Dec 222016
 

Berbagai cara bisa dilakukan para pelajar dalam mengisi waktu libur sekolah, seperti ratusan pelajar SMP hingga SMK di kawasan Surabaya, yang memilih mengisi waktu liburannya dengan mengikuti kegiatan joy sailing atau berlayar dengan gembira di atas kapal perang RI.

Tidak hanya diajak berlayar, para pelajar ini juga diberi pengetahuan tentang sejarah kapal perang serta pengenalan atribut TNI Angkatan Laut.

Kegiatan Joy Sailing bersama pelajar ini, diawali dengan ratusan pelajar mengantri saat memasuki kapal perang RI dokter suharso 990 diperairan selat Madura.

Sebelum berlayar, para pelajar yang mengisi waktu lburannya dengan mengikuti kegiatan ini mendapatkan pengetahuan tentang tata cara selama mengikuti pelayaran.

Dalam joy sailing ini, para pelajar diajak berlayar selama tiga jam mengarungi alur perairan barat Surabaya. Selain itu para pelajar juga mendapatkan pengetahuan tentang kapal perang serta atribut prajurit TNI Angkatan Laut mulai dari seragam harian hingga seragam khusus.

Menurut, Komandan KRI Suharso 990, Letkol Laut (P) Asep Budiman, Kegiatan joy sailing ini akan terus dilakukan oleh koarmatim demi menumbuhkan jiwa bahari dan maritim kepada para pelajar.

“Kegiatan Joy Sailing kali ini memang dipusatkan di KRI dokter Suharso, sebagai kapal rumah sakit milik TNI AL. Sedangkan harapan dari acara ini sendiri adalah revolusi mental seperti arahan bapak Presiden, yaitu merubah mental agraris ke mental maritim,” papar Letkol Laut (P) Asep Budiman.

Meski hanya diajak berlayar selama 3 jam, namun para pelajar ini sangat senang bisa menikmati joy sailing. Vika Ayu, salah seorang peserta joy Sailing mengatakan melalui kegiatan joy sailing ini, para pelajar ini bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kapal perang dan atributnya.

“dalam kegiatan ini, kami diajari aturan-aturan naik kapal, trus diberi wawasan apa aja yang ada di kapal, aku Vika Ayu, siswi kelas 8 SMP Hang Tuah surabaya kepada jakartagreater.

Koarmatim berharap dengan joy sailing ini, para pelajar lebih mencintai dunia kebaharian dan membentuk karakter generasi muda yang berwawasan kemaritiman demi kejayaan negara kesatuan Republik Indonesia.

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Pelajar Se-Surabaya mengisi Liburan dengan Kegiatan Joy Sailing di KRI Suharso 990”

  1. Banyak pelajar terbebani dengan pelajaran dan ekskul yang bejibun, sampe pada stres dan kompak kesurupan.
    Kegiatan joy sailing ini sangat baik untuk refreshing dan justru banyak pelajaran berharga yang bisa didapat para siswa.

  2. Atribut ada di NKRI sejak daud jauh sebelum tordesilas dalam motif tulisan budaya lokal. Makanya belajar sejarah budaya seni sendiri.

  3. dari mental agraris jadi mental maritim, berarti dari petani jadi nelayan ato dari makan nasi jadi makan ikan ????wkwwkwkwkwk

  4. anak anak, jangan bilang telolet ya sama nahkodanya. bahaya nak bisa kopok en kuping mu 😀

  5. Apa kabarnya KRI Layang yang hilang bung Diego..gmn updatenya?

  6. Muda2xan gak di karciskan……

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)