Sep 242016
 

Armenia mengarak sistem senjata yang baru diperoleh, termasuk rudal balistik jarak pendek (SRBM) 9K720 Iskander selama parade Hari Kemerdekaan pada 21 September 2016.

Pemberitahuan menandai bahwa Armenia sebagai pelanggan pertama untuk ekspor sistem rudal balistik Rusia. Dua peluncur rudal Iskander serta dua kendaraan pengisi terlihat beriringan selama parade.

Peralatan baru lainnya yang ikut diarak termasuk sistem peluncur roket multiple (BMR) 9K58 Smerch 300 mm, sistem peperangan elektronik Infauna dan sepasang kendaraan peluncur Buk dan radar (TELAR), meskipun tanpa disertai rudal.

Armenia juga mengarak sebagian besar perlengkapan yang ada, termasuk sistem pertahanan udara S-300, WM-80 MRL, rudal balistik R-17 Scud, rudal balistik jarak pendek 9M79 Tochka SRBM dan lain-lain.

Presiden Armenia Serge Sargsyan dan Menteri Pertahanan Seyran Ohanyan telah mengisyaratkan sejak akhir tahun 2015 yang lalu bahwa rudal Iskander telah dikirim ke Armenia, tapi ini adalah merupakan konfirmasi pertama dari pengiriman tersebut.

Pada bulan Februari 2015 pejabat Rusia menerbitkan daftar sistem senjata yang akan dibeli Armenia dari Rusia di bawah perjanjian kredit senilai US $200 juta. BMR 9K58 Smerch adalah merupakan bagian dari daftar tersebut, sedangkan rudal balistik jarak pendek Iskander dan Buk tidak termasuk didalamnya.

Menurut sumber militer dan industri, Rusia kemungkinan mengirim satu set divisi Iskander (biasanya 4 peluncur) ke Armenia. Salah satu sumber menyebutkan bahwa akuisisi sistem rudal tersebut dimaksudkan untuk mencegah Azerbaijan untuk menyerang pusat-pusat populasi utama Armenia, setelah ancaman yang dikeluarkan oleh pejabat militer Azerbaijan.

Standar ekspor rudal Iskander-E memiliki bobot 480 kg, memiliki berbagai pilihan hulu ledak, daya jangkau 280 km dan akurasi dibawah 10 meter.

 

Sumber: IHS jane

Artikel Terkait :

  19 Responses to “Parade Militer Armenia Ungkap Rudal Balistik Iskander”

  1. Wow

  2. Rudal impian RI

  3. All hail Russia

  4. sedap bener Armenia bisa punya Iskander…. kalo Indonesia mahh selaw aja nanti juga tau tau muncul… yang penting Destroyer kita punya dulu wkwkwkwk

  5. Bikin onani otak aja..

  6. Saya yakin tni sudah punya n rudal iskander dan klub k.. Cuman diumpetin buat keadaan darurat saja.

  7. Indonesia udah lama punya nih Iskander 😛

  8. Punya tai indonesia mah bacoot doang gede…??

  9. Borong …..

  10. Jakarta dipayungi nassam,bandung,yogja,semarang,madiun,malang,surabya,medan,riau,pekanbaru,pontianak,makasar,menado,biak,jayapura,morotai,kupang,saumlaki,denpasar,dipayungi BUK M2E NG,PANTSIR S1,SA300,SA400. Mantap bin jossss….

  11. Masa sih??
    ,indonesia selagi di payungi pejabat korup dan tidak ada uuD hukuman mati buat yg korup tetep akan ancur.duit nya malah lari ke singapore.

  12. ayok sm2 turun kejalan,kita demo secara damai didepan gedung DPR,menuntut DPR untuk menaikan anggaran alutsista untuk mmbeli senjata2 yg sangar yg sdh betel propen,dan juga merancang dan mensahkan UU hukuman mati bagi koruptor..!!!BANDAR NARKOBA udh,skrg giliran KORUPTOR yg sharusnya dpt jatah,krn kduanya sgt sgt menghambat kemajuan bagi negara,maka kduanya wajib untuk di BERANGUS dan dimusnahkan dri muka bumi Indonesia..!!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)