Mar 252016
 

Perancis mencurigai kapal selam yang memata-matai perairannya adalah kapal selam nuklir (SSBN) milik Rusia. Kapal selam nuklir tersebut didesain khusus sebagai kapal selam mata-mata.

Angkatan Laut Rusia saat ini memiliki dua tipe kapal selam ‘special purpose’ atau kapal selam dengan kemampuan misi intelijen yakni Podmoskovye (BS-64) dan Orenburg (BS-136).

Kapal selam bertenaga nuklir Podmoskovye merupakan modifikasi dari Kapal Selam Nuklir Rudal Balistik (SSBN) Delta IV class, Rusia menamakannya Project 667BDRM atau Delfin yang kemungkinan diluncurkan pada bulan Agustus 2015 setelah menjalani perbaikan dan modernisasi di galangan kapal Zvezdochka di Rusia utara.

Podmoskovye mulai ditugaskan pada akhir tahun 1986, pada tahun 1999 Podmoskovye dirubah menjadi kapal selam berkemampuan misi khusus intelijen.

mock-up Podmoskovye dan losharik

mock-up Podmoskovye dan losharik

Podmoskovye (BS-64) awalnya memiliki penomoran K-64, setelah pensiun pada tahun 1999, Podmoskovye difungsikan dan diaktifkan kembali pada tahun 2002.

Modernisasi dan perbaikan kapal selam nuklir ini diantaranya adalah penggantian bagian tengah lambung yang awalnya menggendong 16 silo rudal balistik nuklir dihapus dan diganti dengan ruang untuk sistem peralatan ilmiah eksperimen, kabin bagi para ilmuwan, ruang istirahat bagi awak kapal selam dan tempat penyimpanan kapal selam Losharik.

Losharik (Pr 1.983,1) diluncurkan pada tahun 2003 dan beroperasi sejak 2007, kapal selam ini memiliki panjang 60 meter, dengan 25 awak dan dirancang sebagai kapal selam mata-mata. Losharik sangat handal, bahkan jika terdesak kapal selam mampu melarikan diri dengan kecepatan tinggi hingga 40 knot. Lambung Losharik terbuat dari titanium yang memungkinkannya untuk menyelam dilaut dalam.

Spesifikasi Podmoskovye

Berat : 11.700 ton (terapung) – 18.200 ton (terendam)
Panjang : 167 m
Beam: 11,7 m
Draught: 8.8 m
Propulsi : Dua reaktor nuklir VM4-SG
Kecepatan: 14 knot (26 km dipermukaan)
………………….24 knot (44 km terendam)
Endurance: 80 hari
Awak : 135 orang

persenjataan:
16 × rudal RSM-54
D-rudal sistem 9RM
16 × peluncur rudal
4 × tabung torpedo 533 mm
12 × torpedo

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  9 Responses to “Podmoskovye, Kapal Selam Induk Spesialis Mata-Mata Milik Rusia”

  1. Claim pertama

  2. naksir yang kecil

  3. Mantapp nie taruh natuna maenan ping aja sdh gemetaran si slonong boy

  4. Wuihhh mantap nih desain kaselnx papa bear

  5. Gak maksud pertamax udah fak jaman sekarang mah pertalite

  6. Bung Admin lagi kejar tayang nih hehe…

  7. 40 knot.. wauu amazing

  8. Nkri hrs beli 100 biji

  9. truk sangat sedih, scorpen tak mampu jaga perairan lautnya sendiri….di negara buatan tempatan perancis…bagai mana yg ada di negara middle of nowhere :mrgreen:

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)