Jan 052017
 

Bom P100 Live. (Indomiliter)


Saat ini, PT Dahana (Persero) sedang mengembangkan dan memproduksi massal bom P100 Live untuk kebutuhan pesawat tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara. Direktur Teknologi & Pengembangan PT Dahana, Heri Heriswan, mengatakan bahwa pengembangan bom P100 Live tersebut merupakan salah satu upaya menghindari embargo dari luar negeri.

“Jadi kebutuhan bom untuk pesawat Sukhoi, kami buat khusus di dalam negeri,” ujar Heri, seperti dikutip pikiran-rakyat.com pada Kamis (5/1).

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa ada kemungkinan juga untuk melakukan ekspor bom P100 Live ke pasar luar negeri. “Peluang ekspor terbuka, tapi fokus kami saat ini menyelesaikan pesanan dalam negeri dulu,” katanya.

Pembuatan bom P100 Live ini menggandeng PT Sari Bahari yang lokasinya di Malang yang membuat bom pesawat Sukhoi di area Lanud Abdurahman Saleh Malang. “Casing bom P100 Live diproduksi PT Sari Bahari dan isian bahan peledak dilakukan PT Dahana di Subang,” jelas Direktur Teknologi & Pengembangan PT Dahana.

Teknologi industri pertahanan militer dalam negeri kini tak lagi didominasi dan bergantung pada luar negeri. Pemerintah memberikan dukungan kemandirian alat utama sistem persenjataan. “Sekarang kami mampu memproduksi sendiri berbagai kebutuhan militer yang sebelumnya harus diimpor. Sejauh ini, Indonesia jadi negara ketiga yang mampu memproduksi bom pesawat Sukhoi, setelah Rusia dan Bulgaria,” ujarnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com

  22 Responses to “PT Dahana Mengembangkan dan Memproduksi Bom P100 Live untuk Sukhoi TNI AU”

  1. kok kayak tabung lpg, ga ada kesan sangarnya

    • ini kan bom bung bukan rudal. yang pungsinya lebi kepada sasaran tak bergerak contoh menghancurkan bangunan dsb…sedangkan rudal lebih kepada benda yang bergerak bung itu mengapa teknologi rudal gk semua bisa bikin…kalau bom, amatiran pun bisa buat bung :::::::::>opini

    • jangan liat bentuknya bung tapi lihat efek ledakannya

  2. Ledakanya yang sangar bung

  3. Ini berita dulu kelesss, bahkan dah sempet di uji ciba dari sukhoi tni au…hadehhh gmn sehh ini…

  4. Akan lebih baik lagi jika bisa kompatibel dengan F16

  5. tidak perlu aerodinamis streamline mulus
    bahkan berbentuk keranjang atau karungpun tidak masalah
    karena ini bom nantinya dibawa pesawat sukhoi su-27/30/3x/4x/5x dengan kecepatan supersonik dan diletakkan di target sasaran sebelum diledakkan musuh

  6. knp harus sukhoi? apa tdk bisa di instal utk super tukano atau TA 50i atau hawk 109 yg memang khusus serangan darat.

    • bung andri cahyadi
      judulnya menyesuaikan dengan peruntukan yang sudah ada
      yaitu negara ke 3 yang mampu produksi bom untuk sukhoi
      hanya disertifikasi untuk sukhoi saja
      juga bukan untuk mig
      apalagi super tukano atau ta50 atau hawk109

  7. negara ke 3 yg bisa!!
    semangat..

  8. Gak perlu sangar yang penting efektif untuk menghancurkan fasilitas apa pun

    • yap…di blog sebelah , aku pernah baca kalau ndak salah….bom ini punya daya ledakdan mampu merusak bangunan sampai seluas lapangan sepak bola. kecil2 tapi cabe rawit.
      sehingga australia dan malaysia sangat ingin membelinya …tapi tidak diperbolehkan. ini hanya untuk TNI saja…barang sensitif.

  9. Pertanyaan bagaimana dengan akurasinya terlihat dari sayap belakang ini persis dumb bom ya ala2 PD 2

    • denger2 akurasinya malah lebih bagus daripada buatan rusia kab 500 yg sudah di pakai di ruia. yg diklaim oleh rusia bom yg sangat akurat dalam membom para teroris2 disana.

  10. Masih perlu belajar dari Rusia yg bisa membuat dumb bomb dng akurasi mirip smart bomb !!!

  11. kaya kab 500..russia

  12. Alhamdulillah,….indonesia bisa berkembang untuk mandiri menciptakan bom sendiri untuk jet sukhoi..!!!!! Lain kali akan bisa membuat rudal untuk sukhoi kita….xixixixixxxiiiiiixixixxiiii..

  13. Kurang beli cocoe bebeknya 12 unit..

  14. Tahniah

  15. desainnya ditambah canvas penutup seperti Oganj M-77 yugoslavia buat ngelabuin uav atau pengintai musuh

  16. Bikin smart bomb jg donk

 Leave a Reply