Feb 022017
 

Kementerian Pertahanan (MoD) Republik Ceko pada 30 Januari 2017 memberikan kontrak senilai CZK 2,07 milyar (USD 82 juta) kepada Tatra Defence Vehicle untuk pengadaan 20 unit kendaraan lapis baja Steyr Pandur II 8×8 versi khusus untuk Angkatan Darat Republik Ceko (ACR).

Tatra Defence Vehicle memperoleh hak perakitan dan pemasaran eksklusif untuk kendaraan lapis baja Pandur dari induk perusahaan Steyr, General Dynamics Land Systems Eropa pada tahun 2015.

Tatra Defence Vehicle akan memberikan 6 unit kendaraan Pandur yang dikonfigurasi sebagai platform komandi dan kontrol serta 14 unit kendaraan dikonfigurasi sebagai platform komunikasi untuk ACR, saat ini terdapat 107 unit kendaraan lapis baja Pandur yang beroperasi bersama ACR dengan bermacam-macam konfigurasi. (IHS Jane, Rabu)

Pemerintah Republik Ceko menyetujui pengadaan 20 unit platform kendaraan khusus pada tahun 2015. Namun karena jadwal pengadaan untuk sistem pertahanan lainnya dari Kementrian Pertahanan mengyebabkan tidak ada ruang untuk pemesanan Pandur hingga pada anggaran 2017.

Harga 20 unit platform tersebut diperkirakan mengalami peningkatan sekitar CZK 800 juta dari harga awal sebesar CZK 1,27 milyar sejak ACR memperbarui persyaratan dengan tambahan perlindungan balistik, sistem teknis dan IT onboard serta lebih modern.

“Kenaikan harga ditinjau oleh dua ahli yang ditunjuk pengadilan independen yang memutuskan bahwa harga saat ini mencerminkan upgrade teknologi yang dimasukkan ke dalam kendaraan baru tersebut”, kata Wakil Menteri Pertahanan Republik Ceko, Daniel Kostoval kepada media pada tanggal 30 Januari 2017.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Republik Ceko Kembali Pesan 20 Unit Pandur II Versi Khusus”

  1. RI harus pesen yg varian IFV yg pake RCWS 30mm plus minta T.o.T RCWS-nya πŸ˜€

    • Eh, tapi itu RCWS 30mm Pandur itu masih impor dari israel ato ceko sdh bisa produksi dalam negri? Ane kurang tau, ada yg bisa bisa tolong jelasin πŸ˜€

    • Bajigur… sekarang lagi musim borong Pandur ya? bahkan TNI juga terpikat πŸ˜€

  2. Btw kita mau beli brp unit dl ya utk bacht 1? Kok blm ada kejelasan lg?.jadi apa ga nya msh abu2

  3. Kalau TNI AD jadi Beli…Dan Lisensi produksi…semoga yang versi 8X8 …jangan yang versi 6X6…sudah waktu nya punya Panser 8X8…

  4. Pesanan Indonesia kapan ya sampainya? Bagaimana dengan kerjasama Tata India hasilnya?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)