Oct 072015
 

Ilustrasi+Rupiah3

Penguatan nilai Rupiah berhasil mengangkat Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada Rabu (7/10/2015) IHSG dibuka naik sebesar 13,05 poin atau 0,29 persen ke posisi 4.458,83. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 3,34 poin (0,44 persen) menjadi 766,72.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, mengatakan, IHSG melanjutkan penguatan di antaranya masih ditopang oleh nilai mata uang rupiah yang kembali terapresiasi terhadap dolar AS.

“Asumsi bahwa penguatan nilai tukar rupiah memberikan sentimen positif bagi IHSG memang cukup beralasan. Membaiknya mata uang domestik menandakan stabilitas perekonomian sehingga akhirnya akan meningkatkan kinerja emiten,” katanya.

Ia menambahkan, beredarnya spekulasi akan lebih baiknya Kebijakan Ekonomi Jilid III yang lebih mengedepankan pada pembenahan kondisi makro, disertai dengan optimisme pertumbuhan ekonomi domestik pada semester II 2015 ini akan lebih baik dibanding periode sebelumnya, memicu pelaku pasar aktif melakukan aksi beli.

Selain itu, lanjut dia, laju bursa saham Asia yang juga berada di area positif menambah keyakinan pasar untuk terus melakukan aksi beli pada saham-saham di dalam negeri.

Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa secara historis, kenaikan IHSG yang signifikan cukup rawan dengan aksi ambil untung. Aksi ambil untung dapat diredam jika sentimen positif baik dari internal maupun global masih kuat.

Analis Reliance Securities Lanjar Nafi menambahkan, nilai tukar rupiah yang terapresiasi itu membawa sentimen positif pada tingkat kepercayaan investor di kawasan Asia, termasuk di Indonesia.

“Mata uang rupiah menjadi salah satu yang mengalami penguatan terbesar di Asia. Hal ini tentu menambah antusias investor asing kembali melakukan ‘capital in flow’ ke pasar saham domestik,” katanya.

Terpantau, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak menguat sebesar 256 poin menjadi Rp13.985 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp14.241 per dolar AS.

  74 Responses to “Rupiah Menguat ke Posisi Rp13.985”

  1. semoga terus membaik

  2. Siang

  3. banjir bung diego…semoga rupiah terus perkasa

  4. akhirnya si tua george washington mau turun juga setelah di kroyok 14 pemuda berparang (kapitan pattimura)

  5. Absen dulu..

  6. jd rebutan sama russia tuh, katanya rusia juga tergiur

  7. Mungkin George Soros mulai lelah… Dia ga berhasil menteror rupiah. Dia kira kalo rupiah nyampe 15.000 masyarakat Indonesia bakalan panik, ga taunya, ora mempan. Rupiah terlalu sering jatuh, wes biasa, paling pendak setahun bakal naik lagi. turun-turun sendiri, naik-naik sendiri. karepe wae lah. sing penting ben dino iso mangan.

  8. padahal hari jum’at penutupan rupiah pd level 14.647 ,kini belum ada sepekan rupiah dah pd level 13.9xx hebat. moga terus menguat Rupiah ni .
    # Menghayal 1$ = 2rupiah ,kerja sepekan bisa beli MOBIL BARU gue …mantep ntu.

  9. Bukan hanya Rupiah saja kok yang perkasa dalam 2 hari ini…yg lain sepertinya mengikuti..Ada kebijakan apa hingga dollar mulai turun…

  10. Trus gue harus bilang waaoow gt??

  11. Gara2 rusia masuk..timteng…asu mulai goyah….heee……..abis dah jatah kue asuu….heee….

  12. Oo gt y mas, sip monitor trz y tak enteni laporanmu..

  13. Rp merokoet Haters kecewa

  14. apa ini hasil kunjungan pak jokowi ke us,…

  15. Alhamdulilllah,,,smoga terus Rupiahnya menguattttttttt,,,dan para pnbat jujur smianya,,,,,,,,,aminnnnnnnnnnnn’

  16. Efeck kerjasama berbagai macam mega proyek dengan RRC, Bank Central China menginfasi Dolar dengan begitu Rupiah otomatis juga mendapatkan efek positip, mantap teruskan kerjasama dengan china dalam jangka panjang…………

    • Selama seminggu ini, kecuali tanggal 2 dan tanggal 5, pergerakan renminbi/yuan trendnya datar-datar saja terhadap dollar, jadi menurut ana gak ada hubungannya atau gak signifikan antara bank sentral china mengatasi dollar dengan kenaikan rupiah…

    • Kita itu dkasih pinjaman dari China 70% dalam US Dollar…

      Sekian miliar USD itu segera digelontorkan oleh Pemerintah ke pasar dalam negeri dalam bentuk Rupiah (membeli Rupiah), ya naiklah Rupiah..

      Hal ini “kebetulan” sejalan dengan strategi China yg sedang men-Devaluasi Yuan terhadap USD agar produknya makin murah dan banyak yg beli di AS..

      Makanya China kasih pinjaman dalam bentuk USD (China beli USD agar Yuan makin melemah) tapi dikucurkan di Indonesia yg membutuhkan USD agar Rupiah menguat…

      Simbiosis Mutualisme…

      Dan mumet lah ASU, secara Militer panik melawan Rusia di Syria. Secara Ekonomi dihajar terus sama China…

  17. rupiah bisa terus menguat bila kita jd boss semua,,,jgn mau jd buruh yaaa,,,biar pendapatan 100ribu/hr gk mslh,orang jd bos kq,gk takut kena phk,, mari berwirausaha,,,,

  18. Males komen… Mau kirim2 salam aja buat warga jkgr ahhh..

    Salam buat?
    Bung @diego
    bung @kolibri
    bung @pkb
    bung @tumini
    bung @bang sally
    bung @para tukang tung tempe,phd, tipu, nyahut,bantah dll
    bung @para baku? Penyok,wajan dll. Dan semua2 para bung2 yg lain..

    😎

  19. test…

  20. bulan lalu saya tulis di JKTGR, merosotnya nilai tukar Rp thd USD adalah sebuah ANOMALI.

    kinerja ekspor masih bagus, data Dep.Keu bln Juli surplus USD. 1,7 Milyar, bulan Agustus juga begitu surplus dikisaran USD. 600 juta.

    artinya ekspor lebih besar dari impor, ekonomi tetap tumbuh sekitar 4 koma sekian persen dst…

    tetapi mengapa Rp terburuk thd USD ?

    ITU PERMAINAN PARA SPEKULAN yg mencoba mengeruk keuntungan, memanfaatkan isu-isu kenaikan suku bunga FED.

    padahal FED tdk pernah memastikan kapan & berapa besaran kenaikan suku bunga itu.

    ini seharusnya menjadi pelajaran bagi para PEMBURU RENTE, PENIKMAT DARI MEMBUNGAKAN UANG dst…

    bahwa AS tdk bisa selamanya menjadi acuan perekonomian dunia, perekonomian AS saat ini TERPURUK dgn indikator :

    – PENGANGGURAN MASIH TINGGI,
    – INVESTASI LESU,
    – DEFISIT NERACA PEMBAYARAN,
    – PETUMBUHAN EKONOMI YG MINUS,
    – HUTANG PEMERINTAH & SWASTA YG MASIH TINGGI dgn Tiongkok pemegang SURAT HUTANG
    terbesar pemerintah & swasta AS.

    JADI,

    ngga ada alasan menyalahkan pemrintah Indonesia, terutama PARA HATERS JOKOWI…..

  21. Mata uang Asia menguat thd dolar dan kita harus ambil kesempatan ini

  22. saya bilang juga apa…….
    asal kita bersatu …..kita pasti kuat dan mengatasi cobaan……..kita pasti lulus ujian

  23. Bentar lagi hujan nih…. setu-setu, danau, empang, balong, blumbang akan dipenuhi air, ekonomi akan membaik, MEF 2 akan tercapai lebih cepat dari target.

    AMIINNN..

  24. kalau kerja benar hasil kemungkinan besar hasil baik…
    ditunggu kerja benarnya mengatasi asap di sumatera dan kalimantan

  25. semoga perekonomian indonesia makin membaik, ditambah sekarang dah masuk triwulan IV serapan anggaran yg masih diatas 50% akan tumpah ruah yg akan mendongkrak perputaran uang dan daya beli masyarakat, belum lg ditambah realisasi dana desa yg merata.
    tetap waspada & rapatkan barisan!!
    saat tertekan kita semua terjaga,dan disaat senang biasanya kita terlena.
    H2C mode on,,,,,

  26. Untung untung aja bung.. Asal yg masuk mulus2 kaya personil JKT 48, kalo yg batangan di re export aja.. Nyepetin mata..

  27. wah persaingan semakin ketat saja nih

  28. jangan dipilih dah ntar diembargo

  29. knapa rupiah skrang menguat,,,,,? karena harga emas antam dunia naik sehingga dollar melemah,,, dan ada tambahan pakar ekonomi di pemerintahan dr partai PAN,,,
    nb: bung jgn bawa2 haters bung,,,, mereka tentunya gembira karna nilai tukar mata uang bangsa sendiri trus menguat,,, rakyat indonesia yg mna yg tdk seneng klo mata uangnya trus menguat,,,,,? klo koment mbok yo mikir toh!,,,,,

  30. wes rasah udur,,,,,,pemilu udah lewat, siapapun presidennya harus kita dukung,waspadalah,,,asing selalu mengintai kelemahan kita,,, mari membangun bangsa,minimal kita bantu dgn tidak rewel,,,,dan berdoa,,,,xixixi

  31. Tes

  32. Mantab

  33. Saya ingatkan lagi biar gak pada lupa…

    “Mulai agak meroket September, Oktober. Nah, pas November itu bisa begini (tangan menunjuk ke atas),” kata Jokowi di Istana Bogor, Rabu (5/8/2015), dilansir Kompas.

    Para Haters mana suaranyaaaaaa….???
    Mingkem kabeh cangkem-mu toh….

    (sory gak nemu bahasa Indonesia yg bisa mendeskripsikan “mingkem” secara tepat)

 Leave a Reply