Feb 102017
 

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengadakan percakapan telepon dan setuju untuk meningkatkan koordinasi militer selama operasi melawan ISIS di Suriah, menurut layanan pers Kremlin dalam sebuah pernyataan. (TASS Defense)

“Kedua presiden saling bertukar pandangan mengenai aspek-aspek kunci dari krisis Suriah dan berfokus pada kerjasama dalam memerangi terorisme internasional”, bunyi pernyataan itu. “Mereka sepakat untuk meningkatkan koordinasi militer selama operasi terhadap anggota ISIS dan organisasi ekstremis lainnya yang aktif di Suriah”.

Putin juga menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan tragis yang menyebabkan kematian beberapa orang prajurit militer Turki di dekat kota Al-Bab Suriah.

Menurut layanan pers Kremlin, Putin dan Erdogan telah menyatakan kesiapan mereka untuk lebih berkontribusi dalam menyelesaikan krisis di Suriah.

“Kedua belah pihak membahas pelaksanaan hasil dari pertemuan internasional tentang Suriah yang diselenggarakan di Astana dengan mediasi Rusia, Turki dan Iran. Mereka menegaskan kesiapan mereka untuk secara aktif membantu untuk mempromosikan hasil perundingan Astana dan Jenewa dalam penyelesaian krisis di Suriah”, menurut laporan kantor pers Kremlin.

Presiden Rusia dan Turki juga telah membahas persiapan untuk sesi Dewan Kerjasama Tingkat Tinggi Rusia-Turki, yang akan diselenggarakan di Rusia pada bulan Maret tahun ini.

“Isu-isu pokok pengembangan kerjasama Rusia-Turki dalam sektor perdagangan, ekonomi dan lainnya yang telah dibahas, termasuk dalam pandangan persiapan untuk sesi Dewan Kerjasama Tingkat Tinggi dari kedua negara di Rusia, dijadwalkan untuk bulan Maret”, menurut pernyataan layanan pers Kremlin.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  14 Responses to “Putin dan Erdogan Sepakat Tingkatkan Koordinasi Militer di Suriah”

  1. Mantap nih gaya kedua preman diatas, seperti koboy di “magnificent two”, 😀 hehehe

  2. Paman Putin Berjiwa seorang yg Besar.

    padahal pesawatnya habis di tembak es degan…..!!!

    coba kalau dia ngamuk………pencil nya pada terbang.

  3. Resep Es Degan paling pinter cari selamat & cari kesempatan… kedua kakinya selalu berpijak d tempat yg berbeda….

  4. Sudah sepakat rame-rame gebukin ISIS…bang Toyib sudah insyaf…ndak lagi nyelundupkan militan ISIS lagi….akhirnya senjata makan tuan

    • Tadinya kan turky juga membiayai isis, dengan cara membeli minyak dari isis, tapi sekarang kan isis udah sekarat, jd ya Turky pun melakukan istilah “cuci tangan” dengan membantu memborbardir isis

  5. Sudah sepatut nya turkey lepaskan diri dari nato…
    Dan beralih ke blok timur atau non block sperti indonesia (y)

  6. Menurut saya menembak pesawat Russia hanya trick…Biar Russia bisa mengeluarkan S300..Dengan alasan menjaga alutsistanya…

    • Sependapat dengan bung IE. Dari awal ane curiga. Kok bisa-bisany turki nyenggol russia dgn peristiwa itu. Padahal resikonya jauh lbh besar dgn diberikan sanksi ekonomi dll atau bisa aja jd kontak militer skala kecil, sedangkan NATO sendiri waktu itu sangat menyayangkan ulah turki tsb yg mereka sebut sebagai sikap ceroboh. Mungkin NATO tau efek yg bisa terjadi dr peristiwa itu. Dan benar saja, setelah peristiwa itu senjata2 PSU Russia mulai masuk, mulai dari CIWS, Medium SAM sampai Long range SAM. Hal itu justru merugikan dan membatasi pergerakan pesawat barat dan israel di suriah.
      Jika tanpa peristiwa itu, legitimasi sepihak russia untuk menurunkan senjata PSU nya di suriah akan susah atau gak bisa instant spt itu.

  7. banyak ya disini yg masih menilai spektrum politik sebuah negara seperti menilai kepribadian seseorang

  8. gara-gara tentara turki dibom ama rusia

  9. Proxy barat di Turki dan Suriah gatot alias gagal total malah Rusia dan Turki semakin mesra, selagi Nato masih membebek ke USA ya jd kacungnya dan keuntungan tetap di tangan Amirikiah dgn lakunya alat perang dan SDA negara yg telah dikuasai.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)