Sep 172016
 

Poin kunci

  • Kualifikasi TRG-122 diharapkan akan selesai pada pertengahan 2017
  • Efektor baru memanfaatkan teknologi perusahaan dari kelas roket 122 mm

Roketsan sedang dalam tahap kualifikasi akhir dari artileri roket baru, keluarga artileri roket permukaan-ke-permukaan dipandu satelit kaliber 122 mm (TR-122 / TRB-122). Yang diberi nama TRG-122, Roketsan mengklasifikasikan efektor sebagai rudal artileri dipandu karena memiliki gabungan paket bimbingan navigasi satelit.

Diresmikan pada pameran MSPO di Kielce, Polandia, pada bulan September 2016, desain, pengembangan, dan kualifikasi dari TRG-122 telah didanai secara eksklusif oleh Roketsan sejak pertengahan 2015.

Efektor baru memanfaatkan teknologi dari kelas roket 122 mm yang ada pada perusahaan bersama dengan pembangunan paralel dari paket navigasi bimbingan satelit yang awalnya dikembangkan untuk rudal permukaan-ke-permukaan TRG-300 (Kaplan/Tiger) kaliber 300 mm. Kualifikasi dari TRG-300 sendiri telah diselesaikan pada akhir 2015.

Dengan hulu ledak seberat 18,4 kg berjenis High Explosive (HE) atau fragmentasi ledakan bola baja, secara keseluruhan TRG-122 memiliki berat sekitar 72 kg. Dilengkapi dengan detonator proximity buatan Roketsan, radius mematikan efektif hulu ledak lebih dari atau sama dengan 20 m (jenis HE fragmentasi) dan lebih dari atau sama dengan 30 m (jenis bola baja) .

Artileri TRG-122 menggunakan komposit propelan padat bermotor roket dan ekor perakitan yang sama digunakan dalam keluarga roket 122 mm yang ada. Lintasan penerbangan rudal dikoreksi oleh permukaan aerodinamis elektro-mekanis yang dapat digerakkan dan terletak dibagian hidung rudal, dengan bimbingan sistem navigasi satelit.

Roketsan menawarkan GNSS (GPS/GLONASS), GPS, dan paket navigasi satelit GLONASS, tergantung pada preferensi pelanggan. Jangkauan minimum yang diberikan adalah sekitar 16 km dan jangkauan maksimum hingga 35 km, dengan tingkat akurasi tinggi, dengan tingkat kesalahan (CEP) kurang dari 50 m.

Kualifikasi rudal ini diharapkan akan selesai pada pertengahan 2017, menurut Dr Mahir Cakiroglu, Direktur Sistem Program Balistik di Roketsan.

Sumber: IHS Jane

  25 Responses to “Roketsan Perkenalkan TRG-122 Artileri Rudal Dipandu GPS”

  1. Ini rudal…ini..?

    • Ohh ini hasil kerjasama ama Saab..

    • Sayang seribu kali sayang.. teman2 warjag banyak yg tertipu. Mentang2 di sebutkan di atas dg kaliber 122mm di anggapnya buatan Indonesia/ pindad dll.. baca baik2. ROketsetan made pollandia. Judul d atas sprtinya memang sengaja di kaburkan. Alasanya…??? Pikir sndiri

      • sepertinya jelas deh… Roketsan tuh kan nama produsennya sedangkan TRG-122 adalah tipenya :D anda aja mikirnya terlalu ke kiri :D 😛

      • salah anda N219 fanboy roketsan itu buatan turki yang Diresmikan pada pameran MSPO di Kielce, Polandia, pada bulan September 2016, lihat saja nama direkturnya Dr Mahir Cakiroglu, Direktur Sistem Program Balistik di Roketsan.

        Menurut http://www.pmi.org.tr. Mahir ÇAKIRO?LU PhD. Director of Programs, ROKETSAN A.?. Born in Ankara (Turki) in 1965. Graduated from Ankara Gazi High School in 1982 and Middle East Technical Technical University Department of Mechanical Engineering in 1987.

      • salah anda N219 fanboy roketsan itu buatan turki yang Diresmikan pada pameran MSPO di Kielce, Polandia, pada bulan September 2016, lihat saja nama direkturnya Dr Mahir Cakiroglu, Direktur Sistem Program Balistik di Roketsan.

        Menurut http://www.pmi.org.tr. Mahir ÇAKIRO?LU PhD. Director of Programs, ROKETSAN A.?. Born in Ankara (Turki) in 1965. Graduated from Ankara Gazi High School in 1982 and Middle East Technical Technical University Department of Mechanical Engineering in 1987.

      • Roketsan TRG 122 Made In Turky yg kebetulan di resmiinnya di Pameran MSPO Polandia itu juga baru prototipe belum pproduksi masal…

      • Roketsan TRG 122 Made In Turky yg kebetulan di resmiinnya di Pameran MSPO Polandia itu juga baru prototipe belum produksi masal…

  2. roketsetan

  3. samberbledek….kurang jauh jangkauannya…minimal 300 km boleeh dibeli…yg sgini cuman ngabisin dana sja….

  4. Sejenis dg rudal RHan 122

  5. kalau jangkauannya segitu nanggung, lebih efisien pakai artileri konvensional, pasti biayanya mahal. tapi kelebihan dr artileri ini yaitu bisa belok2 dan punya presisi tinggi.

  6. Ledakan Bola baja ?? Keren untuk kelas 122 mm.

    Sayang bgt kalo pindad masih pakai guide kayak meriam..elevasi..sama pemandu koordinat personil..di front depan..!?
    Opo kui sing disebut canggih..opo kui sing disebut senjata stratejjiiis deteren…deterjent…xixixi..mumblukk ..

    Sadar donkkk jangan cepat puas..terus teppukk dada..

    Halllaaaahh.

  7. lumayan juga gabungan tec 3 in 1, alteleri rocket rudal terpadu… harusnya lebih jauh dari sekedar alteleri saja, mungkin masih awal…

  8. roketsan TRG-300 (sekelas RX-320) mempunyai jangkauan 100 km dan sudah tersedia sejak 2015 :D sementara RX-320 kita masih dibawah 50 km, tepatnya masih 42,1 km dan masih dalam pengembangan

  9. turki pemimpin negara islam dalam tehnologi dan membuka pintu lebar lebar buat kerja sama ,sayang pemerintah tidak memanfaatkan semaksimal mungkin peluang Tot.,malah jatuh ke pelukan china peniopu.

  10. berita terbaru ,breaking news ,seluruh tawanna indoensia di bebaskan ABU SAYYAF

 Leave a Reply