Dec 292016
 

Dunia penerbangan di tanah air tercoreng oleh ulah oknum seorang pilot penerbangan komersial yang diduga mabuk. Insiden memalukan ini dialami penumpang pesawat citilink dengan nomor penerbangan QG-800 rute Surabaya-Jakarta. Ratusan penumpang ini serta merta menolak pesawat diterbangkan karena menduga pilot pesawat bersangkutan mabuk.

Pesawat citilink nomor penerbangan QG-800 tersebut, seharusnya berangkat terbang dari bandara juanda menuju bandara soekarno hatta pukul 05.15 wib, Pada rabu (28/12/2016). Namun pesawat yang membawa 152 penumpang dan awak ini batal terbang karena para penumpang tiba-tiba menolaknya.

Pada saat itu penumpang mendengar pembicaraan pilot yang bocor melalui announcement atau pengeras suara. Penumpang curiga karena suara pembicaraan pilot meracau seperti orang mabuk.

Penumpang kemudian turun kembali menuju ke ruang tunggu boarding pesawat. Penumpang baru mau masuk pesawat lagi setelah pilot yang diduga mabuk diturunkan dan diganti dengan pilot baru.

Penumpang akhirnya diberangkatkan ke bandara Soekarno Hatta dengan pesawat yang sama namun pilotnya sudah diganti. Pesawat yang seharusnya berangkat pukul 05.15 wib/ akhirnya baru diberangkatkan pukul 06.20 wib.

Atas kejadian ini, Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Juanda, saat dikonfrimasi sejumlah awak media, tidak bersedia berkomentar banyak. Pihak humas menilai insiden seperti ini adalah tanggung jawab maskapai tersebut.

  23 Responses to “Pilot Pesawat Komersial Diduga Mabuk Penumpang Menolak diterbangkan”

  1. mabuk pertamax

  2. Perlu di perjelas mabuk apaaan

    Mabuk alkohol? Mabuk udara? Mabuk janda kembang?

  3. anehnya ada ormas yg selalu swepp minuman keras malah di tuduh yg ngaa” oleh segelintir orang

  4. Ada tuh rekaman cctv nya di IG @lambe_turah

  5. menurut berita ditv tadi sore, diinfokan pemeriksaan terhadap pilot hasilnya : NEGATIVE.

    saya lupa dari pihak mana yg menerangkan, entah pihak AP atau Citylink.

    namun tdk dijelaskan lebih lanjut tentang hasil “negatif” tersebut.

  6. U-UY

  7. Ya kita analisa saja sendiri, ga usah banyak debat, komen ono ini, ga penting….analisa sy jika pilot pesawat maspakai komersil yg membawa penumpang sekian puluh bahkam rarusan manusia, tingkah laku dan tindakan nya spt itu ya security atau bagian check in bandara ya pasti curiga lah…jiwa pilot itu berkarakter, kharismatikdan sopam santun seriap menghadapi orang…jika diajak bicara plintat plintut, ngalor ngidul, mencla mencle dan cingcnag cingcong…ya 100% pilot tsb bs dibilng mabok, ngedrag atau obat penenang..that’s it!!!,,,,,

  8. Mana tukang mabok kok belum kasi komentar. Hey itu pilot sohib loe ye.. Wkwkwk…

  9. Video maboknya ada kok.. Udah tersebar.. Pas pemeriksaan x ray aja dia goyang sempoyongan gt..

    Kalo masalah sweepimg miras bukan hak ormas mas kalo mas perlu tau.. Tp hak pihak berwajib..

    Semua ada aturan mainnya kok

    • Benar, saya juga sudah lihat videonya…jalan sdh sempoyongan….di pindah tugasnya saja ke bagian loading barang….biar kapok

      • Jika memang dari video pun sulit dibantah maka seharusnya pihak maskapai menunjukkan sikap ketegasannya, bukan malah memungkiri dan membela pilotnya. Langkah tersebut justru akan merugikan nama baik maskapai.
        Itu kesalahan pilot yang fatal. Pilot layak digrounded.
        Sangat bahaya kalo terbang pesawatnya ikutan sempoyongan!

      • @fajr

        Waduh…malah makin parah dong kalo pindah kesitu.

        Tar yang ada barang2 pada salah masuk ke pesawat lain

  10. Ini videonya di youtube:
    https://m.youtube.com/watch?v=TFRXcIcHy9o

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)