Feb 162017
 

Tentara Perancis melakukan uji tembak perdana senapan serbu HK416F 5.56 mm yang diproduksi oleh Perusahaan Jerman Heckler & Koch (HK) untuk menggantikan senapan serbu bullpup tua FAMAS dalam layanan Angkatan Bersenjata Prancis sejak tahun 1979.

Menurut Departemen pertahanan Perancis, sebanyak 93.080 pucuk senapan serbu Heckler & Koch 416F akan dikirim antara tahun 2017 hingga 2028.

Pada bulan September 2016, diumumkan pemilihan senapan serbu HK416 buatan Jerman untuk menggantikan FAMAS sebagai standar senapan serbu tentara Prancis yang baru. Law Military Programming (LPM) Perancis, meminta pengiriman 102.000 pucuk senapan baru untuk angkatan bersenjata pada tahun 2019.

Senapan serbu HK416F akan dikirimkan dalam dua varian, laras panjang khusus untuk unit-unit tempur angkatan darat dan laras pendek untuk angkatan udara dan angkatan laut.

Beberapa HK416F akan dilengkapi dengan peluncur granat HK269F 40 mm yang dipasang di bawah handguard yang juga diproduksi oleh HK.

HK416F didasarkan pada desain standar HK416 dengan menampilkan beberapa aksesoris khusus yang diminta oleh lembaga pengadaan angkatan bersenjata Perancis.

Menurut gambar yang diperoleh dari tentara Perancis, optik dan pemandangan dari FAMAS akan digunakan pada senapan serbu HK416F tersebut. Senapan serbu itu juga akan dilengkapi dengan komponen dari FAMAS Felin termasuk sistem komunikasi dan kemampuan penglihatan pada malam hari.

HK416F menggunakan teknologi dari senapan serbu AR15 kaliber 5.56 mm buatan Amerika, dengan perbaikan berdasarkan desain Colt M4 Carbine.

Menurut uji tembak perdana yang dilaksanakan oleh tentara Prancis, yaitu ketahanan HK416F. Sangat mudah untuk menyesuaikan senjata tersebut pada bahu penembak berkat buttstock 5 posisi rancangan HK.

Bagian depan HK416F dilengkapi dengan foregrip vertikal dan bipod terpasang pada rel picatinny dibawah handguard.

“Setelah tembakan pertama, aku merasakan kinerja yang baik dari senapan serbu HK416F ini”, kata seorang tentara Perancis. “Sensasinya terasa sangat baik, terutama selama meletuskan tembakan”, tambahnya.

HK416F memiliki kecepatan tembak 850 rpm, lebih lambat dari FAMAS yang memiliki 1.100 rpm, namun menawarkan kontrol yang lebih baik dari senjata saat ditembakkan.

Army Recognition

Artikel Terkait :

  11 Responses to “Perancis Uji Tembak Senapan Serbu Baru HK416F”

  1. silahkan diadu dgn SS2 Pindad di berbagai lomba tembak internasional

  2. masih uji perdana… berarti msh akan disempurnakan lagi don?

  3. senapan bullpup sudah mulai ditinggalkan….
    platform AR dan AK tetap yg terbaik

    kalau senapan cuma tampilannya yg gahar mending dibedakin dan ikut kontes kecantikan

  4. Semoga pindad segera melancurkan SS4 untuk menggantikan SS2, karna rasanya SS3 itukan tdk dibuat untuk menggantikan SS2

  5. Mantaplah! Foreign Legion/legiun asing Perancis pake senjata ini jg gak ya?

  6. Kopaska TNI AL juga pake HK416.
    Prod Jerman memang berkualitas.

  7. Masih tetap unggul made in PINDAD….sudah terbukti di ajang tembak Internasional….mengalahkan senajata made in Australia, Inggris, Prancis maupun AS

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)