Mar 212017
 

Laut Mediterania – FGS BRAUNSCHWEIG F 260 adalah salah satu kapal perang jenis Corvette milik AL Jerman menjadi partner KRI Bung Tomo-357 dalam latihan Mail Bag Transfer yang dilaksanakan di Zona Patroli Laut Mediterania.

Ini adalah latihan Mail Bag Transfer untuk pertama kali yang digelar oleh KRI Bung Tomo-357 dengan kapal perang Jerman tersebut. Sebelumnya jenis latihan ini juga telah dilaksanakan oleh KRI Bung Tomo bersama Kapal perang Brazil BRS Liberal. Minggu (19/3/2017).

Mail Bag Transfer adalah kegiatan transfer material di laut antar dua kapal, baik berupa surat-surat berharga/rahasia maupun material ringan lainnya dengan kondisi kapal tetap berlayar.

Latihan ini merupakan bagian dari pembekalan di laut atau sering disebut RAS (Replenishment at Sea), yang berfungsi untuk memperpanjang waktu keberadaan suatu unsur di Laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang bersandar di pangkalan.

Betapa pentingnya kegiatan semacam ini dalam rangka mendukung suatu operasi di laut, sehingga latihan ini menuntut komunikasi dan koordinasi yang baik serta profesionalisme dari crew kedua kapal.

Latihan Mailbag transfer ini dilaksanakan 2 run dan diawali dengan pengecekan komunikasi radio dan pencocokan kompas.


Pada run pertama FGS Braunschweig berperan sebagai kapal pemberi barang, sehingga harus mempertahankan haluan dan kecepatan kapal 10 knots sesuai perintah dari anjungan.

KRI Bung Tomo-357 yang berperan sebagai kapal penerima barang, mendekati FGS Braunschweig dari arah belakang, kemudian bergerak ke arah lambung kiri sejajar dengan FGS Braunschweig. Jarak kedua kapal yang sangat berdekatan sekitar 50 yards membutuhkan kecakapan dan kehati-hatian seluruh crew tiap unsur yang terlibat.

Setelah berada di stasiun pembekalan, FGS Braunschweig menyatakan siap menerima tali tali dari KRI TOM yang ditembakkan dengan menggunakan Gun Line. Salah seorang Prajurit KRI TOM kemudian menembakkan Gun Line ke arah haluan FGS Braunschweig dan diterima oleh salah satu crewnya.

Proses penarikan tali tali berlangsung aman dan terkontrol dengan baik, sehingga proses pengiriman dan penerimaan barang di laut dari FGS Braunschweig ke KRI Bung Tomo-357 dengan metode Light Jack Stay dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Latihan diakhiri dengan Break Away Manuvra setelah melaksanakan penghormatan antar kedua kapal.

Selanjutnya pada Run ke-2 dilaksanakan bergantian dimana sebagai kapal pemberi, KRI Bung Tomo-357 mempertahankan haluan dan kecepatan agar FGS Braunschweig yang bergerak mendekat dan menyesuaikan sejajar di samping.

Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo dalam komunikasinya melalui radio VHF FM mengucapkan terimakasih kepada Komandan kapal FGS Braunschweig CDR JG Robert Schmidt atas kesempatan dalam latihan bersama. Menurutnya, latihan tersebut merupakan kebanggaan dan pengalaman yang baik bagi crew KRI Bung Tomo-357 untuk bisa berlatih bersama dengan salah satu kapal yang gagah dan canggih serta diawaki oleh Komandan dan crew yang handal.

Sebaliknya Commander Schmidt juga menyampaikan “Saya angkat topi atas performa yang telah ditunjukkan oleh Prajurit KRI Bung Tomo-357 pada latihan Mail Bag Transfer ini. Dimulai dari penampilan, kapal yang good looking dan profesionalisme seluruh Prajurit KRI TOM yang telah ditunjukkan dengan “Outstanding Manuvra”.

Saya berharap di lain waktu dapat melaksanakan latihan bersama dengan jenis latihan berbeda”, katanya.

Dispen Koarmatim

Artikel Terkait :

  33 Responses to “Pertemuan KRI Bung Tomo – Kapal Perang Jerman, di Laut Mediterania”

  1. awas woi

  2. komen ku kok gak muncul
    dbaned ya
    gak mantaplah
    komenku gak muncul

  3. Siappa yg baned komenku
    Dia akan kena rahasia ilahi
    Waspadalah
    Ini namanya membungkam kebenaran

  4. Ayo beli fregate Made ini Jerman..

  5. Nah gitu dong latihan sama orang Pinter biar bisa Ketularan Pinter

  6. Good looking….bersih….terawat..plus profesional. Selalu tersemat pd kri tom.

  7. Cukup sering TNI AL melakukan latihan RAS ini dengan kapal perang negara lain… semoga ke depan dapat sering berlatih manuver penyergapan, penyekatan bersama AL negara maju sehingga profesionalisme prajurit TNI AL semakin terasah….

    • @sangkelat

      Maaf mau tanya bung…kegiatan mail bag transfer spt ini kira2 barang apa saja yang bisa dikirim ke kapal disebelah?

      Kalo mo pinjam-meminjam charger hp apa bisa dilakukan jg dg metode ini….?

  8. Keren kri kita..maennya jauh2 xixiiii

  9. tetap dijaga kebersihannya
    orang eropa sangat cinta kebersihan

    • Seolah2 di Asia tidak cinta titik titik…… xixi….

      Wi ora opo2, yg penting bisa bersih diri…… bebas korupsi, kolusi, nepotis dan bersih pikiran…… komen jadi gayeung….. 😆

  10. manuver semacam ini termasuk sulit, jika ditengah2 pergerakan ada ketidak tepatan perhitungan dan perkiraan maka lebih baik cancel/abort, dan akan dimulai lagi dr pertama langkah2 pergerakannya

  11. siip siip

  12. Seandainya KRI Bung Tomo jg dilengkapi dng RIM seperti kapal jerman itu, akan makin perkasa si TOM. Ohhh…seandainya..

  13. TNI kita dimana2 selalu diajak latihan bersama ini menunjukkan profesionalisme TNI diacungi jempol!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)