Aug 172016
 

Memperingati hari Kemerdekaan ke-71 RI, Puluhan anggota penyelam dan penembak ikan yang tergabung dalam komunitas spearfishing di kabupaten Situbondo, mengibarkan bendera merah putih di kedalam laut di kawasan wisata pantai pasir putih Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur Rabu (17/08).

Penyelam dari komunitas Situbondo Jatim menggelar upacara di dasar Laut. (foto:jakartagreater/marksman)

Penyelam dari komunitas Spearfishing Situbondo Jatim menggelar upacara di dasar Laut. (foto:jakartagreater/marksman)

Tak hanya menancapkan dan mengibarkan berdera merah putih puluhan anggota komunitas diving ini juga memberikan hormat di dasar laut, di dalaman sekitar 10 meter lebih..

Menariknya, untuk mengibarkan bendera merah putih berukuran 120 x 80 centimeter, mereka diketahui tanpa bantuan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen.

Menurut Eko Kintoko Kusumo, salah seorang anggota komunitas spearfishing Situbondo, Kemampuan menyelam 2 – 4 menit tanpa bantuan tabung oksigen ini menjadi keunikan dan kemampuan khusus. Tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

“Sebagian besar anggota komunitas ini adalah nelayan tradisional Situbondo, mereka biasa berburu ikan dengan cara menyelam di dasar laut. Itupun tanpa menggunakan tabung oksigen. Namun, saat menyelam mereka juga membawa peralatan berburu ikan berupa tembak, yang kebanyakan buatan sendiri,” kata Eko.

Kegiatan pengibaran bendara di dasar laut ini, selain bertujuan memperingati Hari kemerdekaan RI, juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Dibutuhkan kemampuan khusus bagi penyelam yang mampu menancapkan tiang bendera di dasar laut tanpa bantuan tabung gas atau Aqualung. (foto:jakartagreater/marksman)

Dibutuhkan kemampuan khusus bagi penyelam yang mampu menancapkan tiang bendera di dasar laut kedalaman 10 meter, tanpa bantuan tabung gas atau Aqualung. (foto:jakartagreater/marksman)

“Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71, namun pengibaran bendera di bawah laut ini juga bertujuan untuk mempomosikan potensi wisata bawah laut di Perairan Pasir Putih. Sebab, dengan garis pantai mencapai 150 KM laut di Kabupaten Situbondo dinilai cukup berpotensi. Selain ekonomi, wisata bahari di Situbondo juga cukup berpotensi. Termasuk wisata keindahan pasir putih yang diketahui terumbu karang di bawah laut yang sangat eksotik,” papar eko kepada jakartagreater.

Bendera merah putih berhasil ditancapkan dikedalaman enam meter dilokasi rumpon-rumpon yang sebelumnya telah dipasang oleh para pelestari lingkungan laut dari berbagai daerah di indonesia.

Menurut hermawan salah satu anggota komunitas diving situbondo, kegiatan pengibaran bendera di kedalaman dasar laut sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa sekaligus penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur bertempur di laut melawan penjajah. (marksman)

Artikel Terkait :

  6 Responses to “Peringati Hari Kemerdekaan RI, Penyelam Situbondo Jatim Gelar Upacara Bawah Laut”

  1. 1

  2. kasianlah malon negara yang tiada kebanggaan lawan penjajah kahkahkah

  3. Inovatif banget, bangga lihat para penyelam ini.

  4. Nkri Jaya.. Malon jth mskn

  5. Miskin jatuh makin….hii

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)