Dec 312016
 

Presiden Rusia Vladimir Putin (photo credit : Getty Images)

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Moskow tidak akan mengusir siapa pun kendati Washington baru-baru ini mengeluarkan sanksi terhadap Rusia.

“Kita tidak akan membuat masalah bagi para diplomat Amerika. Kita tidak akan mengusir siapa pun,” ujar Putin melalui suatu pernyataan, 30/12/2016.

Moskow, ujarnya, tidak akan melarang keluarga dan anak-anak para untuk menggunakan fasilitas-fasilitas liburan yang biasa mereka gunakan saat liburan Tahun Baru.

Putin menambahkan bahwa dirinya akan mengundang semua anak-anak para diplomat Amerika di Rusia untuk menghadiri perayaan Natal dan Tahun Baru di Kremlin.

Sebelumnya pada Jumat, Menteri Luar Negeri Rusia mengajukan usul agar Rusia balik mengusir 35 diplomat AS serta memblokir akses Kedutaan Besar AS di Moskow ke sebuah pondok liburan dan sebuah gudang sebagai balasan atas langkah serupa yang dikeluarkan Washington.

Pada Kamis, Departemen Luar Negeri AS memerintahkan pengusiran terhadap 35 diplomat Rusia, yang dicurigai melakukan aksi mata-mata, serta menutup dua kompleks milik Kedutaan Besar Rusia.

Pengusiran dan penutupan kompleks itu dilakukan sebagai hukuman atas “campur tangah Rusia dalam pemilihan AS serta pelecehan yang dialami para diplomat kami di luar negeri.” Presiden AS Barack Obama juga menjatuhkan sanksi terhadap dua lembaga intelijen utama Rusia, yaitu Direktorat Intelijen Utama (GRU) dan Dinas Keamanan Federal (FSB). Sanksi juga dikenakan terhadap empat pejabat GRU serta tiga perusahaan yang diduga memasok dukungan materi bagi operasi peretasan dengan tujuan untuk mencampuri pemilihan presiden AS.

Putin menyesalkan bahwa Obama mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden AS dengan mengeluarkan sanksi-sanksi terhadap Moskow.

Putin mengatakan Moskow menganggap langkah-langkah tidak bersahabat yang ditunjukkan pemerintahan AS saat ini sebagai “provokasi untuk makin melemahkan hubungan Rusia dan Amerika Serikat.” Rusia, yang menyimpan haknya untuk melakukan pembalasan, tidak akan merendahkan diri ke tingkat diplomasi “dapur” yang tak bertanggung jawab, kata Putin.

Rusia, tambahnya, akan menentukan langkah-langkah ke depan dalam memperbaiki hubungan dengan AS berdasarkan kebijakan yang nantinya diambil presiden terpilih Donald Trump.

Antara/Xinhua

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Putin : Rusia Tidak Usir Balik Diplomat Amerika Serikat”

  1. keren putin main cantik, amerika gemetaran

    • Kata putin ” Biarin aja deh si obama yang sakit hati mencak-mencak sendiri. Yang penting gol 1-0 ditangan gue.”
      Obama “Sialan gue dikerjain juga. Balesan atas sanksi ekonomi gua ya. Gua acak2 deh diplomat lu biar ga bisa baikan sama si donal”
      Putin ” kagak ngaruh. Gua gak akan kena jebakan lu. Wkwkwkwk..”

    • betul betul cantik om, ASU sekarang lagi kehilangan muka. Obama marah marah sambil ngusir tetangga dari rumahnya. ehh om putin malah ngajak diplomat ASU liburan sambil tersenyum meledek ke arah obama. sambil bilang “hayo mau ngapain lagi kamu?”

  2. punya wibawa dan style yg lebih kece dari AS…

  3. Mr. Putin aseeek bgt…
    Obama anakan banget wkwkwkwkwk….nyambit orang abis tu kabuuur bhahahahaahah

  4. wooow,, keren si negri beruang ternyata cinta damai toh…

  5. Ikat pk kawat di ujung iskander trus luncurin ke negara asalnya sana segera.
    Jgn lupa di kasih telolet iskandernya..

  6. hahaha, sungguh reaksi yang sama sekali tidak diinginkan oleh ASU. Reaksi ini sekaligus menunjukkan “who the bos is” dalam percaturan geopolitik dunia saat ini

  7. Obama mati gaya wkwkwkwk

  8. Obama tdk dianggap sbg presiden lagi, kasihan

  9. Salut buat russia. Kenapa? Dulu sewaktu insiden brexit ane pernah komen, hebat juga intelijen russia, pertama keangkeran CIA/NSA jebol sama aksi Snowden, selanjutnya krimea berhasil, brexit juga berhasil sampe jajaran pemerintahan inggris koar2 menyalahkan keterlibatan russia. waktu itu ane berpendapat bahwa untuk menusuk langsung ke jantung usa masih agak sulit mengingat intelijen usa yg menurut ane tak kalah bagus dan tersebar di seluruh dunia. Ternyata apa yg gak kepikiran oleh ku terjadi juga. Russia berhasil menusuk langsung ke jantung usa sendiri lewat pemilu presidennya.
    Di asia tenggara mulai pudar pengaruh usa dan mulai sedikit berpaling ke russia termasuk Indonesia dengan dibongkarnya kasus penyadapan kepala negara. kecuali para anak bawang nya yg nasih teguh. Xixixi…

    • yups, data rahasia snowden emang sangat berpengaruh mengubah dunia politik,, terbukti rusia semakin terbang bebas, kembalinya poros timur yg semakin solid membuat koalisi AS klepek2 hheee…

  10. Bisa nya usir2 , harusnya amerika melakukan cara yg selama ini mereka pakai yaitu diplomasi..

  11. Aq tak akan usir diplomatmu tapi lihat kapal dibelakangku jika kau 3 kali macam akan ku ketapel…soft action in media hard action in field

  12. om putin politiknya alus banget sehalus sutra

  13. bgtulah org yg punya banyak pengalaman..umpama kata pepatah..air slow gk beriak tp itulah yg menghanyutkan..beda ama obama…koar2 gk pantes jd presiden klau lhat logat y mcam kekanak2an…puiiiiih..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)