Jan 162017
 

Tentara Jerman menggenggam sebuah senapan serbu G36 buatan Heckler & Koch di sebuah barak militer didekat Weisskeissel, Jerman. (Foto: Sputnik News)

Seperti dilansir dari Sputnik News, Kantor pengadaan pertahanan Jerman telah mengeluarkan tender pengadaan senapan serbu baru untuk pasukan khusus Jerman.

Kantor Federal Peralatan, Teknologi Informasi dan Dukungan Service Bundeswehr (BAAINBw), yang melengkapi angkatan bersenjata Jerman dengan senjata modern yang hemat biaya, dilaporkan mengeluarkan tender untuk pembelian 1.750 senapan.

Unit Kommando Spezialkrafte Marine (KSM) angkatan laut dan Kommando Spezialkrafte (KSK) angkatan darat saat ini menggunakan senapan G36. Kontrak baru senilai US $ 11,600 juta dan penawaran harus disampaikan pada 9 Februari 2017. Pengiriman akan dimulai tanggal 10 September 2017 hingga akhir Juni 2019.

Deutsche Welle melaporkan pada 2015 bahwa G36 memiliki masalah pada overheating dan akurasi tembakan di lingkungan yang panas. Ini adalah salah satu dari sejumlah isu memalukan yang dihadapi militer Jerman, termasuk hilangnya suku cadang, minimnya pemeliharaan helikopter, dan hancurnya tank.

Persyaratan tender memerintahkan bahwa senapan serbu baru harus beroperasi dengan gas yang memiliki kemampuan tembak secara otomatis maupun tunggal, dan memiliki format standar NATO 5,56 x 45 mm. Senjata api juga harus dilengkapi dengan aksesoris rel (NAR) STANAG 4694 NATO, peredam suara, dan aksesoris lainnya.

Menurut IHS Janes, kontrol ganda untuk mengakomodasi pengguna tangan kanan dan kidal juga telah diminta, dan kontrak meliputi pengiriman peralatan, senter dan pengunci laser.

Tanpa peredam, panjang senapan harus kurang dari 900 mm dan berat maksimun tanpa amunisi, optik dan magazine, tidak boleh lebih dari 4 kg. Usia receiver 30.000 butir dan usia laras 10.000 butir.

Lima model pembanding akan termasuk dalam 1.750 senapan yang diproduksi massal, bersama dengan 40 lainnya untuk pengujian kompatibilitas dengan penglihatan optik dan tes kualifikasi.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Pasukan Khusus Jerman Inginkan Senapan Serbu Baru”

    • Ayo Pindad, tawarin yang special grade 😀 kan belinya terbatas tuh… khusus senjatanya aja, biar peluru dari mereka 😀 kan peluru khusus cuma untuk dipakai di dalam negeri

  1. coba deh PINDAD ajukan penawaran, siapa tahu beruntung… Lancrot kan…. ha ha ha

  2. Ayo pindad ajukan proposalnya

  3. Tes coment satu dua tiga tes…….tes….

  4. Pindad tesst doong tawarin ke jerman

  5. peluang yg bagus nih bagi Pindad, ayo ikutan tender dong!

  6. ss3 siapkan!!

  7. Pesan aja ke pindad….hehehe

  8. Specx tinggi banget….wajar utk pasukan khusus tp kok G36 d anggap produk gagal ya….pdhl made in german

    • Larasnya cepet over heating kalo dipaku nembak berdurasi panjang, jadinya akurasinya menurun, kayak kalo dirumah itu lho…

  9. Hubungi ini ya untuk ss2 v series

    PT.Pindad
    Jl. Gatot Subroto, No 517
    Bandung, Indonesia, 40284

    Phone : +62 22 7312073
    Fax : +62 22 7301222

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)