Dec 222012
 

Suatu hari bertemulah saya dengan seorang perwira TNI AL yang cukup lama mengawaki kapal selam. Berbagai laut dan palung sudah dia arungi. Berbagai mahluk laut aneh telah dia temukan. Salah satu yang unik, mahluk yang tinggal di palung dalam Indonesia.

Awalnya dia melihat tidak ada mahluk hidup yang tinggal  di palung itu, karena sangat dalam.  Melalui camera yang terpasang di kabel terulur, mereka terus merekam kedalaman palung.

Layar monitor tidak menunjukkan apa apa. Namun setelah cukup lama, dia terkejut melihat ada mahluk  berbentuk pipih seperti orang (dia menyebut bidadari) yang menari-nari di kedalam palung .

Gambar pun dia rekam lalu diserahkan ke pimpinan. Tak lama setelah ia pelajari, ternyata ada beberapa mahluk hidup yang bisa bertahan di palung dalam dan bentuk yang aneh-aneh, mungkin karena tekanan air yang kuat.

Saya merasa terhormat bisa berbincang dengan Perwira Angkatan Laut yang cukup lama berada di kapal selam ini.  Dia pun sempat terlibat proyek pemasangan ranjau dan monitor di dasar laut Indonesia.

Proyek itu sempat hendak digarap pihak Perancis, namun dia menentangnya. Kalau Perancis memasang alat itu, tentu fungsinya menjadi sia sia karena posisi alat telah diketahui pihak Asing.

Setelah ngobrol panjang lebar, masuklah saya ke pertanyaan yang sangat krusial (menurut saya).

“Pak, Berapa sebenarnya jumlah kapal selam Indonesia ?”, tanya saya.

Mukanya pun tiba tiba berubah menjadi serius.

Dengan suara setengah berbisik, dia mengatakan: “Jumlah kapal selam itu rahasia”.

“Semua tentang kapal selam rahasia”, ujarnya. Dia lantas bercerita tentang hal ikhwal mengapa kapal selam dikategorikan alutsista rahasia.

Saya pun tambah bersemangat. Sebentar lagi akan mengetahui jumlah persis kapal selam Indonesia, pikir saya di dalam hati.

Saya kembali mengejar: “Sebagai teman saja, berapa sebenarnya jumlah kapal selam kita”, ujar saya agak ngotot.

Dia terdiam sebentar…, lalu bicara: “ini rahasia ya…!”.

“Iya”, ucap saya, tak sabar ingin  mengetahui jumlah pastinya.

Dia pun akhirnya angkat bicara: “Jumlah kapal selam kita dua”, ujarnya.

“Yahhh”, saya langsung menghela napas. (Di dalam hati saya berkata, kalau itu sih semua orang sudah tahu: KRI Cakra dan Nanggala).

Saya menghargai pernyataannya dan tidak mencoba bertanya lagi tentang kapal selam Indonesia.

Twit Kapal Selam

KRI Cakra 401

Pikiran tentang jumlah kapal selam ini, muncul setelah membaca twit dari @TweetMiliter yang membahas tentang Minimum Essential Forces Indonesia di tahun 2014.

@TweetMiliter mengatakan dua kapal selam Kilo Indonesia akan datang di bulan November 2013.

Persoalannya adalah, apakah hal itu mungkin ?.

Kayaknya sangat mungkin.

Pertama: Kalender TNI AL memasang kapal selam jenis KILO dari Russia.

Hal ini sempat dilakukan Arhanud untuk alutsista baru mereka yakni rudal Starstreak dari Inggris. Dalam gallery portal Arhanud saat itu, terpasang beberapa gambar rudal Starstreak, padahal kedatangan alutsista itu belum diketahui publik.

Setelah beberapa bulan, muncullah berita Indonesia membeli rudal starstreak dan digenapi perwakilan produsen Starstreak yang membuka booth di Indo Defence 2012.

Dapat disimpulkan, Arhanud berani memasang rudal starstreak di Portal mereka, karena pembelian senjata itu sudah pasti. Arhanud tergoda memasang gambar Starstreak dengan cepat, karena sangat langka alutssita dari Arhanud yang bisa dibanggakan. Hal ini tentu meningkatkan moral prajurit.

Hal yang sama mungkin terjadi dengan TNI AL. Mereka sangat percaya kapal selam kilo Rusia akan dibeli, sehingga gambarnya dipasang di Kalender tahunan TNI AL.

Selama ini kita menduga kapal selam itu telah dibeli dan telah datang ke Indonesia. Akan tetapi kita kesulitan mencari bukti otentik tentang keberadaan dan pembelian kapal selam Kilo itu.

Kita asumsikan saja satu kapal selam kilo dibangun selama satu tahun. Jika Kilo dikirim ke Indonesia November 2013, kemungkinan kontraknya ditandatangani tahun 2010 atau 2011.

Logika kedua.

Mari kita lihat strategi TNI AL dalam menyusun kekuatan tempur kapal perang permukaan mereka, yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori.

Frigate Van Speijk Class yang sudah tua diposisikan sebagai kekuatan strategis, setelah semuanya nanti dipasang rudal Yakhont berdaya jankau 300 km.

Sementara Korvet Sigma, Nakhoda Ragam dan PKR Sigma 10514 diposisikan sebagai kekuatan pemukul berkualitas.

Adapun kapal-kapal cepat yang akan dilengkapi rudal C-705, akan mengejar  sisi kuantitas/ jumlah.

Produsennya pun, beragam mencampurkan alutsista NATO dan Rusia.

KRI Cakra dan Nanggala kita asumsikan saja dikategorikan seperti Frigate Van Speijk Class, mengejar kekuatan strategis. Kapal Selam Chang Bogo kita asumsikan mengejar kuantitas, seperti kapal-kapal cepat rudal.

Maka untuk mengejar faktor kualitas seperti: Korvet Sigma dan Nakhoda Ragam serta Frigate Sigma, TNI AL akan melengkapi armada kapal selamnya dengan jenis Kilo.  Cukup logis tampaknya asumsi ini.

Asumsi ini diperkuat juga dengan pola produsen yang menyuplai alutsista Indonesia.

Tiga kapal selam Changbogo dari Korea Selatan merupakan buatan Asia berteknologi NATO (Jerman). Dua KRI Cakra dan Nanggala juga buatan Jerman.

Jika demikian, pilihan untuk kapal selam Kilo sangat masuk akal, karena berteknologi Russia. Hal ini karena TNI kerap mencampurkan alutsita antara NATO dan Russia.

Lebih dari itu, sangat risakan jika TNI AL hanya mengandalkan kapal selam tua KRI Cakra dan Nanggala, serta 3 Changbogo untuk operasi pertahanan. Daya gentarnya sangat kecil. Lain halnya jika 5 kapal selam itu dicampur dengan dua kapal selam Kilo Rusia. Apalagi yang dihadapi adalah kapal-kapal selam modern buatan Barat/NATO: Scorpene dan Collins.

Karena negara tetangga terdekat menggunakan kapal selam produk Barat/NATO, maka semakin kuat dugaan Indonesia akan mendatangkan Kapal Selam Kilo buatan Rusia.

Hal ini terjadi di TNI AU. Untuk mengimbangi pesawat F-16 dan F/A 18 milik tetangga, Indonesia mendatangkan SU-27 dan SU-30 buatan Rusia, melengkapi armada F-16 RI yang telah ada.

Hal lainnya adalah, negara-negara yang sedang membangun kekuatan militernya, hampir selalu membeli alutsista dari negara-negara ternama, meski negara mereka mampu membuat alutsista sendiri.

China dan India telah mampu membuat pesawat dan kapal perang, namun tetap saja membeli alutsista sejenis ke Rusia. Demikian pula dengan: Jepang, Korea Selatan bahkan Israel, yang membelinya ke NATO/ Amerika Serikat.

Jadi patut diduga gambar kepal selam Kilo 412 yang ada di kalender TNI AL, masih disain semata, belum eksis. Semoga kapal selam Kilo Rusia itu memperkuat TNI AL di akhir tahun 2013. (JKGR).

  127 Responses to “Rahasia Kapal Selam Indonesia”

  1. Dia terdiam sebentar…, lalu bicara: “ini rahasia ya…!”.
    “Iya”, ucap saya, tak sabar ingin mengetahui jumlah pastinya.
    Dia pun akhirnya angkat bicara: “Jumlah kapal selam kita dua”, ujarnya.

    Percakapan yang seru tapi aga lucu… kalo jawabannya cuma dua bukan rahasiah lagi dong :).
    semoga saja armada kapal selam RI semakin kuat dengan kehadiran KILO

  2. bener itu jumlahnya rahasia tapi yang jelas yang ngga rahasia jumlahnya bukan 2, itu maksudnya.. ya mudah2an 2013 publikasinya yad

  3. Tapi di you tube prnah saya liat acara salah satu tv swasta namanya HANDMDE episode pasukan katak di awalnya ditampilin KS Indonesia cuma ada yg aneh ko nomor lambungnya 410 plus bndramerah putih sempet ga percaya krna ni video cpt bgt..ane ulang and pause bneran nomernya 410..jd klo ada no 410 ada brp ya…klo di blng ini hoax coba cek di you tube mudahmudahan g salah liat kyj ane..

  4. Wah kalaau bahasannya kapalselam indonesia..bakalan rame ini yang koment dan berlarut larut
    Moga moga mr meleckteck sudahh dapat infoo baruu.
    Dan sedikit agak terbuka..
    Ayoo mr roger ,mr danu,,mr wh ditunggu pencerahannya..
    Semogaa MR JKGR dengann bahasan ini bukan sebagai counter bahasan sebelumnya .

  5. Kayaknya Indonesia tidak mau menciptakan ketegangan di kawasan deh, Makanya jumlah kualitas dan kuantitas kapal selam kita dirahasiakan !!!

  6. mas diego “suatu hari” nya tu kapan?
    kmren sore? , minggu lalu? bulan lalu? tahun lalu atw bbrapa tahun yg lalu?
    _rahasia jg ? …

  7. Mas Satrio, tulisan ini untuk update tulisan sebelumnya, setelah mendapat informasi seperti yang di atas. Agak sedih juga mendengar info tersebut. Tadinya saya pikir KS Kita Sudah Ada 6 xixi.

    Ada satu Hal yang lupa saya tanyakan, apakah opsi meminjam kapal Selam mungkin terjadi, seperti India yg meminjam kapal Selam Rusia, krn KS mereka sedang dibangun Oleh Rusia.

    • Mr diego saya yakin anda mendapatkan info lebih dari yang anda tulis.
      Tapi biarkan lah kalau memang itu rahasia negara,
      Apapun alasannya nanti kenapa harus di rahasiakan dan harus tetap rahasia .kami rakyat memakluminya..biar mr melekteck eh keliru dispenal. Maksutnya gak capek capek mengconternya..
      Walaupun anggarannya ada untuk itu.
      Bravo TNI AL tetaplah jaya

  8. “Berbagai laut dan palung sudah dia arungi. Berbagai mahluk laut aneh telah dia temukan. Salah satu yang unik, mahluk yang tinggal di palung dalam Indonesia.

    Aawalnya dia melihat tidak ada mahluk hidup yang tinggal di palung itu, karena sangat dalam. Melalui camera yang terpasang di kabel terulur, mereka terus merekam kedalaman palung.”

    Maaf kalau saya yang kurang tahu. Setahu saya kategori palung adalah kedalamannya mencapai ribuan meter, contohnya palung Mariana dengan kedalaman sampai 10 – 11 km. Kapal selam perang (bukan riset) setahu saya hanya mampu menyelam sampai kedalaman ratusan meter saja..

  9. haikul yakin killo sudah ada d indonesia..merdeka bung..

  10. jawabany cetar membana..

  11. tahun 2010an, jaman cakra/nanggala/salah satunya masih opname ke korsel sempat keliatan koq “410” ini sandar di Ujung Surabaya, padahal pasopati 410 sudah jadi monkasel thn ’96an

    • Apakah mungkin RI hanya menyewa KS Kelas Kilo dari Russia yang digunakan sebagai pengisi sementara ketika Cakra dan Nanggala masih opname di Kroya? Karena sangat riskan ketika tetangga memiliki KS, sementara RI sama sekali tidak memiliki KS yang operasional.

      • Ah, nggak juga. Waktu Cakra opname di Korea, Nanggala stand by. Sedangkan ketika Cakra udah selesai overhaul, gantian Nanggala. Jadi, mereka berdua gantian jagain laut, tidak benar kalau kedua KS kita itu opname bersamaan.

        • Mas DDR3 jadi waktu Cakra opnam dikroya so dunia bawah air kita dijaga sama 1 KS aza? hahahaha… saya seorang perwira pelayaran sungguh mustahil.. mustahil.. mustahil.. mustahil.. mustahil.. lautan luas dunia bawah air indonesia dijaga 1 lontong jadul.

          • Maaf, konteks komentar saya kelihatannya tidak anda tangkap. Saya hanya mencoba mengkoreksi komentar Dandang Gulo yang berkata : “Karena sangat riskan ketika tetangga memiliki KS, sementara RI sama sekali tidak memiliki KS yang operasional.” Apa iya kedua KS kita dioverhaul bersamaan, sehingga muncul kalimat berikutnya : “sementara RI sama sekali tidak memiliki KS yang operasional.” ????? Setahu saya, Cakra dan Nenggala overhaulnya bergantian, satu per satu.
            Makanya hati-hati halau komentar, cermati dulu kata per kata, itu baru komentator yang baik.

        • Lah komen Si Mat tohir kan jelas menyebutkan salah satunya sedang diopname. Dia ga bilang 2-2nya diopname di korsel bersamaan waktunya.

  12. Indonesia masih banyak wilayah yang belum di ketahui oleh awam dan hanya AL yang tahu daerah mana saja yang bisa jadi pelabuhan rahasia sandarnya KS untuk logistik dsb-nya, di tengah laut pun bisa dilakukan supply logistik untuk KS melalui kapal patroli tidak ada yang tahu untuk schedulenya kan??? namanya juga black hole…..

  13. ada ato tidak kilo class diNKRI,…
    klo taon2 depan 30an astros 2 s80 & 30an caesar 155 digelar dibatam & disalvokan, apa ga jadi bubur ayam negara kota sebelah??
    apa ada F15 yg bisa airborne??

    • Itu dengan asumsi Singapuranya diam aja ya. Kl armada F-15 nya mengudara utk mencegat konvoi kapal pembawa astros sm caesar sblm nyampe batam gimana?

      • Mas mas negeri kecik gitu dibahas secanggih apapun alutsista itu gak ngaruh ama negeri kita bandara singa kena bom dah bingung mau lepas landas ataupun mendarat

        • Mas mas, tau kan mereka sudah mempersiapkan jalan tol mereka sebagai runway darurat? Bahkan lampu penerang jalan tol itu udah didesain sedemikian rupa sehingga bisa “dilipat” spy tidak menghalangi pesawat yg take-off dan landing. Tau juga kan mereka punya skuadron udara yang berada di luar negeri? Mereka punya pesawat-pesawat tempur dan penerbangnya yang standby di pangkalan udara yg terletak di Thailand, Australia, sm AS. Tau kan mereka menyimpan cadangan senjata dan amunisinya di bunker2 bawah tanah yang canggih? Sy bicara gini bukan berarti mereka nggak bisa dikalahkan lho ya. Maksudnya spy kita mikir dgn lebih dalam dan detail lagi, nggak mungkin kita bisa memenangkan perang cuma dgn taktik sesederhana spt menghancurkan pangkalan udara mereka, atau mensalvo dgn roket lewat batam, atau bahkan mengencingi rame2 sampe titik merah di peta yang bernama Singapura itu tenggelam. Mari kita belajar utk jangan terlalu menyederhanakan permasalahan. Untuk mengalahkan musuh yg terorganisir dan menggunakan senjata canggih seperti mereka tentu memerlukan strategi yg matang, cerdas, dan tepat.

        • setuju mas….bandara seluas lapangan sepak bola gitu di bom aja landasan pacunya beres…….nggregesi…tentaranya…

  14. ini sy sdikit nge copy tulisan dari blog sebelah “Prediksi optimis kita masih banyak yang ada dalam daftar belanja alutsista untuk kebutuhan MEF. Salah satunya kita meyakini akan ada pengadaan 2 kapal selam dari negara yang berbeda” (http://analisisalutsista.blogspot.com/).. kalau 2 blog militer yg lumayan akurat memberitakan hal yg hmpir sama artinya apa hayoooo.?…
    kemungkinan sebelum 2019 kita sudah memilik 10 lontong….hehehehehe

  15. Perairan bawah laut kita sudah aman dijaga oleh jumlah KS yang cukup jadi jangann kawatir..indikasi dngan sring munculnya punuk KS diperairan ambalat..dan lautan banda dan arafuru..jugaa terdamparnya paus paus di di indonesia timur yg menandakan begitu kuatnya sonar yg dipancarkan oleh KS kita.tinggal tunggu release resmi aja kepemilikan KS kita yg tersembunyi dan penambahan KS baru.smga makin jaya TNI AL

    • Smoga begitu banyak dan kuatnya aktifitas sonar yang ada itu adalah dari KS kita sendiri bukan dari KS-KS asing yang nyelonong masuk perairan kita buat spy activity karena tidak dijaga KS kita yang jumlahnya amat sangat kurang, smoga benar KS kita lebih dari 2, smoga Kilo memang benar2 ada..

      • Anda skrng boleh bangga krna ausie dan uncle sam sdh mulai berhitung tuk menyelinap dilaut timur kitaa..krn pola mrk menyelinap sdh diketahui oleh TNI AL kitaa.
        Pertengaham thn lalu KS usa..(Uss LA) lailthan bersama dgn nenggala dilaut jawa.itu sebenarnya misinya menyusup dilautan timur kita tpi kepergok ama Cakra induk..tukk menutupi malunya mrka mengajak Latma..tentu saja nenggala yg ditunjuk bkn cakra induk krn trmasuk KS rahasia..jdi jgn kawatir bro tntng penyusupan..

  16. kok saya merasa aneh ya…
    begini, indonesia sudah mendapatkan kredit dari rusia $1 M, dan sisa kemungkinan sekitar $500 – $700 juta lagi… tapi indonesia kredit lagi ke rusia sebesar $ 400 juta… apakah $500 – $700 juta sudah habis atau blm? kalau belum kenapa harus kredit lagi ke rusia…. khan bisa pakai sisa kredit $1M….

    • Mas bro, banyak alutsista yang bisa di ambil dengan kredit tersebut dari rusia, KS, Misile, Dsb tau-tau sudah nyantol di Sukhoi, atau digudang arhanud, atau juga sudah bergentayangan di kedalaman?????

  17. Kerahasiaan seputar KS sebagai alutsista sepertinya memang top priority bagi TNI, sehingga rela bayar SPP 300 juta USD demi penguasaan rancang-bangunnya. Setelah teknologi dikuasai, tentunya akan segera dibuat KS “X”, ilmu dan keterampilan yang baru dikuasai harus segera diterapkan agar tidak hilang.

    Dengan kehadiran X pengelompokan dalam armada KS TNI-AL kurang lebih; Rusia/Kilo (?), barat/Jerman (incl. CBG) dan X.

    Dari dua kelompok KS ex luar, yang ditakuti analis militer tetangga hanya Kilo yang akuisisinya dianggap akan “significantly complicate” Australia’s naval planning as they would represent a real threat to surface warships. “These are Russia’s highest quality conventional boats; they would significantly increase Indonesia’s capability. It is most strategically significant for Australia; if there was any conflict with Indonesia these submarines would massively complicate the use of Australian surface ships.”
    The continuing pattern of big arms purchases in the region was eroding Australia’s air and naval advantage, despite the $10 billion acquisition of air warfare destroyers.

    Sementara analis Singapura menganggap CBG biasa2 saja, tidak ada terobosan teknologi seperti Air-Independent Propulsion yang diusung Vastergotland class milik mereka.

    Lalu seperti apa X? Apakah akan menjadi perwujudan KS Midget seperti konsep Kolonel (purn) Ir. Dradjat Budiyanto: dibutuhkan banyak KS yg murah (tetapi high performance, tidak murahan), efektif dan efisien, untuk menjaga chokepoints. Jalan masuk musuh kita, geografi di “direction of sea battle” rata rata hanya sedalam empatpuluh meter, tidak cukup bagi kapal selam U-209/1300 kita untuk menyelam , terlalu riskan untuk menunggu musuh di choke points tsb. Dengan duduk didasar menunggu mangsanya lewat, Midget akan benar benar menjadi unsur surprise di choke points maupun killing corridor bagi musuh yg mencoba akan menerobos/ penetrasi melewatinya.

    (Maret 2010 pemerintah Korsel menyatakan KS midget Korea Utara yang menenggelamkan korvet mereka. War tensions have been high since last week’s announcement by the South Korean government that a 60-foot North Korean submarine fired a torpedo that sank a South Korean corvette and killed 46 sailors. The attack occurred in 150 feet of water, enough room for the midget submarine to maneuver. -Popular Mechanics)

    Belakangan malah muncul wacana KS tanpa awak. Apakah ini artinya Midget minus awak, hanya sepasang torpedo 553mm plus propulsi dan perangkat komunikasi, yang di-pindah2 posisinya berdasarkan komando dari darat? Berarti TNI-AL akan memasuki era robotic warfare. Muantap!.

  18. Perhitungan TNI dalam waktu dekat adalah mencapai power of balance di kawasan sekitar RI. Kalkulasi ini dilakukan di semua lini sebagai dasar membangun sistem pertahanan. Ambil contoh kehadiran MBT Leopard 2 adalah sebagai power of balance atas adanya PT 91 Malaysia dan Leopard Singapura. Begitu pula MLRS Astros II dan Meriam 155 Caesar.

    Nah sekarang Australia memiliki 6 KS Collins, Malaysia 2 KS Scorpen, Singapura 6 KS: Archer Class dan Challenger class, serta memesan 4 KS Sorpene.

    Kalau Singapura dan Australia menganggap KS U-209 dan CBG, “non-factor”, maka KS KILO harus eksis, untuk mencapai power of balance.

    Power of balance juga terus dilakukan TNI AU, dengan menambah SU dan F-16 toh…

    • Maaf tp yg bener balance of power, bukan power of balance mas..

    • The Power of Balance, antara lain diulas oleh Kurt m. Campbell, Nirav Patel, Vikram J. Singh. Pemikiran ini menjadi masukan bagi TNI.

      Faced with this challenge, when engaging with Asia, American policymakers must begin to think not in terms of the balance of power, but in terms of the power of balance. A balance of power perspective would see a zero-sum competition between states based largely on military power, and attempt to maintain a strong coalition of states to balance against a rising China. In contrast, a power of balance perspective is cognizant that the state is now just one of many actors in the international system, and sees many win-win situations in diplomacy and trade. An American strategy based on a power of balance perspective would recognize how nation-state power and behavior are impacted by forces like globalization, and how actors in Asia are vying for a more proactive role, both regionally and globally, in maintaining order and security. It would be balanced in terms of the tools it employs: while remaining cognizant of hard power considerations, it would emphasize soft power. And it would be balanced in terms of where and how it applies those tools with both state and non-state actors.

      http://www.cnas.org/files/documents/publications/CampbellPatelSingh_iAsia_June08.pdf

      • Iya, ternyata memang ada strategi baru yg ingin diterapkan oleh Amerika, yaitu power of balance. Tapi yg anda tulis di posting sebelum ini (dengan contoh kita mengambil Leopard 2 untuk mengimbangi Pendekar, dan Kilo harus dibeli untuk mengimbangi KS-KS tetangga) justru menunjukkan contoh aplikasi balance of power, bukan power of balance. Kalau konteksnya adalah strategi untuk mengimbangi kekuatan tetangga maka istilah yg tepat adalah balance of power (=perimbangan kekuatan). Jadi istilah power of balancenya sudah tepat, tapi aplikasinya dalam konteks kalimat masih kurang tepat.

  19. Banyakk ygg dirahasiakan oleh kemenhan T?? alutsista kitaa,,bila negara lain mengatakan indonesia lemah dlm alutsista ..maka petinggi TNI hanya tersenyum aja,,krna matra darat,dan laut cukup tukk menjaga teritorial kita..
    KS sejak jaman ORLA dan pak Harto jumlahnya selalu dirahasiakan..
    Karena trmasuk pemukul strategis.
    Kalau pengamat jeli di foto” release resmi sering terlihat cakra dgn penapakan postur yg berbeda (Cakra kembar)..pdhal itu jaman pak harto sdh ada..Saudara kembar cakra jauh lebih besar dan canggih tuk jaman itu dan skrang msh sangaat mumpuni dgn VLS dan propulsi udara independennya..
    Tuk kilo dan amur sepengetahuan saya sih sdh bnyk perwira TNI AL yg mengakuinya. Keberadaannya ..
    Itu yg membuat saya lega dan makin bangga dengann TNI AL..

  20. disatu sisi sebenarnya saya tidak yakin vietnam mampu membeli 6 KS Kilo, kira2 teman2 pada yakin kalau mereka bisa beli 6 KS kilo?

    • Sangat mungkin, harga jual premium di Vietnam US$ 1.10 / Rp 10,780. Berarti tidak ada subsidi BBM, APBN mereka bisa memberi alokasi lebih besar untuk belanja alutsista.

      http://www.thanhniennews.com/2010/pages/20120813-vietnam-gasoline-price-increases.aspx

      Subsidi BBM kita hingga Desember 2012 Rp 211.9 T, kalau tanpa subsidi berarti ada tambahan Rp 211.9 T untuk APBN (untuk bikin jalan tol, pelabuhan, bandara. Saat Jagorawi beroperasi, Malaysia dan Cina gak kenal apa itu jalan tol. Sekarang jalan tol mereka udah belasan / puluhan ribu km, kita masih dibawah 1,000 km).

      Kalau 5% saja dari tambahan budget Rp 211.9 T untuk belanja alutsista = US$ 1.08 milyar per tahun, tinggal dihitung dapat berapa Sukhoi dan Kilo ekstra..

      • hehe… itu sih itung2 pedagang, bukan itung2an pemerintah. toh tetap APBN indonesia lebih besar dari vietnam. memangnya uang yang di keluarkan rakyat buat beli BBM tanpa subsidi ngga dihitung. memangnya dampak subsidi BBM ke rakyat ngga dihitung? mau jadi ikut2an negara kapitalis kita? kalo nanti ngga disubsidi BBM, tuh Petronas kemaren masih tetap hidup di Indonesia, shell makin berjaya. memangnya itu ngga ikut anda hitung dampaknya?
        yang jelas saya tidak yakin 6 ks yang didengung2kan dibeli vietnam punya vietnam. hehe..

        • Lho, itu hitung2an APBN, berarti negara dong…
          Jelas APBN kita lebh besar dari Vietnam, tapi ya itu, Rp 211 T habis dibakar dalam bentuk subsidi BBM.

          “uang yang di keluarkan rakyat buat beli BBM tanpa subsidi ngga dihitung?”
          Memang gak dihitung, ini kan bicara APBN.

          “mau jadi ikut2an negara kapitalis kita?”
          Rasanya hingga hari ini Vietnam masih komunis…

          Soal Petronas dan Shell urusan gampang, emangnya Pertamina diijinkan buka SPBU di Malaysia?

          • makanya melihat ekonomi jangan sepotong2, memang kalo pemerintah kasi subsidi ke pertamina uangnya kemana? kan balik ke pemerintah lagi, gimana sih
            loh makanya kalo rakyat daya belinya renadah, apa kamu pikir tidak berpengaruh sama APBN, ada dunk cuman malas jelasinnya hehe..
            vietnam itu cuman namanya aja komunis, tapi ekonominya full dikuasai kapitalis asing.
            loh ya pasti bisalah, gimana sih.

            intinya rakyat harus dapat subsidi langsung BBM, itu namanya negara PANCASILA, ngga usah neko2 hehe

            tapi btw, yang ente lihat, TNI ngga sejelek2 yang ente pikirkan alutsistanya..dan bukan urusan subsisdi2 kalo urusan bisa ngga beli alutsista. ini urusan strategi.. :D

          • Kalau ente pernah dengar istilah ‘harga keekonomian premium Rp 8,300/liter’ gak perlu ada debat lagi.

            Intinya biaya total mulai dari memompa crude oil dari sumur minyak di pelosok2, mengumpulkan dan mengangkut ke penyulingan, biaya penyulingan hingga keluar premium, biaya angkut premium ke SPBU plus nilai crude oilnya sendiri (via mekanisme ICP) = Rp 8,300/liter. Jadi premium yang dibakar diblok mesin kendaraan kita dan dibeli seharga Rp 4,500/liter seharusnya dijual seharga Rp 8,300/liter, itulah subsidi -titik. Jadi gak perlu mikir muter2 ada uang subsidi masuk ke Pertamina dsb, uang subsidi itu ya masuk ke tangki2 bensin mobil dan motor, gitu lho…

          • ente yang ngga usah muter2, intinya kalo konglemerasi asing senang banget kalo subsisdi dihapuskan sama sekali, dan ente sedang menyuarakan keinginan mereka, mau harga berapa pun biaya lifting negara wajib mensubsisdi BBM untuk rakyat umum.

          • Gak sekalian aja negara wajib mensubsidi tiap keluarga beli Ferrari ?

          • nah itu yang disebut pendapat ngga logis dan cendrung bego, hehe.. emang guru, tentara, polisi, buruh, dosen, pedagang kaki lima, supir angkot, tukang sapu, OB, pengamen, penjaga toko, karyawan depstore, karyawan pabrik bakalan beli Ferrari? dan satu lagi emang yang jual Ferrari perusahan BUMN? gimana sih.
            sekarang saya tanya kalo BBM tidak di subsisdi dibiarkan harganya sesuai pasar bebas, apa pertamina lebih senang ato tidak?

          • Itu justru ilustrasi, kalau bego atau tidak logis jangan tanggung, bablasin aja… :)

            Berapa banyak pemilik mobil dan motor di Indonesia? Pasti lebih banyak yang tidak punya, yang makan sekali sehari aja udah untung.
            Nah mereka ini dapat subsidi apa? Kelompok pertama itu udah jelas, dapat subsidi Rp 200 T per tahun, adil gak sih?

          • ah sudahlah ente cuma antek2nya kapitalis yang ngaku2 membela rakyat kecil hehe.. siapa bilang rakyat indonesia ngga makan, kalo kata anak abg ente Lebay.., saya ajak ngerti kemana larinya uang subsidi malah kasi ilustrasi aneh2, dari sini sudah jelas ente memang pembela perusahan2 asing yang memang banyak di indonesia ini, kebanyakan bicara ham cuman untuk kepentingan luar dan bukan sama sekali rakyat Indonesia.

            sekarang mana lebih baik rakyat indonesia tetap beli Bensin di SPBU pertamina atau petronas? itu aja dulu ngga usah ngalor ngidul bicara ferari, rakyat kecil.

            penjelasan saya logis bukan sekalian di bikin bego kaye ente.
            yang jelas ente sih ngga bego sih.. cuman pinter banget mau bodoh2in orang indonesia cuman ketauan tuh.. haha

          • bung parnas dan bung danu kalian berdua benar..
            Seyogyanya tetap subsisdi dan tetap menyelamatkan apbn kita..denganatl cara mengurangi subsidi..ini bukan masalah membela kapitalis ato pro rakyat kecil..tapi lebih ke pemikiran holistik dan hajat hidup orang banyak.
            misal:bbm dinaikan 1500 rp.kan banyak yang bisa diselamatkan apbn kita dan bisa dialihkan ke pembangunan fisik atau pembangunan sdm rakyat indonesia dan masih tetap dibawah harga shell ataupun petronas.
            Atau dibatasi mobil pribadi dan mobil pemerintah dilarang pakai bbm subsidi.sambil memperbaiki sistim bagi hasil sumur sumur minyak kita yg dikelola asing dan memperbaiki segala kkn yg terjadi diseluruh birokrasi kita.
            Hati hati lho sekarang negara kapitalis yg tdk suka dgn indonesia dan ingin membangkrutkan ekonomi indonesia bisa dengan membuat tekanan kepada pemerintah melalui segala aspek masyarakat tuk tidak menaikan bbm dan TDL agar jeblok apbn kita..dan penyelundupan bbm masih banyak terjadi karena harga bbm kita termurah diasean rawan diselundupkan.
            Jadi sebagai rakyat yang cerdas bagaimana kita bisa menyelamatkan harkat hidup orang banyak kedepan..

          • benar bung satrio, saya juga tidak bilang subsidi BBM di kunci pada satu nilai nominal tertentu dan tidak bisa di ubah2 sesuai perkembangan harga BBM dipasar Internasional, yang saya maksud BBM tetap harus ada yang di subsidi dan pemakainya harus tepat, dengan jumlah subsidi sekian persen dari harga pasar, yang penting harus tetap manggunakan strategi memasarkan satu jenis BBM yang tersubsidi yang lebih rendah dari haraga pasar, mengenai besar subsidi itu terserah pemerintah menghitung berapa yang reasonable dan tetap menjadi harga penyeimbang.

          • Bagus berarti da clear masalah subsidi bbm da tuntas
            berarti rakyat kira cerdas …
            Tingal kita lbh cerewet dlm forum ini… agar pemerintah membuat kebijakan tentang BBM sebaik baiknya tuk masa depan indonesia lebih jaya

        • biang kerok lemahnya keuangan kita selain korupsi adalah subsidi BBM, yang menikmati subsidi bukan rakyat kecil, karena rakyat kecil hanya bisa pakai kaki, sepeda onthel, dan sepeda motor, tahun 2013 subsidi BBM udah tembus Rp.500 Triliun dalam 1 tahun

          kalau dibelikan kapal selam KILO, dapat berapa ? PER-TAHUN.

          • emang kalo dikasi subsidi BBM yang dipake orang yang ngisi bensin di SPBU pertamina uangnya lari kemana kemana Bos?
            pilih mana ente uang masuk ke negara semua ato ke malaysia dll sebagain? mikir dunk..

          • 40% BBM kita di selundupkan dan dicuri Malaysia dan Singapura, karena MURAH di subsidi.

            Berarti anda (Pro Subsidi) adalah antek Malaysia dan Singapura. Dasar LoL loe

          • nah itu urusan laen bung, kalo itu hukum yang mesti ditegakkan, bukan strategi ekonomi pertahanan, ente tau kenapa petronas sudah tutup di indonesia baru2 ini? karena BBM subsidi ngga jadi di hapuskan, mereka da siap2 beberapa tahun yang lalu kalo2 BBM benar2 pasar bebas di indonesia makanya berani bangun SPBU2x di indonesia.
            makanya hati2x bung dengan konsep demokrasi yang ditawarkan dunia luar. jangan ngasal..
            nah angka 40% itu juga cuman asal2an loe aja kawan.. ngga ada angka itu segitu.

        • Lah, bukannya ente yang agen asing, ngomporin orang biar pro subsidi, sehingga dana APBN habis dibakar, gak bisa buat membangun infrastruktur, RS, sekolah, dana riset iptek hingga beli alutsista? Coba deh tanggapin juga argumen bung Satrio…

          • Tadi malam analis Edwin Sebayang di MNC Business channel: Impor BBM (40% kebutuhan domestik) menguras devisa sehingga kurs Rp melemah ke Rp 9,900/US$.
            Kalau tembus level psikologis Rp 10,000/US$, bisa jadi bola liar…

            http://finance.detik.com/read/2013/01/10/174926/2138835/1034/wamen-esdm-dorong-harga-bbm-subsidi-naik-jadi-rp-6500-liter?

          • Gini Bos.. gw bukan mau jelaskan ke ente Bos, karena gw yakin ente dah tau pat gulipatnya isu penghapusan subsidi BBM cuman pura2 ngga tau..hehe.., sejak reformasi pengusaha2 asing yang level menengah sampai kecil masuk ke Indonesia dan berharap semakin bisa berus berusaha di indonesia ini. Asing tau benar kekuatan ekonomi Indonesia itu ada di usaha kecil dan menengah bukan di industri besar. kalo sampai minimal 5% aja penduduk indonesia berusaha kecil dan menengah maka bisa dipastikan 35-45% penduduk usia kerja akan bekerja di usaha kecil dan menengah dan indonesia akan sangat kuat dan kokoh ekonominya dan sangat sulit di goyang. Kalo sampai BBM subsidi dihapus maka denan mudahlah mereak mengalahkan pengusaha2 kecil dan menengah. Jadi kalo ente bilang yang punya mobil ngga layak dapet subsisdi ente salah besar, anda salah besar. justru pengusaha kecil juga salah satu komponen utama bangsa yang membuat rakyat2 kecil bisa bekerja , kalo usaha kecil mereka bayar pajak juga kok, gimana dengan Anda? Hehe.. nah itu kalo dipandang dari segi dunia usaha yah.. dan masih banyak lagi aspeknya

      • Gini boss, awalnya ente tanya mungkin gak Vietnam beli 6 Kilo? Gw bilang sangat mungkin dari fakta mereka gak mikirin subsidi BBM domestik, sehingga bisa digunakan untuk yang lain, incl. alutsista.

        Nah giliran ente jelasin, kalau rakyat Vietnam yang GDP/kapitanya US$ 1,407 (World Bank) beli premium Rp 10,780/liter, rakyat indonesia yang GDP/kapitanya
        US$ 3,495 (WB) pantesnya beli premium di harga berapa / liter?

        • Ini ilustrasi lain, typical traffic di kedua ibukota, Jakarta dan Hanoi.
          Beda GDP/kapita kedua negara tercermin jelas dari mayoritas jenis kendaraan.

          Kalau kedua foto diberikan ke murid highschool di negara Barat dan disuruh mencocokkan foto dengan harga gasoline yang berlaku dalam US$, (yaitu US$ 0,459 dan US$ 1,10), semua tebakan pasti salah!

          http://latitudenews.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2012/08/RTR2YCJZ.jpg

          http://rielworld.com/wp-content/uploads/2010/06/hanoi-024.jpg

          • Loh gambar2 anda menunjukkan negara kita lebih mampu mensejahtrakan rakyatnya, so what’s the problem dengan gambar ini? jadi saya mengucapkan terimakasih kalo gambar ini dibandingkan dan semuanya salah menebak :).

            Toh kalo mau bicara kapal selam kita punya kapal selam lebih banyak dari Vietnam sampai sekarng dan masa depan :) , dan jauh2 hari kita juga sudah punya KS selam juga dibanding Vietnam. hehe..

          • gambar ini baru akan memberi respon yang berbeda alias respon negatif kalau anda orang vietnam dan anda memberikannya ke orang vietnam gambar ini dan anda memberitahu hasil tebakan survey tersebut. Mereka akan protes besar kepada pemerintahnya dan mungkin terbersit dalam pikirananya untuk pindah warga negara ke bumi nusantara ini yang dasar negaranya dikenal dengan Pancasila ini

          • satu lagi, pasti bapak2 dari siswa barat tersebut dalam hatinya berpikir bagaimana caranya supaya BBM subsisdi di Indonesia dihapuskan, hehehe…

          • whatever, just amuse yourself…

  21. menurut pikiran awamku KS adalah sebagai kartu as dalam perang laut, sehingga harus dirahasiakan dari publik supaya pihak luar tidak bisa mengetahui kekuatan sebenarnya,…

  22. Iya, ternyata memang ada strategi baru yg ingin diterapkan oleh Amerika, yaitu power of balance. Tapi yg anda tulis di posting sebelum ini (dengan contoh kita mengambil Leopard 2 untuk mengimbangi Pendekar, dan Kilo harus dibeli untuk mengimbangi KS-KS tetangga) justru menunjukkan contoh aplikasi balance of power, bukan power of balance. Kalau konteksnya adalah strategi untuk mengimbangi kekuatan tetangga maka istilah yg tepat adalah balance of power (=perimbangan kekuatan). Jadi istilah power of balancenya sudah tepat, tapi aplikasinya dalam konteks kalimat masih kurang tepat.

  23. kebanyakan yang coment disini orang dari forum sebelah yang tau banyak tentang lontong, hati-hati jangan keceplosan nanti ada karung.

  24. Kemarin ada berita menarik di Kompas; ‘Pembangunan pangkalan kapal selam di Palu sudah 90%, tinggal pagar dan perlengkapan kantor. Pangkalan ini tidak menunggu kedatangan CBG yang sedang dibangun di Korea.’

    Sepertinya disinformasi jika dikaitkan dengan Changbogo, karena yang pertama baru akan datang 2015. Pasti ada sesuatu yang ditunggu dalam waktu dekat, karena kebiasaan TNI membangun fasilitas untuk alutsista berdekatan dengan waktu penyerahan alutsista tsb (mis. shelter pesawat tempur).

    Yang lebih menarik; ‘Adapun infrastruktur utama, yaitu dermaga, SHELTER, alat tambat, radio komunikasi dan fasilitas perbaikan sudah selesai’

    Infrastrukur utama jelas berkaitan langsung dengan KS. Selain itu pasti ada infrastruktur penunjang; kantor administrasi pangkalan, kantor+akomodasi pasukan pengamanan pangkalan, gudang perbekalan, gudang senjata, rumah genset, tangki / bunker bahan bakar dst.

    Jelas shelter yang disebut adalah untuk kapal selam, bukan untuk motor atau mobil dinas.
    Kenapa harus diberi shelter? Pasti bukan untuk melindungi dari cuaca, pasti ada yang lebih strategis, seperti mencegah pengambilan foto udara / satelit?

    Berita tentang TNI-AL + Kilo sudah lama beredar di kawasan Asia Pasifik, apa yang masih perlu disembunyikan?
    Mungkin jumlah atau tipe, mungkin tidak hanya satu tipe, dan ada yang mengusung VLS?

    • loh kan sudah dibilang KS itu memang dirahasiakan sejak jaman orde baru. lagian apa untungnya dibuat pengumuman resmi. orang KS bukan buat nangkap kapal nelayan kok.

      • Soal rahasia terlalu umum, ini lebih fokus ke dugaan ada KS yang akan diterima dalam waktu singkat plus di Surabaya KS biasanya berlabuh di dermaga terbuka….

    • ada yang menarik di harian kabar kompas
      “Pangkalan ini “TIDAK” menunggu kedatangan CBG yang sedang dibangun di Korea”… nah yang menjadi pertanyaan: pangakalan ini sedang menunggu siapa kalau bukan CBG???

      • Ya nunggu nanggala & cakra, ephoria terjadi karena Kemhan lebih memilih CBG dari pada Kilo, Kilo class & sodara2nya mungkin dibeli kalau 2014 presidennya prabowo, karena yang sekarang terlalu sopan, sorry, just my opinion. salam.

    • Numpang tamya: ‘genteng merah’ apakah terletak di Teluk Palu? huehehe…

  25. TNI sudah memesan 13 kapal selam buatan rusia, tentunya kita sudah mendengar berita itu kan dari koran dan media bahwa rusia menawarkan 13 kapal selamnya untuk indonesia, dan kalau kita lihat baik pesawat terbang sudah ditambah tank sudah pesan 100, kapal permukaan sudah dipesan tinggal kapal selam aja kan, jadi bisa dipastikan bahwa indonesia sudah memesan 13 kapal selam dari rusia belum lagi ditambah ada rumor yang menyebutkan inndonesia akan membeli 2 kapal selam dari inggris, sudah pasti negara tetangga akan gentar, lihat saja seperti malay guguk yang sudah pura2 bersikap ramah, pada kita, dan negara yang lain juga seperti itu, cina yang bersengketa dengan hampir semua negara asia tenggara toh nyatanya bersikap ramah dengan indonesia itu artinya bahwa negara tetangga sudah tahu berapa kira2 kapang selam yang dimiliki oleh indonesia, kalau cuma 2 kapal selam kilo cina gak akan bersikap ramah, contohnya aja vietnam. pasti cina paling tidak tahu kekuatan sebenarnya dari indonesia yang tersembunyi, masak negara yang katanya kepulauan tenang2 aja punya 2 kapal selam danhanya membeli 3 kapal selam dari korea, rasanya tidak mungkin, yang mungkin kita punya 13 kapal selam seperti yang pernah ditawarkan pemerintah rusia kala bertamu ke indonesia.

    • 13 kapal selam buatan rusia??? dapat sumber darimana bro… tidak usah mengada-ada..

      • sumber resmi susah bung tuk alutsista yang bernama KS…walaupun jumlahnya rahasia yg kita pesan tapi kita yakini aja bahwa petinggi TNI AL terus berusaha menjadikan TNI AL GARANG

    • 13 KS duitnya sapa bung, emang dana pertahanan udh naik tp dibandingin jml personel, jml alutsista tuwir yg mesti diganti n wilayah yg harus dijaga itu sangat kecil sekali om. BBM aja seret buat patroli, sampe ribut sm pertamina kemarin.

      Lihat aja lah kondisi kapal permukaan, wong freget seumuran ama punya pinoy blum diganti kok udh KS. Masi lebih penting kapal permukaan dari KS om, Kapal permukaan dibuat patroli jaga perbatasan, pencurian ikan, bajak laut dll. masa ada pelanggaan wilayah laut, pencuri ikan, bajak laut langsung main di terpedo gitu. lagian jangkauan sensornya KS itu ngga seluas kapal permukaan.

      Makanya TNI AL ngebet bikin KCR biar bisa banyak dulu buat patroli, baru mikir buat perang, coba diperhatikan radar ama rudal kita udh uzur semua jg ngga diganti. data selat malaka aja kebanyakan dapet dari Singapura kok udh ngemeng KS. ngga ush bawa2 China lah, dana pertahanan kita cm 8-9 sono dah 109 brp kali lipat coba.. kejauhan. sana tiap brp bln nelorin Corvette fregate full arment, la kita… KCR itu aja ngga ada persenjataannya.

  26. berapa jumlah kapal selam yang dimiliki terserah tni. yang penting indonesia aman tentram damai tata tertib subur makmur gemah ripah loh jinawi kerta raharja.

  27. kapal selam kita ada lebih dari dua, dan jiran kita sudah tau china juga sudah dapat bocoran dari agen rusia bahwa kekuatan bawah laut tni tidak bisa dipandang remeh… entah gertakan atau memang beneran yang jelas kekuatan bawah laut kita sudah cukup kuat untuk mengawal laut indonesia gak percaya sering2lah mengrungi laut kita sesekali pasti kita akan kepergok dengan ks merah putih yg bukan type209

    • Ya benar….dan kita sebagai rakyat bangga dengan korps hiu TNI AL..
      Sebenarnya banyak yg punya foto foto penampakan KS rahasia kita…tapi demi rahasia negara,kita nggak akan menunjukan foto foto itu disini ..
      Biar kita dianggap remeh yang penting mematikan kalau NKRI terancam…
      Jadi tetaplah berdoa tuk semakin jaya TNI dengan berbagai tambahan alutsista yang akan terus berdatangan (juga yang dirahasiakan)

  28. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttt…………………… jgn keras2 tetangga byk yg dengar……… yg penting KS kita byk

    • Nelayan yg hidup nya di laut paling tau,dlu aku jga ngeyel di forum,tp 2 bln ikut jd nelayan aku jd tahu ks kta,berbeda bukn cma tiga atau empat yg 20-25 meter pnjgnya pun ada,dan aku ada gmbr2nya di hp aku,

  29. ini aja gan…sekarang ada gak..negara tetangga yg mau ajak tawuran ma TNI……gituh aja kok repot…berarti takut di hajar yakhont dari VLS ks kita…atau di torpedo…..

    • mas koday….. negara tetangga bukannya nggak berani tapi bisa saja kita yang takut, buktinya tapal perbatasan kita hilang dan bergeser sudah berkali-kali tapi sepertinya tidak ada ketegasan dari pemerintah, pidato presiden soal protes ke malaysia juga ngambang bisa jadi malaysia tertawa mendengarnya bandingkan dengan pidato bung karno yang setiap ucapannya membakar semangat untuk mempertahankan NKRI…….. jauh banget bro.

      • jawaban presiden tidak dengan mencak mencak menyalahkan malasyia , tapi dengan meningkatkan pertahanan dengan alutsista yang kemudian dipesan ke sejumlah negara besar walau dengan perjuangan melawan pihak2 tertentu didalam negeri yang dengan sengaja ingin melemahkan militer indonesia , mungkin ini yang disebut strategi wajah jawa… ( menurut pak jagvane diblog sebelah) dan saya sangat setuju dengan ulasan tersebut ..silahkan anda berkunjung ke blog analisis alutsista pak jagvane untuk mengetahui jawabannya salam

  30. Rakyat gak perlu RAHASIA !!!!!!! Kalau KS yang resmi ada 12 dan ternyata yang rahasia ada 24 !!!! Itu baru strongth !!!!!!!!!! Buat PARNAS gak perlu PELIT sama Negara Sendiri !!!!!! Pajak yang elu bayar masih lebih sedikit (paling cuma 2%) dibanding subsidi yang elu minum !!!!!!!!

  31. susah x menebak makna kata rahasia ks indonesia?krn inpona kabur,coba simak inpona”stt ks kita cuma 2″jgnkan 2,29 ks jenis akula bsa kita buat\beli tp msalahna mental oknum pejabat kita yg koropsi sgt akut.tanah subur hasil laut brlimpah hasil bumi hebat knapa ALUSTISTA KITA MISKIN?kita arus buang paham feodal belanda yg mlekat pd bangsa ini.MERDEKA ATO MATI.

    • liat link dari atas sampai bawah cuman geli dan ketawa sambil tepok jidak pada hayal semua niihh….

      • Maaf, maksudnya comment atau link / URL ya? Jadi ikut geli dan ketawa…

        • linknya maz…

          dan juga comentnya menggebu-gebu seakan-akan ada yg tahu dan pernah lihat langsung ks kilo ini…
          dan masalah bbm bersubsidi kompleks pokoknya..

          • Waduh, gimana ya?

            Link itu justru kalau anak2 SMP sekarang bikin PR/tugas/paper ‘kan semacam bukti bahwa mereka udah mencari rujukan/referensi dsb. pokoknya tidak ngarang/asbun/khayal?
            Justru kalau ingin mengatakan suatu/sejumlah link khayal harusnya ya memberi counter berupa link yang membuktikan sebaliknya, saya pikir prosedur ilmiah seperti ini sudah kita ketahui bersama?
            Sebisa mungkin hindari istilah ‘pokoknya’ tanpa disertai uraian/rujukan yang memadai, kecuali anda sudah tergolong ‘begawan’ dalam salah satu disiplin ilmu…

  32. Saya bingung, sepertinya tidak perlu diperdebatkan :) cinta tanah air? cukup gunakan keahlian anda untuk Indonesia, tanpa harus memperdebatkan tentang apa dan mengapa.

    • salam bro, ini juga bagian dari permainan dunia maya ,…. sebaiknya anda nikmati aja begitu juga kami… dengan berdebat bukan berarti kami 24 jam didepan layar, kami juga bekerja dan berbakti kepada agama ,bangsa negara dan keluarga dan insya Allah kami juga bukan bagian dari koruptor yang menggerogoti wajah indonesia kamipun patriot yang mencintai tanah air kami indonesia yang bekerja sesuai fungsi kami dimasyarakat sekali lagi jangan bingung bro!!!

  33. Udahlah skrg udah jelas nggak perlu berdebat memang pemerintah mempunyai rencana membeli KS kilo, kapal selam ini diakui kemhan lebihhebat dibanding CBG, tapi ternyata besarnya yg harus dianggarkan menjadi kendala. Satu unit kilo class seharga 300 juta dollar, tapi untuk menyiapkan galangan, sstem refueling dan lainnya pemerintah harus menyiapkan anggaran sebesar 400juta dollar, setelah itu juga harus menyiapan anggaran lagi untuk engoperasikan sekian tahu. Kemhan mengakui alutsista rusia itu sangat mahal biaya perawatan dan operasonalnya. Jadi kalau indonesia membeli ks kilo class artinya bisa membeli tapi tidak bisa mengoperasikannya.
    Kalau ks CBG harga 340jt dollars, tni tdk perlu menyiapan anggaran besar untuk mengoperasikannya karn infrastruktur yg dipunyai TNI sudah mencukupi, dan ada TOT senilai 100 juta dollar dgn kapal selam ketiga dipfoduksi di indonesia. Jadi pertimbangan utama pemeritah membeli alutsista yaitu: life cycle maintanance cost, communalities, dan established.

  34. Komentar diatas oleh sekjend kemhan marsda tni eris heryanto sebelum diganti oleh letjen budiman saat diwawancarai oleh team salah satu majalah kemiliteran terkemuka di indonesia

  35. saya setuju bahwa yg harus kita pikirkan buat tni adalah bukan gagah2 an sesaat, tapi harus berlangsung scr berkesinambungan. membangun suatu angkatan perang yang kuat bukanlah segampang membalik telapak tangan. perlu kemantapan ekonomi dan ketepatan strategi. sy setuju dengan langkah pemerintah sekarang yg lebih mengedepankan transfer teknologi, sehingga kedepannya kita bisa mandiri, tanpa bergantung dengan negara lain (berdikari). mengenai kapal selam, saya yakin, pemerintah sudah melihat letak kestrategisan kapal selam dalam wilayah nusantara… saya yakin CBG hanyalah langkah awal… berikutnya, kita tunggu sj…. bravo tni, bravo indonesia ku

  36. mungkin TNI AL gx mau kasih tau karna takut pihak asing mengetahui kapal selam kita ada banyak jdinya kyk gtu gx mau kasih tau

  37. mestinya pemerintah (TNI) buka suara soal KS kilo biar clear

  38. “Jales Veva Jaya Mahe”, saya yakin negeriku yang negara kepulauan terbesar di dunia ini dgn segala kekayaannya tidaklah mungkin hanya ditopang dgn 2 kapal selam. Tapi tak apa2. demi rahasia negara biarlah kami tidak tahu jumlah pastinya. tapi kami bangga karena tahu jumlahnya bukan hanya 2 buah.

  39. Ingat menhan khan sudah bilang, bahwa anggaran pembelian alutsista yang telah direncanakan t 2010 sd 2014 dan disetujui DPR ekitar 15 milyar dollar baru kepake separonya, karena pengadaan alutsista membutuhkan waktu lama, mulai digodog dari usernya (TNI), diajukan ke kemhan ditender dan dianalisis oleh komite pengadaan alutsista yg dibentuk presiden biar transparan dan tepat guna, maju ke kemenkeu/bappenas, trus ke DPR sampai dicabut bintangnya.
    Jadi anggaran masih separo sekita 7 milyar dollar, jadi pemerintah juga hati2 dan efisien menggunakan anggaran dan pasti saya yakin klo progran pembangunan pertahanan tidak berhenti disini. Pembelian alutsista tdk seperti kita di supermarket lgsn beli/trus dicoba klo bagus beli banyak klo jelek nggak usah beli lagi. Jaddi beli alutsista tahun ini kayak kapal selam baru datang 3-4 th depan, itupun byk pertimbangan. Jadi jelas masih banyak yang akan dibelanjakan pemerintah seperti radar pertahanan, pesawat peringatan dini, rudal permukaan ke permukaan, rudal permukaan ke udara jarak sedang, kapal selam batch ke 2, sukoi 1 skwadron, fregat dll
    Jadi kita tunggu saja.

  40. maaf sebelumnya org kecil dan bodoh ini mau ikut komentar dikit….dr judul artikel d atas sdh jelas klo judulnya “Rahasia Kapal Selam Indonesia”…..yg sy tahu sbg org awam kata RAHASIA berarti TIDAK BOLEH DI INFORMASIKAN…..TIDAK BOLEH DIBERITAKAN…DAN TIDAK BOLEH DISEBARLUASKAN…..apalagi ini menyangkut RAHASIA PERTAHANAN NEGARA NKRI tercinta kt yg harus kita jaga bersama agar jangan sampai diketahui negara lain…..jikalo dalam artikel ini berusaha utk mengetahui banyaknya jumlah kapal selam INDONESIA itu sama saja seperti menyebarluaskan RAHASIA NEGARA dan maaf sebelumnya hal itu dalam tanda kutip berarti seperti ” MENGKHIANATI PERTAHANAN NEGARA” dan itu bukanlah sikap yg patriot sebagai warga negara Indonesia yang baik……TRIMA KASIH MAAF SEBELUMNYA

  41. kalo kita punya kapal selam,entah brp jumlahnya,hrsnya bisa juga dipake untuk men-detect pencurian ikan-ikan di perairan Indonesia,plus penyelundupan (selain utamanya sebagai alutsista)?

    tempatkan aja 2 kapal selam tadi di masing-masing perariran yg rawan penyelundupan sama penangkapan ikan liar..masing-masing perairan 1 biji (sambil nunggu kapal selam yg baru)..dijamin penangkapan ikan liar sama penyelundupan bakal berkurang drastis..karena bagaimanapun juga,radarnya kapal selam bisa menangkap sampe ratusan mil…apalagi kl ditempatkan di pulau terluar..

    dengan begitu,TNI AL bisa mengajukan bargaining position donkkk ke pemerintah pusat untuk nambah kapal selam, bahwa APBN makin meningkat karna peran kapal selam sudah terbukti handal (meski masih sekelas Cakra dan Nanggala..

    karena bagaimanapun juga,meski Indonesia punya banyak kapal korvet atau kapal perusak sekalipun atau punya kapal patroli yg canggih pake rudal,tanpa didukung kapal selam,percuma aja…kalo bertempur di laut bakal cepat kehabisan kapal euyyy,,1 kapal selam bisa hancurin 10-20 kapal korvet..sementara 1 korvet hrs detect dulu sonar kapal selam..

    bravo TNI AL,,,bravo marinir!

  42. mantab habis semua comment-commentnya…………… terima kasih juga buat admin untuk artikelnya…………. ^ ^

  43. Hahhh … kerjasama memasok spare parts dan renovasi kapal selam dengan Rusia? Kapal selam yang mana? Bukannya Type-209 Chakra dan Nanggala adalah buatan Jerman dan barusan sudah direhabilitasi oleh Korea? KS Changbogo yg dipesan ke Korea juga belum ada bendanya.

    “Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Selasa (23/7) menerima kunjungan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin, di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

    Adapun maksud kunjungan Dubes Rusia kepada Menhan ini adalah untuk membicarakan beberapa hal yang menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara. Diantaranya adalah kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam.

    …”

    http://www.kemhan.go.id/kemhan/?pg=31&id=1160

  44. Bung diego, ada informasi yg sangat HOOOOT, coba baca informasi di sini:
    http://www.kemhan.go.id/kemhan/?pg=31&id=1160

    Rabu, 24 Juli 2013
    Tertulis………..
    Adapun maksud kunjungan Dubes Rusia kepada Menhan ini adalah untuk membicarakan beberapa hal yang menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara. Diantaranya adalah kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam

    Kapal Selam Mana yg di maksud???????? Apakah indonesia memang mempunyai KS dari Rusia klo cakra/nanggala nggak mungkin, berarti isu waktu angkatan laut Amerika latihan dgn TNI Al a , klo KS Amrik ketemu KS lain punya indonesia selain cakra/nangggal ada benarnya.

    • …Diantaranya adalah kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam (kemhan.go.id). xixi hantu laut.

      Alutsista yang kategori “strategis” tidak mungkin diungkap ke publik. Paling diberikan clue-nya saja.

      Clue-nya sudah banyak… tinggal… believe it or not

  45. Dulu waktu kuliah saya sempat diajari Pak Dosen, bagaimana membuktikan sesuatu yang tidak terlihat. Metodologi yang digunakan adalah: The secondary analysis Theory.

    The secondary analysis theory ini membuktikan sesuatu melalui pihak kedua yang berhubungan dengan benda/ sesuatu yang kita cari. Narasumber yang dipilih adalah fisrt person atau pihak yang terlibat langsung dalam urusan tersebut. Dan metodologi ini telah diakui keberadaannya sebagai sesuatu yang ilmiah.

    Kita mulai:

    1) Kalender TNI AL yang menampilkan kapal selam kilo full satu halaman penuh, bukan asesoris (sumber: valid)
    2) Pernyataan Dubes Russia saat itu yg dikutip Tempo: Indonesia telah memiliki kapal selam modern Rusia jenis BNV (sumber Dubes Valid)
    3) Komandan Kapal selam Indonesia menyebut ada 5 kapal selam Indonesia dengan uraian yang panjang, dikutip media cetak radar timika (sumber; Komandan kapal selam: Valid)
    4) Artikel Kemhan go.id: “kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam”(sumber; Kemhan: Valid).

    Margin error: Jika wartawan tempo dan radar timika salah kutip (tipis kemungkinan karena tidak ada ralat dan tidak ada keberatan dari TNI AL.

    Dengan 4 point itu, dapat disimpulkan kapal selam Indonesia buatan Rusia: Eksis….xixi

    Pertanyaan: Kenapa wujud KS itu tidak pernah kelihatan:

    1) TNI mengatur alutsista kategori strategis tidak dipublikasikan untuk umum
    2) Indonesia memiliki perjanjian tertulis dengan Rusia untuk melindungi informasi penting. (sudah pernah ditulis link-nya di artikel terdahulu.

    • Setuju, dgn analisa yg msk akal, ditambah kunjungan delegasi rusia bulan ini yg jelas2 menyatakan penyediaan material dan renovasi kapal selam untuk ks indonesia, jelas logika sederhana itu adl garansi pabrikan bagi konsumen/pengguna produk mereka.
      Nah skrg, sudah jelas, makanya sy oernah bertanya sm bung diego, waktu kri cakra mendokumentasikan rudal yakhont kena ke kri lst kita koq photo datar dan tampak di depan photo jg ada ks lain pdhl nanggala sedang posisi patroli.
      Mknya skrg armada ke7 klo wira wiri di perairan kita kulonuwun dl.

    • Betul sekali, teknik pembuktian dengan secondary analyses theory memang banyak dipakai. Saya jadi teringat bagaimana para astronom menemukan keberadaan Black Hole di Jagad Semesta. Misteri keberadaan KS Kilo dsb yang kita cintai ini ibarat Lubang Hitam, tidak nampak tetapi menyedot banyak perhatian dunia. Black Hole tidak bisa dilihat pakai teropong tercanggih karena memang tidak memancarkan cahaya, bahkan cahaya pun tersedot ke dalam Black Hole shg tidak bisa keluar. Begitu besarnya gaya gravitasi yang dimiliki Black Hole, apa saja tersedot, bahkan dirinya pun ikut “tersedot”, memampat, yang membuat materi di dalamnya sangat rapat, serapat bumi kalau dimampatkan menjadi sebesar bola golf.

      Para ahli mendeteksi keberadaan Black Hole dengan mengandalkan pengamatan benda-benda di sekitarnya, yang posisinya selalu berubah, yang makin lama semakin menuju ke suatu titik gelap yang memiliki gaya tarik sangat besar. Persis misteri KS Kilo / Amur di sini.

  46. Benar atau tidak keberadaan KS Kilo dan turunannya di sini, tapi memang sangat mendesak kebutuhannya. Keberadaan 2,500 marinir AS di Australia menunjukkan tanda-tanda jaman yang menakutkan bagi keutuhan NKRI. Sampai kini pun terbukti, di mana ada pangkalan Amerika, maka dalam radius 5,000 km cepat atau lambat ada konflik bersenjata.

    Proses lepasnya Timor-Timur yang begitu mudah dan cepat tidak lepas dari gertakan militer Australia. Begitu konflik di Timtim “berhasil” meningkat, Australia segera memindahkan pembom fighter jarak jauh F-111 dan fighter serang F/A-18 ke pangkalan-pangkalan udara di utara. Kapal-kapal selam kelas Collins diperintahkan mengepung pulau Timor dari bawah laut, ditambahkan juga perintah memuati fregat-fregat dengan missile penuh. Tentu saja kapal-kapal AL Inggris dan AS menjadi backing di perairan Timmtim. Eskalasi ini setara dengan persiapan perang, meskipun intelijen Australia sudah mengukur resiko terjadinya perang dengan Indonesia sangat kecil berkaitan rusaknya hubungan RI – Australia yang sangat drastis.

    Kini, untuk Papua Barat tentunya akan kewalahan kalau ditanggung Australia sendiri. Dalam case Papua Barat terjadi konflik berdarah berkepanjangan dan meningkat, dengan alasan menjaga aset dan operasi miliaran dolar di Freeport, AS merasa perlu mangamankan dan mengepung Papua Barat, “agar eskalasi bersenjata antara RI dengan OPM tidak semakin meningkat”, dan sambil menunggu proses PBB melepas Papua dari NKRI.
    Terbukti sudah, seiring mangkalnya Marinir AS di Darwin, meningkat juga penembakan2 yang dilakukan teroris OPM terhadap personil TNI dan Polri. Klop. Tidak tanggung-tanggung, delapan TNI meningggal sekaligus dalam serangan tunggal teroris OPM. Penyerangan thd TNI dan Polri ini mirip dengan sejarah provokasi konflik Timor Timur yang mengakibatkan insiden Santa Cruz 1991, dan merdekanya Timtim 8 tahun kemudian.

    Oleh karenanya, alutsista TNI perlu ditingkatkan dan diperkuat di Indonesia Timur. Bukan untuk memerangi teroris OPM. Namun lemahnya kehadiran TNI berakibat naiknya rasa percaya diri Barat dan OPM dalam bermain dan memperkeruh suasana, untuk terus meningkatkan skala konflik di Papua.

    Untuk wilayah timur, terutama Ambon yang dikelilingi laut dalam, sangat strategis untuk didirikan pangkalan Kapal Selam, apalagi kelas Kilo dan Amur biar angker, deterrent. Ambon, bukan Sorong, karena relatif dekat mengakses semua jurusan barat, timur, selatan, utara. Dan juga strategis untuk mengamankan jalur pasokan antara Indonesia Tengah dan Timur. Tempat kalau sudah dihuni genderuwo dan kuntilanak, biasanya yg lewat pada permisi, sopan, minimal membunyikan klakson dan tidak ugal-ugalan, bahkan sebagian akan mengirimkan sesaji untuk berbaik-baik takut kualat.

    • Setuju Bung WH, kalu mau lihat peta…mungkin beberapa pulau di daerah Maluku Tenggara lebih cocok. Karena bisa mengcover banyak wilayah sekaligus, yaitu Papua (terutama laut Aru), Timor Leste, Aussie, Bali, Ambon dll (tergantung berapa bayak nih he..he.)

  47. Dengan isu yang muncul sepotong-sepotong, andaikan benar sudah ada monster KS buatan Rusia di sini, sepertinya petinggi militer kita ingin mengamankan perimeter KS dulu. Misalnya: pelatihan KS, suku cadang KS, perbaikan KS, missile dan torpedo KS, shelter, well trained personel dan fasilitas, dll semua harus ada dan ready dulu ada di tanah air, baru terakhir kali berita keberadaan KS itu sendiri.
    Jangan sampai diberitakan dulu bahwa KS nya sudah jelas-jelas ada, tapi belakangan segala perangkat pendukungnya ternyata terlambat ada karena dihambat tangan2 jahil pihak luar, training dipersulit, dll.

    Wallahua’lam

    • @WH : masuk akal juga analisis anda, apalagi dengan diresmikannya teluk Palu sebagai pangkalan Ks dan disepakatinya kerjasama dengan Rusia dalam hal perawatan dan pelatihan awak Ks semakin menambah keyakinan saya kalau Kilo & amur selama ini sudah hilir mudik dibawah sana..

  48. mas kalo konflik di ambalat… yang KRI ngedetect KS scorpane ada di post mana yah??

    63-64 biasanya yang segitu krunya cuman punya rusia.. alias …. “*****”

  49. kita belum tau persis kapal selam kelas kilo ini, awalnya saya tidak tertarik dengan isu kapal selam kelas kilo ini, krn keberadaannya yg tidak jelas dan kondisi ekonomi kita yang baru stabil akibat krisis ekonomi di akhir tahun 90 an. saya kembali tertarik mengikuti isu ini setelah panglima tentara laut TLDM malaysia mengatakan bahwa ” kita harus mempunyai kapal selam yang mampu mengimbangi kapal selam kilo milik indonesia” dan tdk lama kemudian malaysia membeli 2 kapal selam modern buatan prancis yaitu SCORPEONE, dr statemant itu kita mulai bertanya2 lagi,apakah KILO CLASS sdh ada di indonesia….?????
    Jawabannya hana SBY dan kolega lah yg tau itu…..

  50. Bu, negara anda membutuhkan dana sangat besar buat beli alutsista agar tidak dipandang sebelah mata. apakah bisa membantu ?

    maaf hanya bercanda saja.

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>