Aug 222016
 

Mesin jet tempur buatan dalam negeri Iran yang pertama dan diberi nama Owj (Zenith) yang berarti “puncak”, diresmikan oleh Dr Hassan Rouhani di hadapan Menteri Pertahanan Hossein Dehqan dan sejumlah pejabat, ilmuwan dan para ahli dari kementerian (Minggu, 21/08/2016).

Owj, merupakan salah satu produk penerbangan yang paling rumit, dibangun tanpa partisipasi pihak asing, baik dalam bidang pengetahuan ataupun perangkat lunak dan perangkat keras. Menteri Pertahanan mengatakan bahwa pencapaian ini menempatkan Iran di antara delapan negara yang memiliki pengetahuan dan teknologi dari jenis mesin tersebut.

Iran Turbofan Engine

Iran Turbofan Engine 2

Kedua gambar diatas adalah mesin turbojet Owj (Zenith), merupakan mesin jet tempur pertama karya dalam negeri Iran.

Mesin turbojet domestik pertama ini mampu beroperasi pada ketinggian 50.000 kaki dan telah memiliki berbagai variasi sistem.

Mengenai mesin tersebut, Menteri Pertahanan Hossein Dehqan mengatakan bahwa mesin turbojet ini menempatkan Iran di peringkat yang lebih tinggi di kawasan dan dunia, beliau juga menambahkan: “Meningkatkan kepercayaan nasional dalam pengetahuan teknis pemuda Iran, mencoba untuk mempercepat proses perkembangan pertahanan untuk melindungi wilayah udara kita dan kepentingan nasional, serta meningkatkan inspirasi dan harapan melalui model Islam, adalah fitur khas dari prestasi utama dari mesin turbojet”.

Sumber: Iran Project

Bagikan Artikel:

  49 Responses to “Presiden Iran Resmikan Mesin Turbojet Domestik Pertama”

  1. Keren…

    • Dan kecebong pun cm bisa melongo sambil bilang..ini prestasi kowi!! wakakakak..

      Komen berita:
      Bangsa makin maju jika mandiri..Turbo jet dah bisa bikin..nuklir dah bs bikin.. arab saudi duit berlimpah cm bisa ikutan melongo ngikutin kecebong sini..

      • itulah bedanya kalo otak berisi $$$ gak bisa berfikir maju…. bisanya cuma main tunjuk 😛

      • @jujurkan
        Bangun tong, lu masih tinggal di NKRI.
        Move on….
        Kalo gak suka, lu sm keluarga lu tinggal pindah dari NKRI…
        Itung2 ngurangi jumlah penduduk Indonesia…

      • Gpp bro yg penting ground breaking dulu ah…pemanasan,ntar klo kelamaan yo rapopo to

      • Yth. Rekan-rekan semua.

        Menginformasikan & mengingatkan kembali, kepada teman teman agar tdk lupa, system Big Data Cyber Security (BDCS) Indonesia sdh terpasang , menyusul rencana Wantanas RI (Dewan Pertahanan Nasional) yg akan mengambil semua informasi melalui Internet di Indonesia.

        Artinya segala percakapan kita di Cyber Social Media (WA, BBM, Telegram, Line, SMS, dll) akan masuk secara otomatis ke dalam BDCS. hindari kirim berita yg bersifat sensitive (SARA) & gambar2 pemimpin negara, lambang negara & simbol negara untuk bahan kartun, guyonan maupun lelucon lainnya.

        * Polisi Internet melalui teknik internet system akan menelusuri sumber pengirim ke grup tsb.
        * Diharapkan dpt saling mengingatkan & menjaga, utk menghindari kesalahan pengiriman gambar yg bersifat sensitif sebagaimana tsb di atas.
        * Jangan sampai grup social media kita berurusan dgn Polisi Internet (Cyber Crime Police).

        Semoga kita bisa informasi kan segala macam tulisan, artikel, gambar dll dengan santun dan beretika.

        Semoga bermanfaat.

        • BERITA MENYEDIHKAN……..kok jadi seperti jaman orba….
          party is over…..

        • Kalau mengirim posting anti Taipan cina Indonesia, termasuk SARA gak ya? Harus jelas dong kategori hate speech itu seperti apa, didefinisikan dulu hate speech itu apa dan yg bagaimana.. jangan rakyat disuruh belajar dari jatuh nya korban karna kurang penyuluhan.

          Takut nya kan gitu, menggunakan penyebutan kata cina gak boleh tapi penyebutan onta arab boleh..

      • Maksudlo apa nyet ngomong gitu

  2. kata bung cinta indonesia kita harus banyakin subsidi listrik supaya negara ini bisa riset mesin jet :D

  3. bangsa kita sebenarnya bisa buat mesin ini….kumpulkan 100 para ahli mesin pesawat turbojet kita dan tukang las knalpot,tukang suling pipa dll bentuk bagian part by part dipretelin tugaskan masing* part untuk dipelajari dan dibuat pasti bisa….

  4. lumayan nih mesin…
    cervice ceilling di 50.000 kaki sama seperti gripen
    berat takeoff max 10 ton, beda dikit dengan mesin hawk 200 (9 ton)
    kalo menggunakan twin engine sepertinya oke juga sih :)

    yah… mantaplah untuk pemula…

    • Bung kalau sudah bisa bikin ,masalah ukuran cuma masalah skala ,sama dengan 2×2=4 ,kalau sudah tahu rumusnya perkalian berapapun bisa . Untuk Indonesia ,itulah pentingnya Tot ,yang di kejar harus khatam adalah rumus . Kelemahan Tot , pemberi Tot umumnya tidak jujur makanya tidak seratus persen terserap . Misal bikin kapal kalau rumusnya sudah dapat sebenarnya ukuran tidak penting lagi .Misal dengan panjang x Lebar x Tinggi sekian maka harus pakai besi /alumunium tebal sekian mm karena harus menahan tekanan sekian cm2 . Kalau rumus seperti itu sudah di kuasai ,tentu ukuran bukan masalah lagi.

  5. iran luar biasa..

  6. Harus dicontoh buat pmimpin negri kita.tidak ada orang yg g mampu klo ada niat yg serius nkri juga bisa.tpi syg smpe skrg next sukarno lom ada.buat daging sapi saja ga bisa semua produk sembako msih impor terus gmana mo maju kya iran

  7. mesin klas upil , punyanya onta arab lebih josss, bisa bikin PRT TKW terbang tinggi…………..

  8. hebat

  9. USA, Rusia, Perancis, Italia, Swedia, Inggris, . .Cina. Itu 7 negara yg bisa membuat mesin pesawat jet.

  10. Mesin turbojet buat pesawat silumannya F313 Qaher….
    Bentar lagi muncul lonton nuklir di Iran….
    ini negara hobi bngt bikin mock up….

  11. Republik Islam Iran calon negara adidaya. Kemajuan Iran dalam hal pertahanan menjadi ancaman serius bagi Zionis Israel.

  12. Iran bisa buat mesin jet, MALON justru bisa ngilangin enjin jet keh keh keh keh

  13. negara yg tak dapat dibuat hancur olh amerika syarikat dn sekutunya.

  14. Dan praboker pun melono sambilcoli

  15. kaleng krupuk bukan tuh?

  16. Masih turbojet. hmmmmm, memang, disana minyak bahkan avtur mengalir seperti sungai

  17. Iran akan menjadi negara adikuasa. iran juga bergabung dg persekutuan dg rusia, cina, venezuela dan brasil. kalau mau menyerang iran sebaiknya amerika pikir2 aja dulu…

  18. dan kalian percaya,, bahwa itu tanpa campur tangan asing,, mnurut q trllu bodoh klo percaya,, bayangkn.. mesin di buat dg teknologi tinggi, riset dan pengembangan yg rumit,, masing2 aliansi punya model pengembangan masing2, d timur tengah yg mampu meriset dan mengembangkn teknologi komplek cuma Israel,, ini mnrut saya yg jd sumber,, bisa jadi rusia, tapi trllu kecil,, karena alutsista iran lbh berbau barat, saya yakin ada jalinan mesra antara Iran dan Israel.. di depan ja nmpak garang,, d belakang romantis,, krn merasa d kepung Arab

  19. belajarlah kenegeri Iran, kemandiriannya, di blokade ekonominya tetap bisa melesat jauh tehnologinya…, Indonesia pasti bisa seperti Iran tergantung pada Pemimpinnya mau atau tidak.

 Leave a Reply