Sep 242016
 

ECA Group mengumumkan pengiriman beberapa sistem penyapu ranjau bawah air robotik sejak awal tahun 2016 untuk dua angkatan laut, Kazakhstan merupakan salah satunya. Mereka adalah sistem penyapu ranjau robotik pertama yang diproduksi.

Sistem ini sebagai terobosan dalam pasar penyapu ranjau bawah air yang sangat inovatif. Untuk pertama kalinya, pelanggan dapat menyebarkan kendaraan yang akan melindungi awak mereka menjaga mereka di luar ladang ranjau bawah air.

Hingga saat ini, sonar pendeteksi terletak pada pemburu ranjau, yang diperlukan memasuki area ancaman dan terkena risiko ledakan. Berkat keseluruhan sistem yang menggunakan robot khusus, sekarang ranjau dapat dideteksi dengan menggunakan sonar resolusi tinggi yang dipasang baik pada kendaraan bawah air otonom atau drone permukaan, sehingga kapal induk dapat menghindar dari mendekati ranjau.

Setelah sonar mendeteksi potensi ranjau, robot inspeksi yaitu SEASCAN MK2 digunakan untuk mengidentifikasi (konfirmasi melalui gambar video yang memastikan bahwa objek memang ranjau) dan kendaraan pembuangan yaitu K-STER C untuk menghancurkan ranjau.

perancis-mcm-unmanned

System Kapal Penyapu Ranjau Nirawak (MCM) ECA Group

Robot ini dapat diluncurkan baik dari kapal induk atau jarak jauh melalui dari drone permukaan, dengan demikian menjaga kapal induk pada jarak aman dari ranjau. Menjaga kapal dalam posisi siaga mampu meredakan ketegangan pada desain kapal. Sehingga platform ini lebih murah daripada kapal pemburu ranjau konvensional, namun juga menjadi lebih cepat untuk mencapai daerah operasi dan lebih fleksibel untuk terlibat dalam misi lainnya seperti pengawasan maritim.

Selama beberapa tahun, ECA Group telah mengembangkan berbagai robot bawah air (A9, A18 dan A27 jenis AUV, K-STER jenis pembunuh ranjau, dan H300/800 Jenis ROV, dll), selain itu ada USV jenis INSPECTOR yang merupakan drone permukaan.

perancis-eca-group-auv-9-m

Kendaraan Bawah Air Nirawak AUV 9-M

perancis-eca-group-seascan-mk2

Pemeriksa Ranjau Bawah Air Nirawak SEASCAN MK2

penghancur-ranjau-k-ster

Penghancur Ranjau K-STER

 

Digunakan bersama-sama pada satu kapal, robot yang berbeda dapat melakukan secara penuh misi anti ranjau (serta Hidrografi, Surveillance, dan Penelitian serta Bantuan misi) melalui penyebaran secara berurutan dan atau secara simultan.

Untuk mengelola misi dari berbagai robot di kapal, ECA Group dalam beberapa tahun terakhir mengembangkan Sistem Informasi MCM Nirawak (UMIS) yang memungkinkan kapal untuk merencanakan dan melakukan misi anti ranjau dengan aman dan efektif melalui operasi yang optimal dari berbagai robot, serta untuk menggabungkan informasi yang dikumpulkan ke dalam sistem manajemen terpusat Angkatan Laut.

Harga jual sistem penyapu ranjau robotik dapat berkisar dari € 3 juta – € 30 juta (US $3,36 juta – US $33,65 juta), tergantung pada konfigurasi dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan ECA Group.

Sistem penyapu ranjau robotik bawah air akan dipresentasikan oleh ECA Group pada pameran perdagangan Euronaval yang diselenggarakan di Paris dari 17-21 Oktober 2016.

Sumber: ECA Group

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  8 Responses to “Perancis Kirim Kapal Penyapu Ranjau Robotik Ke Kazakhstan”

  1. Solar Oplosan…

  2. minyak kayu putih

  3. keren buuuuuuuuuuunget nih, klo bisa pemerintah beli plus tetotnya hakhakhakhakha

  4. Kelihatannya RI butuh ini sebab yg ini robotik jadi resiko korban sedikit.

  5. Robotik tuh robot yg gmn/kyk apa??

  6. Ouuug, tadinya kusangka trimaran-bonefish akan dikembangkan seperti ini, ternyata….?!!!!

  7. Beli lagi duit e utangan . Pegawai aja banyak yang di phk kok mikir beli terus .. nanti kalau kesejahteraan rakyat gak di perhatikan bisa malah jadi bom waktu yang sangat mengerikan

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)