Sep 172016
 

Pengiriman jet tempur multirole pertama HAIC L-15 Zambia dikonfirmasi dalam pameran Afrika Aerospace & Defence (AAD) yang diadakan di Afrika Selatan pada 14-18 September 2016, ketika dua unit jet tempur tersebut ditampilkan dalam pameran.

Seorang pejabat dari China National Aero-Technology Import & Export Corporation (CATIC), yang dipromosikan pesawat dalam acara itu, enggan untuk membahas berapa unit pesawat telah dikirmkan, namun mengatakan kepada IHS Jane bahwa pada batch pertama telah dikirimkan “lebih dari dua” L-15 ke Zambia pada bulan Juli 2016 dan sisanya diharapkan akan dikirimkan awal 2017. Pejabat itu mengatakan pada IHS Jane bahwa Zambia telah memesan 6 (enam) unit jet tempur L-15 pada tahun 2014.

Hal itu dikonfirmasi selama acara bahwa Zambia menerima versi serang/tempur/latih dari L-15AFT berbeda dengan jet latih canggih L-15AJT yang baru-baru ini memasuki layanan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-AF) yang dikenal dengan sebagai JL-10.

Mayor Paul Besa, salah satu pilot pertama jet tempur L-15 Zambia, mengatakan pada IHS Jane bahwa pengiriman L-15 menandai tonggak sejarah bagi Angkatan Udara Zambia (ZAF) karena sekarang memiliki jet tempur multirole generasi ketiga dengan avionik fly-by-wire.

Dia mengatakan bahwa pesawat tempur yang diterbangkan oleh Skuadron 15 Komando Pertahanan Udara Zambia yang berbasis di Lusaka.

Terlepas dari nama komando, ia menekankan bahwa jet tempur L-15AFT Angkatan Udara Zambia akan digunakan dalam dua peran yaitu sebagai pertahanan udara dan untuk menyerang, ia juga mengatakan bahwa Zambia telah memesan berbagai jenis persenjataan secara penuh.

Dalam peran udara-ke-udara termasuk rudal jarak pendek PL-5E yang akan dipasang pada dua cantelan terluar. Senjata udara-ke-darat mencakup pod gun PC-2AI 23 mm yang terpasang pada hardpoint centerline dan kombinasi roket pod HF-18D 57 mm, bom 250 kg atau bom 500 kg, dan rudal udara-ke-permukaan dapat dipasang pada sisa 4 (empat) cantelan lagi.

Mayor Besa mengatakan bahwa Angkatan Udara Zambia telah memesan bom berpemandu GPS/INS LS-6 dan rudal udara-ke-permukaan YJ-9E. Yang terakhir adalah versi ekspor dari rudal China TL-10.

Sumber: IHS Jane

Bagikan Artikel:

  13 Responses to “Penampakan Jet Tempur Multirole L-15AFT Zambia”

  1. Aduh…

  2. Mantaaaap juga China….

    Jualan brg sdh laku….
    ng’gak perlu untung bnyk”….
    Yg penting customer senang….

  3. Dan sekali lagii.. cina jual alutsista kelas ayu tingting dan hasil jualan tsb dibelikan alutsista kelas zaskia gotik dan jupe..

  4. hmmm… nyimak aja deh :)

  5. Jet dan rudal odong2

  6. Mungkin ada yang bisa Sharing sejarah esawat iniii

  7. Dari samping koq mirip yak-130. Dri dpn mirip sapa ya?

  8. Kalau jet nya DELAY kayak apa tu… wkwkwkwkwk

  9. Kalau jet nya DELAY kayak apa tu… wkwkwkwkwk

  10. Mantap tuh L15 duplikat versi kw dari aslinya YAK 130 mitten buatan Rusia.

 Leave a Reply