita belum, baik Transmisi dan Mesin….

      • Bung Jalo.Apakah Apc 6×6 masih bisa di gunakan untuk jaman seperti ini?Malaysia saya sedang mengembangkan Apc bersama Turki dgn roda 8×8 dan bodi menggunakan Stanag level 4,sedangkan Anoa Stanag level 3.

        • Dalam perang semua jenis senjata di butuhkan. Anoa yang 6×6 ,8×8 keduanya di butuhkan. Anoa dengan dimensi sebesar itu tentu tidak bisa di paksakan untuk dilapisi dengan baja yang sama tebalnya dengan 8×8.
          Kendaraan 8×8 juga di butuhkan karena lebih kuat gendong senjata dan bisa di lindungi dengan baik.Keadaan stategi dilapangan yang menentukan kendaraan apa yang cocok di pakai.
          Pertanyaannya sama kenapa tentara masih di lengkapi dengan sangkur padahal sudah ada senapan.

      • Nambah tanya bung Jalo.
        Majalah Commando Ed #2/Vol XI Tahun 2015 bahasa AV8 Gempita DefTech hasil kerja bareng dengan FNSS Turki. Barang sudah di lini produksi dan sebagian sudah delivery. Barang Malay modifikasian Pars 8×8. Turret system tetap pakai Sharpshooter dan CLAW milik FNSS. Di atas kertas, varian Anoa 6×6 sudah terlewati speknya oleh AV8 Gempita.
        Apakah itu berarti tank medium Pindad-FNSS akan pakai Sharpshooter dan CLAW dari FNSS juga?
        Kalo pake turret FNSS, gimana nasib turret system dari CMI/Cockerill?
        UEA ganti turret system Pars 8×8 dengan turret system BMP-3 (cannon 100+30). Bisa jadi alternanif turret buat Pindad jika CMI tidak memuaskan dan punya daya gedor melebihi AV8 Gempita.

      • bung nn dan bung m4chdy :

        Ok, mungkin lebih baik dipisah antara merakit dan mengembangkan sendiri. Bolehlah mereka menggunakan Stanag level 4 masalahnya apakah ini didesian oleh mereka sendiri. Kalau mau membandingkan, lebih baik dilihat berapa TKDN yg didapatkan Malaysia bekerjasama dengan Turki? Kita memang masih menggunakan stagnag 3, itu barang datang bentuknya belum jadi dan kita rubah menjadi body. Untuk Body, Sustain dan beberapa komponen lainnya itu kita bikin sendiri.

        Berbeda dengan mereka, barangnya sudah jadi dan desain sudah ada jadi tidak sulit. Untuk 8X8 masih pengembanan, project ini bisa saja dipercepat seperti awal pembuatan si Jablay diatas. Masalahnya nanti kalau sudah dikembangkan siapa yg beli? User lebih memilih produk negara lain. Nah masalah sinergi ini dirampungin dulu. Karena pengembangan itu membutuhkan duit besar, dan Pindad dituntut untuk untung oleh negara.

        Bung m4chdy untuk masalah Turret, lebih baik ikut Belgia aja. Kita bukan mau pamer2 kecanggihan tapi memang Belgia yg berani berbagi ilmu dengan kita masalah ini. Biarkan kita ketinggalan, ilmu itu yg kita butuhkan. Kalau cuman masang2 ghitu aja, kita juga bisa mengajak Oto Melara ternyata kita memilih CMI karena mereka mau berbagi.

        Dulu SS1 kita kerjasama FN Belgia, kemudia kita kembangkan sendiri dan akhirnya menjadi SS2. Kalau berbicara diatas, bahwa kita harus mengikuti Malaysia sepertinya gak deh. Karena bukan itu yg kita cari, tapi kemandirian yg kita cari. Tahun 2008 TKDN Anoa sebesar kurang lebih 50%, sekarang sudah 65%, mungki beberapa tahun lagi bisa naik lagi kenapa tidak??

        Waktu pertama belajar mengembangkan dan membuat SS1 memang senjata ini tidak puas, tapi lihat setelah adanya SS2 perbedaan besar terjadi. Meski kita sudah kerjasama dengan Turki, dalam hal ini FNSS tetap saja kita punya kluasal dimana perjanjian itu sebatas apa saja.

        Lihat Malaysia melisensi AV8 Gempita itu butuh biaya yg sangat besar. Kita itu membuat barang untuk pasar negara2 keuangan menengah, nah ini yg dicari press harga agar barang kita bisa laku. Jika nantinya Malaysia sudah produksi dan melisensi, pertanyaannya siapa yg mau beli? Karena harga diatas tersebut.

      • Ane tambah ya bung halo…kalau fungsinya utk APC udah lebih Dari cukup untuk anoa…kalau mau lebih kuat biasanya ditambah pagar anti RPG,kalau kurang lagi mungkin dalamna ditambah Kevlar(ITU modifikasi)..biasanya juga tidal bergerak sendiri anoanya..pedampingnya tank…seperti kolaborasi leopard ama madder…Dan belakangnya pasti Ada heli sekelas tiger/apache/hindhind until back up Dari atas…betul tidak..utk yg kelas Berat jelas kita punya…leopard Dan madder,malo kelas ringan..anoa Dan tank medium yg baru kita rancang…(Bener gak??)

        • setuju bung. kalau untuk mengantar prajurit ke medan yang dituju tidak terlalu diperlukan perlindungan yang tinggi. karena fungsinya hanya battle taxi. fungsi penghancur dari musuh serahkan saja ke mbt, heli serang dan ifv.

  10. tambah lagi varianya.
    ky. versi anti serangan udara dan anti tank (ATGM)

  11. Ah keren dah “.. hampir 65 persen komponen dalam negeri..”

    setelah si Jablay.
    Di tunggu varian Goyang Dumang. 🙂

  12. Semoga tidak cepat berpuas diri untuk menambal segala kekurangan, selalu beradaptasi dan berinovasi untuk memodernisasi dibidang ranpur agar proses produksi dan eksport selalu diminati.

  13. Hehe 65 persen ya! Over semangat bun jalo, semalin bayak semakin bagus bung, artikel len link mana bung!

  14. Orang Malaysia selalu menyindir Panser ini mirip kotak sabun..faktanya mrk jg memakainya walau dirubah nama menjadi Rimau, negara Asteng lainnya jg memakainya seperti Brunai..jg diminati oleh negara2 lain seperti : Nepal, Bangladesh, Pakistan, Irak dan negara2 Afrika..karna sdh dipakai oleh kontingen perdamaian asal Indonesia untk penempatan pasukannya di Libanon ( TimTeng), Kamboja (Asia), Darfur (Afrika) PBB belum lama ini memasukan Panser Anoa sebagai kendaraan resmi mrk..artinya sdh masuk standar PBB. walaupun dalam penggunaanya msh sebatas negara Indonesia tp tidak menutup kemungkinan negara2 lain akan menggunakannya..ini bukti satu lagi produk lokal yg berPRESTASI selain Senjata SS1 & SS2, LPD Banjarmasin Class..ditunggu produk yg akan datang macam KS CBG Improved, Pesawat IFX, Tank Madium dan Roket RX 550/750..mana PRESTASI NEGARA JAGUH yg sering mengHINA kita..buat senjata VITA BERAPI AJA GA KHATAM2…Salam NKRI..

    • Malon nggak usah di dengerin bung Naufal..dia selalu gak mau kalah dan merasa dirinya yang paling hebat, tapi biarlah..ntar dia baru sadar kalo negara lainnya sudah jauh meninggalkan mereka.
      Malon sebenarnya malu aja sama kita bung..mereka gak bisa buat apa2..eh bisa buat peluru nggak mereka ya.???
      Kita lewati dan tinggalkan aja si malon..kita sekarang mulai menengok dan mengejar ketertinggalan dari jepang, cina, india dan korea..

      • Anoa bukannya asli indon bung. Kayak Adnan ama Gempita.

        • Emang bukan, itu bikinan malon…,yg bagus2 semua di dunia ini bikinan malon..,sekalian claim juga surga akhirat itu bikinan malon….

        • Klau buatan indon bagus ngak perlu malay upgrade anoa saat membelinya dulu..
          Setelah indon setuju utk upgrade sesuai kebutuhan fan standard ATM barulah malaysia setju membelinya..
          Bukan mahu menghina tetapi udah faktanya anoa ngak mampu menahan tembakan kaliber .50 /12.72 mm standard nato.
          Maka sbb itu anoa ngak sesuai guna utk bertempur dibarisan depan.
          Tp utk kenderaan medis/ambulan atau utk guna perdamaian PBB mungkin sesuai lgpun harganya murah banget berbanding buatan negara maju.

          • saya sebenarnya sdh tdk mau utk tanggapi para malon2 ini karena komentar2 nya selalu saja mengolok2, tapi lama2 tidak tahan jg. heii..!!! malonjing jangan banyak cakap klo menurut korang anoa tidak bagus lantas knp kalian beli…?? tidak korang beli tak apa tak merugi pun kami… malayshit anak kampang, keparat…!!!
            maaf admin saya minta komen saya jangan di delete saya sdh tdk senang dgn para malon ini, biar mereka baca

          • hehe…malonesial iri hati, kasihan kalian puak kerdil.

          • Fakta bahwa malaysia tidak punya ide membuat karya seperti anoa tapi malon hanya punya ide untuk mngaku saja ,
            Nkri sak lawase

          • Teman-teman dari forum Indonesia tidak usah ditanggapin, dan yg dari Forum Malaysia tolong dijaga biar tidak terjadi caci maki.

            Untuk teman-teman forum Malaysia, saya mohon maaf jika teman-teman saya dari Indonesia seperti ini. Mari kita sama-sama berdiskusi, mendingan kita tidak usah membanding-bandingkan. Kalau ada pertanyaan atau saran lebih baik dipentingkan dibangding harus saling mengakui. Baik Pindad maupu Deftech semua punya plus minus jadi mari kita diskusikan secara baik-baik.

        • Sarap siap blegug

        • POETRA ATJEH:lon malon…..jangan banyak cakap kampreeettt

      • Siip..:)

      • Buat para Malon..alat militer apa yang bisa kalian buat.? kalian bisa buat peluru buat senjata kalian.? kalian hanya bisa beli.
        Apa yang akan kalian lakukan kalo 2 atau 3 tahun lagi kalian gak punya uang.? Teriak keras sama mama eli+aushit.? percayalah kalo kalian tidak punya uang, mereka tidak akan bantu kalian.

      • kalau kalian nak tahu kehebatan Malaysia… nih saya kasih tahu.. tidak ada negara manapun di dunia yg pejabat sama rakyatnya hobi sodomi selain Malaysia… sudah terbukti dari dulu sampai sekarang… itulah kehebatan Malaysia yang tidak akan pernah disamai negara manapun

        • Kamu ni siapa orang indonesia atau malaysia, tulisan mu di atas itu anoa bukan asli buatan indon (kau kutuk indonesia), tapi di sini kamu kata malaysia sodomi (di sini kau kutuk malaysia), dari tulisan permulaan mu di atas itu banyak forumer di sini mencaci maki. apa tujuan mu memang begitu untuk saling mencaci maki disini, saling benci membenci antara satu sama lain. berapa banyak sudah dosa tertulis di bahu kiri mu itu. kalau begini terus, baik saya hindari blog ini. kerana itu lebih baik. wassalam kalian semua. mohon maaf dari saya klu ada terkasar bahasa dari sahabt semua indonesia. Asalamualaikum..

          • ya sana pergi…. memangnya saya
            pikirin….memangnya kamu artis…. mau
            pergi ya pergi saja, jangan pakai
            pengumuman segala

          • sorry bung Boku, nih ada yang mengcopy identitas gue. Tuh omongan yang ngaco kepada anda bukan gue ya. peace…

        • Yah mulai dech!!! hujat menghujat gak ada ujungnya. Anoa HEBAT buanget!!!

    • Itu yg gambar pertama sudah dilengkapi bolted on ceramic armor, mungkin sudah tahan 12,7 hmg kecuali pada ban dan jendela. Kalau yg di video Anoa no. 250 blum pake.

    • Malaysia tidak jadi beli ni anoa.

    • Mslaysia beli Anoa cuman utk suka2 ajah. Adnan dan Gempita mereka lagi keren kebanding Anoa.

      • 32 unit anoa yg ingin dibeli malaysia untuk misi perdamaian di lebanon. tapi mendapat protes dari perancis kerana pihak perancis juga menawarkan VAB mereka. sehingga malaysia mahu menukar enjin renault ke mercedez. tapi sampai sekarang ngak ada berita kelanjutan nya.

        • Yang diprotes prancis krn persoalan kalah tender dng Indonesiauntkpengadaan Panser 6×6..karenanya mereka memBOIKOT mesin Renault yg diGUNAKAN oleh Panser Anoa..saat ditawarkan mesin Mercedes Benz Prancis tidak PROTES..tapi yg PROTES justru rakyat Malaysia krn Produk itu berASAL dari Indonesia..ya sudah lah perkara mau diBELI atau tidak harusnya kita sama serumpun lebih saling mengHARGAI seperti yg di lakukan BRUNAI..

      • Adnan & Gempita itu produk apa bung..?? oh ya PRESTASINYA apa y..? sekedar mengingatkan senjata SS1 & SS2 sudah 8 kali loh JUARA MENEMBAK ASIA PASIFIC (ASSAM) dan Panser Anoa baru2 ini sudah di akui STANDARD PBB karnasdh di gunakan kontingen Indonesia di Asia, TimTeng & Afrika..kalau Adnan & Grmpita kasih tau saya dunk itu PRODUK APA & PRESTASINYA apa..?? salam kenal bung…

      • ya ya…, kalian cuma orang yang suka beli, tapi tak pandai berkreasi. malon…anda silly.

      • ingat wahai indon… Malaysia juga sebentar lagi akan ciptakan alat untuk mempermudah dan mempercepat proses sodomi

    • sekarang jaman leasing/kredit, pemerinntah hrs fasilitasi itu, rusia aja sampe bela2in kasih state kredit biar alutsistanya laku

      • Nggak boleh kalau buat Meley dan India. Mereka tuh tukang ngemplang, mudah ngutang tapi nggak mau bayar (pernah punya pengalaman buruk soal ini).

    • negara Asteng lainnya jg memakainya seperti Brunai?..
      Gk salah kh bung?.

  15. sayang bgt pt texmaco bangkrut coba masih ada kemungkinan mesin yg akan di ambil dr pt texmaco .
    jika lau di embargo oleh negara pembuat mesin renault apalagi di saat anoa mengalami kerusakan mesin bagaimana ya di saat kondisi perang ? dan di kepung musuh ? masih bisa di cari sparepart’y .

    • Mesin saya denger bisa dipasang brand lain selain renault. Kemungkinan pake dari mercedes atau mitsubishi,IMHO

  16. Malaysia beli Anoa cuman utk suka2 ajah. Adnan dan Gempita mereka lagi keren kebanding Anoa.

    • Adnan buyung dan gegap gempita lebih lengkapnya, sekarang malon juga sedang mengembangkan produk terbarunya yaitu gelap gulita.

    • Mlysia punya syarat n peraturan cukup ketat jika ingin membuat pembelian.
      Jauh beda dgn negara lain yg keburu membeli tanpa ujicoba terlebih dahulu.
      Dahulu sebesebelum mwmbeli pt91 terlebih dahulu diujicoba t90 & pt91 ditanah malaysia termasuk sabah serawak. 2 tahun ujicoba barulah mlysia buat keputusan memilih pt91 & ketepikan t90 buatan rusia.
      Begitu jugak av8 gempita terpaksa lalui ujicoba yg panjang sebelum diterima utk dibeli .malah saat ini utk satu prototaip av8 aja masih perlu melalui ujicoba minima 10 ribu km sbelum produksi dibenarkan.
      Mgkin anoa ngak sesuai dgn kebutuhan ATM maka sbb itu ngak jd dibeli walaupun harganya murah tp bukan iti yg jd ukuran mlysia jika membeli.
      Mlysia utamakan kuality walau sedikit yg dibeli..
      Av8 ngak perlu dibahaskan kerna mmg salah satu yg terbaik didunia mlah suspension systemnya adalah yg tercanggih saat ini.
      Itu semua teknology turki yg digunakan mlysia tp yg dipunya mlysia mampu amfibia malah saat ini udah start kluarkan versi 6×6 persis anoa .
      Sbb itu mlysia ngak perlu beli anoa kerna fabrik deftech dimlaysia udah mampu bikin n kluarkan model 6×6 nya sendiri.

      • malay sudah pernah bikin pesawat terbang sendiri blum tong..?? klo belum tak usah banyak cakap lah, cakap dengan tembok bilik je..
        macam negare paling Hi-tech sedunie je..

        • Ada pepatah orang yang suka nongkrong diwarkop. :Biar miskin yang penting gaya” atau juga pepatah petinju kampung “menang gaya kalah pukulan”.

        • camtu lah budak-budak maloner bung, banyak cakap en berbual-bual soalan hitech, tak boleh guna macam button sembarang tekan, eject kat hanggar lah budak tu…

      • CN 235 PT. DI gimana bung ENAK Ya..?? Masuk KUALITI MALAYSIA ya..? Sampai MAU NAMBAH VERSI MPA nya 2 buah..

      • ingat lah wahai indon… jangan sekali kali buat masalah… reputasi Malaysia sbagai negara yang hobi sodomi jangan kalian remehkan… jika semua rakyat Malaysia bersatu siap siaplah wahai indon kalian akan menerima badai sodomi dari bangsa kami…. Hidup Malaysia… Hidup Sodomi….

      • Apa kabar dengan scorpene..? sudah bisa menyelam.?

        • Yah tidak usah diramain juga bung komerat. Memang itu ada permasalahan, begitu juga dengan negara kita yg terjadi pada Mi-17 Rusia. Mari kita sama-sama ngawal agar tidak terjadi kejadian2 seperti di atas baik Malaysia maupun Indonesia.

          TNI dan Tentara Malaysia kalau diperbatasan kompak kok. Memang kadang ada masalah yg terjadi, tapi kalau dibilang itu murni bukan masalah mereka karena politiklah yg membuat semuanya seperti ini. Kasusnya sama seperti Indonesia dan Australia, warga disana itu sangat ingin menjadikan Indonesia saudara mereka, meski tidak semua tapi mayoritas demikian. Tapi politiklah yg memisahkan kita.

  17. Knp ya kita masih ska mengejek…..
    Kita bangsa yg besar……
    Kita punya adat,adap dan beradap…..
    Ayolah………

    • Cuba anda teliti dr komen diatas siapa yg lwbih dahulu memulakan penghinaan kpd mlysia ???
      Maka itulah puncanya forumer saling menghina.
      Coba kalian berbahas tanpa menyentuh penghinaan kpd mlysia pasti ngak ada yg akan membalasnya.
      Sy udah selalu perhatikan saat saling aman tiba2 pasti ada forumer indo yg memulakan provokasi.
      Cobalah berubah wahai kaum..

      • Ini warung kami, terserah kami dong kamu kan hanya tamu tak diundang disini, lebih baik kamu nongkrong di koalalumpur greater atau apalah-apalah gitu.

      • Ananda tak usahlah kau berbalas cakap dijkg greater…ini blog mereka…suka2 mereka nak komen apa….klu bertamu cukuplah jadi silent reader….saya mengamati perkembangan militer indo jauh lebih maju dari tahun 2008…industri tempatan telah melakukan pencapaian yang luar biasa macam pt pindad…pal…ie aka di….perlahan tapi pasti dan disokong kerajaan/pemerintah industri militer indo akan tambah berjaya…anoa..badak..komodo…kcr 40..60..pkr…sbmrn chbgo…rhan…lpd..cn 235..295..n2150..ss2

        • Terimakasih bung, kami hargai jika anda mau mampir disini tapi tidak untuk provokasi seperti keluakuan kawan anda.

        • Terima kasih bung indomalay, saya juga mengikuti perkembangan industri militer malaysia. Saya juga beberapa teman2 di Deftech dan kita biasa sharing masalah teknologi. Seperti kemarin mereka menanyakan RBS 70. Kita sharing, apa yg bisa Indonesia dapatkan kerjasama dengan Swedia? Saya jelasin yg saya tahu. Dia juga sharing masalah disana politiknya yg membuat Malaysia tidak bisa. Malaysia itu mau mencontoh Indonesia, meski murah tapi ilmunya bisa di dapat tapi sayang politik ingin berlomba itu yg membuat peneliti2 disana sedih.

          Kasus juga terjadi di ANGKASA, mereka ingin mengembangkan Microsatellite. Beberapa ilmuwan salah satunya Prof. Josaphat juga diajak, sayang pemerintah Malaysia sendiri yg ingin serba instan akhirnya ide mereka hanya sebatas project kecil. Nah ini bisa kita diskusikan sayang ANGKASA sudah punya fasilitas satelit yg bagus kalau tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

      • hehe..ananda, kalau anda tidak ingin dihinakan, jadilah orang yang sopan di rumah orang lain. kamu bebas membicarakan kami di forum kamu sendiri di malasial sono. tapi kalau di forum ini jangan kalian coba coba. dasar kau puak labu, bunian.

      • Ada ASAP ada API bung..siapa yang mulai dahulu..?? apakah PERLAKUAN KALIAN sudah BERUBAH..?? kami pny PRINSIP..” Anda JUAL kami BELI..” atau ” Anda SOPAN kami SEGAN..”..

  18. pesawat CN 235 juga dibeli malon, Made in PT. DI Indonesia.

    • Satu lagi seragam tentara malon PT. SRITEX Indonesia.

      • Jangan-jangan PT. Sritex juga diklaim milik malon bung MAM..he.he..
        Kasihan sebenarnya..mau buat gak bisa, mau beli uang gak cukup akhirnya mereka sewa pespur..mereka gak bisa perang kalo belum bayar sewa..ipin-upin blang kasihan3x..

  19. PENGUMUMAN:
    JAKARTA GREATER mulai tahun depan akan diakuisisi oleh malaya sial …. demikian harap maklum

  20. Indonesia Negara Demokrasi terbesar di Dunia dan argumen warga malasya memandang Indonesia selalu 15 tahun yang lalu. Masyarakat malasya sesungguhnya Iri kepada Indonesia.

  21. Av8 sudah berapa unit yang sudah malaysia produksi,? Gowing apa benar akan di produksi di malaysia, anoa memang tidak sempurna yang sempurna hayalah tuhan yan Esa, stidaknya kita memperkecil potensi embargo dengan produk anao dan berusaha terus memperbaiki apa yang kurang, maaf haya numpang tanya, salam damai

    • Bung R..kata mereka Av8 mereka punya kemampuan amphibi, hebat banget ( tapi pas di coba langsung tenggelam gak muncul2 lagi.)
      Gowind mau diproduksi di malon.? apa kata dunia.?
      BTW semoga industri strategis kita semakin maju bung..bertahap kita sempurnakan.

  22. oke.. siap siaplah kalau kalian belum pernah merasakan dahsyatnya so domi seperti yg pernah dipraktekan pejabat bangsa kami… siap siaplah dengan hujan sodomiiiiiiiiiiiii

  23. untuk ap kita saling mengejek satu sama lain..kita punya kelebihan n kekurangan masing masing..
    .mana ad yg sempurna buatan manusia..kesempurnaan hanya milik sang pencipta..

  24. setelah ini di harapkan TNI mau menggunakan seluruh produksi dalam negeri walaupun itu sifatnya untuk ujicoba, jgn beli dari luar saja walaupun bonus mereka banyak

  25. kuliahpun rata2 ke indonesia semua,lagu pop made in indonesia

  26. TAK USAH BANYAK CAKAP LUU MELEYSHIT..

    URUSIN SONO TU LCS BENTAR LG JUGA DIINVASI CHINA

    KITA MO DRINK COFFE , SANTAI , NONTON DARI JAUH….

  27. Hmm…jangan saling ribut dah..malam .,kita tunggu tambahan pengembangan teknologinya lagi agar lebih canggih dan harga bersaing untuk eksport.

  28. ya sana pergi…. memangnya saya pikirin….memangnya kamu artis…. mau pergi ya pergi saja, jangan pakai pengumuman segala

  29. Negara kami negara pelacur. Hidup negeri malingsial

    • betul bung ananda… saya agree… ayo kita lebih promote ke seluruh dunia bahwa negara kita Malaysia negara pionir sodomi … pelacuran … n negara incest sedunia

  30. mf mas Broo smua klo bisa ga usah lah ditanggapi para malayers, gak sebanding kita sama mereka, mereka trlalu kecil, hanya akan mengecilkan kita klo kita mnanggapi mereka,,minimal klo mau bandingin yg sama2 dah bisa expor alutsista,,
    skedar usul buat Pindad klo tehnology di INUKI mkin berkembang kira2 bisa nggak join n aplikasikan nuklir kdalam peluru, mf soale ane awam soal nuke, cuma analoginya klo nuke bisa diaplikasikan ke batre, bkn tdk mgkin kdepanya bisa diperkecil, tinggal slongsong plurunya yg diperkuat,,,,sory ngawur abis comenya

  31. Knpelah bnyk budk najib merayau kt forum ni…dh tkde tmpat ke kt semenanjung???perangai mcm sial…tk abih abih korang buat dosa..puiiiih..mnyampah..!!

  32. nih forum dah kayak topix aja. mana nih admin tolong tertipin kata kata yang tdak pantas yang banyak bertebaran di atas

    • macam admin kayak bapak moyang kau, redo… jadi orang kok suka mengadu… udah betul tu yang kawan kawanku cakap… malaysia tuh memang negara pionir sodomi di Asia…. semua orang di negara kami juga hobi sama pelacuran… makanya jangan suka mengadu hei…

    • Dari Malaysia yang bagus komentarnya adalah bung boku, bung boldun dan bung joe-riau.

  33. anoa 8×8 kayaknya agak susah walaupun tinggal panjangin dikit terus tambahin roda soalnya dulu zahid hamidi pernah datang ke indonesia bilang begini : ‘kalau perlu 8×8 beli ke my, kalau perlu 6×6 beli ke id”

    sepertinya ini akal bulusnya malon takut kesaing project nya layu sebelum berkembang tapi bisa saja pindad diam2 bikin anoa 8×8 (tinggal nambah roda doang) dan baru diumumkan ke khalayak setelah program av8 jalan

    kalau sekarang av8 masih buatan turki tapi dah bising kata buatan tempatan ekekeke …

  34. Teman-teman mendingan kita diskusikan…

    Untuk teman-teman dari Malaysia boleh saling sharing saya akan membantu menjawab dengan contoh yg terjadi di Indonesia. Untuk Indonesia juga boleh saling membantu. Mungkin kita bisa saling sharing soal progran Gempita ini, saya juga pengen tahu dari Malaysia pembagian TKDNnya itu seperti apa ya? Mungkin bung boku punya informasi masalah ini? Nanti saya akan sharing juga program-program kerjasama kita dengan negara lain dan mudah-mudahan bisa membantu untuk menambah wawasan dibanding saling caci maki seperti diatas….

    • mungkin pakcik boku itu lebih cocok untuk diskusi pesawat bung jalo.

      • Oohh ghitu, boleh lah kita sharing2. Saya pernah ngobrol dengan engineer TNI AU, waktu itu mau perawatan bulanan Heky kita. Beliau mengatakan begini, kalau ada duit lebih baik perawatannya dilakukan di Malaysia, kalau pas-pasan di Bandung saja. Nah disini ada permasalahan, mungkin bung Boku bisa saling sharing gimana sih pusat perawatan mereka disana?

    • Sy sangat menghargai apa yang sudah bung jalo jalankan dengan teman2 malaysia, tentunya bung jalo sangat mengerti dengan mengindahkan saling menghormati kerahasiaan alutsista dan kerjasama strategis. Salam bung jalo.

  35. Knp namanya dirubah yah?
    Pdhl nama Jablay itu keren. Wkkkkk!

  36. @askar terendak

    jaga cakap ko tu, kami macai- macai umngok tak boleh terima. ko sememangnya belum sedar lagi ngan kehaibatan industri alatan military kami.

    kami dah boleh pasang screw dan paint AV8 pastu tempek sticker buatan tempatan ada negara kamu mempunyai keupayaan cam tu?

  37. Baik Indonesia dan Malaysia, mengembangkan industry pertahanan dalam negeri harus dilihat dalam wider scope, either in economy, resources and also technology.

    Seperti TUDM membeli CN-235 4 unit dari PT-DI, why PT-DI, not CASA? Faktornya adalah dengan membeli dari Indonesia, PT-DI akan mendapat sejumlah dana/wang untuk mengembangkan CN-235, and if I not mistaken, at the same time, Korean also order to PD-DI CN-235.

    Same things, when Malaysia order Anoa from Pindad, which is some modification need to be make. Wang untuk membeli Anoa adalah dari dana PBB. Kenapa tidak beli terus dari VAB Renault? Kerana, ia dilihat saling membantu antara Malaysia dan Indonesia. Membeli dari Pindad, maka Pindad akan mendapat dana, juga technology baru dengan penggantian mesin dan lain lain.

    Ini yang harus kita lihat dalam kontek kerjasama pertahanan. Both country (Malaysia, Indonesia) telah lama tertinggal dalam technology. Kita bukan Invention, start from Zero tentunya akan ambil masa yang lama.

    We have no choice, we have to invest in billion, to imitate technology from others country, before we can develop our own technology. More important is resources (human), to build up skill, knowledge yang semestinya berkembang selari dengan technology.

    Salam damai.

    • Bung joe.. malaysia jd beli gripen? Dpt TOT apa aj bung dr saab?

      • Rancangan Malaysia ke 11, baru saja diumumkan oleh Perdana Menteri. Jumlah untuk rancangan ini antara 2016~2020 sebanyak RM300Bil, dengan Kementerian Pertahanan diberi sebanyak RM35billion.

        However, this is total budget for Defence Minister will be distribute to others, such as equipment, personnel military welfare.

        TLDM sudah dapat Gowind dan upgrade Laksamana Class dan Lekiu Class, juga Kedah Class. Tentera darat sudah dapat AV8, upgrade ACV Adnan dan Heli combat and rescue Courgar.

        Jadi nampak allocation pada TUDM. Kalau lihat kata kata Menteri Petahanan, peralatan yang dibeli bergantung kepada priority keselamatan semasa, seperti Sabah, LCS.

    • Oke. salam damai bung joe-riau. Saya sangat mengapresiasi sikap anda yang ingin berdiskusi dengan kami secara fair dan terbuka. Di luar konteks masalah industri militer diantara kedua negara, sebenarnya ada satu persoalan mendasar yang ingin saya pertanyakan kepada bung joe-riau sebagai warga Malaysia tentang hal yang menyebabkan api kebencian diantara dua bangsa Indonesia dan Malaysia. Sekarang saya ingin anda menjawab secara jujur. Mengapa sebagian besar warga Malaysia yang notabene rumpun melayu sama dengan Indonesia dan juga beragama Islam, begitu menafikan bahkan merendahkan Indonesia dengan perlakuan yang tidak manusiawi terhadap Tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia. Bahkan kalian memberi istilah yang seolah olah mengejek dengan menyebut kami indon. Apakah kalian melakukan hal yang sama terhadap tenaga kerja yang berasal dari Bangladesh, India, Filipina dan lainnya. Mengapa kalian sepertinya begitu membenci kami, padahal sebagian rakyat Malaysia bahkan para pejabat negara Malaysia adalah keturunan Indonesia. Secara jujur saya katakan kepada anda bung joe-riau, kalau kalian tidak merubah sikap dan perlakuan yang begitu buruk terhadap kami, maka kalian telah mengambil jalan yang salah. Karena kalian akui atau tidak, secara fakta kami jauh lebih besar dari kalian dalam jumlah penduduk, luas wilayah, dan potensi ekonomi. Kami akan terus berkembang menjadi lebih besar dalam bidang ekonomi, ini menjadi potensi yang menjanjikan untuk mengembangkan perdagangan antar kedua negara, Indonesia dan Malaysia. Fakta yang terjadi di Indonesia saat ini, segala product yang berlabel Malaysia tidak laku di Indonesia, sebagai bukti adalah product Mobil/Kereta Proton. Konsumen lebih memilih produk Japan, Korea, atau China. Ini sungguh menyedihkan, karena kita bangsa yang masih serumpun, tetapi tidak bisa bersahabat. Kalian harus tahu bung joe-riau, mengapa product Korea langsung digemari oleh konsumen Indonesia, ya karena Korea memperlakukan kami sebagai sahabat yang saling menghargai dan saling menghormati. Banyak Tenaga Kerja Indonesia di Korea, tetapi tidak ada masalah, Korea adalah bangsa yang pandai menghormati bangsa lain, sehingga kamipun akan sangat hormat kepada bangsa Korea, padahal Korea bukanlah negeri Muslim. Jadi sebenarnya apa pasal, sehingga warga Malaysia membenci Indonesia .

      • Bro Yudi

        permasalahan ini, hanya Nampak di laman social, sedangkan realitynya tidak seperti itu.

        Kadang kadang ia lebih kepada emosi semata mata tanpa melihat kepada bentuk yang lebih spesifik. Sebagai contohnya, pada tahun lepas, kisah seorang pengawal keselamatan warga Indonesia menembak mati seorang pegawai bank dalam usaha merompak. Hal ini menjadikan warga Negara Malaysia marah. Tapi adakah semua warga Indonesia begitu, tidak? cuma seorang sahaja, jadi tidak adil merangkum semua, hanya hal seorang individu.

        Begitu juga dengan hal budaya. Warga Indonesia akan berkata bahawa kami Klaim Budaya. Jika mengikut susur galur, kebanyakan orang Selangor, Johor, Melaka dan Negeri Sembilan adalah berasal dari Indonesia sejak 1500 lagi. Johor misalnya, adalah majority Bugis, dari empayer Riau-Lingga. Jika apabila Malaysia menglestarikan budaya nenek moyang mereka, itu bermakna mereka tahu asal usul mereka, dan juga adat budaya ini tidak luntur.

        Pada saya, budaya adalah hak milik bangsa, bukan Negara. Kalau di USA, bangsa Italy bebas mengamalkan budaya mereka, walaupun mereka kini warga USA. Di Melaka (Malaysia), ada bangsa keturunan Portugal (Pertugis) yang mana masih mengamalkan adat dan budaya asal mereka.

        Melalui budaya dan adat ini, sepatutnya menjadikan Malaysia dan Indonesia menjadi rapat. Hakikatnya, warga Indonesia dan Malaysia masih berbaik dan bekerjasama.

        • Terimakasih atas jawaban anda bung joe, tapi saya rasa itu belum menjawab pertanyaan saya yang mendasar yaitu mengenai perlakuan warga Malaysia terhadap tenaga kerja asal Indonesia yang begitu meremehkan, dan cenderung menafikan kontribusi TKI dalam pembangunan Malaysia. Ini yang kami rasa tidak bisa diterima akal sehat kami. Jadi intinya bengini bung Joe, anda sebagai warga negara Malaysia , please anda suarakan kepada pemerintah anda, jika memang negara anda tidak membutuhkan Tenaga Kerja Asal Indonesia, Silahkan tutup saja pintu masuk negara anda buat TKI kami, karena pemerintah kami juga sudah berencana menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia. Jadinya kan klop sudah. Kita selesaikan satu persoalan yang mengganjal buat kedua negara. Sementara yang selama ini terjadi banyak perusahaan Malaysia yang berlokasi di Johor, Selangor, ataupun Sabah selalu membuat iklan pencarian Tenaga Kerja Indonesia untuk ditempatkan di Kilang ataupun Kebun Sawit Malaysia. Dalam case ini sepertinya negara anda bersikap mendua, di satu sisi kalian benci kepada TKI, tapi di sisi yang lain kalian membutuhkan TKI untuk menghidupkan kilang dan kebun sawit, bahkan tenaga kerja untuk membangun gedung gedung dan pekerjaan architec lainnya. Percayalah bung Joe, bara api perselisihan antara warga kedua negara akan padam, apabila tidak ada lagi penistaan dan penyiksaan terhadap TKI. Patut saya sampaikan kepada anda, TKI kami yang bekerja di negara non muslim seperti Taiwan, Hongkong, Japan, dan Korea diperlakukan dengan sangat adil. Sehingga tak ada masalah dengan keberadaan TKI di negara tersebut. Mengapa negara non muslim lebih pandai menghargai orang lain daripada Malaysia yang mayoritas warganya adalah muslim. Benarkah sesama muslim itu bersaudara.

          • Bro Yudi,

            Sebenarnya, dalam kontek hubungan Malaysia-Indonesia, Tenaga kerja dari Indonesia banyak menyumbang kepada ekonomi Malaysia. WNI lebih banyak di ambil untuk bekerja berbanding lain lain Negara. Tidak ada sikap membenci antara keduanya.

            Apa yang terjadi adalah ada antara majikan Malaysia yang tidak bertanggungjawab, melakukan penganiyaan dan dilapurkan kepada pihak berkuasa, dan ada yang telah dipenjara.

            Tidak dinafikan, majority yang berbuat aniaya terhadap WNI adalah bukan dari kaum Melayu/Muslim.

            Jika anda datang ke Malaysia, dan pergi ke shopping complex, anda boleh melihat perbezaan antara PRT yang majikan Melayu dan bukan Melayu.

            Jika majikan Melayu, WNI ini akan berpakaian baju kurung, jika makan, pun duduk semeja. Berlainan dengan bukan Melayu, pekerja PRT ini tidak dibenarkan berbaju kurung atau elok. Sebaliknya hanya berseluar pajama (seluar tidur) dan baju t-shirt. Jika makan, PRT ini tidak dibenarkan duduk semeja, dan perlu melayan anak kecil. Ini seolah menganggap sudah membezakan ‘class’, dan saya sendiri pun tidak setuju.

            Mungkin disebabkan jarak yang dekat, tambahan pula TKI bebas untuk bergerak di Malaysia, maka perkara perkara sebegini akan menjadi bualan baik di Malaysia, mahupun di Indonesia.

            Masih banyak hubungan baik siratulrahim antara warga Indonesia di Malaysia. namun is tidak diberitakan di media.

        • Ok bung Joe, saya bisa faham penjelasan anda. Tapi apakah di Malaysia sekarang kaum Melayu menjadi minority, sehingga yang muncul ke permukaan dan menjadi identity Malaysia bukan lagi sifat dan wajah Melayu yang sopan dan taat dalam agama.

          • Kaum Melayu masih majority. Melayu disini adalah terdiri dari berbagai ras, seperti Jawa, Minang, Bugis, Melayu Champa, Banjar. Jadi jangan terkejut, ada Melayu boleh berbahasa Jawa, Banjar atau Minang.

            Disini Islam masih jadi pegangan, walaupun ada juga yang terkeluar dari ajaran Islam.

            Islam di Malaysia, adalah agama Persekutuan, tapi agama lain juga dibenarkan.

            Dalam perlembagaan, Melayu mestilah beragama Islam. Ini adalah untuk menjaga identity Melayu itu sendiri, juga agama Islam. Sebab itu, terdapat 2 sistem perundangan, iaitu Syariah, dan Civil.

  38. @joe-riau

    aku ada beberapa soklan wat ko :

    1.nape ko guna nama riau?

    2.ape erti isytihar, harakat (harakah) menceroboh, muktamad, mastautin in english?

    korang kena jawap, kalau tak nak sila berambus pi balik kat militaryofmalaysia…

    • Why I use Riau? I have explained this in previous thread, by the way I could remember when and which thread.

      Simple, you go to google translate, then you just insert what word that you want to, English, japan, Swahili..ectc.. ha..ha,,

      • sorry

        I could not remember when and which thread.

      • Bung joe riou terimakasih comen anda mendinginkan suasana, semoga bung boku juga tidak pergi dari sini,,

        • ah ngga apa2 si boku mau minggat kek
          mau bikin usaha kek… mau buang air
          besar kek… memangnya gw pikirin…. boku
          kan otak udang sok Pinter… so toy…
          . padahal aslinya tong kosong… ni saya
          pengganti boku…. Jegir mucikari gang silir
          solo…… keturunan siluman celeng gn kemukus

          • hehe..ngaku kalo keturunan Jin, makanya bahasanya nggak jelas, wong keturunan Jin Bunian.

  39. haha keren bangett dah …. memang sih untuk pertahanan negara membutuhkan perlengkapan yang memadai…. tapi apa gak kebanyakan yaK pesan 14 unit?

    meskipun pt pinbad merupakan perusahaan produksi panser anoa yang terbaik, karena beberapa pekan lalu baru di kabarkan membuat panser ano amfibi, bagus keep it on !!!

  40. ah ngga apa2 si boku mau minggat kek mau bikin usaha kek… mau buang air besar kek… memangnya gw pikirin…. boku kan otak udang sok Pinter… so toy…
    . padahal aslinya tong kosong… ni saya pengganti boku…. Jegir mucikari gang silir solo

    • Bung jengir, ini blog terbuka siapapun boleh komen, bung boku termasuk orang sopan, tidak seperti anda suka menghina orang, mencaci maki liat orangnya klo poetra aceh silahkan dia orang sangat sinis, DAMAI ITU INDAH COYY,

  41. apa ada nanti negara yg mau membeli AV8 gempita? biaya akuisisi nya saja sudah membuat ekonomi malaysia megap2 (hutang naik)..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)