Dec 312016
 

Pembangunan Jalan Tol (Antara)

Jakarta – Pemerintah Indonesia menargetkan pembangunan berbagai sektor infrastruktur pada tahun 2019 di seluruh Indonesia mencapai angka sebesar Rp 4.000 triliun.

“Saya melihat sampai tahun 2019 target infrastruktur di Indonesia nilai investasinya mencapai Rp4.000-an triliun,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang PS. Brodjonegoro dalam diskusi Evaluasi Akhir Tahun 2016 dan Harapan 2017, di Kantor Bappenas, Jakarta, Sabtu, 31/12/2016.

Menurut Bambang, nilai investasi tersebut direncanakan diperoleh dari dana investor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebesar Rp 2.667 triliun atau sekitar 2/3 dari total kebutuhan investasi Rp 4.000 triliun.

Sementara itu, pemerintah akan berkontribusi sebesar 1.333 triliun atau sekitar 1/3 dari total investasi Rp 4.000 triliun tersebut.

“Ini yang harus ditarik dari swasta dan BUMN, sebesar 2/3 dari total investasi Rp4.000 triliun. Karena pemerintah maksimal hanya bisa 1/3-nya, sisanya harus dari swasta dan BUMN. Makanya PPP, swasta murni atau BUMN murni itu yang harus didorong,” ujar Bambang.

Dia memastikan, bahwa pembangunan infrastruktur sangat menarik minat swasta. Apalagi sektor infrastruktur yang terkait langsung dengan masyarakat, seperti jalan tol, bandara, dan pelabuhan.

“Itu pasti menarik untuk swasta. Karena misalnya, saat swasta membangun listrik, lalu PLN membeli listriknya dengan harga take or pay, maka dipastikan akan sangat menarik,” katanya.

Bambang mengatakan, selama harga investasi dan harga jual kepada pemerintah cocok, maka akan ada purchasing power agreement yang terjadi. Sehingga hal tersebut menarik bagi pihak swasta.

“Lalu jalan tol, kalau dapat jalan tol di Jawa, pasti jelas untungnya. Justru bagi saya, untuk mendatang investor asing harus di infrastruktur skala besar, karena pasti menarik. Bandara, pelabuhan, dan jalan tol di kota besar Indonesia mana yang tidak sibuk? Itu kan semuanya uang,” papar Kepala Bappenas.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

Artikel Terkait :

  40 Responses to “Rp 4000 Triliun Dikucurkan Bangun Infrastruktur Hingga 2016”

  1. Kaltim juga tolong di perhatikan .. jangan cuma di Jawa tok .. nanti kalau rakyat Kaltim ngambek baru kepok .. ingat Kaltm adalah penyumbang APBD terbesar .. daerahnya malah dapat jatah pembangunan paling kecil

    • Udah bung,kalimantan sudah ada proyek tol trans kalimantan yg lg berjalan sama proyek rel kereta api trans kalimantan

      • tol trans kalimantan sangat tidak menguntungkan… lebih baik buat jalur kereta api menembus hutan di kalimantan kaya trans siberia di rusia… dan kebetulan investornya juga rusia hehehe…

    • Sekarang pembangunan infrastruktur bukan dijawa lg mas. Kalimantan sulawesi, sumatera dan papua serta pulau – pulau lain lg berbenah dan nanti bs dilihat hasilnya.

  2. Sangat bagus ! Ke depan, pembangunan infrastuktur semakin menyebar merata ke seluruh Indonesia. Tidak hanya terpusat di Jawa saja.
    Saya orang Jawa. Tapi saya ingin pembangunan juga gencar dilakukan di luar Jawa, di seluruh Indonesia.

    Selamat Tahun Baru 2017
    Salam Bhinneka Tunggal Ika.

    • menurut saya di papua itu pembangunan inefrastruktur berupa jalan perintis terlebih dahulu dengan begitu ahh au ahh

      • Di papua kan lagi dibangun jalan raya mas. Sudah selesai beberapa ribu kilometer kok mas.
        Dan juga lg dibangun beberapa pembangkit listrik.
        Kedepannya papua akan menjadi mutiara yang bersinar terang.

    • Strateginya kan membangun dari pinggiran (utamanya di daerah perbatasan yang selama ini tak tersentuh) dan menuju ke tengah. Dengan strategi itu, diharapkan pembangunan akan merata dan lebih kelihatan. Selamat tahun baru mas Patih

  3. Hebaaaaatttttttttt …Pak Jokowi

    • Mendingan anggaran negara dipakai bangun infrastruktur saja krn ada wujud dan hasilnya daripada untuk pengadaan alutsista yang hasilnya sulit terwujud.

  4. Where ia my comment

  5. Mantap! Selamat tahun baru 2017 semoga semuanya berbahagia!

  6. Mestinya SAAB tawarkan ke RI 85% offset berupa pembangunan bandara baru plus pabrik pesawat tempur dan rudal plus sekolah tinggi teknologi plus pusat riset dan teknologi, pasti pemerintah langsung tuing2 matanya, tapi dengan kontrak buat pespur 200 unit, seperti yg ditawarkan ke India… plus kontrak2 untuk Visby class sekian unit plus A26 plus RBS 15 plus bamse…

    Kira2 pemerintah mau nggak ya ? Kira2 SAAB berani tawarkan itu nggak ya ?

    Tapi kalo ada banyak orang Swedia bekerja sebagai dosen, instruktur, teknisi, tukang las, tukang solder di situ jangan pada ribut ya ?

    • Anda bertanya:
      “Kira2 pemerintah mau nggak ya ? Kira2 SAAB berani tawarkan itu nggak ya ?”

      Saya berjawab:
      Sepertinya SAAB nya sih berani dan mau menawarkannya. Tapi pemerintah Indonesia, saya kok merasa kurang yakont bung. Sungguh saya terheron-heron.

    • “Tapi kalo ada banyak orang Swedia bekerja sebagai dosen, instruktur, teknisi, tukang las, tukang solder di situ jangan pada ribut ya ?”

      Kalo dosen, instruktur, teknisi mah ga apa2 bung.. ilmunya bermanfaat.. lagian kalo jd tukang las n solder disini ga mungkin rakyat swedia.. penghasilan di swedia bisa sampe 10x lipat.. ditambah penduduknya yg ga sampe 10jt.. kalo pada pindah kemari yg ada tuh swedia.kekurangan SDM.. kalo dibanding si chino mah jauh,, jelas lebih meresahkan si chino.. jumlah buruh di chino aja bisa sampe ngalahin penduduk indonesia.. aya-aya wae bung TN nanyanya…

      Karena terbatasnya SDM makanya saab menyertakan TOT dinegara pembeli yg siap secara infrastruktur dan SDM utk menjadi basis produksi saab.. di benua Afrika udah ada Afsel,, di benua Amerika ada Brasil,, di benua ASIA??? India or Indonesia?? Makanya saab getel bngt sama 2 negara ini sebagai basis produksinya di Asia..

    • bung TN ini lagi berbunga bunga di tahun baru
      kalau itu terjadi apapun sebab musababnya
      deal deal deal deal di semua aspek seperti itu maka saya punya pendapat dunia akan berguncang dengan gempa bumi hebat
      perebutan jabatan akan makin sengit
      kutub baru akan terbentuk
      dll dll yang entah heboh apa lagi berlangsung di sekujur negri ini
      tidak pasti terjadi cuma pendapat saja
      salam sehat bung TN

  7. Okelah,,,

  8. semoga disektor non fisik tdk terabaikan, pembangunan karakter bangsa, mental, moral, iman, sebagai langkah mempersiapkan individu sebagai user dan operator infrastruktur itu sendiri.
    jangan lupa juga mencegah langkah kemunduran suatu bangsa yg diakibatkan oleh sifat hedon dan mengagungkan materi.

    long life be a one Indonesia….

    • Ya bener bung…kalo dilihat komentar2nya disini..lagi2 kalo ama negara tetangga ..ada yang mental & moralnya masih kurang maju…

  9. Duit yg selama ini dibilang makin susah dicari sbnrnya jg ikut di gunakan dlm pembiayaan pembiayaan proyek infrastruktur spt diatas. Jd sbnrnya duit tsb bukan makin susah di cari tp krn duit tsb sdh dan sdg digunakan negara membangun..

  10. Jangan lupa bahwa sarana berupa pelabuhan laut/ bandar udara untuk keperluan militer sekaligus sipil di daerah (rawan) konflik, kemudian sarana jalan yg terintegrasi dengan pangkalan-2 dan bandara tsb, itu semua juga adalah merupakan infrastruktur dan perlu dibangun demi kemajuan negara & bangsa.

    Salam

  11. koreksi om admin,,
    judulnya salah,, harusnya hingga 2019.
    kalo dah dibenerin sekalian hapus coment saya ini xixixixi

  12. pemimpin kita tau apa yg harus digenjot dahulu..
    transportasi dan energi.

  13. 4000 t selesay 2019 selanjut nya 4000 T untuk alutsista sampay th 2023 wow hah cuma mimpi

  14. Sukses untuk kita semua menyongsong 2017 amiin.

  15. Coba 4000 triliun buat beli Alutsista..kira2 dapat apa saja ya..

  16. Dpat sukro 4 skuadron,lontong 6 ekor,pensil penembak burung 1 lusin,admiral gorskov 4 ekor,bomber tu 195 PLUS TOT
    ,iku sek susuk lo mas

  17. Neritanya salah,
    Total project infrastutur selama 5 tahun dri 2014-2019 lebih dr Rp.5000an T
    Dr APBN kurang lebih 30% ( Rp1500an T lebih), rata-rata setiap tahun Rp. 300T
    Dr APBD pemda2 kurang lebih 19-20%, (kurang lebih Rp. 1000an T)
    Sisanya dr investor Swasta ( private company dan BUMN) kurang lebih 50-51%

    Semuanya hampir 90% sudah teken kontrak untuk project sampai 2019. Diselesaikan paling lambat semuanya 2021, karena pemerintah hanya mengijinkan setiap project paling lama 2 tahun sejak eksekusi.

    Yang menarik Pemda dilibatkan disetiap project nasional di daerahnya.

  18. Kemaren kita berjalan satu-dua langkah.hari ini kita bagaikan berlari-lari kecil.

  19. Bener nih ,4000 trliyun…sisihkan 100 trilyun khusus buat industri dalam negeri khususnya dibidang teknologi terapan yg Sudah dikuasai baik oleh BUMN maupun joint dg swasta national mngkn lbh mnguntungkan. kan sayang sbg konsumen teknologi besar masa alat kebutuhan sehari hari dg teknologi sederhana saja harus impor China pdhl kita bs buat, kalo niat.. bikin perda sekalian biar produk national laku di pelosok, batasi pengusaha produk asing

  20. Hayo,Hayo..yg pada komen diatas lunasin pajaknya biar kita bisa beli 3 skuadron Sukro-35

  21. Coba yah dari dulu dipake bangun terus, mgkin skrg Papua dah pake Kereta Api…

  22. Ditengah ancaman dari utara dan selatan, …………… ???

  23. Mantaaaf……!! JOKOWI dua pereode…!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)