Sep 212016
 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo yang diwakili oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto membuka latihan bersama TNI AD dengan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) di Lapangan Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD Cipatat Kab. Bandung Barat pada Jumat 16 September 2016.

Pangdam menyampaikan tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang lebih erat antara TNI AD dan SAF. “Latma Safkar Indopura bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih baik antara Tentara Nasional Indonesia dengan Singapura yang dilandasi rasa saling percaya dan saling menghormati antara prajurit TNI AD dan AD Singapura,” ujarnya.

Pindad menampilkan produk-produk alutsista buatannya dalam rangka pameran static untuk mendukung latihan bersama Safkar Indopura-28/2016 yang dibuka pada tanggal 16 September dan akan berlangsung selama 7 hari dari tanggal 16 hingga 23 September 2016. Materi latihan bersama meliputi pertukaran materi latihan dari mulai materi kepemimpinan, latihan kepemimpinan dan pengambilan keputusan dalam taktik, latihan taktis maupun teknis.

Senjata yang ditampilkan Pindad meliputi Senapan berbagai kaliber( SS-3, SS2-V1, SS2-V5, SS2-V4HB, SS1-V1, SS2-V7), SPG (SPG1-V4), Pistol dan sub machine gun (G2 Combat, G2 Elite, G2 Premium, PM2-V1, PM2-V2, PM3), Mortir (Mo-1, Mo-2, Mo-3) serta Maket Munisi dan Anoa.

safkar-indopuara-28

Selain itu Tentara Singapura (SAF) yang ikut dalam latihan bersama turut menampilkan produk alutsista yang digunakan satuan infantrinya yang terdiri dari SAW Ultimax 100, Matador, M110, SAR 21 standard, SAR 21 M203, SAR 21 Sharpshooter, SAR 21 Modular Mounting System, serta berbagai perlengkapan alutsista lainnya.

Latihan bersama (Latma) antara TNI AD dengan AD Singapura yang diberi nama Singapore Armed Forces Kartika Indopura (Safkar Indopura) sudah berlangsung sejak tahun 1998 dan telah dilaksanakan rutin pada setiap tahunnya. (Ryan)

Sumber: Pindad

Bagikan Artikel:

  21 Responses to “Pindad Tampilkan Produknya Dalam Latihan Bersama Safkar Indopura-28/2016”

  1. Joss gandoss…

  2. itu si aseng ngapain :D

  3. i banding 100,
    singompol terus merapat karna
    tahu jiwanya terancam….

  4. Senjata seperti ini kok mau ditawarkan Pakistan yg mau hadapi India yg notabennya mereka sudah kelas kutilang sedangkan kita baru kelas emprit sama seperti Malon dan Singapura yg sedikit lebih unggul dari kita meski negara kecil, ndak takut di tertawakan malon apa??? Klo di tawarkan negara seperti Timor Leste sie ga masalah. (SS-3, SS2-V1, SS2-V5, SS2-V4HB, SS1-V1, SS2-V7), SPG (SPG1-V4), Pistol dan sub machine gun (G2 Combat, G2 Elite, G2 Premium, PM2-V1, PM2 V2, PM3), Mortir (Mo-1, Mo-2, Mo-3) serta Maket Munisi dan Anoa.

  5. Biasa aja, ra sangar blass paling” peluru senapan , yo mbok rudal opo …

  6. Menhan apan ituh.. Emng selama ini senjata modern apa yg dibeli nkri selama pmrnthn sekarang?? Br beli segitu ajah sudah ngoyo.. Parah ni bikin sakit kepala para pansboy militer..

  7. Itu tentara Singapur atau PLA y..

  8. Senjata2 yg ditampilkan adalah senjata pokok personil kesatuan infanteri. Kesatuan infanteri adalah inti dari Angkatan Darat. Infanteri Vietcong bisa mengusir pasukan ASU yang senjatanya mengandalkan kecanggihan pesawat dan rudal.

  9. Setuju perkuat perbatasan !

    Ranpur (kendaraan tempur) akan diperbanyak.

    500 milyar rupiah untuk perbatasan dekat Merauke saja.

    500 milyar itu bisa untuk beli ranpur 1 batalyon mekanis (60 unit ranpur termasuk 10 unit panser Badak) dan 1 unit combat boat berkecepatan 40 knot dan 1 unit drone LSU02 dan uangnya masih sisa dan bisa untuk buat penguatan pos perbatasan.

  10. Perang suriah udah pake bom senapan pertahanan udara dipake buat berondong gerilyawan..helicopter rontokk..tank rontokk..apalagi..??

    Yang bertahan cuma pesawat tempur..kapal selam..rudal rudal jarak jauh..kapal perang permukaan yg memberi tembakan dukungan ke darat…

    Senapan anti serangan udara saja digunakan untuk hajar gerilyawan..

    Sniper bertebaran dimana mana..

    Hayo indonesia harusnya belajar juga dari perang modern yg sudah ada..

    Rakyat berhak menuntut..TNI dg senjata gahar…buktikan..buktikan..tunjukkan..hasilnya..

    Please..

  11. Kenapa latgab mesti di Indonesia sangat jarang kita mengirimkan pasukan ke Singapura utk kembali berlatih disana

  12. Kalo kita diserang rudal jarak jauh dari pesawat tempur siluman, ………… kita tangkis dan serang balik dengan melemparkan bambu runcing ke udara, ……….. begitu maksudnya menhan !!!

  13. @ahmad japar, sy sendiri memang kurang srek dgn menhan rr,klu suruh pilih menhan sy lebih pro pak pramono edi, tapi bukan berarti kita menyalahkan pemerintahan sekarang ,untuk menhan sj, pemerintah sekarang sdh berhempas pulas membetulkan apa2 yg msh kurang di negara kita,jika urusan ekonomi,harga mahalsemua, sekarang berat2nya ekonomi dunia,akibat harga minyak yg jatuh,ini strategi USA untuk menjatuhkan ekonomi RUSIA

  14. Pak rr itu nurut ma presiden makanya ga pernah kena resafrll .plemahan tni atas perintah presiden.kl pak rr ga sejalan dengan ri1 pasti dah di resafll dri pertama

  15. harusnya SAf dilatih TNi cukup LDK ( latihan dasar kepemimpinan ) atau Latih gerak jalan saja , g usah tehinik -tehnik njlimet diajarin ,

    Tidak ada rasa saling precaya dan mempercayai dalam Latihan bersama ini ….

  16. senjata malon ada yang sudah laku belum???hihihhihiii

 Leave a Reply