Jan 122017
 

Departemen Pertahanan Polandia sedang mempertimbangkan pembelian 96 unit F-16 bekas dari AS. Nantinya kesemua F-16 bekas akan menjalani modernisasi di Polandia. Jika rencana ini berhasil dilaksanakan, Polandia bisa menjadi salah satu Angkatan Udara terkuat diantara negara-negara NATO lainnya, juga mengubah keseimbangan kekuatan dengan Rusia yang selama ini terlalu mendominasi superioritas udara dikawasan.

Namun menurut Wakli Menteri Pertahanan, Polandia masih mempertimbangkan untung ruginya mengakuisisi F-16 bekas dari AS, baik dari segi ekonomis maupun masa operasionalnya. Sebenarnya Polandia menginginkan pesawat tempur siluman F-35, namun jelas dengan harga yang jauh lebih mahal.

96 unit F-16 didapatkan dari surplus Angkatan Udara Amerika Serikat dan rencanaya akan menjalani upgrade di perusahaan Wojskowych Zaktadów Lotniczych-2 (WZL-2) di Bydgoszcz.

Saat ini, Angkatan Udara Polandia diperkuat 48 pesawat tempur F-16C / D, 32 pesawat tempur MiG-29, dan Su-22 yang sudah uzur dan akan segera ditarik dari pelayanan.

Belum diketahui biaya keseluruhan akuisisi 96 unit F-16 bekas, namun diperkirakan AS akan melepas satu unit F-16 dengan banderol harga US$ 25 juta.

  10 Responses to “Polandia Pertimbangkan Borong 96 F-16 Bekas dari AS”

  1. Jgn bro..!
    coba liat tu f 16 udh bolong2 d tambal pakek lakban..

  2. Rekan rekan warjag, kita sekarang menggunakan palform baru sebagai wadah diskusi. Tujuannya agar lebih tertib, tidak terjadi ganti-ganti akun dan mencegah spam masuk ke halaman diskusi. Mohon masukannya. Salam.

  3. waduh, berarti akun abal-abal, akun palsu dan akun-akun bayaran udah di KEPRET sama om diego he he he

  4. Tes

  5. jangan lagi lah kalo pemerintah sampe mw beli bekas. kasian pilotnya kalo jdi korban

 Leave a Reply