Sep 022015
 

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 1

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 2

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 3

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 4

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 5

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 6

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 7

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 8

Awesome Su-30SM photo report  from the Russian Eastern Military District 9

Penampilan Su-30SM Rusia yang memiliki pangkalan di distrik miiter Timur Rusia.

Pesawat Su-30 adalah pengembangan dari Su-27UB, dan memiliki beberapa varian. Seri Su-30K dan Su-30MK telah sukses secara komersial. Varian-varian ini diproduksi oleh KnAAPO dan Irkut, yang merupakan anak perusahaan dari grup Sukhoi. KnAAPO memproduksi Su-30MKK dan Su-30MK2, yang dirancang dan dijual kepada Tiongkok. Su-30 paling mutakhir adalah seri Su-30MK buatan Irkut. Antara lain Su-30MKI, yang merupakan pesawat yang dikembangkan khusus untuk Angkatan Udara India, serta MKM untuk Malaysia dan MKA untuk Aljazair.

Artikel Terkait :

  92 Responses to “Penampilan Jet Tempur SU-30 SM”

  1. kapan akusisi nich SU-35

  2. Pertamaxxx…
    Trus dg yg pnya indonesia kualitasnya lbh bgus mna dg yg d sbutkan di atas

  3. Pagi

    • Pagi-pagi baca SU 30 SKM Malaysia yang bisa thrust vectoring bikin netes liur

      Ayo kapan nih beli SU-35 buat ngejar ketinggalan

  4. Absen pagi

  5. Sdh bungkuss

  6. mantap..

  7. Mantaap nihh

  8. keren tuh pespur

  9. Seperti punya malaysia… Ya…hhhmmm..

  10. Pakde kun kok pagi pagi dah nyasar ke tmpt saya nigghh

  11. Sukhoi kita sprtinya kalah kualitas dan jumlah dibandingkan pnya malaya.moga cpt beli su 35 dlm jmlah yg cukup

  12. absenn

  13. Gitu to

  14. SU 50 dong gan. tapi lumayan lah liat SU 30 buat cuci mata pagiii…

  15. ibarat motor satu tipe satu merk cm beda jeroan…lha sama ky pespur..

  16. Dalam bacth terakhir ada yg beda lho sukhoi kita hehehe

  17. Perang masih jauh. Wong be dulu lebih penting…

  18. Ko ngga ada berita ttg pemerintah batal memberi PMN kpd 4 BUMN strategis…

  19. secanggih apapun pesawatnya smua tergantung pilotnya,denger2 pilot TNI AU termasuk jajaran pilot handal,alhamdulillah

    • menghibur diri gak apa2 kok…..kita kalah kualitas pespur dr malay..tapi pilot kita paling top…..siiiip

    • Skill Pilot tempur Indonesia termasuk jajaran kelas atas dunia. Pilot Russia terkenal paling lihai dan nekad di dunia. Itu info yang sudah lama saya dengar.

  20. sukhoi kita jauh kata predator dari negara lain seperti malaysia,,india, china. kita sudah ketinggalan jauh dari peralatan electroniknya dan persenjataan,

  21. kenapa malaysia bisa beli Sukhoi tanpa kendala,tanpa di curigai rusia tanpa di usili Asu…..salah kita apa sih…kok sering di buat serasa ancaman….

    • Yakin bung sukhoi kita kalah??? Udah pernah duelkah???hehe

      • Ya bung@bakul, kate siape sukhoi malay lebih hebat dari indonesia? Kata koran, kate rusia, kate malay atau kate pengamat (sipil) ….. emang sudah pernah nyoba langsung dua2nya? Gue kagak percaya seujung kukupun kecuali yg komentar adalah pilot sukhoi tniau yg sudah pernah jajal sukhoi malay? Apakah sudah clear ….atau masih galau?!

        • SUkhoi Mkm udah pake canard + tvs
          Makanya f22 sampe ddatangin buat latihan kemarin
          manuvernya ngeri bung belum ditambah avionik + Ew khusus dari india

        • Kalau dilihat secara kasat mata dan data diatas kertas bolehlah mereka bisa bilang sukhoi mereka lebih baik namun jika diduelkan 1 lawan 1 hehehe apakah bisa menang??? SUkhoi kita ada lho yg bermesin AL-31 FP turbofan dengan thrust vectoring , 123 kN dengan afterburner,, meskipun bukan seri MKI atau MKM dari radar juga cukup mumpuni dan jangkauannya diatas raptor dibawah pak fa

        • Bung@saos, Dah pernah jajal belum?!!!……

        • Sorry, maksudnya Bung@chaos. Dah pernah jajal belum?!!!……
          atau…….jangan2 bung adalah pilot tniau?!! He3x.

        • @ Bung Tukang Bangun
          Sebelumnya biar lebih jelas semuanya saya warga sipil biasa, selain itu saya jga tdak punya akses ke intitusi TNI. Saya hanya seorang fanboys militer sama dgn anda dan yg lainnya diforum ini yg datang dari berbagai latar belakang berbeda namun mempunyai satu tujuan yg sama yaitu berdiskusi secara sehat diforum ini. Mengenai informasi yg sy tulis dikomentar sebelumnya saya dapat dari berbagai sumber yg cukup valid kebenaran informasinya dan bukan berasal dari “dukun” atau “bisikan dari dunia gaib” yg simpang siur keakuratan informasinya…
          hehehe salam bung tukang bangun

      • @ Bung Bakul Panci
        Perlu anda ketahui Su 30MKM Malaysia adalah salah satu varian ekspor dari Su 30 buatan Russia yg terbaik saat ini. Su 30MKM Malaysia sudah menggunakan
        radar N-011 M Bars yang lebih baik dari radar N-001 VEP yg digunakan oleh Sukhoi 27/30 Indonesia, Su-30 MKM juga sudah menggunakan mesin varian AL-31F dengan Thrusting Vector yang membuat pesawat ini semakin lincah bermanufer, disamping itu Su-30 MKM Malaysia juga memiliki perangkat jamming Knirty yang membuat pesawat ini cukup mumpuni untuk melakukan perang elektronika. Melihat berbagai kelebihan yg dimiliki oleh Sukhoi 30MKM Malaysia rasanya sulit bagi Sukhoi 27/30 Indonesia untuk dapat bersaing apalagi dari sisi jumlah jga kalah dgn yg dimiliki Malaysia …..
        Mengenai pernyataan anda mengenai “Sukhoi kita ada yang memakai AL-31 FP dgn trust vectoring, 123 kn dgn afterburne dll” pernyataan anda sungguh aneh dan tidak berdasar, baik sukhoi 27/30 Indonesia sama-sama buatan Knaapo dgn spesifikasi standar/biasa-biasa saja ini tentu jga menyesuaikan dgn “low cost budget” dari konsumen (Indonesia beli nyicil dan membutuhkan waktu 10 tahun untk menggenapi 1 skuadron) sangat berbeda dgn Sukhoi buatan Irkut yg memang melayani permintaan costum dari konsumen (Su 30MKI, Su 30 MKM, Su 30 MKA, Su 30 SM) dan memang rata-rata Sukhoi-30 buatan Irkut lebih baik daripada buatan Knaapo…..

        • Nih saya kasih dikit bung yama monggo Sukhoi SU 30 MK 2 adalah salah satu sukhoi yang bisa menjadi mutant
          Ciri ciri Mutant selain bisanya dilihat dari Cocpitnya juga bisa dilihat dari fisik luarnya .
          Dinamai SU 30 MK2 kok memakai Singgel seat ,dibilang SU 27 SKM kok memakai canard,
          Dibilang milik rusia kok ada roundel segi lima,dibilang milik kita kok nomernya sudah dipakai oleh pesawat yang lain,, hehe kalau dilihat dari jauh sukhoi kita biasa biasa saja dan harus di cek jeroannya nah jika mengikuti alur apa yg dikeluarkan resmi milik pemerintah ya hasilnya seperti yg anda sebut hehe mungkin bagi anda tag berdasar dan bohong hihihi

        • Bung@yama, anda sdah jajal dua2 nya belum? ….. anda pilot sukhoi tniau kah?!
          Tolong simpel saja ………. biar clear gichu!

        • Salam kembali bung@yama, saya juga sipil dan termasuk org yg percaya bahwa ada hal2 yg tidak diekspos oleh tni yg berhubungan dg teknologi alutsista. Apakah bisa orang sipil membuka dapur tni? Yg bisa kita lakukan adalah meraba2 berdasarkan kepingan2 informasi yg kita dapat. Bisa benar bisa salah, yg tahu hanyalah tni. Belanja militer yg cukup besar di era sby, dan sikap tni yg selalu low profile malah menimbulkan rasa penasaran negara lain termasuk kita. Bagaimana kita bisa yakin mengatakan bahwa ks (kapal selam) kita hanya 2 sedangkan malaysia menyebutkan ada 6 dan brunai percaya jumlahnya tak kurang dari 20??? Siapa yg bisa menghitung jumlah yakhont kita yg sudah dibeli dan dipasang di kri mana saja, atau hanya ditumpuk di gudang??? Apakah tni membiarkan dirinya mendapatkan teknologi jadul, sementara tetangga memiliki teknologi terkini??? Dalam peristiwa mh370 mengapa malaysia ngotot minta data2 radar kita, yg katanya jadul semua??? Jadi, jika ada negara yg selalu merasa jaguh, akan selalu saya katakan (termasuk utk urusan si sukhoi) ….. Ah yang bener???..mosok sich lebih hebat?!.. He3x…. salam damai semua …

    • buset rame amat yg komen, tp kok ngelindur…hehehehe salam sukhoi lovers

  22. Tidak ada comentar
    komentar ini telah dihapus diego

  23. Sukhoi kita bervariasi zixizixi

  24. Sukhoi kita mutan..

  25. sukhoinya rusia kurang jaguh,lebih jaguh sukhoinya malon..sukhoi rusia gak mampu robohin pokok pisang,kl sukhoi malon mah mampu dan berpengalaman robohin pokok pisang kahkahkah

    • sukhoinya malonte bisa melesat tanpa engine lage,apa gak gahar tuhhhh hihihihi….

      • Bahkan sukhoi malay serba otomatis, kursi pelontarnya aja bisa mendetek kejiwaan sang pilotnya. begitu pilot ngerasa was-was langsung tombol pelontar kursi langsung bergerak sendiri meski masih didalam hanggar. kwkwkwkwkkw….
        Sukhoi TNI AU mana ada yang otomatis kayak begituan…

        • Indonesia banget # sukhoinya malon eject kat udare keh….xixixixi

          • Indon pilotnya saja terhempas di langkawi airshow.katanya jago.malu lh ckit.beli f16 bekas ,baru nk terbang udah jatuh .emg pilotnya au indon gk cukup mkn koq,cuman mampu mkn Tempe jadi gkda energy buat terbangi jet.botak Dan bodoh

    • kl sukhoinya rusia suka makan avtur,kl sukhoinya malingsial sukanya makan pisang hahahaha…..berukk,berukkk

  26. Kekekek…….bung bp nyangkut dimari emailnya…….

  27. Wkwkkwkwkwkkwkwkwk… Malon jaguh..heiiibbattt..tanpa tanding.. Klo dibanding pohon pisang..hahahhaha)yyyyy..

    • JANGAN GITU DEK….BIAR BAGAIMANAPUN SUKHOINYA MALAYSIA SUDAH BERJASA BAGI PAK TANI KARENA PAK TANI GAK SUSAH2 LAGI PANEN KEBUN PISANGNYA…POSITIP THINKING AJA DEK

    • mbah bowo,,, iya mbah,mudeng aq to ya kl sukhoinya malay udah bantu pak tani panen kebun pisangnya xixixixi

      • JANGAN GITU DEK,NGAK BAGUS….SUKHOINYA MALAYSIA MENGAJARKAN KITA BAHWA SUKHOINYA MALAYSIA SUDAH MERINGANKAN KERJA PAK TANI…PATUT DI TIRU LHO DEK

  28. malon…kesian,kesian….nak beli ape2 harus beli,tiade punya otak nak buat senjate buatan tempatan…selagi tak punya duit macem sekarangpun,duitpun dah habis di corrupt najib,malon macem mane nak beli senjate…ckckckck,teruk sangatlah beruk malon tak ade otaknye

    • JANGAN GITU DEK,NGAK BAIK….BIARPUN MALAYSIA TERUK SANGAT,OTAKNYA LOADINGNYA MASIH LAMBAT,MEREKA KAN MASIH PUNYA OTAK DEK…WOLES AJA DEK

      • hahahaha…..mbah bowo jadi2an,buto ijo….endingnya ngenyek jg hahahhaa…kesian beruk malon

  29. malon eject kat pokok pisang ………… wk wk wk !!!

  30. Dari kebanyakkan bahan dan blog yg sy baca mmg sukhoi malaysia lbh canggih..hingga fp sukhoi india ada menggelar su-30MKM sbg sister for su-30MKI..antara kelebihannya punya sayap canard..trust vector(tvc)..knirti jammer dan radarnya juga sdh kategori pesa..asean defence juga pernah melabelkan su-30MKM sbg heavy fighter tercanggih di asean diikuti f15 eagle singapore dibawahnya

    • Bang@dudung, anda pernah jajal langsung sukhoi malay dan sukhoi tniau? ……. atau anda terlibat langsung waktu beli dr pabriknya?!!! ……. Come on guys …. wake up!!!

  31. Sukhoi malon itu mutan tempatan juga bung@panci.. Sukhoi rusia sekalipun lewat jauhhh.. MUTAN= MUSUH HASIL HUTAN spt saya.. Salah poon pisang apa toh..??!!!..

  32. disini ada yang bisa bedain gk dengan mata telanjang antara sukhoi su 27/30/35 disaat terbang dilangit ? Soalnya ane bingung lihat sukhoi kita kok bentuknya berbeda-beda

    • susah bung bedakan kalau lagi terbang seperti 4 bidadari berbaju pink terlihat sama aja. 27/30/34/35. kalau dinaikki mungkin bisa dirasakan bung pakfa. enakan yang rambut pendek trus setengah panjang sampai akhir yang panjang. sensasinya beda waktu naik turun sampai G spot berapa

      • oke makasih jawabannya bung @Cziege soalnya kemarin dikasih tebak”an…. perumpamaannya indah sekali bung 😆 dri yang rambut pendek sampai yang paling panjang….

  33. Bang dudung..emang susah bicara sama org yg tdk mau terima hakikat..org yg bodoh lbh suka ngawur dari cari info tepat..sdh hakikatnya kualitas sukhoi tni kalah canggih sama malaysia..

    • Kok susah bung@coy, pertanyaan simpel kok kagak bisa jawab, bodohan siapa yak? Kalo cuma baca dr blog atawa berita2 di jaman copypaste gini yah, itu namanya penyambung lidah saja. Berita itu baru berbobot nilainya jika dari user langsung bung/sumber terpercaya, bukan sekedar amat mengamati. Belakangan ini banyak yg sering terpesona dg kehijauan rumput tetangga, tapi pada kenyataan tidak seindah warna aslinya, baik dari segi ekonomi, teknologi, termasuk alutsusta. Jika itu bagian dari propaganda (psywar) jiran, apakah anda salah satu korbannya (tdk percaya dg kekuatan dan kemampuan sendiri)?….. atau anda tdk sadar? ?….. jawabnya…..tanyakan pd rumput yg hijau. He3x ….

  34. gila gila keren parah sadis

  35. makasih banyak infonya bung BP…. Soalnya kemarin bingung dikasih tebak”an mana su 30 dan 35…. Oh ya bung BP nasib SU-30 KI yang dulu mau kita beli itu gimana ya bung ?

  36. Ya ngakui aja sukhoi kta varian standard ketimbang malaysia varian upgrade yg setara india

  37. Penambahan alutsista baru 3 matra untuk TNI th. 2015 ini koq sepiii ……………. ???
    Poros maritim jangan hanya slogan doang, harus ditunjang oleh alutsista nya juga dong ……… !!!
    Cuap2 kampanye pengadaan drone canggig & gahar spt MQ-1 Predator jgn dilupakan dong … ???
    Revolusi Mental ……… ???

  38. kemarin khan tempe
    sekarang khan tahu
    besok puasa dl alusistanya..hehehhe

  39. percya lah pd TNI,jngn percya pd pemerintahah RI
    Ws ngono waelah

  40. Alusista 2015 sepi kq kuburan
    Slah lah pohon pisang tetangga…wkwkwwkwkkk
    yg pny pohon pisang d rmah d jgain yoo…wkwkwk
    tr abs d embat si malonte

  41. udah ngak usah di bahas su30mkm malay vs su27/30 tni au.
    dua2 nya sama bagus sama canggih.bagus untuk pertahanan bangsa.
    pilotnya juga bagus semuanya.

  42. wah keren nih buat jadiin WALLPAPER

  43. kita itu sama sekali buta brp sukhoi yg kita punya,dan jenis sukhoi kita ada berapa…begitu jg spec sukhoinya kita buta sama sekali,bisa saja specnya sukhoi kita lebih canggih dari sukhoi india,sapa yg tau

  44. Kemenhan pilih su35 pengganti F5 tiger klimaks dah yg ditunggu2…..

  45. Alhamdulillah…kemenhan memilih su 35 utk pengganti f5…running text metro.

  46. Kata temannya teman saya yg punya kawan sebenarnya mudah membedakan antara su 30 dgn su 35.Perhatikan kalo su isi bbm dgn premium itulah su 30,su 35 isi bbm dgn pertamax dex.Perhatikan jg kalo su sdg konvoi,su 30 karetnya satu,su 35 karetnya dua.Saya tdk paham kebenaran cerita kawannya kawan punya teman.Maklum saya cuma tukang ngumpulin botol bekas.Ngopi lg ah..met malem rekan warjag.Semoga sehat slalu.

  47. Kalo Berita Running Teks di TV itu bisa dipastikan …….. 99% …………..corect Boss………. bukan HOAX…… karena sumbernya JELAS SUDAH valid.

    Selamat buat pengawal angkasa TNI AU “SWA BUANA PHAKSA” Di udara Kita Jaya.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)