Jul 172015
 
Lapis baja tua tni Alvis Saracen produk tahun 1960-an (photo: ipenk)

Lapis baja tua tni Alvis Saracen produk tahun 1960-an (photo: ipenk)

Jakarta – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal Wuryanto menjelaskan tank bekas Perang Dunia II yang kabarnya akan disulap menjadi rumpon dan ditempatkan di perairan Kepulauan Seribu untuk menambah daya tarik wisata, masih sebatas wacana.

“Itu baru wacana saja. Itu pun dari bupati (Kepulauan Seribu), di kita sendiri, Angkatan Darat, belum kedengeran soal itu,” kata Wuryanto kepada Suara.com, Kamis (16/7/2015).

Saat ini, kata Wuryanto, TNI AD belum memutuskan soal itu, apalagi menyangkut soal penggunaan alat utama sistem pertahanan.

“Itu prosesnya sangat panjang. Apalagi terkait proses untuk menghapus aset, apalagi alutsista itu, akan sangat panjang,” katanya.

Ketika ditanya berapa lama proses menghapus alutsista bekas, Wuryanto mengatakan tidak bisa ditentukan waktunya.

“Ukuran bukan berapa lama. Pasti lama. Kan dari prosedur pengajuan dulu dari pengguna atau pemegang, sampai ke tingkat Angkata Darat ke TNI,” kata dia.

Untuk menetapkan penghapusan alutsista, kata Wuryanto, juga membutuhkan sangat banyak pertimbangan.

“Jadi tidak bisa secara spontan,” kata dia.

Informasi rencana menaruh tank bekas di Kepulauan Seribu semula disampaikan oleh pelaksana tugas Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo kepada Suara.com. Budi mengatakan beberapa hari lalu, tim dari Kopassus sudah cek ke lokasi yang akan dijadikan tempat tank.

Ketika ditanya mengenai sudah ada tim Kopassus yang mengecek lokasi, Wuryanto mengatakan bisa saja anggota Kopassus tersebut hanya diundang untuk datang.

“Mungkin Kopassus diundang untuk melihat, mungkin saja. Yang jelas dari Angkatan Darat belum ada keputusan,” kata Wuryanto.

Sebelumnya diberitakan, lokasi yang akan ditaruh tank bekas berada di dekat Pulau Pramuka dan Pulau Karya. Tank tersebut nanti dijadikan rumpon atau rumah buatan untuk ikan. Tujuannya untuk menambah nilai keindahan wisata bawah laut.

“Pulaunya mungkin dekat-dekat Pulau Pramuka atau dekat Pulau Karya yang akan ditaruh tank Leopard untuk spot diving,” ujar Budi kepada Suara.com.

Lokasi yang akan dijadikan arena bagi pecinta diving itu, kata Budi, sudah diperiksa oleh tim dari Kopassus.

Tim tersebut berhasil menemukan tiga spot di bawah laut yang dinilai cocok untuk menaruh tank bersejarah.

“Sudah dicek waktu itu spotnya ada tiga titik, cuma kemarin terkahir tiga hari yang lalu, beliau komandan Kopassus sudah cek, dia bilang titiknya terlalu dalam,” kata Budi.

Setelah melihat keadaan bawah laut, kata Budi, tim Kopassus minta agar tank mereka diletakkan di kedalaman 10 meter.

Jadi, katanya, yang bisa menikmati tank bukan hanya penyelam, melainkan juga orang yang naik kapal.

“Dia mintanya yang kedalamannya sekitar 10 meter, jadi jika kalau air lagi bening kelihatan dari kapal. Tapi tiga titik itu ada memenuhi syarat,” kata Budi.

Dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu, Jumat (10/7/2015), Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berharap warga setempat membantu menjadikan daerah mereka menjadi destinasi wisata.

“Khusus warga Kepulauan Seribu ke depan, diharapkan bisa menjadikan wilayahnya sebagai daerah tujuan wisata, dengan begitu apabila ada masyarakat yang ke sini bisa meningkatkan (perekonomian) dan kesejahteraan warga Kepulauan Seribu,” ujar Djarot di hadapan warga Pulau Harapan.

Agar wisatawan senang datang ke Kepulauan Seribu, Djarot berharap warga menyambut mereka dengan ramah.

“Persiapkan diri kita, warga Kepulauan Seribu yang bisa menerima tamu dengan baik, dan ramah, dan kita memberikan suasana yang nyaman bagi masyarakat yang datang,” ujarnya.

Yang lebih penting lagi, Ahok mengajak warga Kepulauan Seribu untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tak membuang sampah sembarangan.

“Kalau kita pengin orang datang ke Pulau Seribu, harusnya Pulau Seribu jernih-jernih lautnya, bebas dari sampah. Makanya kita betul-betul dijaga dalam membuang sampah, ini kalau bisa bebas dari sampah pulaunya di Kepulauan Seribu biar bagus dan nyaman,” katanya.

Suara.com

Artikel Terkait :

  71 Responses to “Pro Kontra Penenggelaman Tank Tua TNI AD”

  1. jual rongsokan aja pak..

  2. pertamaxxxxx

  3. jaringan lemot

  4. bagus ganti yg baru tapi sisain buat monumen dan musium

  5. dapat anterian no.5 (minyak trenggiling)

  6. hah tank leopard ????

  7. Tank tempatnya di museum atau monumen…kok jadi rumpon…tolak!

    Kecuali tuh bupati beli tank bekas dr luar trs tenggelamin gak papa…kalau gak mobil hasil korupsi aja tenggelamin berikut koruptornya..

    • Joss .. OC kaligis cemplungin sekalian

    • Sewain aja bung buat bikin pilem2 jaman repolusi , pemberantasan pemberantasan tahun 50 an , trikora,dwikora dll ,serahin ke koperasi AD. Bisa juga buat latihan simulasi pertempuran kavaleri u tentara cadangan, menwa atau bikin paint ball perang kavaleri banyak pasti yg may coba

  8. Pulaunya mungkin dekat-dekat Pulau Pramuka atau dekat Pulau Karya yang akan ditaruh tank Leopard untuk spot diving,” ujar Budi kepada Suara.com.

    Apa g salah tu?..

  9. Hah jangan dong klo dijadikan rumpon itu misal kapal perang tua klo Tank taruh di museum, sebar ke seluruh museum Indonesia, klo ngebet pgn rumpon mending Kopaja, Metromini atw Transjakarta yg sdh seperti zombie itu yg dijadikan rumpon

  10. Apaan???

  11. mending di scrap jadi duit, mengenai wisata pulau 1000 bisa dibuat rumah ikan dgn membiakkan terumbu karang, dan menjaga kebersihan laut dr pencemaran sampah

  12. Cocok tuh jd terumbu karang, trus beli tank armata ^_^

  13. Beli mahal2 cm jd rumpon ckckck…. mending dibuat museum aja per kota se indonesia raya

  14. Mobil dinas Bupatinya aja yg ditengelamin.

  15. jadi sasaran tembak aja.. kasih remote bisa ngebut terus jadikan sasaran tembak leo atau rudal anti tank panggul

  16. kenapa ngak di sumbangkan ke museum satria mandala atau museum perjuangan di daerah

  17. di buat taksi militer untuk umum kayak di rusia bisa nambah semangat nasionalisme dan menambah pendapatan, kalo untuk rumpon kan alternatif banyak

  18. Bagi kan buat SMK … buat siswa belajar otomotif pelajari mesin, mekanikal, elektrikal, system meriam, konstruksi baja dsb., bisa tambah pinter anak” kita … mungkin kelak bisa bikin rancang bangun panser versi pemula …

    Sisa kan dikit buat museum …

    ban nya bisa buat mendidik dan praktek tukang tambal ban pinggir jalan … biar bisa bantu jika ada panser kempes ban di jalan …

    • SMK itu sekolah Menengah Kejuruan bung bukan pabrik yg dilengkapi riset & manufaktur….
      Jgn terlalu berharap dgn mobil China yg dirakit disana dan diganti nama tanpa ada lisensi / TOT apapun

      • Betul sekolah kejuruan perlu kendaraan utk praktek kerja bung … biar dipreteli tu isi panser … lulus SMK sdh ada pengalaman.
        anak bangsa kita byk yg jenius bung … utk sekelas Mobil kagak perlu pake ToT

    • semoga mereka yg dzolim terhadap muslim di papua segera disadarkan oleh Alloh swt, yakinlah mbah Alloh punya caranya sebdiri untuk menyadarkan org2 dzalim itu, entah dg hidayahnya atau dg siksaannya.

      • IYA DEK, KASIAN SAUDARA KITA DI PAPUA.

        SATU YANG TAK LUPA :

        UNTUK DEK DIEGO, DEK GUE, DAN ADEK ADEK YANG LAIN, MBAH MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

    • Provokator a**

      • APANYA YANG PROVOKATOR !!!!

        LIHAT BERITANYA DI MEDIA ONLINE.

        SITU APA NGAK SAKIT KALAU SAUDARANYA DI SAKITI ?

        APA SITU PENYEMBAH SETAN KUBURAN ?

      • Turut berduka, ini mungkin agenda nya opm.. waspadai gerakan mereka.. lakukan operasi khusus tangkep gembong opm..

      • Dasar abangan ….yaaa kepala mu itu yang provocator…

    • Kita jgn terpacing provokasi mbah, itu kemungkinan ada pihak luar yg bermain, kita harus hati2 meyikapi… berarti emang di papua belum aman dan harus dibedakan cara penanganannya dengan daerah lain, harus banyak bersabar.. coba kalo gereja yg dibakar mungkin sudah rame dan beritanya kemana mana, ini tugas bin yg baru untuk segera bertindak, yg jelas kita jgn terprovokasi, jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia…

  19. Ide bupati gila,mending masuk musium dpt penghasil dari pengunjung.Atau jual kiloan uangnya buat kesejahteraan TNI

  20. Kafir Kristen dari jaman Nabi memang spt itu mbah.Kalau mereka mayoritas sewenang wenang kepada kaum muslim tapi begitu mereka minoritas merengek rengek minta dihargai,minta toleransi,minta dilindungi dan menjual embel2 kasih sesama.Tai emang org spt ini!

    • BENER DEK, SUDAH LIHAT BERITANYA DI ONLINE KAN ?

      MBAH SAMPAI TERKAGET KAGET, BARU KALI INI DALAM SEJARAH, MASJID DI BAKAR RAME RAME, TEPAT DI HARI RAYA IDUL FITRI.
      DAN DI TONTON ORANG SEKABUPATEN.

      LUAR BIASA.

      • Tumbu ketemu tutup, soyo ndadi….

      • persoalan hukum serahkan aja ke penegak hukum mbah..gak perlu dibesar besarkan sara nya.

      • Bener mbah, harusnya aparat keamanan jaga mesjid itu jangan sampai dibakar….saya harap, aparat keamanan segera menjaga orang2 Muslim disana dari tindakan2 berbahaya lainnya dari saudara mereka disana

      • Kan dah ditembak pincang yg nyerang mbah.
        Mbah Bowo koq kenal yg buat rusuh? Sedangkan anak kampung karubaga aja ga ada tuh yg kenal sama 3 yg kena tembak. Jgn2 ada hubungan ya?
        Sudahlah. Masa mbah warjager ragu ama kmampuan personel kita di lapangan. Densus 88 kan ada.

      • Sungkem mbah..maap Lahir batin

    • Ini RI1 langsung terbang ke papua. Masyarakat tdk perlu rasak rusuk. Mari kita tenang mengamalkan Ibadah kita di bulan Rahmadhan ini. Jangan langsung apa2 Kristen. Di tempat lain coba lihat. Dasar mbah bowo provokator gagal.

      • —————-
        @Mbah Bowo, jangan manas manasin situasi dan jangan adu domba umat.

        Polisi sudah bertindak cepat dan menangkap/ melumpuhkan 11 pelaku

        ADMIN

    • SOP sudah dijalankan.
      TEMBAK DITEMPAT PEMBUAT KEONARAN pada masa LEBARAN. Saya minta Pemuda Gereja, Kaum Budha, Umat Hindu, kaum konghucu, Mari kita jaga umat Islam yg sedang ibadah dari luar pagar. Kalau ada pihak opm lapor petugas yg didalam. Apa ga liat dulu waktu di suriah dulu? Bantu aparat kita. 813

      • Jaman sdh kebalik bung, pemimpin negara sudah menjadi pro Asing. Padahal Soekarno menyuruh memilih pemimpin yg dibenci asing.
        Ingat perkataan Pres kemarin : Yang berpuasa dimohonkan untuk menghormati yg tidak puasa.

        Benar-benar terbalik!

  21. klo masih bisa berfungsi dgn baik, disimpan saja buat cadangan, kecuali TNI sudah memiliki alusista sejenis yg baru dgn jumlahnya diatas kebutuhan ideal operasional dan telah mencukupi untuk didistribusikan keseluruh wilayah.

  22. jangan mending ,buat museum aja

  23. Ditempat saya museum msh kurang benda” bersejarah,klo pun terpaksa bwt kami taruh didepan komplek perumahan aja…biar perumahan ada seni jng patung kuda terus

  24. lempar aja ke dalmas, PHH atau satpol pp hihi…tinggal nambahin kawat berduri aja dibagian depan. Senapan mesin ditinggal jg plus amunisinya bwt ngeratain gedung kura2 beserta isinya….zonk dah ben ZONK skalian!

  25. Kita kembalikan kpd bp.gubernur&pariwisata .
    Takutnya kan tuh ikansiam nya kan tidak cocok dengan kcr Jerman dan spanyol.
    Ikan siamnya di seribu habitat aslinya dalam air suci dan garam inggris. Jadi penempatan tank leopardnya sebaiknya kedalaman yg pas agar indah terlihat dan tak merusak alam.

  26. Senjatanya dicopot, dilelang ke sipil, uangnya dimasukkan ke kas negara tuk beli alutsista baru atau maintanance.

  27. Kalo giliran memusnahkan/menenggelamkan mudah banget, tapi bgm dengan modernisasi alutsistanya, ….. ??? koq susah banget/lelet/lemot/memble ………… !!!

  28. Kirim ke seluruh kodim kodim, buat dipajang di dpn, biar semua org dpt lihat secara langsung, apalagi yg di daerah2, dandim pasti setuju banget

  29. “Pulaunya mungkin dekat-dekat Pulau Pramuka atau dekat Pulau Karya yang akan ditaruh tank Leopard untuk spot diving,” ujar Budi kepada Suara.com., ini salah ketik atau gimana? Jgkr ini lama lama koplak adminnya

  30. Orang kafir tidak akan pernah berhenti untuk.menghancurkan ISLAM sampai masUk ke dalam golongannya … ORang muslim itu selayaknya satu batang tubuh apabila sakit digigit semut dikaki maka seluruh tubuh ikut merasakan juga … Dengan kejadian pembakaran dan memusuhi orang Islam yg ada di papua atau dimanapun jua maka sama.halnya memusuhi Orang ISLAM diseluruh NKRI dan dunia …

    # NAGA HIJAU

  31. bibit2 proxy war di papua wapada susupan agen2 aseng

  32. Saran ku ..
    Disumbangkan saja …
    Ke sekolah tehnik automotive …untuk penelitian.
    Atau jual Ke studio Film besar untuk property studios…
    Kan kondisi nya Sebenarnya masih bagus ..
    Jangan semua nya mau Dirombeng atau dijadikan monument atau Rumpon …

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)