Aug 192016
 

Bandung – Penerbangan perdana pesawat N219 produksi terbaru perusahaan PT DI bersama Lapan direncanakan November 2016. “Sekarang sedang menguji strukturnya,” ujar Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso di Bandung, Kamis, 18 Agustus 2016.

Budi mengatakan tes penerbangan pertama pesawat dilakukan setelah tes struktur selesai. Tes tersebut dijadwalkan rampung November ini. “Tes ini agak memerlukan waktu, juga untuk mencocokkan perhitungan kita,” katanya.

Menurut Budi, proses pengujian itu dilakukan bersamaan dengan proses sertifikasi seluruh komponen pesawat. “Semua komponen itu harus diketahui untuk proses sertifikasinya. Beda dengan bikin mobil dulu, terus sertifikasi. Ini pasang baut, bautnya juga harus disertifikasi. Dan itu memang administrasinya panjang. Tapi harus dikerjakan,” kata dia.

Budi mengakui, jadwal terbang perdana molor karena proses sertifikasi itu. “Sertifikasinya ini kita punya banyak problem di administrasi. Barang tidak bisa dipasang sebelum administrasinya beres,” kata dia.

Menurut Budi, proses kontrak produksi pesawat ini pun akan ditandatangani setelah pesawat itu dinyatakan laik terbang. Dari letter of intent yang sudah diteken sejumlah maskapai yang berminat membeli pesawat N219 itu, proses produksi untuk memenuhi permintaan memakan waktu tiga tahun.

Selain pesawat N219 itu, PT DI juga tengah mempersiapkan pengiriman karyawannya ke Korea Selatan untuk memulai pengerjaan desain pesawat tempur produksi bersama dengan Indonesia yang memiki kode KFX.

Budi mengatakan, pesawat tempur KFX dijadwalkan desainnya akan selesai tahun 2018. “Prototipe tahun 2019, baru setelah itu mulai tes-tes dan operasionalnya diharapkan 2024,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, uji terbang pertama pesawat perintis N219 buatan bersama lembaganya dengan PT Dirgantara Indonesia dipastikan mundur dari jadwal semula yang dijadwalkan Mei ini.

Thomas mengatakan, kendati jadwal uji terbang pertama molor, target produksi tetap tidak berubah. “Tahun 2017 harus sudah mulai produksi N219,” kata dia.

Pesawat N219 dirancang mengungguli pesawat pesaing terdekatnya, yakni Twin Otter, yang dominan digunakan melayani penerbangan perintis di Indonesia. Salah satu kelebihan pesawat N219 itu dirancang mampu mengangkat beban kargo lebih banyak dari pesaingnya. Twin Otter misalnya maksimal punya kemampuan angkut kargo 1.800 kilogram, tapi N219 dirancang mampu mengangkut beban kargo hingga 2.300 kilogram.

Kelebihan lainnya, kecepatan maksimal pesawat N219 bisa menembu 210 knott sementara Twin Otter hanya 170 knott. N219 juga dirancang tetap bisa take off dan landing tanpa mengurangi muatannya pada landasan dengan ketinggian 5 ribu feet, lokasi bandara tertinggi di Indonesia.

Pesawat N219 dirancang dapat mengangkut 19 penumpang dalam dua baris. Bagian kanan 14 tempat duduk (2×7) dan bagian kiri 5 tempat duduk (1×5). Tinggi kabin 1,7 meter, lebih lega dibanding Twin Otter yang tinggi kabin dalamnya hanya 1,5 meter. Pesawat itu juga dirancang mampu terbang di landasan pendek 500 meter.

Tempo.co

Artikel Terkait :

  47 Responses to “Pesawat N219 Terbang Perdana November 2016”

  1. nomero uno

    • Russian strongers, ASU dan Tiongkok sudah merancang Jet Tempur Generasi ke-6++ dan bahkan ada yg ga pake pilot alias Tanpa Awak.
      Jadi kita ga usah terlalu bangga dengan pesawat model perintis kemerdekaan N219!

      • kenapa tidak bangga ???? di dunia ini hanya beberapa negara saja yang mampu memproduksi pesawat terbang . Kebanggaan Rakyat Indonesia dengan kemampuan Pt.DI sama dengan kebanggaan warga jawa timur dengan kerajaan majapahit dan maha patih gajah Mada yang mampu menaklukan hampir seluruh kerajaan di nusantara , kecuali Pajajaran yg tak mampu mereka.

        • Yang merasa bangga silakan merasa bangga.
          Yang tidak bangga silakan untuk tidak bangga.
          Asalkan tidak melarang orang untuk berbangga.

          Sudah berapa kali PTDI mengatakan akan ujiterbang nanti bulan ini, bulan itu, dan berapa kali pula ditunda lagi tunda lagi. Mending jalani saja prosesnya. Kalo udah siap barulah bicara “N-219 akan jalani terbang perdana Mei 2017”.
          Pesawat ini sangat penting untuk regenerasi di PTDI karena insinyur generasi N-250 sudah mendekati masa pensiun.
          Saya sih masih menaruh harapan pada pesawat ini. Jika berhasil akan sangat berpeluang untuk jadi produk laris bahkan untuk pasaran Asia, Amerika Latin dan Afrika. Selanjutnya PTDI akan bisa memproduksinya dalam berbagai varian. Jika sudah begitu maka pasar Eropa Amerika pun akan mampu ditembusnya.

          • Setuju. Pesawat jenis ini ceruk pasarnya msh sgt terbuka, untuk pnerbangan domestik suatu negara2 yg memiliki budget terbatas dan tdk memiliki byk airport besar + landasan pesawat yg panjang (spt di afrika dan amerika selatan) terlebih untuk negara kepulauan spt Indonesia. Bila laku maka bisa menambah profit PT DI yg merupakan BUMNIS artinya devisa negara, selain itu meningkatkan transportasi udara nasional. Ketika transportasi meningkat biasanya perekonomian dan pariwisata meningkat.

          • saya cuma mau bertanya…ini pesawat harganya berapa….saya mau pesan segera…untuk transport orang-orang di kampungku yang masih masuk daerah terpencil….

          • Yg penting produce berkualitas..dan laku dipasar..
            masalah rusia bikin jet antariksa biarin saja…ngapain lu sewot bung mada..hahaha…ente buat pesawat kertas aja nggak bisa gak usah koment pesawat perintis kemerdekaan segala..hahaha..aneh..

        • pajajaran gak mau tunduk tapi kalau menikah mereka mau ya Ibu Noer?,sampai raja dan semua pasukannya serta calon mempelai semua tewas di perang bubat..

          • @mbah noto
            bukan dimasa pajajaran bung,tapi di masa kerajaan SUNDA ,pajajaran berdiri setelah majapahit runtuh. dimana kerajaan pakuan dan galuh bersatu kembali dengan raja pertamanya prabu jayadewata/raden manah rasa atau dikenal sekarang adalah SILIWANGI.kalau salah mohon koreksi soalnya ini sejarah.

        • biarlah … yg tidak bangga boleh buat yg lebih baik dari N219… untuk menuju yang lebih baik ya sebaiknya…dimulai dari yang kecil..semoga lulus sertifikasi dan cepat produksi massal.. karena konsumen sudah menunggu, Indonesia itu luas Bro dan berpulau2….. tanpa harus menunggu siapa pembelinya… Insyaallah… untuk dalam negeri saja PT DI cukup sibuk…BEP lebih cepat dari prediksi awal….

      • Wah.. untuk bangga dan terlalu bangga terhadap karya anak bangsa saja sudah gak boleh lagi ya.. Trus kami rakyat Indonesia harus bagaimana coba? Untuk bangga saja udah gak bisa apalagi untuk berdaulat ya..

      • Anak bangsa kok sukanya minderan, gumunan dan membully diri sendiri. Produk ini potensi ekonominya tinggi nang….banyak baca dan belajar !

    • China yg katanya sih barang abal abal, keleng krupuk, kw 2 lah, pokoknya yg urutan bawah, ora kakean cocot, banyak bacot, langsung mengeluarkan produk yg menguncang dunia, pesawat tempur/ angkut, drone, tank, satelit, roket, kereta cepat, mesin mesin, chip presesor, sampe jepitan rambut anakmu, peniti kutang emakmu….ora kakean koar koar sing penting jalan terus, maju terus, sak karepmu, hasilnya rakyate malu, makmur dan laku daganganya, makane pak jokowo ngiri n berguru sm china, kakang mas mbarep…oro iren..

  2. Indonesia ok

  3. pesawat malon bodoh mana ??

    • Bung save@ Budi bahasa sopan santun dan tatakrama dlm berbicara adalah jatidiri bangsa INDONESIA jd tolong tak usah lah bikin kegaduhan di forum ini dngn memancing emosi orang sebrang dngn sebutan #Malon# krn skrg tak ada yg menyebut kita indon.. oke!! Kita koment yg brhubungan dgn artikel d atas saja. Klo tak punya amunisi buat komen artikeknya tak usah koment liat gambar pesawat nya aja.

  4. Bikin yg muat 1000 orang..

    • Jelas ga mungkin karena mahal. Mesinnya pasti tenaga besar utk kuat mengangkut penumpang dan kargo, boros avtur, landasan pacu harus panjang dan kuat, infrastruktur lainnya juga harus disiapkan, crew/pramugari hrs ditambah, risiko HSE pun gede. Transportasi utk penumpang byk antar negara yg sangat feasible, ekonomis, dan sudah terbukti adalah melalui laut.

  5. Jangan molor lagi ya pak direktur.

  6. PESAWAT INI DIBUAT JUGA DISESUAIKAN KEBUTUHAN SESUAI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA YANG MEMBUTUHKAN BANYAK SEKALI PESAWAT TYPE BEGINI UNTUK MASA KEDEPANNYA

  7. Mohon dipastikan pak utk bisa terbang bulang November. Kalo gak terbang jg, coba liat itu group Malon yg ngejogrok dipojokan keletihan hbs terkuras tenaganya kena bully sudah siap memutihkan giginya utk mentertawakan kita. 😉
    Salam Bully Malon … 🙂

  8. N219 akan segera terbang setelah uji klayakan menyusul kmudian Drone N219 setelah itu lahirlah robot N219 Gen ++ dari anak nya robot N219 lahirlah Mbah Bowo Junior 😛

  9. Produk dirgantara yg paling membanggakan saat ini, karena asli d rancang bangun oleh tenaga ahli indonesia ( d luar N series) dukung terus prod2 asli dlm negri utk kemandirian

  10. N 219 ini jika hasil seperti yg diharapkan, bukan hanya akan menjadi pencetak uang tetapi juga sudah pasti menjadi pencetak insinyur2 muda penerus pembuat pesawat terbang Indonesia dimasa depan!

  11. Ooo seperti itu….yak yak yak yak!!,,,

  12. Komennya salah kaprah, ni pesawat bukan tuk tempur, ni pesawat sipil. Kenapa kita bangga…. Karena ni pesawat akan sangat berguna buat kita karena kita negara kepulauan yg terbentang luas, butuh pesawat perintis yg mampu turun dan naik dilandasan pendek. Tentu ni perlu diproduksi yg banyak buat transportasi. Dan yg membanggakan kita bisa bikin sendiri lho.. Ga tergantung negara laen. Ayo siapa yg ga merasa bangga??? Pasti lu antek asing ya..

  13. N219 siap menghubungkan pulau pulau yg landasannya cuma 600m
    dengan kemampuan angkut 19 penumpang dan cargo 2.3 ton, N229 menjadi pilihan pesawat perintis

  14. N219 dan N series selanjutnya adl untuk menjawab kebutuhan indonesia akan transportasi…baik militer maupun sipil…kenapa militer krn pesawat ini bisa dipasang sensor bahkan senjata. ..dan juga untuk angkut logistik militer apalagi untuk pangkalan pulau terluar. ..

    Itu kenapa penting…

    Kalo sudah seperti ini Scale kecil atau scale pesawat jumbo tinggal tunggu waktu saja..

    Akan lebih miris kalo beli pesawat ginian ke china…najiss dahh…yg penting mandiri…

    Jokowi lebih ngerti daripada ente ente yg nyinyirr tabokkk miskin luuhhh…wakakkakaka…

  15. Jangan lupa bikin pula versi ampibinya.. Yg bisa ngambang dilautan

  16. Jangan lupa bikin versi militer yg dipersenjatai dgn senapan gatling dan roket .. Buat nembakin grilyawan beruk opm dihutan hutan..

  17. ada cerita bahwa gajah mada dari kalimantan asalnya dari kerajaan di tertua dikalimantan. makanya ada buah maja yang pahit. makanya kerajaan itu disebut majapahit.

  18. malaysia prnh beli pesawat dr pt DI,juru terbang tudm bawa ni pesawat terhempas kat rumpon2 kecik mcm mna nak tau qualiti peswat ni,mula takde pasal apapun,mesti lbih detail nak buat yg boleh bagikan keselamatan yg tinggi untuk juru terbang dn semua krew..

    • juru terbang ente yang begok 😛 biasa panjat pohon pisang koq diberi pesawat
      hahaha 😛

      • apa tu bego.saya fahamkan juru terbang tudm malaysia mereka sdh banyak experiance beribu ribu jam nak bawakan peswat juang militer..ni beli dr pt DI untuk militer punya belom ade lama sdh kenakan terhempas,takde yg salah dngn juru terbang malaysia.lepas tu perwklan indo datang kat malaysia untuk check peswat.

        • juru terbang yang experience harus paham karakteristik setiap pesawat… there is always a trick to do that

          • Kejadian pesawat crash itu ada banyak kemungkinan yg jadi penyebab. Bisa karena persoalan teknis pesawat (termasuk soalan perawatan pesawat), atau karena cuaca, atau memang human error.
            Human error pun bisa oleh pilotnya atau pun kru darat yang bisa saja ada kekeliruan dalam mempersiapkan pesawat. Dalam kasus lain bisa karena sabotage.

          • mestilah faham macm tu,teknologi buatan manusia boleh sahaja tak sempurna bila quality overall mereka lbih haibat,semuapun ade capability.setiap negara ade class masing2.

  19. @tmb Jadi sopir pesawat terbang dak bisa, jadi sopir kapal selam juga dak bisa. Lha trus bisanya apa????

  20. N 219 pesawat moncer, dgn desain yg upgreadable sampai beberapa dasawarsa kedepan

  21. hahha…asli ngakak gue…

  22. majulah PTDI dg N219nya. tp harus terus berbenah diri meningkatkan profesionalitasnya khususnya ketepatan waktu. tengok di atas jdul NOVEMBER 2016??.. HAri ini belum di luncurkan alias molor. untung urusannya bukan dg pelanggan, bisa kena denda toh kalo lambat. kira kira masalah penghambatnya apa? apa karena kurang modal, kurang pekerja tenaga ahli, atau kurang peralatan, atau kurang ilmu teknologi masyarakat gak tahu.. semua pasti ada solusi kalo di musyawarahkan bersama.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)