Apr 162015
 
image

Photo: @Windumuktiw

@Henry_Sniper

@Henry_Sniper

Sebuah pesawat temput diduga F16 milik TNI mengalami gagal take off atau landing di Bandara Halim Perdanakusuma. Akibatnya, pesawat tersebut terbakar hebat dan tengah dilakukan evakuasi oleh petugas kebakaran.

Informasi tersebut muncul dari sejumlah akun di Twitter. “@yudha4efah: @opung231 Just info pesawat F16 AU jatuh meledak di ujung runway Halim PK jam 8.25 pagi ini”@Puspen_TNI @TNIOnline @TNI_AL.

Akun lain, @Henry_Sniper juga bercuit, “Ada kabar pesawat F16 jatuh di Halim. Padahal jam 8 pagi tadi, baru ku lihat F16 melintas, ku katakan pd bayiku “itu pesawat tempur Nak”

Akun warga @windumuktiw yang melaporkan, peristiwa itu terjadi sekitar 30 menit yang lalu. Dia juga sempat menggunggah foto pesawat yang terbakar dengan asap yang membumbung tinggi di kawasan Halim.

Informasinya, pesawat tersebut tengah dalam misi terbang rendah dengan rute Halim Perdanakusumah ke Mabes TNI di Cipayung. Pesawat ini dipiloti Letkol Firman Dwi Cahyono. Pesawat dengan nomor ekor TS-1643 akan lepas landas, namun roda kiri pesawat lepas dan mesin terbakar.

Rencananya, hari ini akan ada prosesi pemberian baret TNI kepada Presiden Jokowi oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Mabes TNI di Cipayung. Belum ada konfirmasi dari pihak TNI terkait kecelakaan pesawat ini. (LensaIndonesia.com).

@SonoraFM92

@SonoraFM92

@SonoraFM92: 09.59 #BeritaSonora – Pilot Selamat, Jet F-16 yang Terbakar Ditarik ke Hanggar Halim.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  195 Responses to “Pesawat F-16 Terbakar di Halim Jakarta”

  1. 10

    • TS-1643 bukannya F-16 yang baru datang dari Amrik ya ?

      ban copot, lupa dipompa kali…, atau dah afkir waktu dibawa bekas dari sono…

    • kok sudah diembargo tu F16..
      KAA bisa batal ni dibandung,,
      udah ada teror dipesawat meledak terbakar..

      udah jangan mesen produk elang botak

    • Alhamdulillah Pilot Letkol Firman Dwi Cahyono, Selamat . Menurut khabar terakhir yang kami terima.

      Beliau ( TS-1643) melaksanakan misi Fly Pass dengan rute Halim-Mabes TNI- Halim, bersama dengan 3 pesawat F-16 yang lain

      Kondisi pesawat roda kiri (copot), Mesin terbakar. Untuk Pilot alhamdulillah selamat (berhasil eject).

    • Kasihan para keluarga pilotnya, bukan was2 karena cidera/gugur di medan perang, tapi cidera/gugur karena mengoperasikan alutsista bekas. prihatin.com

    • Makanya beli pesawat yang ba..ru…
      Bukan kata saya loh 😀

    • Sebelum d bawa kemari dah d bredeli tu F-16. Masih percaya asu & the gank??

      Giliran SU-35 mau di borong pd kebakaran jenggot.

      Suruh jadi tukang jahit aja masih percaya ama mereka.

      yakin masih mau beli typhoon or produk asu dan kawan2nya??
      G bisa nge”lock” pesawat tetangga ngehek ntar..

    • jangan salahin pesawatnya dulu bung,,jangan selalu berfikiran negatif ame pesawat usa,ini mah bukan jelek,tapi rongsokan.hahaha

  2. padahal tadi ane liat ada 3 biji.

  3. hmmmm….

  4. Peringatan untuk pembelian alusista TNI AU selanjutnya…

  5. masih pingin beli bekas lagi……………

    • masih………….masih ada ribuan rekening diluar negri yg blm diisi, minimal tiap rek nilainya 12 digit…. 😀

  6. kok belum ada yang bilang pesawat bikinan us jelek ya ? padahal sudah jelas terbakar.

  7. mantaf

  8. baru beli itu loh dari amerika yang sudah direfurbiush, tapi mesin tetap aja bekas…cuiihhh…

  9. Masihkah Pengen Beli Elang BOTAK????

    sudah SU-35 aja..

  10. Allah SWT memerikan pentunjuk Jangan beli F 16 2nd LAGI

  11. salah 1 Efek dri barang bekas.. .

  12. Tanda” f16 tersingkir dr daftar tender pengganti F5.

  13. Tidak diperlukan perang. Pesawat F-16 Indonesia pasti jatuh sendiri.

  14. Ini yang ditakutkan…

  15. Tanda tanda tuh…

  16. elang botak ga berdaya di halim nyampe hancur gitu .. gmn klw terjadi perang sungguhan. musuh ga perlu nembak, cukup diliatin aje tar juga nyungsep lagi .. Balikin aje dan ke amrik, minta uangnya buat DP J-20 lumayan buat main ujan ujanan ..

  17. Waduh, F16 Blok52ID yang baru beli 2nd, namanya barang bekas, tetep saja kualitas payah, perlu di revolusi mental & akal tuh para pengambil kebijakan

    • Gabungin aj sama bali nine..tembak mati bareng..yang ambil keputusan ambil elbot ga bedanya tusuk dari belakang…buktikan pak presiden..anda bukan petugas partai..atau kami rakyat indonesia yg telah salah memilih anda SHUT DOWN ON YOU…

  18. Lupakan F-16..jangan korbankan pilot-pilot terbaik TNI AU

    Mulailah dengan SU Family..kemampuan OK, daya gentar OK..kurang apa lagi. Kalau alasannya biaya operasionalnya mahal karena memang diperlukan untuk menjaga NKRI.

    Jayalah TNI AU dengan Sukhoi Family.

  19. Gak moncer nich barang,ngabis2in uang negara aja….

  20. SU -35
    SU-35
    SU-35
    SU-35
    SU-35
    SU-35
    Yg lain cuihhhhhhhh nazis..gkgk

  21. BOIKOT F16 BEKAS.

    Mungki itu yang keluar dari hati semoga pemimpin kita bisa membuka mata dengan baik kl itu benar F16 yg baru dikirim dari paman sam.

  22. turut prihatin atas musibah yang menimpa F-16 C blok 52 Id ini……

  23. buka mata, hati, dan pikiran lihatlah akibat dikadalin ASu ……………. !!!
    bukti kecelakaan F-16 di tanah air sdh sering, masih kah mau menjadikan pilot TNI -AU sebagai tumbal atas kebodohan petinggi2 RI ………… ??????

  24. udahhhh lahhh jangan pake lagi tuhhhh elang botakkkkkkk

  25. pesawat F-16 dengan nomor ekor 1643 pada pukul 08.15 pagi tadi gagal terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat gagal take off karena muncul api di bagian ekor.

    “Pesawat kemudian berhenti, pilot turun dan api dipadamkan,” kata Kepala Dinas Penerangan Umum TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (16/4/2015). Jet buatan AS tersebut dipiloti oleh Letnan Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono.

    Berdasarkan foto-foto yang beredar di Twitter, kebakaran yang menimpa pesawat itu cukup hebat. Api berkobar, asap hitam membumbung. Terdapat juga foto pesawat yang telah berhasil dipadamkan dengan busa warna putih yang tampak bertebaran.

    Saat ini, menurut Hadi, pesawat tempur F-16 itu sudah ditarik ke hanggar.

    Menurut informasi yang dikumpulkan detikcom, pesawat tersebut sedianya akan atraksi fly pass di depan Presiden Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, bertepatan dengan pemberian gelar ‘warga kehormatan’ kepadanya. Atraksi tetap dilakukan, namun hanya oleh 1 pesawat F-16 saja.

    Sementara, pilot Firman Dwi Cahyono menderita luka-luka setelah menyelamatkan diri dari pesawat.

  26. Huahahaaaaa demi kuantitas… Kalau beli baru kan cuma dpt 6 mending yg bekas lumayan 24. Rontok separu mash sisa 12. Semoga tidak ada korban jiwa dan semoga yg ngambil kebijakan dpt berkaca.

  27. hmmmmm barang bekasss :mrgreen:

  28. Pemeritantah kita belum juga sadar dari peristiwa2 sebelumnya…sudah berapa si Elang Botak F 16 jatuh di Negara kita. bahkan ahir2 ini di Negara lain pun banyak yang pada rontok semua berjatuhan F 16 nya.. seharusnya Pemeritah kita tau mana yang bagus dan yang rusak..tetaplah berpegang teguh sama keluarga SUKHOI Family…. su 35 s adalah opsi yang paling bagus….

  29. Gambar atas dan bawah nggak nyambung?
    Apa yang terbakar hebat? Tangki eksternalkah? Di gambar bawah pesawat masir relatif utuh.
    Btw BATALKAN pembelian lanjutan elang botak
    Batalkan pula pembelian jet tempur pemegang rekor crash lainnya.
    Cari yang benar-benar aman.
    Oopss! Itu berarti
    1. Gripen (2x)
    2. Eurofighter Thypoon (4x)
    3. Rafale (4x)

  30. semoga SOP nya lebih di perketat lagi, semangat pak Pilot, semoga ini insiden trakhir tahun ini. amin..

  31. Dengan Begini Panglima dan KSAU semakin yakin dengan Super Flanker..sip

    • itupun kalau KSAU dll nya pada mikiiir !!!

      • Tenang, teman saya di kantor ponakan kandung si KSAU, dia cerita pertarungan pengganti F5 itu cuma Rafale vs Super Flanker…lanjut dia bahwa Pilot, AU dan Panglima maunya Super Flanker kok. Karena teknisi kita sudah ahli..ingat AHLI..katanya Rafale gak mahal mahal bgt, hanya saja teknisi blm bisa dan harus belajar yg berarti biaya lagi, terus selama teknisi blm siap kita harus sewa teknisi langsung dr Peancis yg ujung ujungnya Duit lagi..kira kira begitu info yg gua dpt.

        KSAU, Pilot, Panglima sudah condong ke Super Flanker, tinggal yg lain mau apa kgk..dalam hal ini pasti mksdnya Anggota Hewan

  32. Tenaaang masih garansi. Pesawat dibawa ke ASU untuk ditukar (dengan block 60). Dulu juga dua jet tempur yang menabrak burung diganti baru.

    • Garansi dr mana..? Tu dikasih 6 biji untk spare, terbakar satu spare tinggal 5 biji… baru datang 5 aja sdh terbakar satu, bung bisa bilang tenang, tp pilot2 f-16 bgmn?
      Jangan beli lagi barang bekas….

  33. 2 kejadian buruk diacara yg sama… Pertanda apa ya? Semoga dapat diminimalisir kecelakaan2 seperti ini kedepannya agar zero accident tercapai…

    • tni tdk siap perang atau petinggi kita yg bobrok..?barang bekas ko di beli.. sdh bgtu bangga pula, katanya yg penting kuantitas….
      Pretttt…..

  34. metrotv live bahas ne pesawat….

    klo yg di beli f 16 blok 60 baru nga bakalan terbakar walau jumlah ya 8 unit alih-alih kok beli bekas 24 unit….payah dah 600juta us sia-sia

    • Berarti 1 pesawat bekas harganya $30 jt . mendingan duitnya buat ane aja. nanti ane traktir ente semua makan.

    • iya dulu kan cerita nya begitu. pada mulanya mau beli 6 unit saja f16 block 52 utk lengkap kan 1 squadron 16 unit. tapi tibax2 ada tawaran dari amerika 24 + 6 unit sbgai sucad. DPR kala itu lebih memilih 6 unit f16 baru kerana melihat dari segi kecanggihan dari 24 yg ditawarkan. kasau ketika itu lebih memilih 24 f16 ini kerana bisa mengcover wilayah indonesia yg cukup luas. ketika itu jumlah pespur tni au sgt minim. maka dipilih lah 24 f16 + 6 sucad ini dgn syarat pespur ini mesti di upgrade menjadi blok 52 atau setara blok 52 dgn kos usd 700 juta. syarat ini yg di minta DPR mesti blok 52 kalau ngak tidak akan cair dananya. maka di buat lah f16 setara blok 52 wlupun bukan blok 52 asli.

  35. waduh,

  36. Inilah yang terjadi kalau beli bekas, apalagi belinya dari amrik, pasti dikadalin…

  37. namanya juga bekas bos…jiannnn

  38. Hibahhhh ohhhh hibahhhhh…. Top Markotoppp

  39. Tuhan bli petunjuk…..

  40. ..tadi saya sempat menyimak di tv.wawancara antara kasau marsekal utama agus supriatna dengan para wartawan.kasau dengan mimik wajah yg agak kesal sempat berceletuk di akhir wawancara “kalau beli pesawat jangan yg bekas”!!!!

    • Itu F 16 bekas sebenarnya gk disetujui pembeliannya tp ada pihak yg intervensi nampaknya..orang AU yg blg kok dan AU terpercaya..

      Pisss

      • iya dulu kan cerita nya begitu. pada mulanya mau beli 6 unit saja f16 block 52 utk lengkap kan 1 squadron 16 unit. tapi tibax2 ada tawaran dari amerika 24 + 6 unit sbgai sucad. DPR kala itu lebih memilih 6 unit f16 baru kerana melihat dari segi kecanggihan dari 24 yg ditawarkan. kasau ketika itu lebih memilih 24 f16 ini kerana bisa mengcover wilayah indonesia yg cukup luas. ketika itu jumlah pespur tni au sgt minim. maka dipilih lah 24 f16 + 6 sucad ini dgn syarat pespur ini mesti di upgrade menjadi blok 52 atau setara blok 52 dgn kos usd 700 juta. syarat ini yg di minta DPR mesti blok 52 kalau ngak tidak akan cair dananya. maka di buat lah f16 setara blok 52 wlupun bukan blok 52 asli.

        • 100% betul sekali pak cik. kondisi pada waktu itu dipilih skema tersebut pada saat bbm kami masih subsidi yang menghabiskan 300Triliun Rupiah per tahun. sekarang mungkin subsidi mungkin turun 50%. otomatis bisa save 150Triliun. kondisi berbeda otomatis kebijakan yang lama seolah2 salah. black fight pada saat itu mungkin beberapa kali lipat dibanding sekarang. common sense lah ketika itu mungkin berlaku “beggars cannot choose” hahahaha

        • Itu hasil kebijakan Menhan lama + DPR yg lama yg katanya bagus dan banyak yg bilang ‘terima kasih bapak sby dan menhan purno’…cuihhh

        • ..iya bung@boku dan bung alugro apa yg anda berdua katakan tadi sama persis dengan apa yg di sampaikan oleh anggota dpr ri komisi 1.tb hasanudin, tadi saya sempat jga menyimak di tv wawancarax dengan presenter

          • terima kasih bung atas konfirmasinya.

          • tb hasanudin jga sempat kaget kok skema hibah yg di ambil pemerintah bukanx yg 6 danax sudah disetujui.

          • Jadi ingat dulu banyak yg membuly pak T.B H di forum ini….

          • Kalau begitu cepetan ambil 24 unit SU-35 yg gress. kan duit sdh banyak, BBM non subsidi, jangan pake lama.

            itu 4 unit Sukhoi jaman bu presiden masih bisa terbang nggak ya.

        • Lacak orangnya…tembak mati bareng2 sama tersangka bali nine dan terpidana mati lainnya..kalau kontras dan komnas ham banyak bacot.. jedor sekalian…

  41. Kelemahan F16 adalah sayapnya gampang retak apabila dipaksa bawa beban rudal banyak.Sudah terbukti di perang teluk lalu,sayap F16 bayak yang retak bila dipaksa bawa beban banyak,apalagi ini bekas pakai US,pasti metal fatique sudah terjadi.

  42. GARANSI nya mana , cepet urus ke mamarika agih

  43. 500 Miliar hilang begitu saja gara2 upgrade pesawat hibahhhh…. Sotoyyyyy….

    • Sementara sekarang ini banyak rakyat RI yang bertambah miskin, lha ini duit segitu banyak cuma buat pencitraan supaya terpuji di mata ASU ………….. sialan !!!

  44. pagi2 ane denger pesawat tempur terbang bolak balik di sekitaran daerah ane (depok)
    mungkin lagi nyoba2 f-16 kli yah,, tapi yg ini kurang beruntung.. 😀

  45. Nah loh….
    Kasian amat si elang botak..
    Kena hujat mulu.
    Padahal yg salah kan pemerintah..
    Lah yg punya aja tu pespur udah di grounded.. Malah dibeli.

  46. Siapa yg harus disalahkan???

    Ya anggota DPR…!!!!!

  47. Tuu Pak Agus Supriatna aja sudah menyadari kalau harus beli baru masak masih di lanjut barang bekas…

  48. Korban perang pengaruh … yang satu bisa nawar yang gress .. yang lainnya cuma bisa nawar bekas. Upgrade sana-sini, cuma dapat “setara Block 55”. Lebih baik dulu beli Grippen.

    • gripen juga adanya tipe c/d yang adanya barang bekas ex swedia dengan kemampuannya mungkin setara f-16 block 30. silakan dicoba itu gripen c/d dengan f-16 block 25id.

  49. TNI AU bangga….punya F16 Bekas ASU, kebakar-kebakar ….AUSTRALIA ketawa Ha…ha…ha…
    Singapore ketawa ha…ha…ha…Persemakmuran ketawa ha…ha…ha…..makanya jangan pernah beli Alusista dari ASU pasti teknologi yang di berikan standar kelas tiga alias bekas !! yang baru bodynya aja jerohannya ternyata kadaluarsa, mari kita yang selalu memuji teknologi ASU ketawa ha…ha…ha…ha………………………………………………………………………………………..SU 35 mimpi….mimpi….mimpi…..

  50. Pilot nggak salahhh… yang salah itu pesawatmya….

    Makan thu pesawat hibahhh

    Nyusahin aja, Rugiiiii

    • pesawatnya g salah bung,,, yg jual jg g salah,,,, smua salah pemerintah kita sendiri yg mw beli Bekas & murah,,,, mana ada brg bekas dan murah yg bagus ….

      Smoga pemerintah lbh pandai mengambil keputusan

  51. itu pesawat F16 batch th 88, umur sdh 27 thn,,sehrusnya msh bisa tahan 10 th an lg..mesti lebih teliti & detail dalam perawatan,,bisa jg tuuu dampak embargo ada yg belum terlacak kerusakannya, kita duga dari system pembakaran berikut perpipaan + katup2nya, atau pengapian atau sistem kelistrikannya,,,turut prihatiiin,,harus merogoh kocek lagi utk menutup kekurangannya, utk hrg sekarang F16 baru mesti Rp. ! triliun an dee (US$ 100 jt an)

  52. Nahhh… betul kan barang kalo dibeli asu kirik pasti di downgrade belum apa-apa dah rontok..
    tuaeeekkk…ini yang namanya fanatik buta produk asu kirik … ayo siap-siap beli lagi… GOBLOK .. GOBLOK … GOBLOK …
    PRING REKETEK GUNUNG GAMPING MBLEDOS SUSU MENTHEK-MENTHEK BOKONG GEDHE MENDAL-MENDAL ….
    Kalo beli produk ASU KIRIK bonusnya SUSU MENTHEK-MENTHEK BOKONG GEDHE MENDAL-MENDAL…

  53. mana BAJINGAN-BAJINGAN yang mendewakan produk ASU KIRIK ayo sini ngomong nyrocos terus…

    • Jacok Asu, aku cok raimu cok

      9 April yang lalu, Su-30MK2 TNI-AU dengan nomor Tail TS3009 dan TS3010, menghantam burung, yang mengakibatkan mesin rusak.
      Yang aneh adalah Airframenya juga ikut Rusak, sehingga dikirim kembali ke Rusia.

      Diduga karena CACAT DISAIN

      Dihantam burung sudah KEOK
      Gitu mau dicium rudal Australi, alah maaaak !!!

      http://bmpd.livejournal.com/1256987.html

  54. Siap2 musdalifa kebanjiran orderan besi tua nih.

  55. Bersyukur Pilot nya gak jadi korban, sudah 2 kali F-16 crash di Halim semoga bisa jadi pelajaran utk pemerintah, mabes TNI, serta dewan periode yg sekarang dalam menentukan plihan pembelian Alutsista

  56. 9 April yang lalu, Su-30MK2 TNI-AU dengan nomor Tail TS3009 dan TS3010, menghantam burung, yang mengakibatkan mesin rusak.
    Yang aneh adalah Airframenya juga ikut Rusak, sehingga dikirim kembali ke Rusia.
    Diduga karena CACAT DISAIN

    Dihantam burung sudah KEOK
    Gitu mau dicium rudal Australi, alah maaaak !!!

    http://bmpd.livejournal.com/1256987.html

  57. sudah 3 unit F16 TNI AU yang terbakar sejak tahun 1982…..masih kah beli barang bekas yg sdh berumur hampir 30 tahun.
    di USA sendiri tidak dipake…barang rongsok..eh di sisni malah dibeli…
    Hadeuh… cape Dech..
    Kasihan anggota TNI kita yang selalu jadi korban barang bekas…

    • di AS, F-16 ini sdh di “”WRITTE OF”…..hibah untuk TNI bukan berarti gratis, perlu dana sebesar USD 700 jt utk 24 unit (sptnya kita dikadalin abis oleh AS…) itu adalah ex national guard-AS..dr pd sayang dibesituakan, eh Indonesia mau……

      masih menyembah produk AS, F-35 Lightning II joint strike buatan Lockheed Martin juga masih banyak bermasalah, tapi Su-35 sdh ikut pameran di air show Paris 2012 dgn manuver MENGAGUMKAN & tanpa banyak masalah…..

      masihkah KSAU tertarik dgn F-16 Block 70 ?……semoga tdk ada pilot2 hebat, putra2 bangsa yg terbaik yg menjadi korban krn kesalahan policy pemimpinnya….

  58. Peninggalan SBY pesawat odong odong

  59. Namnya jg brng bekas,biar loe servis sehari 3x tetep aj rontok,lah wong hrus udh dipnsiunkan….Mikiiiirrrrrr. !!!!

  60. waduh kapan mikir nya bangsa ini

  61. mana nih anggota DPR komisi 1… dengar dan liat lah hal spt ini… tekankan pada RI 1 dan menhan beli su35… (titik !!!!!)

  62. Halah…..
    Dari dulu mau beli pesawat yg hebat ini lah itu lah sampai sekarang cuman wacana tok…
    Mana buktinya?

  63. pesawat F16 pesawat bagus ko.cuman kalo udah bekas dan diupgrade sana sini pasti beda kualitas lah. Bukan cuma barang bekas yg ada resikonya..baru juga punya resiko .
    menurut gue kita hanya kena sial aja hehehe.

    • Betul bung barang baru juga gak jaminan aman pak fa pernah terbakar,f 35 pernah gagal engine,su30 india ada juga yg jatuh pesawat china pernah gagal mendarat sampai pilotnya meninggal dan kasus f16 bukan indonesia aja beberapa negara pemakainya pernah mengalami juga,anggap aja hr ini tni lagi sial dengan beberapa kejadian dan dapat di ambil hikmahnya untuk perbaikan di masa mendatang,IMHO CMIIW

    • Klo manusia makin tua makin jadi kakek2 makin rentan penyakit, umur jg makin mendekati akhir….
      Stop beli lagi barang bekas.. jangan bilang cuma kena sial bung…

  64. ngak tau. yg 6 unit f16 sucad itu dalam bentuk utuh atau terpisah pisah??. klu dalam bentuk utuh mungkin ambil dari sana saja. jadi yg tinggal skrng 24 + 5 sucad.

  65. Itu baru latihan,coba kalo pas mau perang,terus nie pesawat bawa bom sama rudal nuklir,begitu mau tek off eeehhh…malah nyungsep,apa ga kewalahan tuh tukang pemadam…..udaahh….ganti aj SU-35. !!!,Mana nih wakil Rakyat yg terhormat….mudah2an sampeyan bisa berfikir jauh kedepan,beli SU-35 yg top markotop !

  66. Apakah MEF 1 .MEF 2. Terlalu dipaksakan

  67. Nyengir kuda paling lebar sayaa… Alhamdulillah ada kejadian ini.. Alhamdulillah pilotnya selamat.. Kalo masih minat sama barang bekasnya americana.. Kebangeten.. Di modifikasi lagi aja jadi odong odong pesawat.. Lumayan bisa buat hiburan murah rakyat…

  68. Pesawat Jatuh,
    Anggota TNI Jatuh
    Pertanda presidennya mau Jatuh kah ?

  69. $US 700 jt utk barang second, bisa untuk beli SU 35BMInd. dpt 6 biji, bisa merontokkan 24 biji F16 bekas..dah gitu ada lbh kuat deterent efectnya ke sonora sonotan

  70. Jangan nyalahin SBY aja!!! Trans jakarta barang baru kebanggaan JOKOWI terbakar salah siapa? Biasa aja dong

  71. Alhamdulillah pilote selamat .. tetep semangat mas

    Gw percaya para petinggi akan review ulang

  72. makanya bung
    kaloe maw bli pswat tempur yg baru jangan yg bekas
    cntoh sprti sukhoi…………
    hidup sukhoi…..

  73. Makanya jangan banggain seseorang berlebihan, langsung maen thx thx aja…biasa kalo orang malu itu pasti kgk ngakuin, kalo pun ngakuin pasti ada pertanyaan tebengan, contoh Emang Jokowi udah bikin apa?

    Haduhhh sekarang gua tanya lagi deh, apa yg membuat lu bilang Thx thx? Apa yg udah diperbuat 2 orang yg td dibilang thx thx? Bandingin SBY yg udh 10 tahun sama Jokowi yg bru 6 bulan? LUCU, asli LUCU pertanyaan itu…

    Saya bukan pengikut Jokowi…saya cuma mau kasih saran saja, kalo suka sama seseorang jgn berlebihan, pake dibilang Bapak Bangsa Indonesia..Lebay bgt..ckckckck

    Hibah aja bangga..cuiihh

    • yah begitulah sebagian orang bung, namanya jg manusia

    • bung@ suvsrfl…mari kita mengambil hikmahnya saja.jangan terlalu menyalahkan si bapak besar.biar bagaimana pun beliau pernah ikut membangun bangsa ini.dan mari pula kita bersama-sama mendukung presiden kita yg tercinta bpk jokowi agar kiranya bisa membuat bangsa indonesia berlari kencang mengejar ketertinggalannya atau kalau bisa setara dengan negara2 maju.amin(imho).

  74. Apapun alutsistanya, stop beli barang bekas……

  75. Efek lawak gila dari barang bekas

  76. Makanya jangan nurut sama ASu, beli SU-35S, …………. gitu saja koq Repot ……… !!!

  77. Pembaretan jokowi f16 trbakar,personil jatuh.wadoohh ad ap ni??gak dridhoi mungkin?hehehhe

    Ini adlh sinyal bwt si RR jgn ulangi ksalahan yg sm beli elang botak dr asu,dah jelas tuh brang dah d kandngkan krn dah capai jam trbang,msh aj d beli dgn alasan efesiensi,mang nyawa pilot dak brharga ap??bwt nyetak seorang pilot handal btuh wktu dn biaya,jd jgn sia2kan dgn membelikan alat yg membahayakn nyawa mreka,beli su35 2 skuadron,jgn tanggung2

  78. seharusnya, kita syukuran dengan adanya tragedi F16 yang rongsokan ini, semoga pejabat yang sudah membelikan barang rongsokan supaya diberi taufik dan hidayah agar tak beli rongsokan lagi apalagi dr ASU yang rawan embargo,
    saya lebih setuju keluarga F35 urutan buncit untuk pertahanan indonesia alias ditaruh di toilet, yang selalu terdepan cuma sukhoi family untuk garis pertahanan indonesia. bravo doktrin NKRI. LOVE INDONESIA

  79. Tetangga sebelah pada ketawa.

    Setelah sukses membodohi dengan pesawat bekas.

    Waduh malu gw. Udah gembar gembor macan asia. Lom perang pesawat udah rontok.

  80. Apakah belum kapok juga pakai pesawat bekas??? Kalau hibah pesawat baru OK….!

  81. pesawtnya ogah ktemu kecebong makanya pilih kebakar…hehehe…

  82. Bang, apa gak ada data lain yang kamu ketahui. Perasaan disetiap artikel, itu terus yang ditulis. Terus terang aja hal kayak gitu bikin diketawain yang baca bang. Itu menunjukan bahwa anda fanatik berlebihan tapi tidak punya data lain buat counter yg lain. Kalo masalah nabrak burung itu kerusakan yang dipicu obyek dari luar. Sedangkan F-16 itu murni faillure atau kegagalan dari barang nya itu sendiri. Coba dipikir lagi. Gua kasian sama elu bang. Nyerocos itu terus tanpa pemikiran perbandingan penyebab kerusakan pesawatnya. Jangan jadi gila begitu bang..!

    • Buat : Koruptor_Rusia.

    • Kalau lu mau debat silahkan kasih data autentik yang bisa menguatkan produk idola lu. Dan counter yg jadi rival buat lu. Komentar lu itu-ituuu…terus. Menunjukan kebegoan lu diatas fanatik yang berlebihan.

      • betul bung.ane sependapat dengan ente.kalau tidak tau apa2 sebaiknya kita diam saja dari pada mrocos terus bangkep’e.

    • Fakta di lapangan bro..FAKTA.. yang hampir merengut putra terbaik bangsa. Yg dari 0 sampai menjadi garuda yg menjaga NKRI hampir mati konyol gara2 yg mengambil keputusan ambil elbot..coba kalau bokap luh yg jadi pilotnya…WHAT DO YOU SAy????

  83. Yang salah tuh yang memutuskan ambil elbot…mudah2an mampusnya secara wajar. .ga kena adzab illahi…

  84. Kalau gua pilotnya..gua tempeleng tuh si bontot..depan muka bokapnya….desersi desersi dah…habis nyawa gua hampir melayang….

  85. su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri
    su35 yg terbaik buat nkri

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)