Feb 192016
 

Tu160-intercepted-UK
Pesawat tempur Typhoon dan Mirage 2000 Perancis saat mengawal pembom Tu-160 Rusia

Dua pesawat pembom supersonic berkemampuan nuklir Tu-160 Blackjack milik Angkatan Udara Rusia dicegat oleh pesawat tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris saat melakukan penerbangan jarak jauh dari basisnya di Semenanjung Kola.

Meskipun beberapa media Inggris melaporkan pembom strategis Rusia itu menuju ke wilayah udara Inggris, seperti biasa Tu-160 tetap terbang mengitari luar wilayah udara negara Inggris.

Tu160-intercepted-UK-2-706x530

Dua pesawat tempur Typhoon Inggris yang tergabung dalam QRA (Quick Reaction Alert) di Coningsby diluncurkan untuk mencegat dan mengawal Blackjacks karena pembom tersebut “mengitari” Kepulauan Inggris menuju barat daya, hingga pengawalan pembom Rusia tersebut kemudian diserahkan kepada jet tempur Angkatan Udara Perancis.

Pembom Tu-160 disinyalir bukan bagian dari misi serangan jarak jauh terhadap target ISIS di Suriah seperti yang pernah dilakukan Pembom Blackjack lainnya di malam hari antara tanggal 19 – 20 November 2015, saat itu dua pembom strategis Tu-160 terbang dari pangkalan udara Olenegorsk mengitari wilayah udara Norwegia dan Inggris, terbang di atas Atlantik sampai selat Gibraltar, memasuki wilayah laut Mediterania, menyerang sasaran di Suriah dengan rudal jelajah, dan kembali ke Rusia terbang di sepanjang koridor timur (Irak, Iran, laut Caspian).

Tu160-intercepted-UK-3-706x530

Namun demikian, penerbangan terbaru ini membuktikan, Tu-160 melakukan misi terbang jarak jauh (entah untuk pelatihan atau misi operasi) di sepanjang Atlantik dengan lebih sering mengitari wilayah udara di dekat negara-negara NATO di Eropa Utara daripada yang pernah dilakukan sebelumnya.

Theaviationist

Bagikan Artikel :

  71 Responses to “Pembom Tu-160 Rusia di Cegat Lagi oleh Typhoon Inggris”

  1. Isi bbm nya dimana tuh ? Terbangnya jauh banget

  2. Ckckck… Handal nian pesawat ini.

  3. manasin mesin,,,keliling ke tetangga…say hello…ehhh ada yg phobia liat pesawat ini..ya dikejar…

  4. uji bhan bkar,,bhan bkar dri gedebok pisang

  5. kapan Indonesia punya yang seperti ini ya?

  6. Belajar dulu menulis bahasa Indonesia yang benar. Pemakaian “di” sebagai kata depan atau sambungan saja gak becus. Dicegat bukan di cegat.Gitu kok ngaku nasionalis. Bahasa sendiri aja gak mampu kok ngimpi mau bikin pespur. eh, tapi di sini biar salah tetep gak masalah kok. hajar terus.

  7. iki opo?opo iki?

  8. Itu pesan resmi RUSIA ke amerika atas 4 pesawat F.22 amriki ke korea utara kemarin… dilanjut dengan penempatan Rudah-Rudal jangkauan 1000 KM target milik china ke Spartly,… Wow 1000km bisa sampe Ostali…. trus indonesia akan beli S.400 dan S.500 yang akan ditempatkan di NATUNA dan LOMBOK (mungkin klo gak salah) pergolakan tambah panas, siapa yang gak sabar akan memulai perang.

    Demikian sekilas Info.
    yang percaya jangan salah gw ya
    yang gak percaya diem ngapain lo pecaya, hahahaaaa

  9. Waduh…ini ko..jadi peljrn bhsa indonesia….kita bisa…sdang menuju k sana..produk PTDI kan laris manias.jgn2.kata2. d sinkt2…salah..alah…

  10. Uaaaaaaaaa…

  11. Angsa Rusia yang masih punya daya gentar….

  12. Ada yang bertanya,”Kapan Indonesia punya pesawat yang seperti ini?”
    Jawabannya, telah tertulis di List A1 nya Bung Narayana. Dan SUDAH LUNAS DIBAYAR, titik.

  13. Kok pesawaty seperti di bandara iswahyudi madiun…. Apa indonesia udah beli pesawat ini…

  14. KOk pesawaty mirip yang ada di bandara iswahyudi madiun..apa bener indonesia udah milikiy…

  15. Kok pesawaty mirip yg ada di bandara iswayudi madiun.apa tni udah milikiy

  16. Gak ada kata2 lain buat ngumpakin keberanian russia di seluruh dunia, satu2nya negara yg berani head to head lawan musuh dari dulu hingga sekarang. Anggota sekutu selalu diganggu oleh russia jadinya kalang kabut, membuat mereka berpikir kembali kalo pengen nyerang russia…berharap georgia kembali ke pangkuan russia..!!!

  17. Percaya gak klo dikasih tahu TU160 Blackjack Rusia itu rutin tiap 1 bulan mampir di iswayudin… malah bukan hanya TU160 tapi PAK-DA dan TU-95 Bear -H juga lho…. hehehee
    Stlooong NKRI ku.

  18. Jangan gintu ah ,…… gw ketawa ni Huahuahuahua…..

  19. trims contekanya bung esdegan, capaian swasta aja dah kayak gitu,masa mau banding2in sama tetangga yg gak pernah lepas dot sama pampers kcuali tetangga selatan

  20. lama2 kaya tom & jerry nih om bear sama nato

  21. @Bung diego…Reply comentnya kok gak bisa ya pake hp jadul sekaran,tadinya bisa lho,kok akhir2 ini susah pnya aqu…?

  22. hahahahaha….kosakata dari bung @RENMIBI selalu ada warna tersendiri. Tubi kenyut-kenyut, hehehe…

  23. ralat :
    *pagi -> lagi
    Huehehehe….

  24. Mbak amel…mbak amel masuk koran !!!

  25. muantab sekali gan…thank you. informasinya… jaya selalu NKRI

 Leave a Reply