Feb 072017
 

Semakin meningkatnya retorika agresif dari Beijing dan Washington sejak pelantikan Presiden Donald Trump tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada situasi keamanan di Asia-Pasifik. (Defense Aerospace)

Bukan saja sikap AS yang berubah, tetapi China juga sama, untuk pertama kalinya, bukannya saling mengalah tapi sebaliknya malah bereaksi keras.

Bahasa yang digunakan oleh media Partai Komunis China begitu percaya diri dan menusuk. Namun, Beijing tidak mengadopsi gaya bahasa ini karena kekuatan ekonominya, karena sekarang mereka memiliki kemampuan militer untuk memberikan perubahan radikal di wilayah tersebut.

Memang, diskusi atas kinerja masa depan ekonomi China tertutupi oleh masalah margin keuntungan yang kecil dan hutang yang terlampau besar, masa depan militer China tampak lebih jelas. Sebagaimana hasil studi oleh US Naval War College Profesor of Strategi, Andrew Erickson menunjukkan adanya kepastian pada kemampuan militer China.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA Navy) telah bergerak menuju ambisi untuk memiliki 500 unit kapal perang, termasuk kapal induk, kapal selam nuklir, kapal amfibi dan kapal-kapal perusak yang terus berkembang.

Dalam tiga minggu terakhir kapal perusak dan korvet baru telah diluncurkan serta diskusi atas jet tempur berbasis kapal induk baru telah meningkat. Pertumbuhan struktur kekuatan dalam PLA Navy telah berkembang dengan cepat, memang sangat sulit mengingat kecepatan pertumbuhan yang sama pada setiap angkatan laut disepanjang sejarah.

Terhadap hal ini, Angkatan Laut AS masih dianggap sebagai angkatan laut terkuat di dunia yang memiliki aspirasi kembali kepada desain kekuatan dengan sekitar 350 unit armada kapal perang.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  30 Responses to “Ratusan Kapal Perang China Tiba-Tiba Muncul di Cakrawala”

  1. Kok judulnya berlebihan ya ?

    • memang begitukenyataanya bung……….
      coba baca. hanya dalam 3 minggu saja fregat dan korvet meluncur….. di kalikan tiap tahun berapa????

      kita butuh waktu bertahun2 untk meluncurkan 1 light fregat saja

      ane rasa china punya mesin fotokopy yg bisa mengkopy semua alutsista deh…..

    • memang begitukenyataanya bung……….
      coba baca. hanya dalam 3 minggu saja fregat dan korvet meluncur….. di kalikan tiap tahun berapa????

      kita butuh waktu bertahun2 untk meluncurkan 1 light fregat saja

      ane rasa china punya mesin fotokopy yg bisa mengkopy semua alutsista deh….. xixixi

  2. sampai kaget gw….serem amat judulnya….?

  3. Rame ya

  4. Dicakrawala mana ya?..

    • LCS dan LCT, Kekuatan militer Chinok akan terus menguat, bahkan akan 2x kekuatan Rusia, dan disaat itulah mereka akan sangat peecaya diri, negara2 ASEAN yg terlibat konflik LCS akan di “Ditepuk” bagai nyamuk, tapi itu hnya bagi mereka yg udah kelewat Pede, namun nyatanya Masih Ada Vietnam yg akan Membuat Chinok “Berdarah-dar” jika nekat melakukan Invasi dan konfrontasi,
      Dan jgn lupa, natuna juga menjadi incaran Chinok, Bahkan nantinya kemungkinan besar chinok akan berperang dengan India dan Rusia

  5. Agak lebay nie

  6. Ini keuntungannya dari hanya satu partai dalam negara… dan juga penekanan korupsi dengan tambak mati…

    • Bukaaan, semua itu karna Ambisi dan Dendam.
      Mereka membangun kekuatan militer super besar ya untuk mencapai Tujuan akhir, yaitu merebut kembali wilayah nasional china yg hilang sejak kekaisaran china dikalahkan oleh inggris
      Dan wilayah itu adalah
      Taiwan, Kepulauan spratly, Tibet selatan, diaoyu dan ryukyu, mongolia, mongolia luar, dan mengambil kembali wilayah yg telah diambil oleh Rusia, bahkan Asean akan Diklaim oleh china nantinya, termasuk natuna

      • Nah itu dia… China berprinsip, hilang satu rebut seribu 😛

        • wkwkwkwk
          Tapi untunya bung, Didalam Peta “aib” Nasional yg dikeluarkan Kementrian Pendidikan SD RRC pada tahun 1938, disitu sebagian besar wilayah RI gk akan dicaplok oleh chinok, Jadi ya cuma pelau natuna Dan negara2 seperti vietnam, thailand, myanmar, cambodja, laos, daratan malaysia dan singapura, dan kalimantan tdk dicaplok oleh chinok

    • setujuuuuuuuu……….harusnya di inonesia 2 partai saja.biaar ga kebanyakan di korupsi.

  7. muncul ora muncul yo ben.. . dudu weke kok bingung. sing bingung iku kalo n219 plus ifx gak muncul-muncul. prayo ngno to, rek.!”

  8. over acting… tanpa strateghy dan persekutuan mana bisa alustita itu jadi andalan untuk menjajah. heheheee….. nyaplok taiwan sekecil upil jak gw yakin tuh alat jadi cassing doank.

    • Chinok tdk butuh aliansi, kenapa? Karna kekuatan militer yg akan terus membesar ditambah dengan SDM yg melimpah.

      • tidak butuh ? muheheheee
        USA ada NATO nyerang vietnam KO itu yang SDM dan alustita melimpah ? anda benar- benar HAIBATT…. muheheheheeee

        • Anda benar, AS kalah total saat perang Vietnam. Masalahnya adalah itu paradigma dahulu. Perang saat ini dapat diwakili oleh perang Irak armada, 3 juta pasukan vs 300 rb.

          Perang tidak dilakukan u/ menjajah fisik tapi menghancurkan simbol2 negara, negara tetap akan dipimpin oleh orang lokal tapi dengan konsensi ekonomi pd negara pemenang…

          • 3Jta pasukan ? butuh berapa bnyak alat untuk angkut dan berapa lama waktu mengangkut / mobilisasi sebesar itu dan trus tuh negara sndiri gak dijaga ? muheheheeee….. perang apa itu namanya ya 😀

  9. Kita tunvgu saja kemampuan tiongkokdalam perang sesungguhnya krn selama ini sekedar perang retorika.

    • Tiongkok petantang-petenteng masih wajar karena maenannya banyak. Mereka bangsa yang dapat belajar dan beradaptasi dengan cepat. Kemampuan Angkatan Lautnya di dukung oleh industri perkapalannay yg terintegrasi dengan 6 Galangan Kapal besar. 3 berkemampuan membangun Kapal Induk bertenaga nuklir, 2 berkemampuan membangun Kasel bertenaga nuklir sedangkan kapal konvensional seperti Corvette, Heavy Frigate, Destroyer atau kasel diesel adalah kemampuan standard.

      So wajarlah mereka gaya militernya didukung industri yg kuat bukan hanya ngomong bikin tank itu gampang, anoa kasih rantai dan meriam sudah jadi tank

  10. Meskipun beda kondisi dengan saat ini….Tahun 1293 …. Tentara Mongol berangkat dari Fujian menuju ..Singosari lewat Belitung dan Tuban ..dengan 1000 Armada Kapal besar dan 20.000 – 30.000 Tentara ….. akhirnya toh Hancur…. tercatat 3000 pasukan elite nya mati…dan sebagian besar tidak bisa balik ke china….

  11. Judulnya serem bingit….mikir-mikir kalau China masuk wilayah laut kita…mereka cuman kasih shock buat AS saja….jangan ikut campur urusan LCS…itu aja….

  12. Mudaha2an petinggi kita tidurnya hanya ada 1 mimpi dibelit naga, biar mereka sadar akan gangguan kedaulatan Negara dari luar.

  13. berarti maksud cina ini seperti kisah tetangga desa, gak ikut memiliki tpi maksa gauli istri tetangga pada akhrnya dijebak dan dia terbunuh oleh keluarga korbanya. Gawat…

  14. Indonesia itu negara maritim dan harus bikin kapal selam yg banyak klo ingin menjadi yg terkuat

  15. Pagi bung @Lingkar..membelai kepala Naga mungkin artinya bakal berbini dua, dari pada membelai kepala Naga Bonar..kan repot.trim”s ya

  16. Negara baru kaya, jadi tambah angkuh juga rakusnya! Tar nambah musuh jg lawan, klu pecah perang apa sanggup dikeroyok Nato and the gang?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)