Oct 102015
 

map-suriah

Kenneth Roth dari Human Rights Watch merilis peta kelompok kelompok perang di Suriah. Dia mengkritisis serangan yang dilakukan Rusia tidak utama dilakukan untuk melawan ISIS, melainkan untuk melawan kelompok yang memerangi gerilyawan anti pemerintah (Free Syrian Army /FSA).

Yang jelas pasukan Presiden Assad semakin terdesak oleh serangan FSA maupun ISIS beberapa bulan terakhir. Kehadiran pasukan Rusia, telah memberi ruang bagi tentara Suriah untuk memukul mundur FSA dan ISIS.

Selain mendatangkan alutsistanya, Rusia juga mulai menempatkan pasukannya di Suriah.

Kalau melihat peta di atas, jatuhnya pemerintahan Assad, seakan tinggal menunggu waktu, karena wilayahnya sudah terkepung, dijepit dari kiri dan kanan.

ISIS dan FSA seakan berbagi tugas dalam menyerang pasukan Presiden Assad. Free Syrian Army / FSA menyerang dari sektor kiri dan kanan, sementara pasukan ISIS dari depan.

Kini kedua pasukan itu mulai gigit jari, setelah arsenal perang Rusia menghajar basis-basis mereka. Rusia tidak mau membiarkan Pemerintah Suriah yang Sah jatuh digantikan kelompok FSA atau ISIS yang bermain mata dengan AS dan NATO.

rusia-troops-2

rusia-troops

Pasukan Rusia di Suriah

Bagikan Artikel :

  29 Responses to “Peta Peperangan di Suriah”

  1. makin panas

    • Memang islam sekarang yang bertahan cuma di asia tenggara saja, di timur tengah hampir semua negara dalam peperangan, Iraq,arab saudi, yaman, siria, paleztine, dll, apa ini mgkin pertanda berahirnya kehidupan dunia ini,, wallohu A’qlam,

      • kalo perang global terjadi bukan soal islam atau kristen,atau agama2 lain didunia(budha,hindu,kongfucu,tao,katolik dan puluhan jenis agama yg ada didunia ini)semuanya kena karena napsu dan serakah manusia sendiri.

        salam damai selalu:)

      • makanya kita harus memperkuat diri tdk hanya dari segi militer jg ekonomi dan sdm krn panji hitam bukan dari wilayah timteng tapi dari wilayah nusantara. perang walau kita hrs hindari tp pasti akan terjadi apalagi disaat pangan, energi dan wilayah sdh mjd bahan langka.

  2. ISIS jadi kedok buat ASU & Rusia..negara orang yg BERDAULAT jadi di ACAK2..ga ke bayang kalau itu di INDONESIA..harus singsingkan lengan dan baju..

  3. Pertama

  4. Maju terus Papa Bear, selamatin marsha…
    Karena kemerdekaan adalah Hak Segala Bangsa

    Merdeka buat Suriah

  5. Di ambang kejatuhan sblm Rusia Full Backup.. tgl Pertempuran Darat yg menentukan

  6. ISIS akhirnya ‘hanya’ jadi KEDOK bagi ASU & Rusia..negara yg BERDAULAT SENDIRI akhirnya di acak2 mereka dng ALASAN & PEMBENARAN Versi MASING2..ga ke bayang ini terjadi di Indonesia..hayoo dukunglah Undang2 Bela Negara..andai kata ada serangan dari luar & negara membutuhkan partisipasi masyarakat minimal dikasih SS 2 buat modal nyerang..:)

    • Haduh kalian ini,model si isis sm fsa itu tidak bs bersekutu sm amerika,karena mereka dalam posisi menggempur assad saja jadi mereka butuh senjata dan logistik dengan siapa lagi mereka bersekutu klo bukan yg kontra sm assad

      Ingat waktu perebutan irian barat yg dihadapi adalah belanda anggota nato cara utk melawannya ya bung karno sewajarnya bersekutu atw meminta bantuan senjata dan losgistik ke soviet

      Klo belum mandiri bersekutulah salah satu cara melawan musuh.

      Semua itu ada kepentingan yg merucut kepada tujuan,mungkin kali ini isis fsa bersekutu sm amerika tp belum tentu kemudian hari bs sama

  7. Banyknya kepentingan… Minyak lunyu man…

  8. foto kedua kok kecil kecil gitu yh tentaranya

  9. setuju…. maju trus RUSIA
    bikin ASU jengkel….
    smga hancur tu klmpok yg dbawah payung NATO AND ASUU
    HAHAHA

  10. Like, analisa yg bagus

  11. Yang ini (dari pihak Timur) sudah terbukti, tindakan nyata dari yang diseberang (pihak Barat) masih kurang maksimal….

    ”Dia mengkritisis serangan yang dilakukan Rusia tidak
    utama dilakukan untuk melawan ISIS, melainkan
    untuk melawan kelompok yang memerangi
    gerilyawan anti pemerintah (Free Syrian Army /
    FSA).”

  12. Hehehehehehehe….perang yg semakin tdk jelas kapan berakhirnya.. Masing2 negara yg terlibat mempunyai kepentingan masing2.. 2 kekuatan dunia ASU dan Rusia sdh mulai berhadap2an dgn proxy di suriah.. Sebentar lagi pertempuran akan semakin melebar dan menyerat semua negara dalam berbagai pertempuran diberbagai front..

  13. semoga -perang-proxy war ta merembet kekawasan asia tenggara -hanya-karena sekarang negara yang bernama -indonesia-mulai mencari-masalah-dengan sekutu2 ASU(malon+singasu+austai)…karena menuntut hak2nya kembali…xixiiiii

  14. mumet mikirnya

 Leave a Reply