Dec 242016
 

WASHINGTON – Korea Utara berada pada peringkat No.1 di dunia untuk pengeluaran militer terhadap produk domestik bruto (PDB) antara 2004-2014. Korea Utara menghabiskan hampir seperempat dari PDB pada angkatan bersenjata, menurut laporan tahunan Departemen Luar Negeri AS, Kamis (22/12/2016).

Menurut Departemen Luar Negeri AS, laporan Pengeluaran Militer dan Transfer Senjata Dunia tahun 2016, pengeluaran militer Korut rata-rata sekitar US $ 3,5 miliar per tahun. Yang menyumbang sekitar 23,3 persen dari PDB rata-rata negara sebesar $ 15 miliar selama periode tersebut.

Oman berada di urutan kedua, menghabiskan 11,4 persen dari PDB pada belanja militer, diikuti oleh Arab Saudi dengan 8,6 persen, Sudan Selatan dengan 8,4 persen dan negara Afrika dengan 6,9 persen, menurut laporan tersebut.

Korea Selatan menghabiskan sekitar 2,6 persen dari PDB pada belanja militer, dan berada pada urutan 47 dunia, sementara Jepang berada di urutan ke 136 dengan menghabiskan rata-rata 1 persen dari PDB pada belanja militer selama periode tersebut, menurut laporan itu.

Secara keseluruhan, total belanja militer tahunan Korea Utara selama periode tersebut hanya berada pada peringkat 46 dunia, sementara Korea Selatan diperingkat 11, yang menghabiskan rata-rata US $ 30 miliar. Total belanja militer AS berada jauh diurutan No.1 dengan US $ 701 milyar per tahun, disusul di urutan kedua oleh China dengan total belanja sebesar US $ 114 milyar.

Pada tahun 2014, pengeluaran militer AS hanya sebesar US $ 656 milyar, sedangkan China mencapai US $ 157 milyar. Kesenjangan belanja militer kedua negara menyempit secara signifikan dari laporan tahun lalu yang menempatkan pengeluaran militer AS pada tahun 2012 sebesar US $ 724 milyar, dibandingkan dengan China yang hanya sebesar US $ 126 milyar.

Pada tahun 2012 belanja militer Korea Utara sebesar US $ 4,17 milyar, sementara pengeluaran Korea Selatan mencapai US $ 39,3 milyar, menurut laporan tersebut.

AS adalah eksportir senjata terbesar di dunia, dengan menjual senjata rata-rata sebesar US $ 120 milyar ke luar negeri setiap tahunnya selama periode tersebut. Rusia membuntuti di urutan kedua dengan menjual senjata sebesar US $ 8 miliar.

Sementara Korea Utara berada di peringkat 31 dalam daftar, dengan total penjualan sekitar US $ 100 juta dari ekspor senjata tahunan. Tapi ekspor senjata Pyongyang menyumbang 6,6 persen dari total ekspor.

Artikel Terkait :

  23 Responses to “Pengeluaran Belanja Militer Korea Utara Peringkat No.1 Dunia”

  1. Siap perang korut..

  2. Dari mana duit korut nih?

  3. duwit korut nyetak sendiri sesukanya kim jong un

  4. Indonesia peringkat ghoibbb

  5. Om admin Telolet Om..

  6. Anggaran Korut No 1 (% dari PDB). Tapi PDB Korut lebih kecil dari Korsel, jadi …. ?

  7. Korut aje bisa, nape kite kagak, ………… ???

  8. Ga kebayang kalau indonesia sampai 23 persen dari PDB anggaran militernya bisa gempar sedunia wkwkwk

  9. tes

  10. Secara nilai masih besaran indonesia brow. Setahun anggaran pertahanan indonesia sekitar US 8 $ miliar. Jauh diatas korut yg hanya UD 3.5 $ miliar. Tapi hasilnya kok biasa biasa saja ya. Ndak segahar korut

  11. Klo Indonesia sprti itu kasian lhh tetangga kita.. tiap hari nangis…
    Bhkan mgkin mereka minta negaranya dipindah hahaha….. gk bisa bayangin duit segitu dibelanjakan alutsista…

  12. He.he.he benda bodoh macam ITU kamu minta Malaysia klam nya, hanya minta bas menbunyaikan ohh. Kami tak berminat benda seperti itu, kelihatan minta pengmis minta bunyi hon bas

    • saye terpakse bersetuju dengan malon sekali ni

      ni memang benda bodoh sangat cam jahanam punya

      sila malon nak hencap ummah bodoh yang gemar telolet telolat bagai ni ,,tak de pekdah langsung

      pasal ni je saye bersetuju pasal lain saye tetap tak suke malon xixixixixixxiixi

  13. Lon lon kapan kau tobat dri muka kesombongan dan congk lon

  14. Sebenarnya bingung juga, yang mana ini “The Real Money”? Jika mengacu PDB, PDB Indonesia pada tahun 2015 adalah Rp. 11. 450,8 T. Jika mengacu ke APBN, kita tahu jumlah APBN tahunan kita masih sekitar Rp. 2000-an T. Anggaran pertahanan kita tentu diserap dr kalkulasi APBN, terus sampai dimana kejelasan nyata jika anggaran pertahanan selalu dikaitkan dgn PDB? Jelasin donk ah

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)