Dec 272016
 

Sebuah video promosi untuk proyek pengembangan jet tempur terbesar yang pernah diproduksi Korea Selatan dengan rekaman yang tidak sah dari video game, mengungkapkan celah serius dalam manajemen proyek.

Rekaman yang berisi adegan pertempuran udara dan pemboman dijalankan pada sebuah kapal induk digunakan tanpa persetujuan dari produsen game asli – Bandai Namco Jepang dan Electronic Arts (EA) Amerika Serikat – yang merupakan pelanggaran hak cipta.

Video dengan durasi lebih dari 10 menit, termasuk sekitar 10 detik dari EA “Battlefield 3” dan Bandai Namco “Ace Combat: Assault Horizon”. Pada satu titik, sub judul bahasa Inggris dari game asli muncul dalam video.

Kiri: Video promosi proyek KF-X. Kanan: Video dari game “Battlefield 3”

Dirilis setahun yang lalu, video promosi berjudul “KFX Promotional Video ADD” telah dimainkan lebih dari 12.000 kali di YouTube dan ditonton di situs-situs lain yang mempromosikan proyek KF-X, proyek yang akan menelan biaya hingga 30 triliun won (US $ 24,9 milyar) hingga 2028.

Produksi video tersebut menelan biaya senilai 40 juta won, menurut pejabat resmi.

Namun, tak satu pun dari organisasi yang terlibat dalam produksi video itu telah mengaku bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta tersebut.

Badan Pembangunan Pertahanan (ADD), yang memulai proyek KF-X, mengatakan bahwa mereka tidak menyadari terdapatnya konten game yang tidak sah dalam video, mengelak dan menyalahkan Nabix, sebuah studio kecil di Seoul yang memproduksi video tersebut.

“Setelah Korea Times membuat penyelidikan tentang penggunaan rekaman game dalam video promosi KF-X kami, kami meminta penjelasan Nabix dan ditegaskan bahwa rekaman itu dimasukkan tanpa persetujuan dari produsen asli”, kata Shin Hwan-gyu, juru bicara Badan Pembangunan Pertahanan. “Kami tidak menyadari hal ini”.

Akan tetapi Nabix mengatakan bahwa Korea Aerospace Industries (KAI), yang bertanggung jawab untuk memproduksi jet tempur di bawah proyek KF-X, bertanggung jawab atas masalah ini.

“Setelah KAI ditunjuk sebagai produsen utama, perusahaan mengirimkan seorang peneliti untuk perusahaan kami dan ia menguasai segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi video, termasuk kata-kata dan kalimat yang akan dimasukkan beserta rincian lainnya”, kata CEO Nabix, Kim Yoon-gak. “KAI meminta saya untuk menghasilkan video seperti yang ada pada promosi F-35, dan itu memberi kami informasi terkait dan juga klip yang harus dimasukkan”.

CEO Nabix tidak ingat apakah rekaman game itu ada di dalam klip yang ditawarkan. Sebaliknya ia berkata, “Ini adalah proyek pemerintah. Tidak ada yang bisa kami lakukan dengan sewenang-wenang”.

Kiri: Video promosi proyek KF-X. Kanan: Video trailer dari game “Ace Combat: Assault Horizon”

KAI Juga Mengklaim Tidak Bersalah

“Konten game tidak termasuk dalam materi yang kami sediakan untuk Nabix”, kata Kim Sung-pil, juru bicara Korean Aerospace Industries (KAI). “Tidak jelas bagaimana rekaman game itu dimasukkan dalam video”.

Konten game “Battlefield 3” dikonfirmasi berasal dari misi single-player dalam permainan, sementara konten “Ace Combat: Assault Horizon” berasal dari trailernya.

Badan Pembangunan Pertahanan (ADD) mengatakan kepada Korea Times bahwa mereka akan “membuang” video, dan meminta maaf atas nama organisasi yang terlibat dalam penggunaan yang tidak sah dari materi berhak cipta.

Korea Times telah menghubungi EA dan Bandai Namco untuk meminta komentarnya, tapi mereka tidak menjawab.

Korea Selatan memulai proyek KF-X untuk mengembangkan jet tempur dalam negeri untuk menggantikan penuaan armada F-4 dan F-5 Angkatan Udara Korea bekerjasama dengan Indonesia, dan Lockheed telah berjanji untuk mentransfer beberapa teknologi yang terkait dengan F-35 sebagai imbalan untuk pembelian jet tempur siluman oleh Seoul.

Sumber: Korea Times

Artikel Terkait :

  28 Responses to “Proyek KF-X Mencuri Rekaman Game Untuk Video Demo”

  1. Kok curi.?

  2. Ya bikin lagilah video yang orisinal. Konon Korea Selatan kan punya SDM perfilman yang mumpuni. Kalo masih kurang, ajak pihak Indonesia juga untuk bikin video yang lebih moncer.

  3. Ternyata bukan lagu doang yang bisa dijiplak, video pun

  4. udah jelass pasti mbah bowo lagi inii,, tangkap bungkus bawa pulang

  5. biaya produksi hame tsb 40 juta won ….. penipuan …..

  6. Aya2 wae….

  7. tambah lagi satu masalah… moga gak mengganggu proses proyek deh…

  8. Yg penting Indonesia gak ikut kena salah.. Lanjutkan.. Promosi terus..

    Memang celah jet tempur generasi 4,5–generasi 5 untuk medium fighter baru F35..masih sangat besar ceruk pasarnya

  9. Wah yg jelas salah adalah KAI dan Nabix, KAI karena dia tidak memeriksa pekerjaan subkontraktornya dan Nabix karena salah satu karyawannya melakukan pelanggaran hak cipta.

  10. dr dulu jepang tdk senang dg proyek KFX/IFX

  11. Tapi kere.hehe. Harapannya sih terbalik. Bandai dan namco yang menggambarkan kira kira kfx/ifx nanti seperti apa.hehe

  12. Masa plagiat?wkwkwkwk…
    Tp batlefield 3 emang keren…wkwk

  13. Om Niru Om wkwkwk

  14. nah loo

  15. orang korea itu terkenal licik, kalau yang sering nonton olah raga pasti tau kelakuan orang orang korea. demi memengankan sesuatu mereka menggunakan, berbagai macam cara.

  16. yg salah NABIX nya!!

    “KAI meminta saya untuk menghasilkan video seperti yang ada pada promosi F-35, dan itu memberi kami informasi terkait dan juga klip yang harus dimasukkan”.

    kata “menghasilkan video seperti yang ada pada promosi F-35” di maksudkan menyerupai atau satu tema, satu alur jalan cerita, satu konsep. bukan berarti mentah mentah di comot dan dimasukkan satu frame itu namanya magabut.

    kata “klip yg di masukkan” bukan berarti KAI menginginkan potongan klip game itu dimasukkan begitu saja, tp pihak KAI menginginkan ada adegan yg sama seperti klip itu.

    KAI jg tidak akan menyadari bahwa konten klip tsb menyatut trailer dan game milik developer, karena para pemangku jabatan promotion di KAI bukan gamers.

    NABIX amatir banget gak bisa baca keinginan klien, bikin malu dunia motion graphic. nasib mu tamat NABIX 😀 bakal gak ada yg pake jasanya.

  17. Menurutku itu ga nyuri.. Cerdik jga Korsel.. Tapi terinspirasi.. Seperti halnya china.. Mereka terinspirasi lalu mengkloning, & mengembangkan lebih dari yg aslinya..

  18. Ah.. .biasa ajalah.. .jgn lebay deh amrik dan jepun.. ..

  19. Jiplak promox….waduh ketularan nih korupsix…

  20. si mata sepet memang suka menciplak

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)