Jun 262016
 

Departemen Pertahanan Malaysia menerima laporan bahwa pesawat Royal Malaysian Air Force (RMAF) dicegat oleh pesawat tempur Indonesia saat dalam perjalanan menuju ke Labuan, Sabah, pada hari Minggu (26/06). Insiden itu terjadi ketika pesawat angkut C130 terbang di wilayah udara di dekat Pulau Natuna, Indonesia.

Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein telah mengonfirmasi insiden itu. Menurutnya, pihak kementerian sedang menunggu laporan lengkap untuk memahami apa yang telah terjadi.

Hishammuddin menjelaskan bahwa dirinya tidak khawatir karena insiden tersebut (pesawat intersepsi di perbatasan) terjadi di seluruh dunia, serta bahwa Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang kuat. Ia juga mendesak semua pihak, terutama media, untuk bertanggung jawab dalam melaporkan berita mengenai insiden itu dan tidak memberitakannya secara berlebihan.

Sementara itu, sumber RMAF mengatakan bahwa insiden itu terjadi ketika pesawat angkut sedang dalam perjalanan dari Subang Air Base menuju ke Labuan. Sumber itu menjelaskan bahwa insiden itu bukanlah ‘mencegat’, melainkan pemberitahuan dari pesawat tempur Indonesia kepada pilot RMAF untuk mengidentifikasi diri mereka dan bahwa C130 diduga telah masuk ke wilayah udara mereka.

Sumber: New Straits Times Online

Artikel Terkait :

  99 Responses to “Pesawat Angkut C130 RMAF Dicegat Pesawat Tempur Indonesia”

  1. Cegat. Paksa untuk mendarat. Tahan awaknya.

    • Terus dipalak ya bung biar kapok…hehehe

        • Bung patih…emang betul sampe sekarang malodon masih berusaha claim itu pulau…melihat akal busuk malon… bisa jadi kongsi sama cino…

          • Bung Sego Jagung,
            Kalau untuk klaim tidak akan berani bung. Mereka pun yakin tak akan berhasil. Mereka hanya sekadar merasa tak rela itu kepulauan di depan rumah mereka tapi kok milik Indonesia.
            Sama, saya pun kadang merasa “Yah.. itu pulau Christmas kok masuk Australia sih..”

          • “Makanya, besar kemungkinan, atas dasar ingin menamatkan konfrantasi dan berbaik-baik dengan jiran serumpun, isu tuntutan kedaulatan ke atas kepulauan Natuna mungkin tidak menjadi keutamaan pemerintah Malaysia pada ketika itu. Sehingga kini, Malaysia mengiktiraf kedudukan kepulauan Natuna sebagai sebuah wilayah dalam negara kepulauan republik Indonesia.”

            pembetulan – malaysia tidak akan menuntut pulau natuna…

        • Natuna tidak akan menjadi kepulauan milik negara lain (indonesia) yang berada ditengah tengah (membelah) Malaysia jika Malaysia tidak serakah dengan memberikan Serawak kepada Indonesia dan mengembalikan Sabah kepada pemiliknya yang sah yaitu Kesultanan Sulu (The Philipines) .. gitu repot kok aja

          • Indonesia bisa juga meng claim negara bagian Negeri Sembilan karena berdasarkan adat istiadat dan asal usul kesultanannya yg sama dan berasal dari Sumatera Barat (Kerajaan Pagaruyung)

      • Joko ga ke natuna lg? Rapat di pswt tempur kali ini

      • HAHAHAHA…..

    • Tarik iuran takjil dan THR…

      Klo gak mau,Fentung !!!

    • MOHON MAKLUM ..kemampuan dan skill pilots Malaysia yg kadang sering.keluar jalur 😀 😀 😀

  2. hmmm..beruk malaon lg bikin ulah

    • cari masalah lagi ini malon lansung tembak aja atau paksa mendarat baru kasih bom kepala beruk beruk itu NKRI harga mati….) Seruput kopi dulu

  3. latihan mungkin.

  4. PERTAMAX

  5. Kenek opo maning

  6. Ketat banget sekarang Natuna, baguslah

  7. Mulai megap megap si malay..dulu songong tingkat dewa..skrg dia mau bangkrut makanya sok alim

    • Palagi suasana shaum ke’ gini ya bung, tambah tamadun aja tu beruk….. sandal di masjid juga jarang ilang ….. tau tuh kalo abis lebaran !!…

      kwaaakkk..kkwaaakkk…kwaaaakk…

  8. “Hishammuddin menjelaskan bahwa dirinya tidak khawatir karena insiden tersebut (pesawat intersepsi di perbatasan) terjadi di seluruh dunia, serta bahwa Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang kuat. Ia juga mendesak semua pihak, terutama media, untuk bertanggung jawab dalam melaporkan berita mengenai insiden itu dan tidak memberitakannya secara berlebihan.”
    Baca ini jngn komen yg berlebihan. Lebih baik bersatu buat lawan negara kolonial baru #CinaKampret

    • Jangan terlalu percaya mulut manis beruk malon bung….lengah dikit, bisa amblas properti kita !!..

      Licik dan culas sudah jadi trade mark beruk malon dari awal berdirinya Federasi Malingsia….kalo mo percaya cukup sama Tuhan saja…. xixi…

  9. tembak saja,lama2 songong jg malaysia

  10. Malaysia menangkap nelayan indonesia asal Rohil…sekrang pesawat malon melintas di natuna…. jangan sok sok kan berani om malon, ntar di sepak TNI baru tau rasa…

    • Kalo malon disepak TNI pasti ujung2nya calling Brexit…..malon akan teriak2 ” Mama Ely, tolonglah hambamu ini….. kalo mama Ely ga mau bantu, ane mo bikin Malingxit ” (malingsia Exit)… xixi…

  11. What?….segede c130 nyasar?diperbatasan?
    Kalo ampe c130 dicegat…brarti memang ada indikasi bahwa Malaysia sering memberi info ke tiongkok prihal kekuatan tni Di natuna maupun ditarakan….malaysia berharap indonesia ribut ma tiongkok dn malaysia dng senang hati mengambil daerah perbantasan yg tdk dijaga… Kalo ga Malaysia mendukung tiongkok untuk mengambil natuna karena Malaysia tdk suka natuna yg akan membelah garis lurus jalur transport nya Malaysia….pokoknya Malaysia brasa d ketek tiongkok dah…untuk lawan indonesia Di natuna

  12. Comment:

  13. cari masalah lagi ini malon lansung tembak aja atau paksa mendarat baru kasih bom kepala beruk beruk itu NKRI harga mati….) Seruput kopi dulu

  14. Paksa turun… pilot & crew suruh perkosa bumi… hehehehe

  15. Comment: ambil dalih malaysia,,kordinasi yg buruk ….smpe kapan jd budak NSA & manfaatin celah.
    BRITIX cari jalur aman + – potensi keamanan & ekonomi,,ATM serawak & intel pesan punya.
    saran kurangi INtesitas bakal berlanjut tergantung G7 & 2 Beruang,,sudah tepat PAK LUHUT tetap KONSISTEN.

  16. artikel favorit para alay yg klo coment ngak nyambung dngn isi berita

  17. In humble my opinion mister minister,

    ANDA KELIHATAN TERLALU BERBASA-BASI UNTUK MENYEMBUNYIKAN KEGAMANGAN ANDA SAAT PESAWAT ROYAL MALAYSIAN AIRFORCE DI INTERCEPT DI WILAYAH SENDIRI. IRONISNYA, ANDA MENYADARI BAHWA INDONESIA SEKARANG INI BERADA PADA TENSI YANG TINGGI SOAL PELANGGARAN BATAS WILAYAH.

    bagaimanapun, itu setidaknya adalah langkah yang bijak dari pada anda mencoba untuk menuangkan bensin di atas api yang sedang membara, yang MEMILIKI POTENSI UNTUK MELAHAP ANDA DAN RUMAH ANDA

    • Kalo dilihat posisi natuna memang seolah menyekat wilayah malon barat dan timur…

      Untuk pelayaran internasional kapal dagang atau militer asing sering motong masuk wilayah natuna…untuk menghemat waktu dan biaya ..

      Untuk SDA juga siapa yg gak ngiler…

      Sudah sepantasnya natuna jadi satelitnya indonesia… pangkalan militer yang sangat kuat. …arsenal berkelas …singaporenya indonesia di samping batam…

      • bukan “seolah” bung tapi memang iya, bagi mereka Natuna bagai polisi tidur, kalau mau cepat yg lewati tapi beresiko – kalau mau aman ya putar arah tapi jauh

    • Seharusnya in my humble opinion lae… Menhan malaysia sok kenal sok dekat (sksd) sama pakde RR…

    • Baru tersasar masuk sudah ribut,beratus ribu pati indonesia masuk cari rezeki, malaysia tak bikin ribut,rakyat tak suruh pun kerajaan tembak pati2 tersebut sebab satu rumpun,kes ni terpencil nak bikin ribut,otak dekat lutut.

  18. Nah trus malonista mo lewat mana klo nggak memotong lurus jalurnya di natuna??klo putar jalur malah tambah jauh dan lagi pula pasti masuk teritori udara chino.malonista jadi malah serba salah.

    • Muter lewat andaman trus ke selatan lewat samudera hindia terus lewat australia lewat png trus ke samoa, filipina, trus sabah.

      Xixixi

    • Tentunya boleh saja melintas kalau minta ijin dan mengidentifikasi diri dulu. Akan jadi persoalan kalau main slonong saja.
      Sama ketika kita terbang dari Natuna mau ke Aceh kan melintasi Semenanjung Malaysia. Atau dari Natuna ke Tarakan melintasi Serawak. Itu biasa, sudah ada peraturan jelas yang disepakati secara internasional.

  19. klw di diemin ngelunjakk. itu bukan jalur lu lon.. muter aja sono lwt perapatan sebelah..

  20. lho koq c130, katanya Hornet yg slonong booi

  21. kalo menurut pikiran ane.kayax skarang malonista udah nggak bisa lagi seenak udelnya maen potong jalur penerbangan militernya seperti yang lalu2.setiap tindak-tanduk aktivitas militernya yg melibatkan dua daerah semenanjungnya harus berkordinasi dengan TNI AU.

  22. kasikan ke bu susi biar dibakar buat sateeeee…wkwkwkwkwk

  23. pesan malaysia sengaja di tongolin mw tutupin ekonomi abang2 lu ke hantem juga negara lu mending urus bebasin pajak rakyat & guardian dll sengaja tdk publikasi dibungkam ….
    wlaupun bursa tiongkok turun tetap aja impornya laku .
    bwt ecek2 perwira cost guard kordinasi intel beruang jgn pentingin pribadi banyak bermuka dua manfaatin intesitas.

  24. malaysia cari panggung,biar dibilang jaguh sama rakyatnya karena tak berani berbuat apa2 ketika kapal2 cina masuk kewilayahnya.

  25. Ah tes

  26. Masihkah berani si Malon ini.?? terlihat pernyataanya ada rasa takut & tdk sepongah sebelum”nya..KALIANLAH..!!! YG MEMBUAT NEGARA KAMI TERSADAR,BAHWA KALIAN PARA TETANGGA MALING & SOMBONG. ASEAN HANYA BERISI PARA ULAR BERKEPALA DUA..lain dulu lain sekarang, jgn coba” kalian mengusik negeri ini, jangankan kalian negara ASEAN bersatu untuk melawan kami, seekor naga pun yg katanya kuat segala- galanya akan kami libas seperti hantaman angin topan dgn serangan ratusan juta rakyat yg MILITAN yg siap bertarung melewati batas negerinya..!!!

    ==== NKRI HARGA MATI ====

  27. Saya curiga hubungan malay,cina, indonesia. Secara geografis natuna malaysialah yang berkepentingan atas wilayah yang memotong wilayah barat dan timur malay, tapi secara politik internasional cinalah yang berkepentingan atas claim natuna dan zeenya dengan 9garis putus2 peta jadulnya. Saya curiga ada deal antara malay dan cina atas claim natuna dan lcs, maaf pandangan tukang pelg

  28. Wahai Kemenhan & TNI harap terapkan sistem “Lu Senggol Gue Bacok” urusan belakangan,khususnya bagi bagi para pelanggar kedaulatan RI yang bande;,,

  29. Kok gk dipaksa mendarat trs pilotnya diajak minum es teh diwarkop bowo.

  30. barter dong sm nelayan yg ketangkep kmrin2 baru impas

  31. Biasa ajalah cari jalur short cut, hemat BBM. Namanya juga negara ga kaya2 amat

    • kwaaaakkk…kwaaakk…kkwaaaakkk…..

      Kasus MH17 di Ukraine bisa terulang bung, gara2 pengin ngirit bbm tapi malah disundul sama BUK !!..

      kwaaaakkk…kwaaaakk….kwaaakk…

    • @bung kecebong untuk hal yang seperti ini jangan dianggap biasa bung !

  32. pembenaran berita dr kelakuan yang salah. sebelum di hujat.. memblast kata biar gak disalahinn..

  33. Untungnya bukan menteri Susi yg ngawasi jalur lintas udara, bakalan dijatuhin itu pesawat ke laut 😉

  34. sahur dulu

  35. kangen komentar warga malaysia yg sok alim. ..wkwkwkwkw. giliran miskin ama takut aja sok alim. giliran di atas angin lagaknya kaya jagoan pasar telo.. abisin aja terus bangsa beruj kaya gini

  36. Hahahaha
    Nelayan sekarang ruang udara.
    Hurm edek deteren yang tidak menjadi.
    Aku suka berita ni.

    • @soak , malon ngomong apa edek deteren yg tidak menjadi ??

      itulah malon suka kurang ajar sama tetangga akhirnya tenteranya kena usirkan

  37. Tak menjadi bang oi.. sebab apa tak jadi? Singapura berlatih kejar2 di mana bang? Tempat sama kan

  38. dukung serawak merdeka dan mereka pun dibungkam selamanya DITAKTOR NAJIB beraksi
    http://www.straitstimes.com/asia/se-asia/opposition-pkr-politician-shot-dead-in-sarawak

  39. Jika niatnya baik pasti dihidupkan transpordernya dan minta izin ini malah dimatikan, wajar kalo diperingatkan lagian ga lihat sikon di natuna lagi anget main selonong aja masih untung yang intersep pesawat kalo rudal wassalam. sambil sekat natuna kita bikin keruh sabah serawak yuk … mumpung mama eli lagi galau jika gagal rekonsiliasi dpastikan inggris dikucilkan di eropa dan ditinggal negara satelitnya (irlandia,scotlandia, sabah serawak mungkin).

  40. Malondog ngelanggar lagi? Siapkan Rudal 😀 Lawan penceroboh sulu aja gak berani perang gerilya, malah pakai aset.. Maklum mereka cuman cari muka aja, Negara ASEAN juga tau negara yang miskin itu cuman banyak cakap aja! Lagian sok-sok’an berkawan bilang aja udah jatuh miskin minta bantuan -_-

  41. Ala apa sangat la blog tu bang? Tak dapat sambutan pon. Lain la isu papua. Tak perlu blog pon orang sokong kan bang

    Lawan opm apa cerita bang? Belum lagi santoso berbelas oranga

    Betul bang negara miskin sembang kuat .err indonesia mampu serang negara lain ke bang? Negara mana di asean ni nak perang sesama sendiri? Lain la forum admin sara tu, lupa nama dia. Ala yg asal indonesia tu.

    Setahu eden geng motor pon tak hormat tni, siap bantai lagi tu

  42. COLIBRI KATA JANGAN PERCAYA MULUT MANIS MALAYSIA.. DIA AJAK PERCAYA MULUT PROVOKASI, MULUT SARA DIA.

    JANGAN2 COLIBRI NI PELAMPAU KRISTIAN PAPUA? ADA AGENDA YANG SEMBUNYI?

    EDEN YANG DI MALAYSIA PON NAMPAK TULISAN DIA. TIME KRISTIAN DIA DIAM SAJA.

  43. Indonesia pake jet tempur apa ya?

  44. Tembak aja tu pesawat malon yg jelek, biar songlap kayak MH370 !!…

    kwaaaakkk…kwaaaakk…kwaaaakk…kwaaaakkkk…

  45. Dengar bisikan tetangga…pilot pesawat malon ngopi dulu di warung MBAH BOWO di laut natuna sebelum melanjutkan ke labuan……..tanya MBAH BOWO untuk kejelasannya

  46. Sebuah tindakan sigap,prosedural dan santun yg membuat pelanggar menyadari kesalahannya dan akan menjadi warning kpd negara asing lain yg mau melanggar di daerah teritori udara indonesis.karena AU siap memberitahu,mengintersep dan menembak jatuh pelanggar.oh ya psk menhan..mana tuh f16 blok 52IDI sisanya kok gak dateng2.cepat ditekan amerika songong itu agar cpt dikirim.negara sangat membutuhkannya.

    • Apa semua kedatangan pespur harus dipublikasikan ? Wartawannya aja yang nggak mau meliput sebab nggak ada ser-serannya.

  47. di cegat pake pesawat SU-tikno (tucano)

  48. malon bangsay….
    malon harus melapor jka ingin melintas di wilayah udara indonesia.. krna klau tdak akan kmi tembak jatuh…krna melanggar..

  49. Gpp, hanya kesilapan. Setidaknya kita tet

  50. negara sok jaguh dan kuat …jelas2 memprovokasi indon ..lihat kejadian beberapa tahun silam…malon betapa jumawanya memprovokasu dan meremehkan kekuatan kita yg wktu itu sempat lemah….

    tetapi sekarang malon jatuh miskin….
    berbalik 180° dngn indonesia…

  51. Yes makin ramai kaum diego colibrok tedjo malon

    Errrr eden persilakan diteruskan, eden suka bila indon rosakkan indon hehehe
    Sila2 jgn stop

    Indon bodohkan indon? Apa nak rugi kan diego kan hik3

    • Kenapa dengan Bung Diego, Colibri, Tedjo Malon?? Mereka saudara2 kami Indonesia, awak tak suka ke??

      Kalo tak suka tak usah kat sini, sila sana ke forum Malon sendiri. Ini forum orang Indonesia, tak ada yg undang kalian ke sini. Bebas kami mau caci maki siapa, Indonesia negara bebas tidak seperti Malon baru komen sudah dipenjara….teruk nian

      Dari tadi cuma bisa komen TKI, Papua, bla bla….sudah basi….expired

  52. malon ini paling ligat ngibuli rakyatnya
    mungkin biar gk malu
    berkaca pada kejadian ambalat kemaren
    nyata2 TNI ngajak perang dgn menabrak kapal malon,,tapi menhan malon mengumumkan ke media itu hanya salah faham,,malon pengecut yg sok jago
    pengecut paling pengecut di asean

  53. BILA BERITA MALON, PASTI RAMAI.. XIXIXI.. SILAHKAN DI MARI MINUM KOPI JANTAN AND TONGKAT ALI DULU BROO.. BIASALAH MALAY, KITA SERUMPUN,, KITE SAYANG MALAY KOK..

  54. ya.. namanya malon dr dulu kelakuan nya gitu.. salah jg di bilang bener.. bener dikit, lgs bilang jaguh..

  55. Loh…emangnya RI masih pny kedaulatan ??? Tabik kami, Singkeh….

  56. maaf malon, LANUD RANAI sekarang sudah naik kasta dari tipe C menjadi tipe B, tidak boleh lagi ada pesawat terbang di atas kepala P Natuna, karena P Natuna bakal menjadi Pusat Pangkalan TNI AU dan TNI AL …

    jadi ke depan insiden ini akan lebih sering terjadi … nikmati saja ya … Indonesia will be more assertive … enjoy it …

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)