Jul 282016
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan pergantian alias reshuffle kabinet kerja. Ada empat menteri yang digeser dari lembaganya, dan ada tujuh nama baru yang masuk dalam jajaran kabinet kerja. Salah satu nama baru yang sudah lama dikenal adalah Sri Mulyani Indrawati.

Ketika memperkenalkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menkeu, dia pun mendapat sambutan berupa teriakan dan tepuk tangan. Sekadar informasi, saat ini hanya Sri Mulyani, wanita yang diangkat pada reshuffle jilid II. Sri Mulyani dikabarkan pernah juga diajak masuk dalam kabinet kerja, hanya saja saat itu dia belum bisa meninggalkan jabatannya di World Bank.

Salah satu dampak dari Reshuffle adalah Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) siang ini kembali menguat usai pengumuman perombakan (reshuffle) kabinet. Rupiah berada di level Rp13.117 per USD.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rabu (27/7/2016), Rupiah pada perdagangan Spot Exchange Rate di pasar Asia, bergerak menguat 58 poin atau 0,44 persen ke Rp13.117 per USD. Rupiah bergerak di kisaran Rp13.107-13.167 per USD. Bahkan, beberapa menit setelah pengumuman, Rupiah masuk ke level Rp13.107 per USD. Namun, turun ke Rp13.130 per USD dalam kurun waktu 15 menit kemudian.

Sementara itu, Yahoofinance mencatat Rupiah menguat 50 poin ke level Rp13.115 per USD. Adapun pergerakan harian Rupiah di angka Rp13.093 per USD hingga Rp13.165 per USD. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan jajaran Menteri barunya pada reshuffle jilid II. Salah satu Menteri yang menjadi bintang adalah Sri Mulyani yang menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu). Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang menyatakan, pasar menyambut baik masuknya Sri Mulyani ke Kabinet Kerja. Sehingga, diprediksi IHSG dan Rupiah akan menguat.

Artikel Terkait :

  11 Responses to “Pasca Reshuffle, Rupiah kembali menguat”

  1. ibu sri,salah satu menteri favorit ane.profesional…& yg jelas paling berkompeten di bidangnya.

    • Bu sri Orang bank Dunia — namaya sudah mendunia
      — investor mana yg ragu masuk indonesia …. orang2 okonon dunia juga tau ekonomi RI kedepanya ^^

  2. Rupiah dan IHSG sih 1 hari kemaren bergerak di Zona Hijau, Tapi utk TIM ekonomi Kabinet Kerja Hasil Reshuffle ke-2 khususnya masuknya Bu Sri harus segera kerja keras krn Menurut Data hingga Semester I Tahun ini Defisit Penerimaan Negara sudah mendekati batas 3% yg ditentukan telah oleh UU keuangan Negara APBN 2016 Krn pasti akan jadi bahan di Dewan bila sampai Batas Defisit 3 % tsb terlampaui, krn pasti utk menutup Defisit tsb salah satunya pasti Negara akan mengambil Hutang dari luar negeri

  3. Okelah kl bgitu

  4. Jaman Jokowi Hutang semakin gede, bahan makanan meroket harganya …………….. wadduhhhh

  5. semoga dolar jd RP.7000, saya pengen beli DSLR nih buat poto poto alutsista

  6. Resuffle jilid 2, yang diangkat bener2 para profesional yang tangguh dibidangnya, semoga seperti itu. Amin.

  7. Ekonomi bagus …alutsista bagus..

  8. jaman pak jokowi itu transparan makanya kita tau utang kita berapa coba jaman sebelumnya ditutupin sllu bilang % aja hitungan nya yang konkritnya masarakat awam tidak tau.
    tp ini lah zaman pak jokowi keuangan masih stabil harga bensin masih murah tidak seperti jman subsidi yang hanya bisa naik tp tidak bisa turun….