Jan 162017
 

Barisan MBT Abrams diatas gerbong kereta pengangkut. (Foto: Sputnik News)

Sebagaimana dilansir oleh Sputnik News, Angkatan Darat AS sedang mengembangkan konsep desain untuk digunakan pada platform baru tank modern. Pusat Riset Tank Otomotif, Pengembangan dan Rekayasa (TARDEC), akan bertanggung jawab pada desain, model simulasi, dan konsep kerja, serta mengawasi proyek tersebut.

Saat ini Angkatan Darat AS terlibat merancang dan pembuatan model tank dengan kemampuan menggunakan senjata laser untuk membakar drone, menetralisir tembakan artileri, jembatan lintas, dan mendeteksi serta menetralisir target jarak jauh.

Masih dalam tahap konsep, tetapi diproyeksikan untuk masuk layanan pada tahun 2030-an, pejabat Angkatan Darat menjelaskan bahwa tank baru diperlukan sebagai pengganti tank tempur utama saat ini, sebab M1A2 SEP Abrams hanya dapat di-upgrade sampai batas tertentu.

Mayjend David Bassett, perwira eksekutif program untuk Ground Combat System (GCS), mengatakan pada Scout Warrior, “Kami telah menggunakan model konsep. Apa saja batasan dari apa yang dapat anda lakukan? Seperti apa nantinya kendaraan itu akan terlihat? Kami berasumsi, jika kami ingin membuatnya berkembang, itu karena ada sesuatu yang tidak dapat kita lakukan pada kendaraan yang ada saat ini.

“Sebelum kendaraan baru dapat digunakan, Angkatan Darat harus meng-upgrade tank M1A2 SEP v4 Abrams yang saat ini pada 2020. Mungkin varian Abrams terakhir ini dilengkapi dengan amunisi Advanced Multi-Purpose (AMP) yang lebih mematikan, mengintegrasikan banyak peluru dalam sekali tembakan amunisi 120 mm, dan penggunaan Forward Looking Infrared Sensor (FLIR) generasi ketiga yang dirancang untuk resolusi yang lebih baik dan meningkatkan jangkauan.

Pada bulan November 2016, Basset mendeskripsikan FLIR sebagai “Kombinasi sensor gelombang menengah dan gelombang panjang yang memungkinkan identifikasi sasaran yang lebih baik pada jarak jauh dan resolusi yang lebih baik pada jarak yang lebih pendek”.

Dia juga mengatakan bahwa upgrade akan beradaptasi lebih baik dari varian sebelumnya pada lingkungan yang berbeda baik.

Anda tidak harus secara manual memasukkan variabel meteorologi ke dalam sistem pengendalian tembakan. Ini akan mendeteksi kepadatan udara, kelembaban relatif dan kecepatan angin serta mengintegrasikannya langsung ke platform”, katanya, menurut Business Insider.

Empat jenis amunisi yang saat ini digunakan oleh Abrams akan digantikan dengan amunisi AMP. Amunisi Multi-Purpose Anti-Tank (MPAT), M830A1, dan M830, serta amunisi High Explosive Anti-Tank (HEAT) saat ini dalam pelayanan.

Pengujian untuk varian SEP v4 akan dimulai pada tahun 2021 yang akan mencakup kamera berwarna, slip-ring baru, teknologi laser pengintai baru, jaringan onboard, penerima peringatan laser terintegrasi, sensor meteorologi canggih dan link data amunisi.

JakartaGreater

Bagikan Artikel:

  19 Responses to “Pentagon Kembangkan Tank Baru Untuk Gantikan MBT Abrams Tahun 2030”

  1. makin kedepan teknologi militer manusia makin canggih.. makin dinamis mengikuti tuntutan zaman dgn segala kebutuhan nya..

    • Kemaren sepertinya ada petinggi militer yang nyindir bahwa apa yang dibilang pak Habibie gak terbukti… Siapa ya? :D hahaha… mampuslah klo begini…

    • kalau ga salah dulu di jkgr ada beritanya, bukan ambles tapi lagi latihan recovery

    • Jawapan saya mudah aje semua mbt tank di dunia masuk Lumpur sukar untuk keluar ‘jika mahu keluarkan dengan bantuan tank untuk menariknya keluar, tank rusia Dan nato pun ada penah adakah latihan untuk keluarkan tank MBT dari Lumpur dengan menarik nya gunakan tali guna tank, Indonesia masih baru lagi peguna tank berat. Apa dikata pak habibe benar tapi jika masuk lumpur sukar ia keluarkan

      kamu Tanya kenapa NATO Dan Russia anggap tank sebagai raja perang darat

      Kamu lihat ini latihan keluarkan tank dari lumpur oleh amerika dan rusia jadi indonesia harus perlukan tempat latihan seperti latihan tank di Poland Warsaw ia ajar macam mana kedalian tank tank dalam muka bumi berlumpur diindonesia banyak kawasan berlumpur pilih aje tempat latihannya , Singapore juga sewa tempat latihan tank kawasan berlumpur di negara australia disebab negaranya gak ADA kawasan berlumpur

      https://youtu.be/VGBG4xaHbQc

      • klo itu sih masuk akal bung @system baru, saya setuju

      • memang masuk lumpur susah keluar lagipula tidak selalu main battle tank bertarung di medan yg berlumpur apalagi leopard revolution yg memang di peruntukkan untuk urban combat
        itulah mengapa kami mengembangkan tank kelas medium yg prototypenya akan muncul beberapa byulan ke depan

    • Betul kata kamu mana2 mbt tank dunia masuk dalam Lumpur Dan selut sukar di keluarkan

      Nato dan rusia selalu lakukan latihan hadapi situasi masuk dalam Lumpur Dan selut

      Gambar tunjuk kamu itu latihan menhadapi keadaan muka bumi berlumur dan selut kalau gak adakan latihan situasi tank masuk dalam Lumpur macam mana Indonesia mahir dengan pengunan tank

      Kamu lihat ini video tentara amerika mengadakan latihan tank masuk dalam Lumpur Dan selut bagai mana mereka keluarkan tank dari lumpur

      https://youtu.be/m7eRqK51oQ0

  2. eropa dan usa tersentak dengan lompatan tekhnologi Tank ARMATA.papa bear .tekhnologi tank memasuki fase baru termasuk pelindung diria dan arnament senjatanya

  3. Tes…masuk jgkr
    Akhirnya masuk juga setelah beberapa hari malas dan gak bisa masuk dan cuma bisa jadi pembaca yg baik jkgr,ditambah kehilangan banyak sobat2 warjagers,akhirnya jkgr kembali ke habitat asalnya lagi. Hehehe….
    Jadi ingat blog indo defence yg sdh rest in peace thn 2015 ditinggalkan fans2nya krn registrasi ulang akhirnya kabur semua.
    Semoga kedepannya JKGR tidak menerapkan pola yg susah buat pengemar2nya yg sdh banyak. Apalagi banyak warjagers yg bisa diajak berbagi wawasan dg yg lain,masalah ada yg suka resek n gak tertib itu hal biasa.

  4. 2030???? hadeeeh tahun segitu bukanya tank2 terbaru dah sejenis dgn robot tempur,,,,
    pada kemana nih, setelah lama gak mampir, jkgr koq sepi

  5. anti tesis armata

  6. tes

  7. mungkin leopard akan dijual bu mega

  8. Kita mah ngurusin cabe ajah blom sanggup…

    • Pasti belum pernah tanam cabe di musim hujan ini anak sehingga asal njeplak saja.

      Musim hujan (oktober, november, januari, februari, maret, april ).

      Tanaman cabe itu hanya berumur 6 bulan dan masa berbuahnya hanya 3 bulan.

      Ibarat anak kecil yang ringkih, penyakitan namun manja itulah tanaman cabe.

      Selain itu tanaman cabe rentan penyakit : busuk buah, busuk akar dll.

      Tanaman cabe juga tak boleh kebanyakan air dan juga tak boleh terlalu kepanasan.

      Bakteri dan virus penyebab penyakit itu tumbuh subur di musim hujan.

      Makanya para petani enggan menanamnya di musim hujan.

      Adapun yang mau menanam di musim hujan hanya sedikit dan tahu resikonya siap gagal panen.

      Bayangkan jika yang berani tanam cabe itu hanya 20% dan dari 20% itu hanya 50% yang berhasil artinya stok cabe yang tadinya 100% sekarang tinggal 0,2 x 0,5 = 0,10 = 10% saja dari stok normal.

      Jika stok cabe 100% maka bayangkanlah harga Rp. 25000 / kg, lha kalo stok cabe hanya 10% nya gimana ?

      Banyak permintaan tapi sedikit barang ya akhirnya harga melejit naik.

      Ingat perbandingannya :
      Stok 100% harga 25ribu/kg
      Stok 50% harga 50ribu/kg
      Stok 25% harga 100ribu/kg
      Stok 12,5% harga 200ribu/kg
      Stok 6% harga 300ribu/kg
      Stok 3% harga 600ribu/kg
      Stok 1,5% harga 900 ribu / kg.

      Artinya jika harga cabe sekarang ini 200 ribuan / kg padahal stok hanya 10% itu masih wajar.

      • tadi pagi ikut anterin nyonya ke pasar cabe harganya 120 tribu,stock diatas lapak cabenya menumpuk dan mulai beranjak tidak segar.jadi resiko harga bukan hanya ditanggung oleh pembeli tapi juga oleh penjual.duit amsiong akibat cabe mahal dan tidal laku kemudian membusuk

 Leave a Reply