Jan 242016
 
tni poso

Anggota pasukan khusus TNI berangkat ke Poso (Antara/Basri Marzuki)

Sekitar 1200 prajurit dari Kopassus, Marinir, Raider dan Kostrad akan bergabung dengan 2.000 personel gabungan TNI dan Polri yang telah lebih dahulu ada di Poso, Sulawesi Tengah untuk melancarkan operasi keamanan memburu kelompok sipil bersenjata, pimpinan Santoso.

tni poso 2

Kehadiran pasukan ini untuk memperkuat operasi keamanan Tinombala dalam perburuan pimpinan Mujahidin Indonesia Timur, Santoso. Mereka akan melakukan pengejaran terhadap kelompok Santoso di seluruh hutan-hutan Kabupaten Poso hingga ke perbatasan,” ujar Komandan Satuan Tugas Operasi Tinombala, Brigjen Pol Idham Azis, Sabtu, 23/1/2016.

tni poso 3

Anggota pasukan khusus TNI berangkat ke Poso (Antara/Basri Marzuki)

Seluruh prajurit ini memiliki tugas berbeda-beda. Selain melakukan pengejaran terhadap kelompok pimpinan Santoso, mereka juga melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan hingga ke upaya pencegahan lewat deradikalisasi.

Sumber: Viva.co.id / Antara.co.id

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  92 Responses to “Pasukan Khusus TNI Buru Kelompok Santoso”

  1. Akhirnya pasukan khusus turun tangan… Waktunya santoso cs bersiap untuk menghadapi perang yang sebenarnya… #bravo tni

  2. Sebnyak itukah

    • Ya nggak semua nyerbu bareng2…sebagian bergerak, sebagian lagi menyekat kampung2 yang disekitar lokasi perburuan, sisanya persiapan dirotasi.

      Lagipula kalo mengerahkan pasukan yang besar kan anggarannya besar juga…kalo setnov bilang “Cuocok tho”

    • Area perburuan sangat luas bro. Bagai mencari jarum di tumpukan jerami.. pasukan segitu sj sy pikir kurang krn belantara yg membentang luas. Harusnya dilibatkan tukano untuk air strike setelah koordinat tsk diketahui biar gak lari2 trs.

    • Ini pasukan khusus pemburu terlihat dri Gear ny… biasanya kalo yg sedikit itu namanya pasukan elite yg biasanya dalam satu tim hanya 5 – 7 anggota…jdi wajarlah banyak..semoga itu menjawab pertanyaan anda…hhe

  3. hajarr blehh

  4. Bawah saya Santoso belum sunat

    • bahasa kasarnya adalah “kamuflase” untuk persiapan menghadapi kemungkinan2 pecahnya konflik di bagian utara. well semoga bisa ditangkap ya santoso sudah meresahkan supaya beritanya juga nyambung. nkri harga mati.

  5. Nomor 5 !!

    • Betul bung.. Pemikiran anda sangat luas.. Sy setuju dgn pendapat anda.. Jgn biarkan kelompok santoso terus menerus membangun kekuatan & hanya diam menunggu mereka melakukan aksi teror, meskipun resiko dlm operasi penyerbuan ini terbilang besar.

  6. Koreksi dikit yaa gan. Poso itu letaknya disulawesi tengah. Bukan di kalimantan tengah…

    Tapi kok banyak yaa pasukan yg turun. Kayak mau perang antar negara..
    Apa segitu kuatnya kelompok santoso ini ??..
    Berarti pasukan yg sebelumnya turun deluan yg katanya sampe ribuan juga udah kalah dongg… wahh wahhh…..

    • Terima kasih. Sudah dikoreksi.

      Salam

    • Bukan masalah kuat atau tidaknya bung.

      Memang betul mereka punya kelompok, tapi mereka lebih memilih hidup di hutan dan selalu berpindah pindah tempat. Dengan adanya tambahan pasukan elite ini, pertanda TNI ingin pemimpinnya santoso di tangkap hidup/ mati dan dibasmi pengikutnya. Terakhir sempat terjadi kontak senjata dengan kelompok santoso, dengan begitu kelompok mereka semakin terpojok dengan kehadiran pasukan tambahan yg memburu mereka.

      • Hehehe…
        Iyaa. Sy cuma kawatir saja kelompok santoso masuk ke daerah sy. Soalnya jarak dari poso ke daerah sy itu sekitar 6 jam perjalanan. Hohoho

        • karena TNI gk mau kecolongan poso jilid baru..krn TNI kuatir teror sarinah sebagai awal pergerakan teror di seluruh Indonesia

    • ya..betul juga…hahah

    • Mumpung ada Santoso, kesempatan untuk prajurit “latihan perang” beneran. Gak apa2 keluar uang lebih banyak, tapi setelah selesai tugas kan dapat pengalaman baru “perang” di hutan. Juga hitung-hitung latihan persiapan musim kemarau tahun 2016 untuk mencegah sekaligus “meburu” pembakar hutan

  7. Besok tinggal nunggu beritanya santoso tewas tertembak.
    Penjahat kok dipelihara, mending pelihara tuyul bikin kaya, ckckckckack…

  8. Si santoso kelakuan penjahat ngaku pejihad mencoreng nama Islam saja

  9. oh indon, special force katanya number 3 dunia, untuk tangkap santoso nak kerahkan 100 tentera special forces. malu malu. Indon mesti ingat GGK adalah tentera dengan kemampuan perang hutan terbaik di dunia, kami Hanya butuh 10 orang GGK buat nak tangkap santoso. kekekekekek

    • Yaaa udah.. kalau gitu suruh aja GGK memberontak sama inggris biar gak bayar upeti dan gak jadi jongos inggris lagi. Berani gak…??
      Kok mau sih jadi budak orang barat….?? Hohoho….

    • Bacot lu gedein lon, pemberontak sulu apa aja yg lo kerahin ??? Butuh berapa lama buat numpas ???

      Anda sehat lon ???

    • Hey bung malon, memang special forces dikerahkan cukup byk, itu utk mengasah kemampuan mereka terutama generasi barunya. Special force harus berlatih, tidak tidur ngorok melulu di barak spt GGK malon macam Johari gendut itu. Gimana kabar Johari, masih suka ngompolkah?

    • Malon… Malon… Banyak cakap lu… Dunia jg tahu gmn reaksi tentara beruk hadapi pmberontak sulu yg cm beberapa gelintir lu dh kebakaran jenggot .. Lu bom pakai hornet lbh hebat lg lu ngebom pokok pisang smua..wkwkwwkwk.. Pasukan GGK kyk skumpulan pemandu sorak.. Haha

    • Kelompak Santoso di kejar, hanya pake Pasukan Infanteri.
      .
      Kelompok Lahad Datu di garap, sampe2 pake kendaraan lapis baja dan pespur,
      .
      Duh … ni MALON berpikirnya pake Dengkul !

    • Oh malon..teruslah hidup dlm rasa iri dan dengki terhadap bangsa Indonesia..kami tdk terganggu kok..buktinya dlm artikel ssv dan pkr tdk ada komen beruk sama sekali..teruslah pelihara rasa mindermu dg menganggap bangsa malon paling hebat didunia..teruslah hidup bagai katak dlm tempurung smp saat kau bangun nnt kau sedar tdk ada lagi waktu utk mengejar ketertinggalan..tahniah malon(^_^)

      • Bung Masha….jangankan buat komentar,malon baca artikelnya aja kepala kluar asap,wajah merah kebiru biruan,badan menggigil panas dingin,tensi darah naik,hati perih bagai di iris sembilu… syalala..lala…laaaa…. hahaaeee…

    • sudah – sudah… kesombongan seperti ini tidak perlu direspon… biar saja… kesombongan menunjukan…ehm….

    • Sudah2 beruks semenanjung otaks dongo ngga usah diladeni…..otaksnya somplak kebanyakan dikongkek najib n umdog…..kabarnya najib kembali diperiksa karena kasus korupsinya muehehehe

      • MALESIA ITU SUDAH TERKENAL DI DUNIA INI SOAL OTAK NYA YG BEBAL, TAPI KALAU NDAK BODOH PASTI NYA SUDAH MERDEKA DARI INGGRIS YA. BAGAIMANA NDAK BODOH, LAGU DOLANAN ANAK2 INDONESIA SAJA DI BUAT LAGU KEBANGSAAN MALESIA, memalukan sekali

    • GGK tak de prestasi, apa yg bs diabanggakan, …………… 100 GGK mati semua hanya oleh 1 orang SATPOL – PP sahaja, ………… Wk wk wk !!!

      • tentera amerika sahaja mengakui kejayaan tentara diraja malaysia. Buktinya tentera malaysia yang selamatkan saat accident black hack down. Indon mana bisa

        • halahhhh…itu saja yg terus kau banggakan.nggak ada yg laenkah????..heyy malonyet

        • tae kucing

        • G = Gerombolan
          G = Gemar
          K = Kongkek
          mana bisa berjaya ………. ???

        • hahhaha….GGK hanya banyak cakap,kalo GGK haibat kenape saat 8 lanun orchim harmony pake parang sahaja ATM minta bantuan TNI-AL…buat nangkap 8 lanun orchim harmony pake parang sahaja malon tak mampu apalagi selamat tentara USA saat peristiwa black hawk….banyak cakap sahaja kau lon hahhaha

        • MASA sih lon ? gagal paham ane….yg saya tahu GGK itu hanya punya skill tewaskan altantuya pak C-4….iya bener sekali lon dunia mengakui kehebatan GGK bisa tewaskan altantuya pake bom…hanya special force malon satu2nya di dunia yg punya skill bisa tewaskan perempuan tak berdosa pake bom….ckckck…hebat sangat

        • Hai bung ente lupa ya..pejabat negara loe to banyak ngaku2 org keturunan indonesia..no nabjib ngaku2 msh keturunan gowa makassar..keturunan lng sultan hasanuddin raja gowa lg..puihh..amit2

    • GGK = Gay Gay Kongkek

    • Maling..lo ga tau siapa santoso..makanya perlu pasukan khusus yg turun,maaf..santoso juga mantan pasukan khusus di sini(Ada tanggung jawab moril)buat nangkap dia..makanya saya lebih suka intelegent kita di kuatin biar nangkep santoso langsung tepat sasaran..

  10. santoso tukang gorengan pegang senjata. hasilnya ya bakalan jd latihan perang buat TNI untuk ngasah kemampuan sebelum nyebrang ke utara basmi sonora xixixi

  11. Semoga sukses…..udah bosan benar…katanya punya pasukan yg “istemewa” tp kelamaan memberantas kelompok2 perusuh di dalam negeri sendiri….why oh why….tolong pak panglima…berantas habis kelompok2 pengacau ini sekalian babat habis OPM di papua….gak main2 ini turun jumlah pasukan khususnya macam mo perang sama negara lain aja hahaa…kalau sampai gagal sungguh memalukan…drone..mana drone….malah kata blog tetangga bisa intip lewat satelit kwkwkw….lah mencari santoso aja susah amat ya…binyung saya…binyuuung…hihihihi

  12. Malon beruntung ja klo dulu pas ganyang malon.ga ada pemberontakan pki dah jadi bagian dari nkri.skrg ja masyrakat indonesia dah nunggu ganyang malon yg ke2 dah gemes lihat orang2 malon suka mencuri

  13. Setelah santoso musnah..lanjutkan numpas opm juga.sampai musnah..serius tumpas opm kerahkan 50.000 pasukan,saya yakin opm jauh lebih kuat dan lebih sadis tp anehnya dimanja kagak ada oprasi militer bsr2an.apa takut usa asu sipelindung kekacauan dunia

  14. Pantesan hercules lalu lalang di atas tempat kerjaQ kmaren,. Ini toh jawabannya . . .

  15. santosa kenapa lama ga bisa dibasmi? karena yang nangani lebih dulu adalah polri. itu suda sop. tni akan turun jika polri sudah kewalahan dan meminta tni ikut. makanya brimob pengen ilmu perang hutan kopasus tapi dikasih level jugle survival doank.

  16. Habis merampok, Santoso paling lari dan ngumpet di lobang tikus, tindakan pengecut kok disebut jihad, ………. memalukan !!!

  17. Kejar santoso cs sampe ke liang kubur, tak ada ampun. Abis santoso, ganti sasaran ke opm, sikat semua dan tegakkan kedaulatan Indonesia.Saatnya kita semua bersatu demi Indonesia.

  18. santoso dikasih beha cocok kayaknya

  19. Kalau menurut saya santoso di tangkep hidup aja,trus di brain wash.kirim tuh ke malon biar bikin onar di sono seru kali ya,,hee biar malon kgk congkak hahahah di adu sama GGK,,lebih hebat mana

  20. Malon gak sehat ya??
    Kalo pasukan GGK malon punya kemampuan perang hutan terbaek di dunia apa aja prestasi nya??
    Terus kenapa KOPASSUS masih peringkat 3 dunia?? Hahahaaha

    Tni kirim pasukan sebanyak itu tak laen Taktik dan strategis jitu malon..!!
    TNI cukup kirim 1 grup kopassus buat bantai santoso..
    Pasukan yg laen berjaga dan menyisir semua kawasan hutan di poso dan menutup pergerakan kelompok santoso.

    So berati GGK itu= Grup Gerak Kampungan..!
    Kirr kirrr

    • penceroboh di lahad datu di serang besar-besaran kerana jumlah mereka sudah besar dan mengancam kepentingan nasinaliti kerajaan. Santoso sama kawannya tak lebih 10 orang, nak kerahkan 100 orang special force lagi, malu je. Indon cakap saja banyak bukti nol

      • Altantuya Shaaribuu
        Ia pindah ke Hong Kong pada 2005 dan membuka bisnis yang lain. Di situlah ia bertemu dengan Abdul Razak Baginda, seorang analis pertahanan dari tangki pemikiran Pusat Penelitian Strategis Malaysia dan menjalin hubungan dengannya.

        Setelah tiba di Kuala Lumpur bersama sepupunya dan seorang temannya pada Oktober 2006 untuk menjalin kembali hubungannya dengan Baginda, ia pindah ke rumah Baginda, namun diculik dan dibawa pergi. Penyelidikan polisi mengungkapkan bahwa ia ditembak dua kali dan diledakkan dengan bahan peledak C4. Ketika tubuhnya ditemukan, ia hanya dapat diidentifikasikan melalui uji DNA atas potongan-potongan tulangnya.

        Baginda dan tiga anggota kepolisian ditahan selama penyelidikan pembunuhan ini. Dua orang lainnya yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan ini adalah Inspektur Kepala Azilah Hadri, 30 dan Kopral Sirul Azhar Umar, 35, manakala seorang lagi anggota polisi dibebaskan karena tidak terlibat dalam kasus ini. Mereka adalah anggota pasukan elit Pasukan Gerakan Khas A (Unit Tindak Khas), pasukan khusus Mabes PDRM dan keduanya ditempatkan di kantor Wakil Perdana Menteri, yang juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan pada waktu pembunuhan itu terjadi.

        Kepastian tentang huubungan (yang diakui oleh Baginda di Pengadilan) dan rincian-rincian yang pasti tentang pembunuhannya masih dalam penyelidikan. Kaerna penggunaan bahan peledak C4 (sangat jarang digunakan untuk kasus pembunuhan di Malaysia dan barangkali juga di seluruh dunia), kenyataan bahwa pihak-pihak yang dicurigai adalah polisi dan karier Baginda dapat terkait dengan kontrak-kontrak pertahanan – semuanya menimbulkan alasan-alasan kuat untuk spekulasi tentang adanya persekongkolan di balik semua ini.

        skandal RAzak

    • lahad datu penceroboh sebanyak ratusan orang, mengancam kepentingan nasionaliti kerajaan je.
      sontoso tak lebih 10 orang, diserang pakai operasi maleo gagal. sekarang diserbu 100 sepecial forces lagi. Tentera diraja malaysia dalam operasi lahad data, kami sukses menghancurkan penceroboh, kalo indon tak sukseslah.

      • Klo begitu dikirim ke malon aja tni kita perang melawan malon di area terbuka , tinggal tau siapa yg menang askar pejuang malon atau tni ?
        Bodoh dipelihara, lebih gampang basmi musuh di area terbuka , daripada di hutan macam beruk berpindah pindah cari pohon pisang dan sambil mencuri makanan warga.
        MINTA DIKIRIMI ASAP LAGI NIH MALON !!!

  21. Strateginya seperti apa untuk membasmi, apakah menurunkan tim intai masuk ke pelosok hutan, misalnya tim sniper atau tim recon. lalu setelah diketahui lokasinya langsung radio untuk menjatuhkan jdam (klo ada :D)

  22. Manteb, jgn sampe lolos satu ekor pun. Bravo tni!

  23. apa kita khabisan keju utk memancing tikus, efektifkah dgn penyerbuan besar2an? ingat lho tikus itu hutanya kebakaran aja msh bisa selamat, moga cepat terselesaikan

  24. ini kaya nya memburu sambil latihan antar pasus untuk meningkatkan kemampuan, menggunakan tak tik dan strategi jitu untuk melumpuhkan musuh, jd sewaktu2 ada penyusup dr malon yg ingin menggeser patok tinggal d brondong aja sampe ancur kaya bubur…:D

  25. Batlle propen ni orang….klo 1000 tentara jadi kaya santoso….geger dah

  26. Itung2 latihan real combatan,,,biar regenerasi,,dan batle proven,,,

  27. Pemerintah harus memberantas para teroris baik itu di Poso maupun di Papua, saya masih melihat penindakan teroris di Papua masih setengah2 alias tidak serius padahal korban baik sipil maupun militer sudah banyak, jangan takut dgn tekanan asing karena kita membrantas aksi kriminal terorisme yg sangat mengganggu pembangunan

  28. Inilah latihan dengan target yang sebenarnya,dijamin lebih serius dan lebih seru, pasti beda dengan latihan latihan sebelumnya yang pasti telah disimulasikan dulu,perkara budged nggak masalah, toh nggak ada santoso pun TNI tetep ngeluarin biaya untuk latihan, jadi sekali dayung sonora sonotan terlampaui…Bravo TNI

  29. Seperti tak tik pagar betis y, nantinya yg beroperasi kedalam hutan mungkin hanya beberapa regu saja. Jd inget cerita kakek dulu d kaki gunung ciremai..

  30. Sebenarx gampang skali mnurut sya kalau mmf ada niat dri pemerintah untuk menangkap santoso. Satu hal yg perlu di perjelas, sebenarx tempat persembunyian santoso bkan di hutan belantara poso. Tpi di perkampungan kaya***ya.. Ini semua sdh jdi rahasia umum di klangan masyarakat poso.
    hanya aja masyarakat mlah mnutup mulut dgn keberadaan santoso. Yahh anda pasti tau jwabanx knpa masyarakat takut..!
    dgn melihat jmlah pasukan yg di turunkan, sya berpendapat pasukan sbanyak itu di persiapkan untuk perang kota..

  31. Operasi camar maleo yg melibatkan POLRI-TNI terbukti gagal, Gini neh klo aparat doyanx lawan rakyat aja,

  32. Santoso bs survive karena ada kasus masa lalu yg belum selesai, ada ketidakadilan pada kasus konflik poso sehingga masyarakakat yg merasakan ketidakadilan itu agak simpati ke santoso.

    Ketidakadilan itu adalah saat penegakan hukum konflik poso, satu pihak dijerat RUU Terrorisme lain pihak dijerat pidana Umum

  33. mujahidin poso pimpinan ustadz santoso hanya 30 orang di perangi oleh 3000 tentara / polisi kafir indon

    udah pengecut kalah lagi……operasi camar maleo 4 thn gagal menangkap santoso

    kekalahan dan kehinaan utk negara kafir indon

  34. Ampe siang hari ini,Tumben pengerahan Ribuan Pasukan TNI yg biasanya sensitif bagi LSM,Anggota Dewan maupun Media kali ini mereka semua pada diem saja padahal jumlah yg dikirim bisa dikatakan Sudah masuk kategori Operasi Militer TNI biasanya sih anggota dewan akan nyeletuk masalah anggaran yg dikeluarkan akibat pengerahan pasukan TNI secara Masif, LSM2 akan berkoar tentang Represifnya TNI mengatasi Gangguan keamanan bahkan media yg biasanya kritis pun malah gak memberitakan
    Efek kejadian Jl.Thamrin makanya pergerakan Pasukan TNI pun sekarang bisa dikatakan “Halal” krn utk memburu kelompok terduga santoso
    Krn yg dikirim satuan2 Pasukan TNI khusus kita harap beberapa minggu ke depan kita sudah dapat hasilnya sekalian menjadi medan ujian anggota2 TNI tsb

  35. Hidup santoso !!! Bravo santoso… teruskan perjuanganmu

  36. Setuju..santoso di tumpas…tapi bakal Ada Dan Ada lagi santoso2 lain yg datang..cuma bingung..kenapa Ada santoso atau group teror di muka bumi..Ada yg pernah Tanya ga mau mereka APA sih??Karena saking cinta nya sama agama??gw juga cinta sama agama gw..APA cinta gw yg salah??APA cinta teror yg landasan agama yg salah??APA gw Dan dia sama2salah??APA gw Dan dia sama2 bener??APA waktu zaman nabi ngajarin terror??sepengetahuan gw nabi rahmat buat seluruh dunia..kalo nabi ngajarin terror,gw rasa agama yg dia bawa ga banyak penganutnya..trus kenapa beda sama yg bawa ajarannya..

    • biasanya ada pengikut nabi yg salah mentafsirkan ayat..jihad dulu di implementasikan jaman sekarang yh beda arti dan maanfatnya..jaman dipenegoro atau imam bonjol mungkin bisa dikatakan berjihad melwan penjajah..lah sekarang para teroris berjihad melawan siapa? penjajah sekarang kan menjajahnya bukan scr kontak langsung tapi dgn ekonomi..trus kenapa mereka bikin rusuh di negara nya sendiri trus mau mengulingkan pancasila, sebenernya mereka itu makar hanya saja mereka melakukan tindakan teror mkanya di cap jd teroris. ah entalah lah lama lama saya bingung…makar, separatis,teroris..

  37. Perhatiin tampang prajuritnya, ini pasukan pemburu…mental petarung dari matanya….

  38. Mujahidin mit tawakalnya kepada Allah..Siapa yg bisa menandingi Allah..selamat berjuang mujahidin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)