Aug 052016
 

LONDON – Pengumuman pemberian kontrak kepada MBDA untuk membangun senjata energi laser bagi Kementerian Pertahanan Inggris telah tertunda oleh protes yang diajukan oleh salah satu peserta tender yang kalah.

Thales UK mengajukan protes setelah pembuat rudal MBDA terpilih pada pertengahan Juli setelah kontrak disiapkan untuk kompetisi dengan Ilmu Pertahanan dan Laboratorium Teknologi (DSTL), menurut sebuah sumber yang dekat dengan program.

Alasan dasar dari protes tersebut saat ini belum diketahui.

DSTL menolak untuk mengomentari apakah MBDA telah dipilih atau apakah keputusan itu mengakibatkan protes.

“Kami masih dalam proses finalisasi kontrak. Untuk alasan kerahasiaan komersial kita tidak membahas rincian dari setiap diskusi dengan peserta tender”, kata juru bicara DSTL.

Baik MBDA maupun Thales UK menolak berkomentar.

Thales UK mengambil keuntungan dari hukum pengadaan Eropa, yang memerlukan waktu 10 hari masa tenggang antara saat Kementerian Pertahanan menginformasikan memutuskan memberikan kontrak dan ketika kesimpulan akhir dari kontrak diumumkan, selama waktu tersebut pemasok yang kalah dapat menentang keputusan. Beberapa persyaratan pengadaan bebas dari hukum.

Defense News melaporkan bahwa pada 10 Juli 2016 MBDA telah dipilih dan akan dikukuhkan sebagai pemenang dalam beberapa hari kemudian, apabila tidak ada protes dari perusahaan saingan.

MBDA memimpin konsorsium perusahaan yang dikenal sebagai Dragonfire. BAE Systems, Leonardo-Finmeccanica, Marshall Defence Aerospace, dan Qinetiq juga berada di antara anggota konsorsium tersebut.

Sebuah tim Babcock-Raytheon, Lockheed Martin, Rheinmetall, dan Thales UK diduga sebagai rival penawar yang sama-sama berlomba untuk membangun laser, senjata daya tinggi sebagai bagian dari proyek kemampuan senjata energi laser DSTL ini.

Pada bulan Mei 2016, eksekutif Raytheon mengatakan Inggris bisa melakukan uji coba darat senjata ini paling cepat 2018.

Admiral George Zambellas, kepala Angkatan Laut Kerajaan Inggris, mengatakan kepada peserta pameran senjata DSEI di London tahun lalu bahwa layanan direncanakan untuk menguji prototipe di atas kapal perang pada akhir dekade ini.

Uji-coba ini pada akhirnya bisa digunakan pada Royal Navy dan layanan lainnya.

Sementara, AS telah mengirimkan pengangkut amfibi, Ponce ke Teluk Arab pada tahun 2014 dengan laser yang mampu menjatuhkan drone dan kapal permukaan kecil.

Jerman juga telah berinvestasi pada teknologi ini dengan kerjasama Rheinmetall dan MBDA Deutschland, telah berhasil melakukan pengujian sistem laser berbasis darat.

Eksekutif industri di Inggris mengatakan program demonstran laser merupakan bagian dari upaya mengejar ketertinggalan Inggris dibidang senjata laser yang telah diabaikan pemerintah selama lebih dari satu dekade setelah berhasil mengembangkan kemampuan laser untuk kapal perang pada tahun 1982.

Dokumen tender DSTL memberi nilai kontrak di kisaran 20 – 100 juta euro (27 – 133 juta dolar AS).

Kurangnya pendanaan diberitahukan pihak Thales Inggris kepada wartawan saat briefing pada 2013 dimana Thales Inggris mencari investasi dari luar untuk melanjutkan pekerjaan jangka panjang tersebut.

Sumber: Defense News

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  10 Responses to “Pengembangan Senjata Laser Inggris Tertunda Karena Protes Industri”

  1. mereka sudah main laser. kita rhan aja gAAAk kelar2 huft..

    • Kita ( Indonesia ) sudah tidak asing dengan model senjata LASER , kita sudah sejak lama menggunakan senjata laser itu , justeru merekalah ( Usa & eropa ) yang mengikuti kita .
      Fakta bahwa kita adalah pengguna senjata laser bisa dilihat di youtube saat Timnas Indonesia melawan korsel tahun 2010 di Gelora Bung Karno , puluhan senjata Laser berseliweran ke tengah lapangan membidik para pemain Korsel yang sedang bermain ( terlebih ke arah kiper ) , dan ini membuat kubu Korsel protes ke fifa yang notabene PBB’a sepak bola dunia πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  2. bangun tidur langsung pertamax rasanya tuh awesome πŸ˜›

  3. Yang kalah tender aja bisa sewot sampe bgitu, apalagi yang kalah………..

  4. Ahkkk dasar thales sirik aja gara2 kalah tender ..

  5. Didoy bukan awesome tapi threesome bareng catrin

  6. ayo indonesia panggil ilmuwan ahli laser kita yang diam di AS.kita buat juga senjata laser.

    • #Kurangnya pendanaan diberitahukan pihak Thales Inggris kepada wartawan saat briefing pada 2013 dimana Thales Inggris mencari investasi dari luar untuk melanjutkan pekerjaan jangka panjang tersebut.#
      katanya sih..27 s/d 133 jt $
      https://www.youtube.com/watch?v=StC9nRB_AVY

      mendingan ikutan ini dari pada tat,tet,tot, yg engak jelas…..

  7. Lebih baik pakai peluru,jarak jangkaunya lebih jauh

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)