Aug 202016
 

Baru-baru ini media Rusia melaporkan bahwa dalam waktu dekat Polandia berencana untuk serius meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Bersenjata, termasuk peningkatan peralatan militer dan persenjataannya.

Menurut sebuah laporan dari perusahaan konsultan Deloitte, Warsawa akan meningkatkan belanja militer antara 3-7 persen per tahun hingga 2020. Brigade tank biasanya dianggap sebagai komponen dasar dari perang konvensional darat.

Saat ini ada sekitar 892 tank yang dimiliki Angkatan Bersenjata Polandia, sebagai armada terbesar di NATO, setelah Amerika Serikat, Turki dan Yunani. Sangat menarik bahwa semua kendaraan yang dimiliki tersebut adalah tank generasi ketiga. Selain itu, Polandia sekarang satu-satunya negara di Uni Eropa yang mengembangkan tank baru, PL-01 Anders.

Tank baru ini sedang dikembangkan oleh perusahaan lokal OBRUM dengan dukungan dari BAE Systems Inggris. Produksi massal dijadwalkan pada 2018.

Proyek ini sangat luar biasa bagi militer Polandia karena tank baru tersebut akan mengganti tank Leopard-2 buatan Jerman, menurut situs berita Life.ru. Selain itu, beberapa sumber di Polandia mengatakan PL-01 akan menjadi saingan tank T-14 Rusia terbaru berdasarkan platform serbaguna Armata.

Pakar militer Rusia Konstantin Sivkov meragukan bahwa Polandia akan mampu menciptakan terobosan mesin tempur.

“Dalam rangka membangun tank yang baik, latar belakang teknis dan rekayasa serius sangat diperlukan. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Inggris, Perancis dan China bisa melakukan itu. Tapi Polandia benar-benar tidak memiliki pengalaman dalam mengembangkan tank. Di masa lalu, mereka dimodifikasi mesin Inggris dan Soviet. Sekarang, mereka mungkin mengambil Leopard Jerman dan membuat sesuatu dari itu”, kata Sivkov Sputnik.

Salah satu masalah utama yang akan dihadapi Polandia adalah tidak adanya senjata yang sesuai dan mampu untuk tank baru itu, katanya.

“Masalah lain adalah mengembangkan baja komposit dengan perlindungan dinamis aktif. Polandia tidak memiliki teknologi untuk menghasilkan jenis baju besi, seperti Israel, Rusia, Jerman dan Inggris. Sebagai contoh, Rusia memiliki sistem proteksi aktif yang unik seperti Drozd dan Arena. Israel memiliki sistem serupa. Dan itu semua”, kata ahli.

Sebagai hasilnya, setiap asumsi bahwa PL-01 Anders akan mampu mengimbangi apalagi menjadi pembunuh T-14 Armata adalah palsu, Sivkov menyimpulkan.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  41 Responses to “Polandia-Inggris Kembangkan PL-01 Anders, Imbangi T-14 Armata Rusia”

  1. Pertamax plus

  2. tank Aja teknologinya rumit. apa lg hati perempuan ๐Ÿ˜€

  3. Yah….. ternyata cua mimpi…..

  4. polandia kerjasama dengan BAE ternyata…

  5. Kalo pelindung aktif kan bisa beli..hayoo..
    Btw Platformnya boleh juga ya mulus..

  6. kasihan klo buat perang itu… ntar lecet lho..
    hahaha ๐Ÿ˜›

  7. Kalo tanknya lecet biarin saja yg penting cindy jangan sampai lecet saja..hahaha…haiii cindy..

  8. Polandia pengen balas dendam sama Rusia.. Sebelah timur polandia dulu dikuasai Rusia ,4ribu perwiranya dieksekusi stalin.. Awalnya negaranya dijajah dan dijadikan pijakan Jerman untuk mendekati Rusia, ada kesepakatan hitler sm stalin untuk membagi dua wilayah polandia.. Padahal cuma taktik hitler untuk memuluskan oprasi barbarossa ke Rusia..

    • Polandia masuk anggota NATO adalah sebuah kesalahan. Polandia berbatasan langsung dengan Rusia, jika perang pecah antara Rusia Vs NATO maka Polandia akan menjadi arena yang akan menghancurkan negaranya dan merenggut banyak korban jiwa baik sipil maupun militernya.

  9. Ternyata oh .ternyata…banyak yang ketakutan sama t 14 armata. Hahaha

  10. cindy udah punya pasangan lom?
    ama abang aja yu…

  11. Tank di foto atas modelnya futuristik…

    • Iya Bung ,meng ingatkan kita pada sosok light tank ,rancangan kolaborasi antara Pindad dan Asalsan Turki . Setelah gembar gembor akan buat tank bersama terus sampai sekarang tidak jelas ,entah jadi di bikin atau di pending ,atau hilang bersama angin …..

    • betul… sepertinya itu masih dlm bentuk konsep…

  12. Si Poland mau ganti leopard nya?wihhhh….ada kans barang bekas nieh…..

  13. desain nya rumit, ntar kalau roda rantainya kena ranjau baru tau rasa , buat ganti masa harus bongkar seluruh bodi hahahahah

    • khan ada engsel samping bung………. tinggal angkat trus tahan……. nah masalahnya yang nahan itu siapa? ๐Ÿ™‚

  14. tdk ada yg tdk mungkin dlm teknologi, soal analisa ahli tadi, wajar saja sedikit mencibir soalnya ahli itu berasal dr rusia. gitu aja ko repot…

  15. Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Inggris, Perancis dan China (jepang & korsel) gk termasuk???

  16. ternyata banyak yang ketakutan sama armata ….
    yakin sama leopard yang nkri 10 / 0 ancur leonya…hahaha

  17. coba klo panser badak juga dibuat versi roda rantai desainnya pasti lebih futuristik lagi… desain tank anders ini mah ga ada apa2nya

  18. gara-gara tank T-14 armanta rusia sekarang negara barat berlomba lomba membuat mbt baru, padahal setelah operasi badai gurun di irak lalu banyak yg meramalkan era keemasan mbt sudah memuda..bahkan ada yg bilang kedepanya perang tidak akan menggunakan tank lagi tpi sekarang koko kayaknya perang antar tank akan terjadi lagiya..

    • Memang dgn adanya pespur, tank (saja) tak berkuti. Tp ingat infantry is the queen of the battle, krn penguasaan darat adalah yg utama bhw suatu pihak berhasil menguasai wilayah lawan/mempertahankan wilayah sendiri. Nah pendukung infantry adalah mbt dan artileri. Jd mbt tetap penting, tp bukan yg plg penting atau satu2nya.

    • namanya juga strategi pemasaran… amrik juga berencana beli tank baru koq

  19. Sudahlah paling bagus Tank buatan Cina, bayangkan bisa mengganti ban dengan sendirinya, melepaskan ban dgn sendirinya tanpa bantuan personil, hebaaatttttt cina raja KW, KW 1000 …… ngaku sok paling hebat……

  20. @biyaknusantara.. TApi gitu2 cina tetap jdi juara 2 lho bung.. Brarti buatan mrka diakuin jg kan ktangguhannya.. Pas parade dulu armata jg prnah mogok kan.. Hehe5x.. Salam ๐Ÿ™‚

  21. bebeb gw carin mana ya ?
    cariiiin….

  22. PL-01 kan fire suport atau mirip2 kayak light tank lah fungsi dan armornya, sedangkan T-14 itu MTB, jelas beda kelas kan, kok bisa disandingin ke T-14?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)