Dec 302016
 

Insiden memalukan dunia penerbangan pesawat komersial, akibat ulah oknum seorang pilot yang diduga mabuk pada rabu(28/12/2016) sempat terekam kamera CCTV bandara.

Seperti yang terlihat dalam rilis rekaman video kamera pengintai Bandara Internasional Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yang diterima jakarta greater pada kamis (29/12/2016) memperlihatkan pilot pesawat citilink dengan nomor penerbangan QG-800 rute surabaya-jakarta, pada rabu pagi kemarin, terlihat sempoyongan saat memasuki ruang check-in penumpang dan pemeriksaan petugas bandara.

Dalam rekaman kamera cctv bandara berdurasi satu menit 27 detik ini terlihat, seorang pilot yang berjalan sempoyongan, bahkan sempat menabrak pintu kaca ruang pemeriksaan X-ray. Tak hanya itu, barang bawaan pilot yang diduga kuat tengah mabuk ini, juga sempat jatuh tercecer, saat hendak mengambil tas dari dalam x-ray.

Dari rekaman CCTV diketahui barang bawaan pilot ini sempat terjatuh sebanyak empat kali. Petugas Aviation Security bandara juga sempat menolong sebelum akhirnya pilot bersangkutan berjalan menuju pesawat.

Pilot yang terekam kamera CCTV ini diduga adalah pilot pesawat citilink dengan nomor penerbangan QG-800 yang batal terbang pada rabu pagi kemarin. Sebab pada saat kejadian itu para penumpang tiba – tiba menolak pesawat diterbangkan, setelah mendengar suara pilot meracau lewat pengeras suara atau announcement.

Pesawat membawa 152 penumpang itu, seharusnya terbang rabu pagi pukul 05.15 WIB namun pesawat rute surabaya-jakarta tersebut akhirnya baru diberangkatkan pukul 06.20 WIB setelah pilotnya diganti.

Artikel Terkait :

  27 Responses to “Pilot Maskapai Komersial yang Diduga Mabuk Berat Terekam CCTV”

  1. trus itu petugas yg pada ngeliat kejadian tersebut pd ngapain aja..?????
    yg melototin cctv jg ga berbuat apa2 gitu????
    harus nunggu penumpang yg bereaksi dulu..!!!!!

    • Petugas bandara seperti robot hanya menjalankan rutinitas SOP saja tetapi tidak bisa memahami kaidah SOP yang berarti menjaga keselamatan bandara dan penerbangan, menjaga keselamatan penerbangan berarti mencegah pilot mabuk itu untuk memasuki bandara.

      Semua harus kena tegur, yg berkaitan langsung dengan pilot itu : copilot, awak kabin, penjaga gate, penjaga cctv, petugas kesehatan harus diskors semua, diturunkan pangkat dan gajinya. Kepala bandara juga harus bertanggung jawab dengan diturunkan pangkat dan gajinya. Diturunkan pangkat dan gaji lebih baik daripada diberhentikan.

    • méreka cuma dibayar untuk mengawas bukan untuk bertindak,paham.

      • Jadi klo ad yg bawa bom atau senjata api cuma di awasi aj gitu.. ga di tindak ??!! Somplak Anda bung

      • Betul bung purik. Seharusnya sekuriti bandara minimal berkoordinasi/melaporkan pada atasannya bahwa ada hal yang janggal yang bisa membahayakan keselamatan penerbangan. Selanjutnya berkoordinasi dengan pihak officer bandara yang lebih berwenang untyk menghentikan potensi berbahaya tersebut. Kan ada hierarkinya kalau memang si sekuriti tidak berani/kuasa untyk menyetopnya. SOP penyelenggara bandara kan salah satunya menjaga keseelmatan penerbangan.
        Bukan begitu???

  2. Ternyata bkn mabuk alkohol tapi mabuk berat..
    Keberatan bawa apa yg bisa bikin mabuk berat? Pening mikirinnya..

  3. Serba permisif….. ini Gila.

  4. ini sebagian dimaksud oranhnya eror

  5. salut dg manajemen yg konsisten begitu.
    tapi ane sangat “gregetan” sama pilotnya. sudah tahu kondisinya macam begitu kok masih mau jalankan pswtnya.
    palagi sama security/ petugas jaga.., yg dah jelas ppilotnya kayak gitu kok tdk segera melapor.
    gak kebayang kalo lolos terbang…, nyawa penumpang jd taruhan.

  6. salut banget ama dirut citilink yg langsung mundur.. gak seperti maskapai lainnya
    seremm banget dah kalo pilot pesawatlu mabok ginih 🙁 https://www.youtube.com/watch?v=P-Fovzb0LXQ

  7. Suruh trbang sndirian tu Pilot. Biar di lock pake
    R-73/R-77 dari Abang Sukro yg nongkrong di Makasar

  8. Salut juga sama penumpangnya yang tegas….
    Anda sopan kami segan, anda tegas kami salut….

  9. Ane malah salut ama ntu..tu nyang diatas….yg kerjaannya bagiin link wayang….hahahahahah

    Dgn berbagai cara…dia gunakan untuk bagiin video wayang ntu…. Dan lucu nya..ada aj yg kena tipu wakakaka

  10. Ancur minah !!!

  11. Tante heran dengan sikap co pilot dan para awak kabin, kenapa tidak melapor kpd MOD kalo kapten pilotnya mabok…apa saking segannya sama sang kapten shg rela meresikokan keselamatan seluruh penumpang.

    Seharusnya jika ditemukan para awak kabin dan co pilot tidak bersikap, merekapun harus disangsi

    Ngomong2 soal sangsi, tante berpendapat daripada sang pilot pemabok dipecat, lebih baik dialih tugaskan sbg pilot heli VVIP AW pesanan pak supri….biar bisa mabok bareng2, xixixixi

  12. Itu bukan pilot namanya, tp polit, polit sinting, gila dan sedeng….lagian pilot kok mabok? Ga level kalee, polit tuh pakenya kokain, heroin dan ubas…moso polit mabok oplosan…dasar mental kere!!!, skr ente udah dipecat, silahken mabok ampe mampus!!,, belinya pake uangnya si kapten pincang aje, kan lg bnyk duit si doi, tp syang udah keduluan mapus dianye…xixixixi

  13. di harap pihak juanda juga pecat petugas itu, sama orang awam saja banyak lagak sdgkan sama pilot yg jelas” sinting kok di perbolehkan masuk, TNI AL selaku yg punya pangkalan di mohon tanggung jawab moralnya

  14. Macam lu gqk tau aja broo ..ragam di indonesia….biasa peraturan sm undang undang di jadikan teman….mana pesawat tak hari hari jatuh monternya ..gak ngecek lihat lihat pesawat dr jauh sdh ..lalu bilang sm pilot ok …pd hal pesawat ada masalah ..soo jd br mau naik trs ambrok la apalagi….