Aug 122016
 

Pada hari Rabu (10/08/2016), Reuters melaporkan bahwa Vietnam telah “diam-diam membentengi beberapa pulau di Laut China Selatan yang disengketakan dengan peluncur roket baru yang mampu menyerang landasan pacu China dan instalasi militer di seluruh rute perdagangan penting”, mengutip seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya.

Penempatan sistem roket oleh Vietnam yang mampu menyerang China secara dramatis meningkatkan pertaruhan atas perairan dan wilayah sengketa, pengerahan kekuatan tersebut sebagai imbas atas eskalasi yang dilakukan oleh Beijing.

Provokasi oleh Vietnam muncul akibat dari penolakan Xi Jinping untuk mematuhi putusan tetap oleh Pengadilan Arbitrase di Den Haag, yang memutuskan bahwa klaim teritorial Beijing untuk perairan yang disengketakan dan pulau-pulau di Laut China Selatan adalah tidak berdasar.

Vietnam Pasang Sistem Peluncur Roket, China Luncurkan Satelit di LCS

China beralasan bahwa itu keputusan politik, tidak memiliki substansi dan prosedural, terutama karena Hague tidak memiliki yurisdiksi atas kasus ini. Menghadapi tekanan regional dan Barat untuk meninggalkan klaim mereka di perairan tersebut, Beijing telah merespon dengan tegas, memberitahu rakyatnya untuk mempersiapkan diri berperang. Beijing telah meningkatkan patroli tempur ke Laut China Selatan, untuk menunjukkan kekuatan militer yang ditujukan untuk menangkal kontra-provokasi. Bagaimanapun Vietnam telah menaikkan taruhan, meningkatkan kemungkinan perang antara kedua sekutu lama, dan berpotensi mendorong China untuk mendeklarasikan Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), kepulauan Paracel dan Spratly dengan aset militer tambahan untuk mencegah perampasan dari mereka.

Beijing mungkin akan meningkatkan eskalasi militer jika mencurigai bahwa Hanoi menggunakan peluncur roket untuk menciptakan kemampuan anti-akses/zona-larangan (A2/AD). Militer Vietnam adalah salah satu dari beberapa kekuatan global yang bisa mengancam China dalam perang konvensional, karena memiliki beberapa kapal selam paling canggih di dunia yang dibeli dari Moskow.

Perang antara Vietnam dan China sepertinya tidak mungkin terjadi, karena kedua negara memiliki latar belakang komunis, dan kemungkinan mereka akan memperbaiki dialog dan kompromi. Dalam lingkungan yang lebih luas, terjadi penumpukan kekuatan militer Jepang untuk menentang China, dan Amerika Serikat duduk di pintu belakang Beijing, telah mengerahkan sistem anti-rudal THAAD di Korea Selatan, kemungkinan aksi militer oleh China tidak dapat diabaikan.

Pemerintahan Obama mencabut sanksi militer dan ekonomi yang telah diberlakukan oleh Amerika Serikat pada Hanoi selama hampir 50 tahun, dan mulai menjual senjata ke Vietnam. Wilayah geopolitik telah menjadi kurang ramah pada China setelah putusan Den Haag, dan jika Beijing dipaksa dalam perlombaan senjata, ketegangan di Laut China Selatan tidak mungkin mereda dalam waktu dekat.

Sumber: Sputniknews

(Vegassus/JakartaGreater)

Bagikan Artikel:

  58 Responses to “Peluncur Roket Vietnam Beresiko Memicu Perlombaan Senjata Dan Perang”

  1. Jos cong

  2. Nyosd

  3. Comunist makan comunist..

  4. Amin,y allah mudah mudahan terjadi perang di lcs. Mudahan2 terjadi perang besar antara cina dan asean. Mudah mudahan pulau jawa kena nuklir.amin amin amin.

  5. Asu cino ,,,2 cong

  6. Ini baru joss gak kayak tetangga selatan masih shorrad kekeke..

  7. Dia yg memulai, tp dia tdk mampu mengakhiri…

  8. Wuuiihh.. s400 lima batere hrs segera di pindah ke natuna. Kilo dan simbah nanggala segera ke lcs. Su35 hrs standby di batam dan natuna..

    Kerahkan dua divisi ke sumatera segera..

    Rakyat?? Rakyat jg sdh siap perang..

    • betul bung PKB, TNI tinggal distribusikan cadangan persedian senjatanya yang sangat banyak untuk seluruh rakyak… kita siap tempur

    • Kalo gini ujungnya, request ma pindad buat ss yg banyak, ama pelurunya. Simpen buat cadangan.. siapa tau ribut beneran.. gw ikut dong.. Sama senjata panggul yg kyk rpg gitu tuh skalian.. :)

  9. Mudah2an Situasi Tetep Kondusif Dan Damai…..Tapi Kalau Keadaan Memaksa Pecahnya Perang…Siap Bela Kedaulatan NKRI…

  10. Vietnam grasak grusuk
    indonesia senggol bacok berkedok netral
    berunei mah santai
    pinoy panas2 t*i ayam
    spura2 n maley keburu mati berdiri liat cg cina
    sonotan ditelan bumi

  11. Yg sbenernya komunis itu carin, siapa yg petok2 nah itulah yg brtelur, siapa yg omong2 komunis dialah yg menganut komunis

  12. Bukannya loe rin…tampang loe jg mirip jinping..komunis bgt ha ha ha

  13. Cantik2 tp komunis mah kagak ada yg mau..

  14. Ha ha ha carin2

  15. Perlu diskusi lama dalam meredam duo komunis ini untuk bersepakat sampai penyelesaian akhir nya adalah wewe gombel

    • Tenang saja, kita akan fasilitasi diskusi mereka, segera buat undangan untuk China dan Vietnam untuk datang ke Kafe Olivier, West Mal, Jakarta Pusat :D perlu kopi sianida berapa gelas?

      hahahahaa

  16. Kenapa saat negara tertentu berniat membeli Alutsista kenapa dikhawatirkan terjadi perang perlombaan senjata dikawasan, beli pake duit2nya sendiri kenapa harus mengkhawatirkan negara lain kalo yg lain pengen beli juga ya silahkan gitu saja kok repot, kalo punya duit ya silahkan belanja alutsista utk memperkuat pertahanan negaranya, masak mo beli senjata gak boleh krn akan mengakibatkan negara lain ikut beli alutsista juga, logika dari mana itu

  17. Dah lama gk mucul dimari

  18. Reuters gila

  19. Biar hati damai semuax…ayo bareng2 minum kopi sianida biar hati tenang selamanya…..
    .
    .
    ,
    .
    .
    .
    Pasti ada bilang minum sendiri…
    .
    ,
    ,
    ,
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .sianida biar modar………xixixixixi

  20. Pemimpin RI mungkin mikir panjang jika harus terlibat konflik dengan China. Terlalu banyak ketergantungan dalam investasi pada China dan masih lemahnya alutsista yang dimiliki membuat RI belum mampu berkata tegas mendukung hasil pengadilan arbitrase Den Haag terkait LCS.

  21. Kok Vietnam yg di salahkan?
    Kasihan Vietnam, padahal dia berbuat bgt karena Cina membangun pasilitas militer didaerah yg di sengketakan (di perbatasan)nya.

    Si rakus Cina dong yg di salahkan.

  22. Fakta alam siapa yg menang dia yg kuasa,,, perang-peranglah nanti kan ada jawabanya, menang jadi Rendang Padang kalah jadi Bumbu Rendang Padang,,, ha ha ha ha

  23. yang di lakukan vietnam untuk mempertahankan wilayahnya,yang di lakukan cina untuk memaksakan sejarah yang di buat2,memangnya jaman dulu yang nangkap ikan di LCS cuma cina,jaman kerajaan kutai saling berhubungan dengan india memangnya ngak lewat LCS bahkan tak tercatat sejarahnya oleh cina.

  24. Ane sokong @daeng ahmad… pulau jawa yang korup hingga menyusahkan rakyat indon di kawasan lain , seharusnya dibom pake nuklear aja gan… jawa dan korup berpisah teda kih kih

    https://en.m.wikipedia.org/wiki/Corruption_Perceptions_Index

  25. MAS ADMIN, KNAPA ADA IKLAN YANG MENUTUPI LAMAN AKHIR AKHIR INI

  26. liat itu males sia, vietnam aja brani naruh roket, tp knp km ga brani naruh roket.. ktanya km jg punya wilayah yg di sengketakan..?

  27. enak ya si asu cm memanfaatkan sekutunya dan asu sdh mencabut embargo trhdp vietnam,,
    stlh negara” tsb berperang dgn china dan rusia(kemungkinan)dan sama” hancur,,si asu dtang di akhir episode dan kluar sbgai pemenang prsis sprti PD II

    liciknyaaaa asuuuu

  28. test

  29. Nanggung amat jaraknya
    Haruenya bisa sampai seluruh daratan tiongcrot dan bila lcs meletus kota2 Strategis mereka dihujani ribuan rudal nuklir berkekuatan 1 miliar megaton tnt

  30. kami rakyat indonesia blm siap perang…!!!krn kami blm diajari menembak dgn ss2,,kmi blm diajari mlempar granat,kmi jg blm diajari menembak dgn Rpg,,bagaimana kmi siap perang???

  31. Kehancuran china dan rusia di depan mata,setelah itu korut

  32. beruk lagi pada ngobrol.katanya manusia sekarang udah banyak yg gila pada doyan perang dan berebut yg bukan haknya…

 Leave a Reply