Jan 082013
 
Roket RX-550 Lapan

Roket RX-550 Lapan

Awal tahun 2013 merupakan hari-hari yang menegangkan bagi Deputi Bidang Teknologi Dirgantara LAPAN Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata. Dia memiliki target untuk menerbangkan roket Lapan RX-550 pada tahun 2013, sementara uji statis  RX-550 yang dilakukan tanggal 29 September 2012, masih menemui kendala. Uji statis pertama dilakukan tahun 2011 silam.

Komponen nosel roket RX-550 kembali mengalami masalah dalam uji statis di Stasiun Pengamatan Dirgantara LAPAN Pameungpeuk, Kabupaten Garut- Jawa Barat. Desain struktur nosel roket RX-550 belum mampu menahan tingginya suhu pembakaran. Akibatnya, komponen material nosel roket terlepas sebelum proses pembakaran propelan berakhir di detik ke 14.

Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata berencana mengubah desain struktur nosel roket, agar hasil akhirnya seperti yang diharapkan. Lapan pun kembali membangun seluruh komponen roket RX-550 serupa, untuk melakukan uji statis tahap ketiga pada awal tahun 2013.

Prof Dr Ing Soewarto berharap daya dorong roket bisa melebihi 25 ton dalam waktu 7 detik. Adapun proses pembakaran propelan  ditargetkan 14 detik hingga bahan bakarnya habis. Kunci utama yang harus diselesaikan Lapan adalah membuat struktur material nossel bisa bertahan selama pembakaran, agar roket RX-550 mampu terbang sejauh 300 km ke luar angkasa.

Roket RX-550 berdiameter 550 milimeter ini, memiliki panjang keseluruhan 9 meter dan membawa bahan bakar jenis HTPB (hydroxyl toluen poly butadiene) sebanyak 1,8 ton.

Target yang dipatok Lapan pada tahun 2013 adalah peluncuran roket ke luar angkasa untuk membawa peralatan pengukur atmosfer. Roket ini akan dilepas di Morotai, Maluku Utara di atas samudra Pasifik.

Jika semua itu mulus maka tahun 2014, roket lapan diproyeksikan untuk mengangkut satelit buatan lapan, untuk diorbitkan ke luar angkasa.

roket lapan2

Akankah target ini tercapai ?

“Kami yakin target roket RX-550 mengudara di 2013 masih bisa dicapai dan ditargetkan mampu terbang sejauh 300 km,”  ujar Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata. Pengalaman kesuksesan peluncuran roket RX-420 dan RX-320 serta panjangnya proses penelitian RX-550 dari 2011, cukup untuk dijadikan kunci keberhasilan program ini.

roket-tni

Di pihak lain, TNI berharap teknologi roket sonda Lapan bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk keperluan militer. Pada tahap awal TNI akan mengembangkan roket balistik berdaya jangkau 100 km dengan kaliber 350 mm dan terus ditingkatkan jangkauannya hingga menjadi Roket kendali. Proyek ini melibatkan Konsorsium: Kementerian Ristek, PT Pindad, PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, LAPAN, BPPT, LIPI, ITB UGM dan ITS.

Pemerintah pun terus meningkatkan anggaran untuk pos pertahanan. Jika pada tahun 2004 hanya Rp, 21,7 triliun, maka tahun 2013 ini telah mencapai Rp 77 triliun.

Sejak peluncuran pesawat CN-235 tahun 1983, bangsa Indonesia memang tidak pernah lagi menyaksikan program prestisius sekaliber itu. Semoga tahun 2013 ini (30 tahun berlalu), Roket RX-550 Lapan bisa terbang ke luar angkasa membawa satelit yang juga buatan Indonesia (JKGR).

  43 Responses to “Peluncuran Roket Lapan RX-550”

  1. Khusus RX-550 ini sebaiknya ada program kejar tayang, yang penting terbang dulu dan bikin keder para tetangga.

    Selain mengejar rekayasa material agar bisa dibuat nozzle tahan panas suhu tinggi, mungkin bisa dipertimbangkan 2 opsi lain. Prinsipnya mana yang bisa lebih cepat direalisasikan.

    i. Liquid hydrogen-cooled nozzle. The Volvo Technology Award went to a group of engineers who had developed a completely new form of nozzle cooling known as film cooling. It was designed for the Vulcain propulsion unit for the Ariane space launch rockets, and reduced the nozzle production cost by 40%.
    Film cooling means that gases are sprayed at supersonic velocity along the inside wall of the nozzle to cool the wall and improve its strength.
    In the Vulcain 2 nozzle, it is cooled by liquid nitrogen pumped through the tubes that comprise the wall.
    The film follows the entire wall as far as the nozzle outlet, protecting it from the extremely high flame temperature of 3,100°C.
    Roket jadi lebih berat karena tambahan tangki nitrogen cair bertekanan tinggi.

    ii. Dijadikan roket bertingkat (2 atau 3), diameter tetap sehingga thrust tetap. Karena bertingkat, jumlah nozzle disesuaikan. Setiap nozzle hanya perlu menahan panas pembakaran propelan dalam durasi lebih pendek (1/2 atau 1/3nya), sehingga nozzle yang ada sekarang mungkin masih bisa menahannya?

  2. terus bersemant dan terus berkarya untuk nedgara ini,

  3. di liat dari gambarnya koq lucu banget bentuknya jadi kurang meyakinkan, ujungnya kerucut kayak model lama, sambunganya masih keliatan, masa roket-roket ada sambungannya :ngakak: sayapnya juga sepertinya nggak langsung menyatu sama tabungnya dan bentuknya nggak luwes, roket kayak gitu negara zimbabwe juga bisa buat, di liat dari fisik orangnya yang bikin juga kurang meyakinkan, item, dekil, sepertinya bukan orang yang ahli dan jarang mandi. :peace: cuma pendapat ane aja gan.

    • Pasti anda gak pernah lihat foto Albert Einstein ketika sudah bermukim di AS :)

      ( Ahli roketnya ya gak akan turun tangan ngerakit dong… )

      • Ane sering liat lapan kalau sedang uji coba orangnya culun-culun. Kalau Einstein wajar kalau rambutnya awut-awutan secara dia itu jenius dan itu sudah menjadi ciri khas orang jenius, tapi albert einstein tidak item dekil :D

        • bpk BJ. habiebrie malah baby face…dont judge book from the cover

        • OK, terbukti orang kucel seperti jarang mandi ternyata salah satu ilmuwan paling jenius dalam sejarah.
          Tapi Einstein adalah Yahudi Eropa / Ashkenazi tentunya putih, tidak item dekil.

          Yang ‘item dekil’ juga ada, misal Prof Dr Ir Sutami, jenius bidang teknik sipil, penerima Lifetime Achievement Award 2009 PII, bapak beton pre-stress Indonesia (pertama kali diterapkan pada rancangan jembatan semanggi).

          Culun2 tapi terbukti sudah mampu meluncurkan roket hingga diameter 420mm dan membuat satelit secara mandri.

          Dalam bahasa Inggrisnya ya seperti ditulis mas Satrio…

          • sepakat..setahu saya, orang cerdas bin jenius jarang yg tampil ala model, krn waktu mereka dipake buat mikir utk menghasilkan sesuatu yg berguna buat org banyak, bukan dipake buat dandan atau k salon :P

        • wah,pmkiran ente pndek n rasis.
          Penampilan rapi n klimis blum tentu menggambarkan kualitas pemikiran.
          Lihat skitar n kdalam dri ente,stlah itu fkirkan dlu baru kmdian kluarkn dgn kta2.

    • banyak yang mendukung tapi ada pula yg sempat2ny mencela.
      Sbuah langkah maju walaupun masih bnyak sektor2 yang harus dibenahi.
      Maju terus LAPAN…
      Saya percaya bnyak rakyat yg mendukung langkah LAPAN ini..

    • walaupun item dekil, dia sudah membuktikan kalau dia ada gunanya di Indonesia. Nah sekarang anda ? berpendapat pun ada etikanya gan.

    • Jadi orang kok rasis, padahal non prestasi. Anda bikin nasi goreng aja belum tentu bisa. Bisanya kok menghina

  4. Moga sukses…
    Kita buktikan bahwa kita mampu…

  5. Semoga uji statik RX550 berhasil. Terima kasih bagi yang sudah komen untuk menyemangati LAPAN. Kami memang dekil, gak keren dan tampangnya gak meyakinkan :D
    Riset roket itu susah sekali. Gak ada satu negara pun di dunia ini yang mau share tentang teknologi roketnya jadi ya…semua kita riset sendiri dari nol. Gapap dekil demi kemajuan riset roket Indonesia \\^_^//

    • Denger2 biar model dekil tapi bisa Mach 5-6 ke atas speednya, yakhont aja cm sekitar Mach 2an
      benarkah itu om happy me? kl bener mantabs boss.. semangat. :)

    • maaf, yang komen kl orang LAPAN dekil, kebanyakan liat sinetron kali ya..orang2 LAPAN bukanlah artis atau model yg kebanyakan gaya tapi cuma bisa bikin rusak moral bangsa..Biar aja dekil, yg penting cerdas dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa ini. Terus berkarya LAPAN!! btw, saat ini saya tengah menulis paper tentang kebijakan teknologi antariksa Indonesia, saya masih kekurangan bahan, terutama yang menyangkut hubungan kebijakan ini dengan pertanyaan apakah Indonesia bisa dikatakan sebagai aktor dalam global space policy? dan kaitannya juga dengan power. Saya sudah nemu beberapa artikel di internet, tapi belum ada yang secara spesifik membahas pengaruh kemajuan teknologi ini dengan posisi Indonesia di dunia internasional. Mungkin LAPAN bisa membantu? Terima kasih sebelumnya…

    • siipp gapapa, alon alon asal kelakon lan ono isine, maju terus, dan jangan berhenti berkarya, kami tunggu terobosan mu LAPAN.

  6. semoga bisa cepat terealisasi,
    cuma ada yg bikin saya penasaran,
    itu rx550 rencananya untuk mengukur panas atmosfer, memangnya dengan jangkauan 300km sudah bisa mencapai atmosfer???
    sama itu, negara2 seperti iran, dia sangat sering melakukan ujicoba roket baru bulan kemaren uji coba sekarang udauji coba lagi dengan jangkauan2 yg fantastis pula, mengapa mereka bisa cepat begitu dalam meriset? apa karna faktor pendanaan?

  7. cuma tiang listrik yang dipotong terus dikasih proplan ane juga bisa bikin. lapan kalau bikin roket yang bentuknya kerenan dikit dong, payah banget nggak punya imajinasi.

    • Otong ….yang punya pengalaman motong tiang listrik, mereka hanya ilmuwan yang ingin berkarya. Berikanlah sedikit empati, bahkan bagi banyak karya disekelilingmu.

    • Bagus, kalo jangkauannya bisa mencapai tiga digit (dalam KM), langsung aja ditawarkan ke Kemhan, siapa tahu dikasi order ribuan, lumayan…

  8. Kami mendukungmu, bangsa ini berharap inovasi darimu, indonesia menantimu, majulah lapan, maju indonesiaku!

  9. ini baru keren,, dari ada beli pesawat tempur mahal, mending “PROGRAM 1.000.000 ROKET LAPAN” taruh aja di perbatasan, kagak ada yang akan mecam2 lg sama Indonesia.

    • Dri pada bli pespur mahal.? Jd bli pespur=percuma.? Buang buang duit.? Klo gt ga perlu kapal perang, tank, pespur.

      Koment yg sgt tolol…

  10. banyak yang mendukung tapi ada pula yg sempat2ny mencela.
    Sbuah langkah maju walaupun masih bnyak sektor2 yang harus dibenahi.
    Maju terus LAPAN…
    Saya percaya bnyak rakyat yg mendukung langkah LAPAN ini..

  11. kapan pastinya peluncuran roket RX 550 tersebut,saya klo buka internet berita tentang peluncuranya ga ada pastinya ,trus beritanya yang tahun tahun lalu,…ga ada berita ter up-date

  12. Lapan maju terus utk memberikan pengabdian anda kpd bangsa, anak2 bangsa sangat mengharapkan anda sbg pemimpin iptek di NKRI dan memberikan semangat patriotisme anak2 muda di abad 21 utk revolusi iptek. Miris…..bangkitnya anak2 muda utk IPTEK abad ini……..

  13. ya mungkin orang2 yang buatnya dekil ya iyalah dimana mana juga orang kerja di workshop itu dekil, jangan samakan dengan orang kerja di dpr yang tetap aja dekil sih biarpun nyalon tiap hari… Saya yakin yang komentar begitu pasti hanya anak sma yang manja… Klw bentuknya masih agak kasar dan masih ada sambungan… Tapi itu kan hasil uji yang paling aero dinamis, lagian pake logika dong tabung kompor gas yang kecil aja ada sambungan apa lagi roket, klw dibilang bentuknya kayak tiang listrik iyalahh… Si otong jangan kebanyakan main game terus terdoktrin yang manja yang namanya roket gak mesti futuristik yang diharapkan hasilnya bukan penampilan gak usah lebay kayak anak alay… Maju terus lapan saya iri dengan kalian yang berguna sudah bagi bangsa…

  14. maju terus lapan

  15. Saya anak lamongan, jatim, merantau di morotai (yang katanya akan dijadikan tempat peluncuran).. Sebelum saya baca berita ini, beberapa bulan lalu saya dpt berita bahwa rencana pembangunan sarana peluncuran roket di morotai adalah rencana jangka panjang yg pembangunan.x diperkiran hingga 10 tahun. Yg saya pertanyakan di benak saya :
    1. Morotai diklaim merupakan salah satu pulau terluar yg berdekatan dgn filipina dan garis terluar nkri
    2. Morotai masih minim akan sarana dan prasana yg memadai, maklum kawasan ini merupakan kab. Yg umurnya baru 1 tahun
    3. Morotai merupakan salah 1 kawasan yg punya sejarah konflik di masa lalu, walaupun sekarang sudah mereda, ada baik.x dikaji ulang analisis dampak lingkungan dan sosial di daerah ini..
    Pendapat diatas hanyalah sekedar komentar dari saya yg saya lihat dari fakta disini juga kreasi nalar otak saya. Pendapat diatas bukanlah merupakan pernyataan yg memiliki sanggahan atau dasar hukum.. :)
    Sekian terima kasih

    • Morotai dipilih sebagai bandar antariksa/ lokasi peluncuran pengorbit satelit karena: dekat dengan garis khatulistiwa, menghadap laut bebas, kondisi iklim dan cuaca mendukung serta bebas dari gempa.

      Kalau masalah strategis seperti ini, biasanya urusan amdal dan sosialnya dibalik. Apabila tempat dianggap cocok maka amdalnya akan diurus kemudian. Rusia menyatakan ketertarikannya menggunakan Morotai karena akan memotong biaya operasi peluncuran satelit, karena morotai lintasan terdekat ke orbit satelit.

      Kabarnya dibangun tahun 2013 dan akan selesai tahun 2025. Apakah pembangunan sudah dimulai ?.
      Rifky: bukankah kalau ada pembangunan di Morotai, akan ikut mengerek perekonomian penduduk sekitar ?. Salam.

  16. dana riset LAPAN disunat lagi sama DPR… Susah mau bikin nosel yg sesuai spek..

    Klo diliat mungkin cuma kyk tiang listrik diisi propelan tinggal bakar trus meluncur.. Tp yg namanya roket pasti ada desainnya.. Klo asal2an pas di uji bisa balik lagi karena aerodinamisnya slah atau bahkan meledak karena motor roketnya ga kuat tekanan sama panas yg dihasilkan dr pembakaran propelan…

    Bahan baku propelan jg sulit didapat.. Siapa didunia ini yg mau jual roket secara umum? Klo iran sm korut, udh jelas mereka kontra sama USA.. Dana ke riset gede..klo di Indonesia.. Dana abis buat perekonomian sm dikorup politikus..

    Cmiiw

  17. Bagaiaman kalau mengadakan sandi operasi garis kuning yg dimotori oleh para Insinyur2 TNI, utk merekrut ahli2 roket/pesawat luar negeri yg dikenai PHK oleh perusahaan roket/penerbangnya dan dg program roket/pesawat menggunakan bahan bakar gas elpiji ini mungkin mrpk alternatif yg progresif dlm penggunaan bahan bakar roket/pesawat terbang. Salam utk pengamat alutsista NKRI………………………………………..

  18. Kami mengucapkan selamat Hari Raya 1 Syawal 1434 H ma’af lahir dan bathin semoga Allah SWT memberikan ridho dan barokah kita semua serta kita dimaafkan NYA dr perbuatan yg disengaja maupun tdk disengaja serta mendapatkan kesehatan maupun kemakmuran bersama. X3 Amin

  19. rx550 gak da beritanya di luncurkan ya atau jangan2 rx550 utuk project misile kali ya,,,, tgg tot and joint produsksi rudal c-705 trus aplikasi di sematkan ke rx550 jadi rudal sekelas s-400 milik rusia he,,,,he,,,,,, takut tuh tetangga

  20. orang pinter n jenius biasanya penampilannya beda nyeleneh tpi …………..tpi good lah semangat buat LAPAN majulah Indonesia

  21. seharusnya dana untuk riset teknologi militer di tingkatkan dan selalu didukung,daripada uang rakyat habis dimakan koruptor2 buncit berwajah imut.

  22. majulah LAPAN.jaya lah di udara.Rudal SCUD IRAK saja bisa jaya di udara dengan bahan bakar minyak tanah sampai tel aviv apalagi kita kaya akan gas elpiji dengan muatan yang sama mudah2an bisa keliling dunia bro………………..

  23. brooooo.rudal scud bisa sampai tel aviv dengan panduan manual menggunakan sensor pengukur ketinggian ama sensor utk mengatasi hambatan trus isian jarak capai dan cuman dikasih azimut arahnya aja nyampai ke tel aviv meskipun kecepatannya kayak burung dara tapi nyampai bro.majulah LAPAN and jayalah diudara.kkkkkkkkkk………………………….

  24. Menurut saya agar nusel tahan panas untuk roket RX 550 sebelum dipasang noselnya agar dilapisi keramik tahan panas untuk melindungi matroal baja tersebt mudah mudahan bermanfaat amin !

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>