Mar 022014
 
Pasukan Rusia mulai memasuki Ukraina, setelah Permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen (photo: Reuters)

Pasukan Rusia mulai memasuki Ukraina, setelah Permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen (photo: Reuters)

Majelis atas parlemen Rusia menyepakati permintaan Presiden Vladimir Putin agar pasukan Rusia digunakan di Ukraina. Putin meminta agar pasukan Rusia dikerahkan “sampai kondisi politik di negara itu normal.” Armada Laut Hitam Rusia bermarkas di Krimea, Ukraina, merupakan tempat banyak etnik Rusia tinggal.

Atas tindakan Vladimir Putin itu, pemerintahan baru Ukraina memperingatkan kemungkinan perang dan menempatkan pasukannya dalam siaga tinggi serta meminta bantuan NATO.

Pernyataan terbuka Putin tentang hak untuk mengirim pasukan ke negara berpenduduk 46 juta di Eropa Tengah itu menciptakan konfrontasi terbesar antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin.

Perdana Menteri Ukraina, Arseny Yatseniuk, yang memimpin pemerintahan setelah mengambil alih kekuasaan dari sekutu Moskwa -Viktor Yanukovich- yang melarikan diri minggu lalu, mengatakan tindakan militer Rusia itu “akan menjadi awal perang dan akhir dari setiap hubungan Ukraina dan Rusia”.

Penjabat Presiden Ukraina, Oleksander Turchinov, memerintahkan pasukan untuk ditempatkan pada siaga tempur tinggi. Menteri Luar Negeri Andriy Deshchytsya mengatakan, ia telah bertemu dengan para pejabat Eropa dan AS dan mengirim permintaan kepada NATO untuk “mengkaji segala kemungkinan untuk melindungi integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina”.

Pasukan Rusia akan berada di Ukraina sampai kondisi politik negara itu dinyatakan normal (photo: BBC)

Pasukan Rusia akan berada di Ukraina sampai kondisi politik negara itu dinyatakan normal (photo: BBC)

Langkah Putin itu merupakan penolakan langsung terhadap para pemimpin Barat yang berulang kali mendesak Rusia untuk tidak melakukan intervensi, termasuk Presiden AS Barack Obama, yang sehari sebelum menyampaikan pidato di televisi guna memperingatkan Moskwa soal “ongkos” jika Rusia beraksi.

Pasukan tanpa lencana di seragam mereka tetapi diyakini tentara Rusia, beberapa menggunakan kendaraan dengan nomor plat Rusia, telah menyerbu Crimea, sebuah semenanjung terpencil di Laut Hitam di Armada Laut Hitam Rusia bermarkas. Pihak berwenang baru di Kiev tidak berdaya untuk menghentikan mereka.

Presiden Barack Obama telah menyampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional dengan mengirimkan pasukan ke Ukraina. Dalam sebuah pembicaraan telepon selama 90 menit pada Sabtu, Gedung Putih mengatakan Obama “menyatakan keprihatinan yang mendalam terkait pelanggaran nyata Rusia terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina itu.”

Gedung Putih mengatakan, AS menangguhkan persiapan bagi sebuah pertemuan negara-negara industri di Rusia pada Juni mendatang. “AS menyerukan kepada Rusia untuk meredakan ketegangan dengan menarik kembali pasukannya ke pangkalan di Krimea dan menahan diri dari campur tangan di wilayah lain di Ukraina,” tegas pernyataan Gedung Putih.

Obama memperingatkan bahwa pelanggaran kedaulatan Ukraina “akan berdampak negatif pada posisi Rusia dalam komunitas internasional,” dan bahwa AS “akan menangguhkan partisipasi dalam pertemuan untuk G-8 mendatang,” kata pernyataan itu.

Rusia Raih Kontrol
Pasukan Rusia memperkuat kontrol mereka atas Crimea dan kerusuhan menyebar ke wilayah lain Ukraina, Sabtu. Para demonstran pro-Rusia bentrok dengan para pendukung pemerintah baru Ukraina dan mengibarkan bendera Rusia di atas gedung-gedung pemerintah di beberapa kota.

“Ini mungkin situasi yang paling berbahaya di Eropa sejak Soviet menginvasi Cekoslowakia tahun 1968,” kata seorang pejabat Barat yang tidak mau disebut namanya. “Secara realistis, kita harus mengasumsikan Crimea berada di tangan Rusia. Tantangannya sekarang adalah untuk mencegah Rusia mengambil alih wilayah berbahasa Rusia di Ukraina timur.”

Putin meminta parlemen untuk menyetujui penggunaan pasukan “terkait situasi luar biasa di Ukraina, ancaman terhadap kehidupan warga Federasi Rusia, rekan-rekan kita” dan untuk melindungi Armada Laut Hitam di Crimea.

Majelis tinggi parlemen Rusia secara cepat dan dengan suara bulat menyatakan “setuju” atas permintaan itu. Hal itu ditayangkan langsung di televisi.

Negara-negara Barat pun bergegas memberi tanggapan tetapi hal itu sebatas pada kata-kata. Seorang pejabat AS mengatakan, Menteri Pertahanan Chuck Hagel telah berbicara dengan mitra Rusia-nya, Sergei Shoigu. Pejabat itu mengatakan, sejauh itu belum ada perubahan dalam postur militer AS.

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, mendesak Moskwa untuk tidak mengirim tentara. Menteri Luar Negeri Swedia, Carl Bildt, mengatakan itu “jelas melanggar hukum internasional”. Presiden Ceko, Milos Zeman, menyamakan krisis itu dengan invasi tahun 1968 ke Cekoslowakia.

“(Ada) kebutuhan mendesak untuk meredakan ketegangan di Crimea,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen, lewat kicauan di Twitter. “Para sekutu NATO terus berkoordinasi secara erat.”

Pasukan Rusia resmi memasuki Ukraina setelah permintaan Vladimir Putin disetujii Parlemen

Pasukan Rusia resmi memasuki Ukraina setelah permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen

Sementara itu, Putin mengatakan, permintaannya terkait otorisasi penggunaan kekuatan di Ukraina akan berlangsung “sampai terjadi normalisasi situasi sosial-politik di negara itu”.

Justifikasinya, yaitu kebutuhan untuk melindungi warga Rusia, sama seperti yang ia gunakan saat melancarkan invasi ke Georgia tahun 2008.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda aksi militer Rusia di Ukraina di luar Crimea, satu-satunya wilayah negara itu yang berpenduduk mayoritas etnis Rusia, dan sudah sering menyuarakan niat untuk memisahkan diri.

Sementara itu di Independence Square di pusat kota Kiev, di mana para demonstran telah berkemah selama berbulan-bulan saat melawan Yanukovich, sebuah film Perang Dunia II tentang Crimea sedang ditampilkan di layar raksasa, ketika Yuri Lutsenko, mantan menteri dalam negeri, menyela untuk mengumumkan keputusan Putin. “Perang telah tiba,” kata Lutsenko. Ratusan warga Ukraina di alun-alun itu pun bernyanyi, “Kemuliaan bagi para pahlawan. Kematian bagi para penjajah”. (Kompas.com).

  122 Responses to “Rusia dan Ukraina di Ambang Perang”

  1. perebutan pengaruh.. kasihan rakyat kecil jd korban

  2. Perlu ditiru dan diterapkan nih, bila serawak dan sabah dalam bahaya, dan tentara malaysia pergi meninggalkan begitu saja daerah “kita” ini.
    hanya saja kita datang bukan untuk pergi, tetapi datang untuk tetap tinggal.

    Penyesalan mendalam yang tak habis2nya akan kita rasakan, sebagaimana yang dirasakan malaysia sekarang, pada tahun 1900, kerajaan thailand menganeksasi apa yang mereka (thailand) sebut sekarang sebagai “thailand selatan”.
    Penduduk yang memiliki kharakteristik sebagaimana penduduk malaysia sekarang, baik bahasa dan agama, tetapi dibawah kekuasaan kerajaan thailand. Sementara pada saat itu, kerajaan malaysia sudah berpuas diri dengan apa yang mereka miliki dan takut untuk bermasalah dengan kerajaan yang tidak pernah dijajah ini, tanpa ada rasa senasib dan sepenanggungan dengan saudara2 mereka di utara kerajaannya itu. Tentu saja, inggris memiliki peranan yang besar untuk mengatur dan mengkotak2an baik malaysia dan thailand. karena pada masa itu (1900) inggris membutuhkan pasokan makanan dari thailand untuk pasukannya, dan sebagai imbalannya thailand meminta utara malaysia ini menjadi daerahnya dan inggris mengizinkannya.

    Cepat atau lambat, serawak dan sabah akan kembali ke pangkuan RI…….. Merdeka….!!!

    • yg diKalimantan tolong siapkan logistiknya yaah.: D. klw smpai pecah Nato dan As ikut campur dngan mengirim militer juga ke ukraina di jamin 100% WW3 bakalan pecah. dan sini China menyiapkan kekuatan untuk mengabil LCS. dan disaat itu kita ikut2 mengakuisisi Sabah dan Serawak. hehe.. just for fun: D

      • Ayo rusia segera gulingkan pemerintah ukraina jangan takut dengan amerika.

      • Berbicara sabah dan serawak…

        gue lebih setuju atas kemauan mereka sendiri, yaitu via referandum, dgn diperkuatnya Natuna dan Lcs di dorong ke level Adiz, sabah serawak pun akan terisolir.
        tinggal menunggu waktu saja.

        Brunei sendiri akan lebih mempercayakan kedaulatannya ke NKRI mungkin dlm bentuk otonom khusus.
        not bad.

        • Hmm… om donni, berarti kita harus mengirim intelijen-recon dunkz om untuk memetakan kondisi……. terus pelan2 membentuk opini publik dengan cara halus…. hingga saat api LCS semakin membesar “OPSI GABUNG KE INDONESIA” bisa dimunculkan, tentunya setelah seluruh pasukan kodok malaysia ngumpul semua di semenanjung dan meninggalkan sabah dan serawak. Yah… ini tantangan buat intelijen kita, jangan hanya mau menjadikan negara kita “sasaran tembak” negara2 lain. Untuk “Test-case” intelijen kita saya fikir serawak dan sabah cocok untuk dijadikan “area latihan”, sebelum sasaran tembak yang lebih jauh dikit dan lebih jauh banyak…. yaitu Osy.. dan AS….

          BIN kita jangan mau kalah dari CIA, yang mampu menumbangkan Presiden dari negara lain.
          Maunya dimasa depan ada headlines berita, operasi BIN telah menjungkalkan Tony Abbot dari kursinya, atau Operasi Senyap BIN berhasil merubah kerajaan malaysia menjadi negara demokrasi, atau Operasi Seroja Jilid II telah berhasil menjadikan Timor Leste balik ke pangkuan Ibu Pertiwi, atau Operasi Jinak SInga telah menjadikan suasana kacau di singapura dan rakyat minta bersatu dengan RI menjadi provinsi ke-34… atau judul2 yang lain…
          Hehehe….. :)

      • @FA : wah pada berangan2 nih…tetapi menjadi pertanyaan bagi saya bung, seandainya kita mengakuisisi Sabah n Serawak apa keuntungan nya bagi kita?just for fun :)

        • yaah untuk perluasan wilayah dan tambahan pertahanan jika LCS merembet. klw didaerah Sabah serawak komonditas utamanya sawit. sama kita jga punya dikalimantan. klw misal sabah serawak ikut terklaim LCS khan jdi pintu masuk akuisisi kalimantan. just fr fun:D

          • wah siap2 mobilisasi masal nih.ntar ane buka jualan minuman di sabah dah.yg aus yg aus

    • Bung Desperado, jangan ngayal yang macam2 dulu, nasib negara kita ini aja belum tau mau dibawa kemana pasca pemilu 2014 ini. Kita harus waspada dengan perang kepentingan asing didalam negeri dimasa krisis keamanan dan politik regional seperti saat sekarang ini!

      Kita belum tau, skenario seperti apa yang dipersiapkan barat untuk menganggu stabilitas dan keamanan dalam negeri kita. Saya hanya bisa berdoa semoga TNI/Polri siap dengan segala skenario (kalau memng ada) sehingga pemilu bisa berjalan dengan kondusif dan kita mendapatkan pemimpin secara fair dan demokratis. Aaamiin ya rabb al alamin.

      • Hahaha… iya om anak deli…
        Tapi kesempatan itu hanya datang satu kali, begitu dia datang, langsung diraih.. kalau tidak, dia akan berlalu dengan cepat dan tak akan pernah kembali lagi….

        • atau mungkin ada hikmah dari serangan rusia ke ukraina
          rusia sadar kita mau pemilu
          nd mreka buat pesta hajatan besar2an nd berharap para **** mulai mengalihkan pandangan mreka ke ukraina
          IMHO bung

        • Ya sudah bung, segera buat referendum untuk Nusantara jilid II (minjam term istilah bung Satrio)!! hehe..

    • Kami warga Sarawak/Sabah lebih senang berada dalam negara Federasi Malaysia. Lihatlah saudara2 Kalimantan kami mengemis mencari rezeki di perkebunan Sarawak/Sabah.

      Kami tak mahu menjadi pengemis mencari rezeki dinegara orang.

      Maaf Indon, seruan kamu tak dilayan… Boooooooo!!!

      • wkwkwk… selamat bersenang2 dahulu dengan federasi… :D

      • malingsia tetaplah maling..
        gue sebagai rakyat RI tak akan pernah melupakan kebejadan bangsa maling!!
        sebntar lagi bangsa maling menjadi negara miskin yg terlantar

        • Yah bener pak. Indon maling Timor Leste ama Papua.
          Bener dong, maling teriak maling… wakakaaaa

          • sorry indo tuh luas, timor leste and papua tuh msih di kawasan indo cuman melepaskan diri membentuk sendiri kita indo gk suka curi curian mengembangkan karya sesuai kemampuan orang indo , kalau indo mau bagus bisa tergantung cara pemerintahnya aja yang bs ngurus rakyat

      • situ orang sarawak…?yakin…?suer…?hahaha

      • Orang serWak kok bahasanya bahsa indonesia…
        Lihatlah??? ….tengok lah ,keliatan b*d*h nya……

        Kalao gak salah itu kelakuanya

        Okelah
        Asep crow
        Angel picek eyes..
        Anak deli…

        Manusia bermuka badak

      • Orang semenanjung

    • malu-maluin kami sarawakian nak gabung kat indon…..jangan suka mimpilah ndon! kami bangsa Dayak Borneo utara bukan bangsa bodoh yang nak membuat kami balik ke keadaan macam jaman penjajahan british dulu, indon itu negara bekas jajahan belanda sementara kami bekas jajahan british apa hak indon nak menganeksesien kami? kaorang kira kami nak tinggal diam kah ndon?

      mimpi kaorang besar sangat ndon…!!

      kaorang tengok ndon hari ini kami sarawakian dan sabahan lebih kaya, makmur dan hidup damai sejahtera dibandingkan negara kaorang ndon……indon yang miskin, yang cuma memperhatikan pulau jawa sahaja……siap-siap sahaja banyak provins luar jawa yang nak lepas dari jawa indon………indon-indon yang miskin, punya minpi besar sangat.

  3. wow wow.. waah.. era perang dingin klw ngak dibawa dingin trus bisa panas neeh..:D. klw sampai nato ikut campur bakal ada WW3 neeh. secara persenjataan dan ekonomi rusia jauh lebih siap menghadapi tawuran massal di era sekarang dan kedepan. secara ekonomi eropa yg morat marit rusia tetap berdiri tegak tanpa pengaruh sdikitpun.

  4. amerika dan NATO ga akan berani berbuat apa apa,ibaratnya,,sebelum amerika sampai ukraina..eropa barat yang modern sudah di hajar ribuan rudal rusia dan eropa barat tingal kenangan,selain itu amerika tidak gila jka harus berperang lawan rusia,karena ukraina tidak mempunyai nilai jual ekonomis yang dapat menguntungkan,minyak,gas,,tambang penting tidak punya,,,dan jika rusia,nato,amerika perang, maka cina tertawa terbahak bahak..kecuali cina dan korea utara ikut terjun perang menghajar amerika di LCS,Korea selatan,jepang, lalu langsung ke hawai, serta lurus sampai pantai barat amerika san fransisco,maka perang sesungguhnya baru di mulai,..

  5. “Presiden Barack Obama telah menyampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional dengan mengirimkan pasukan ke Ukraina. Dalam sebuah pembicaraan telepon selama 90 menit pada Sabtu, Gedung Putih mengatakan Obama “menyatakan keprihatinan yang mendalam terkait pelanggaran nyata Rusia terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina itu.”

    dsar polisi dunia katrok karepe dewe, trz yg loe lakukan selama ini ma irak& afganistas itu ap?? klo bkn melanggar kedaulatan negara lain jg???????

  6. Ayo rusia serang dan duduki ukraina JANGAN TAKUT dgn amerika

  7. Justifikasinya, yaitu kebutuhan untuk
    melindungi warga Rusia, sama
    seperti yang ia gunakan saat
    melancarkan invasi ke Georgia tahun
    2008.
    ————–
    Wah jadi terinspirasi… kita juga harus melakukan hal yang sama untuk “melindungi” warga Indonesia yang tinggal di negara2 tetangga

    • wkwk.. klw lihat orang malayshit berkicau komentnya lucu2. ngak nunjukkan otak2 pemudanya. ajang internasional dalam ilmu pengetahuan aku mau lihat level berapa otakmu??:D

    • Anak Maling@ you gak usah risau..
      jika negara you di infasi saye siap nampung :D

  8. Pemerintah RI sebaiknya berhati-hati dalam bersikap jangan sampai melanggar Pembukaan UUD 1945

    • yaah biar ngak ngelangar UUD 45 diterbitkan peta Nusantara khan otomatis yg memasuki wilayah nusantara adalah wilayah indonesia. hehe. just fun.:D

  9. jangan dengarkan ocehan ASU ular kepala dua… Lanjutkan..

  10. Sepakat. Invasi jls pelanggaran trhdp hukum internasional. Tp itulah Barat. Ketika “kepentingannya” terusik, mereka kompak TERIAK bhkn tak segan MENGANCAM. Tp lihatlah INVASI yg jls2 mereka lakukan trhdp Irak, Libya, Afganistan dll. Agresor Amerika dan sekutu jg diam menyaksikan puluhan tahun Israel menjajah rakyat Palestina. Apa yg Agresor Amerika serta negara2 barat sekutunya, lakukan dan katakan ketika Ausi injak2 kedaulatan RI, Papua Nugini bakar kapal nelayan RI? Amerika and cecunguk2nya, DIAM!!! Banyak lg cerita KEJAHATAN, KEBANGSATAN, LEBIADABAN AMERIKA & sekutunya selama puluhan tahun.
    So, saya kok jd cenderung memilih utk mengatakan, “Biarkan kali ini Rusia menunjukkan TARINGNYA. Biarkan saja klopun hrs trjd lg perang dingin jilid II. Saatnya muncul kekuatan negara lain sbgai penyeimbang ke-sewenang2an Agresor Amrik & sekutunya”.
    Saatnya Indonesia duduk manis, nonton dan TEPUK TANGAN. Sambil ngemil kacang, tlp sana, tlp sini, lobi sana-sini, kunjungi sana-sini utk proyek PENGUATAN ALUTSISTA. SEGERA….!!!!

  11. USA yg mengaku negara super power sbnrnya negara pengecut,beraninya keroyokan kaya anak sekolahan.
    Kedepan ri harus punya pmimpin sperti Sukarno pandai memanfatkn situasi

  12. Ketegangan tengah terjdi antara Rusia dan bekas negara nya sndiri Ukraina.Sgt menarik, parlemen Rusia bulat mendukung permintaan dri Putin mengirimkan pasukan Rusia ke daratan Ukraina.
    Demo yg lama dan anarkis mendepak Presiden terguling Viktor Yanukovych dri tampuk kekuasaan Prmerintahan Ukraina,dimana Viktor setia kpd Rusia.Pendemo mendesak untuk sgeranya Ukraina masuk dlm uni eropa,Presiden Terguling justru tetap setia pada Rusia.
    Dan setelah lama tumbang juga Viktor,digangtikan dgn Presiden sementara Oleksandr Turchyov.Jika dicermati sbnrnya sejauh ini Rusia hny ingin negara ini tetap berada dlm kendali mereka.Rusia sgt khawatir jika pecahan nya ini masuk dlm Nato dan UE akan sgt mengganggu keamanan dan stabilitas di Rusia.Bukan brg baru lgi dimana negara2 yg tergabung dlm UE dan Nato,Amerika segera membuat rudal pertahanan yg mengarah pada negara Rusia.
    Putin dan para intel nya yakin segala hal yg terjdi jika Ukraina ini terjdi krna ulah dri negara2 Barat,dan tentunya ini akan sgt mengganggu kenyamanan Moskow dimasa mendatang.Putin sepertinya tengah memainkan kartu truf baru atas kebijakan ini.Jika kita lihat Obama mngancam akan ada ongkos ataw intervensi atas Moskow,namun Putin bisa saja memainkan mata dgn Beijing untuk meningkatkan eskalasi ketegangan di LCS.
    Ingat bukan,Gedung Putih sudah mengancam jika China bersikeras intervensi negara2 yg di lindungi nya perang akan terjadi.Kita liat saja,seberapa kuat Obama memainkan peranannya baik pada kasus ukraina ini dan lcs.
    Hal2 yg terjadi hanya intrik dari politik berkepentingan.Saya Pribadi sbnrnya mndukung atas aksi Putin pada Ukraina,sbgmana dlu Bush menginvansi negara2 tak bersalah.
    Ini opini saya,suka tdk suka itu hak anda.

    • keputusan rusia untuk segera mengamankan ukraina sepertinya akan menjadi awal ketegangan seperti perang dingin yg telah berlalu.bagi rusia hal itu sangat perlu di lakukan karena secara pelan2 negara2 barat dan AS berusaha unutk mengajak negara2 pecahan uni soviet untuk pro pada barat.hal ini tentu menjadi pertimbangan sendiri bagi rusia untuk melaksanakan tindakan pengamanan yg sangat di perlukan bagi masa depan rusia.bagi amerika dan sekutunya,dengan mempengaruhi ukraina,mereka dapat memperlemah posisi rusia.hingga saat ini rusia masih di anggap sebagai ancaman.dunia tidak pernah merdeka sepenuhnya karena saat ini sebenarnya masa untuk persiapan perang dunia ke 3 dimana semua negara mulai memperkuat alutsistanya masing2.setelah masa persiapan perang selesai,biasanya akan di lanjutkan dengan konflik2 penentu yg menjadi awal perang dunia.sudah terlihat negara mana yg akan bersekutu dengan barat atau rusia.sorry jika ada kata2 yg kurang sesuai dengan para warjager,ini hanya opini saya saja dlm melihat perkembangan yg terjadi

    • rusia akhirnya punya waktu untuk menguji rudal dan persenjataan baru mereka.kita juga akan menguji roket baru kita :-)

    • Ini situasinya berbeda dengan ketika AS dan sekutunya menginvasi Irak & Libya. Terlepas itu melanggar hukum internasional atau tidak, Rusia jelas sudah mengambil langkah yang tepat dan terukur mengingat keberadaan pangkalan Militer mereka ada di sana dan sedang terancam keamannya. AS pun pasti akan mengambil tindakan yang sama jika mereka mengalami hal seperti ini. Jelas disebutkan di atas bahwa sejauh ini Rusia hanya memasuki Crimea, di mana pangkalan militer mereka berada.

      • apakah kali ini obama datang lagi ke Indonesia dan koar koar bakso.sate.dll seperti kemarin2 untuk menarik simpati rakyat kita?..mengingat konflik dah d depan mata

  13. keputusan rusia untuk segera mengamankan ukraina sepertinya akan menjadi awal ketegangan seperti perang dingin yg telah berlalu.bagi rusia hal itu sangat perlu di lakukan karena secara pelan2 negara2 barat dan AS berusaha unutk mengajak negara2 pecahan uni soviet untuk pro pada barat.hal ini tentu menjadi pertimbangan sendiri bagi rusia untuk melaksanakan tindakan pengamanan yg sangat di perlukan bagi masa depan rusia.bagi amerika dan sekutunya,dengan mempengaruhi ukraina,mereka dapat memperlemah posisi rusia.hingga saat ini rusia masih di anggap sebagai ancaman.dunia tidak pernah merdeka sepenuhnya karena saat ini sebenarnya masa untuk persiapan perang dunia ke 3 dimana semua negara mulai memperkuat alutsistanya masing2.setelah masa persiapan perang selesai,biasanya akan di lanjutkan dengan konflik2 penentu yg menjadi awal perang dunia.sudah terlihat negara mana yg akan bersekutu dengan barat atau rusia.sorry jika ada kata2 yg kurang sesuai dengan para warjager,ini hanya opini saya saja dlm melihat perkembangan yg terjadi

  14. ukraina mw melawan rusia? emangnya mereka masih ada uang ya, gaji pegawai saja sudah mandek, ini apalagi mw biayai perang. energi saja di pasok dari rusia, hahahaha.

  15. Kita sih cinta damai. Tapi entah keapa kadang2 tangan ini gatal juga pingin merasakan perang. Jangan2 ini mungkin “penyakit turunan” dari nenek moyang kita yang seorang pelaut..ha…ha…ha.. just canda:)

  16. SEBENARNYA kita harus melihat inti permasalahan kenapa Rusia harus menginvasi Ukrania
    Ukrania membuat perjanjian dengan rusia pada thn 1994 yang menjamin kedaulatan negara.

    Konflik Ukraina dimulai saat Presidennya Victor yakunovick menolak bergabung NATO dan UE, dan menerima bantuan dari Russia sekitar beberapa minggu sebelum demo berdarah terjadi,
    Sedangkan Ukrania ingin nasibnya seperti Polandia yang sudah bergabung dengan Uni Eropa,perekonomian negara itu mulai membaik kemiskinan jauh berkurang dan infrastruktur meningkat pesat.
    Sedangkan ukrania yang sudah dua dekade merdeka perekonomiannya masih seperti negara eropa timur CIS dan masih memerlukan bantuan ekonomi dari rusia dan disuplay dengan gas subsisdi dari rusia untuk menghadapi musim dingin.,

    Dengan runtuhnya presiden sekutu Moskwa Viktor Yaukovich maka Perdana Menteri Ukraina, Arseny Yat seniuk, yang memimpin pemerintahan akan condong mengarhkan ukrania ke UE dan NATO

    Kepentingan Rusia diukrania selain kedekatan budaya sejak Russian Empire borderlands
    Di Crimera ada pangkalan angkatan laut rusia armada laut hitam
    Kecemasan Rusia paling dominan bukan takut pengaruhnya hilang terhadap ukrania tetapi takut Ukrania bila bergabung dengan UE dan NATO akan dibuat pangkalan militer oleh NATO dan menaruh radar,rudal rudal jelajah dan rudal patriot nato.
    Rusia pasti akan kebakaran jenggot bila teras halamannya ada pangkalan militer yang bisa mengancam kedaulatan negerinya.

    Dengan adanya agenda pembangungan instalasi anti-misil di Polandia dan Republik Ceko oleh Amerika Serikat, yang diprakarsai oleh presiden George W. Bush dari usul Rumsfeld memanfaatkan isu terorisme .
    Semenjak serangan teroris pada 11 September 2001, pemerintah Amerika Serikat mendeklarasikan perang internasional terhadap terorisme yang diketuai oleh Osama Bin Laden yang dicurigai telah bersembunyi di Afghanistan. Perang ini dideklarasikan sebagai perang jangka panjang dan memakanan biaya banyak yang mengikutsertakan beberapa negara dalam menghadapi beberapa ancaman.
    Di tahun 2002, pemerintahan Bush memulai melakukan pembicaraan dengan pemerintah Polandia dan Republik Ceko mengenai instalasi fasilitas pertahanan misil di teritori negara mereka, dengan detailnya berupa bahwa akan ditempatkan radar di Republik Ceko dan peluncur pencegat rudal di Polandia
    Pada Era George W. Bush itu yg menginginkan suatu sistem pertahanan yang dapat menghalau rudal balistik atau misil pembawa hulu ledak yang berbahaya (nuklir, senjata kimia, dan senjata biologi) yang kemungkinan ditujukan terdapat kepentingan-kepentingan Amerika Serikat di negara-negara Timur Tengah dan Eropa. Amerika Serikat beranggapan bahwa negara-negara musuh Amerika Serikat seperti Iran sudah mempunyai teknologi rudal balistik.

    Rusia pun menjadi berang karena program ini dianggap mengancam kedaulatan negaranya dan berusaha untuk mengurangi kekuatan militer dan pengaruh politik Rusia di Eropa Timur, selanjutnya pemerintah Rusia menanggapi hal ini dengan pendekatan USA itu akan sangat mudah untuk terciptanya suatu konflik.
    Bila Klaim Amerika bahwa fasilitas rudal di Polandia dan Ceko itu untuk menangkal Iran, maka Rusia menawarkan kepada Amerika untuk menyebar radarnya disamping radar Rusia di pangkalan radar Rusia di Gabala, Azerbaijan dan itu lebih dekat ke Iran dari pada Polandia dan Ceko bila memang targetnya adalah iran,Rusia beranggapan bahwa penangkal rudal Amerika Serikat itu diarahkan untuk melawan Rusia, bukan untuk melawan ngara-negara poros setan (iran)

    Dengan latar belakang itu banyak yang beranggapan bahwa sebenarnya aksi Amerika Serikat itu merupakan pengepungan Rusia dan melanggengkan Rusia berada pada daerah ancaman penangkal rudal Amerika. Rusia memahami hakikat perkara tersebut. Rusia menilai sistem ini sebagai ancaman mematikan terhadap keamanan Rusia
    Rusia tidak mau kecolongan dengan Ukrania menjadi pangkalan aju nato dan penempatan rudal rudal patriot untuk mneyekat rusia,
    Rusia lebih memilih Menggebuk ukrania bila macam macam dan mengancam kedaulatan rusia dimasa depan, Menggebuk tunas yang beracun lebih mudah daripada memotong pohon yang sudah besar tentunya
    Dan pada akhirnya Presiden Obama MEMBATALKAN penempatan sistem radar dan anti rudal Amerika Serikat di Polandia dan Ceko. dan Ini kemenangan diplomatik bagi Rusia.

    BISA saja Amerika menerapkan strategi yang sama terhadap Indonesia.,mereka menempatkan pangkalannya didarwin,pulau cocos,pulau cristmas.singapura, dll bukan untuk menciptakan keseimbangan dikawasan asia pacific.
    Kita bisa mewaspadai karena Amerika bisa saja menggunaka strategi “Fan Jian Jie ” Membiarkan mata-mata musuh menyebarkan informasi palsu di markas musuh ”

    Artinya mereka menggunakan semua kemampuan yang mereka miliki untuk memecah belah musuh, entah melalui suap, infromasi palsu atau apapun juga.
    Dengan melemahnya kemampuan musuh dalam menyerang maupun bertahan karena rusaknya PERSATUAN akan lebih mudah ditaklukkan.

    Misalnya pada masa akhir Zhanguo, kepala penasehat Kerajaan Qin, Wei Liao mengajukan saran pada Ying Zheng untuk menggunakan 300000 tael emas sebagai suap kepada para pejabat tinggi dari enam kerajaan timur. Dengan begitu diharapkan mereka akan memihak Qin atau minimal mendorong raja mereka bersahabat dengan Qin, hal ini akan menimbulkan perpecahan dan konflik di internal kerajaan musuh antara anti Qin dengan pro Qin. Selain itu disetujui pula penggunaan mata-mata dan pembunuh untuk menghabisi orang-orang berbakat di timur yang anti Qin untuk melemahkan mereka.

    PELAJARAN diatas harusnya di buat acuan Indonesia yang akan mendekati pergantian kekuasaan,,Indonesia harus mengutamakan PERSATUAN dan cepat menguatkan otot otot militer nya menghadapi ancaman SERUPA dari usa dan kekuatan lainnya .untuk tujuan mengepung Indonesia dan melemahkan pengaruh Indonesia dikawasan dan akan memecah belah Indonesia diakan datang,dan DITAKLUKKAN
    Rusia saja dikepung apalagi selevel kita yang belum kuat ekonomi dan militernya
    Karena bagaimanapun NKRI harga mati
    IMHO
    maaf kepanjangan analisanya

    • Rusia saja dikepung apalagi selevel kita yang belum kuat ekonomi dan militernya
      ————–
      Saya tidak suka dgn pemikiran spt ini tapi sayangnya…. ini memang benar. Saya sependapat dgn bung Satrio

      • sangat disayangkan memang itulah kenyataannya
        sepertinya untuk negara yg usa anggap masih red zone,mreka melakukan pengepungan dulu bung,mungkin mreka memiliki beberapa alasan tersendiri IMHO

  17. Bukannya mo kampanye ya….
    setelah pemilu ne kayaknya yang bisa diandelin wat nerusin perkuatan militer RI cuma ###### (Admin) ## doang…
    kalo sampe ##### (Admin)## nyalon trus menang… bisa2 banyak pulau kita yang ilang trus BUMN2 strategis pada dijualin semua…

    trus karakter capres lain juga kita lom tau kalo bahas ntang pertahanan negara…. apalagi kalo sampe presidennya ######,

    kita2 di sini pada was2 nunggu kelanjutan MEF II… kalo mpe presidennya gak ngerti waduh MACAN ASIA JADI MACAN OMPONG lgi

  18. Rusia & China BERANI BERTINDAK kalau terganggu/di ganggu. Pemerintahan RI BERANInya cuma BERKOAR KOAR MULUT doang. Di GERTAK sama Negara PERSEMAKMURAN/SEKUTU AMERIKA ASIA langsung CIUT, MELEMPEM takut ga di PINJAMIN DOLAR.

  19. targetnya surriah dan iran … israel dan amerika pasti bermain untuk membuat sibuk russia http://www.dailystormer.com/russia-is-invading-the-ukraine-right-now/

  20. PBB malang nasibmu, bener2 lembaga tidak berguna, apalagi yg namanya DK PBB… tp lumayanlah PBB buat cari duit kirim kontingen Garuda.

  21. ga akan ada perang di asean dlm waktu dekat.mending lo pda analisa
    kawasan thn 2015!udah siap blm lo pda tenaga $pikiran tos2san langsung
    di kawasan

    • klw saya sudah siap bung, hidup itu memang butuh perjuangan. tos2an langsung secara ekonomi dimana ini akan menentukan siapa penguasa ekonomi Asean sebenarnya. klw dalam kelompok G20 kita jauh lebih siap dan matang berpikir secara ekonomi dan politik. sekarang tinggal kita pemuda Indonesia bisa ngak mengisi laju prekonomian negara yg stabil? “Jangan bertanya apa diberikan negaramu tapi tanyakan apa yg kamu berikan untuk negaramu” (kutip2 klw ada yg salah harap maklum..:D)

    • PERANG INDONESIA VS MALAYSIA TAHUN 2015

      Skenario Perang Indonesia – Malaysia
      ==========

      Wilayah Konflik Ambalat

      Panas dinginnya hubungan bertetangga antara Indonesia dengan Malaysia dimana penyebab virus demam itu bermuasal dari arogansi Malaysia yang merasa kastanya lebih tinggi dari Indonesia, lalu seenaknya melecehkan teritori NKRI, budaya NKRI, dan TKI. Situasi ini memberikan cuaca mendung dan memungkinkan setiap komponen warga bangsa ini mempersiapkan skenario terburuk untuk melawan arogansi tetangga sebelah itu. Beberapa skenario ganyang Malaysia sudah disiapkan melalui beberapa cara dan salah satunya adalah pre emptive strike menghajar teritori Malaysia melalui serangan dadakan yang tak terduga.

      Berbagai unjuk rasa sampai sweeping yang dilakukan terhadap warga Malaysia setidaknya mencatat satu hal penting yaitu permusuhan di kalangan grass root masyarakat Indonesia dengan Malaysia sudah mencapai titik didih. Seandainya Pemerintah mengisyaratkan sinyal Dwikora jilid 2 maka dalam waktu sesingkatnya TNI bisa melancarkan pre emptive strike. Simulasinya adalah suatu kejadian di sekitar Maret 2015 dengan sebab yang sama, Ambalat. TNI mendahului dengan melakukan sabotase obyek vital di Semenanjung dan Kalimantan melalui pasukan khusus yang menyamar sebagai TKI.

      Tak lama kemudian TNI meluncurkan ratusan rudal yang sudah ready for use di Sarawak dan Sabah dan dalam waktu bersamaan dimulailah serangan amphibi gerak cepat menghancurkan kota Tawao dan Kinabalu. TNI AL pada saat itu sudah memiliki kekuatan 3 divisi Marinir dengan persenjataan lengkap dan pengalaman tempur yang jauh lebih baik dari TLDM baik dari sisi kuantitas dan kualitas. Dalam pada itu 1 pleton Taifib dan Jala Mengkara diluncurkan melalui kapal selam mini untuk hancurkan Scorpene yang sedang berlabuh di pangkalannya di Sabah lewat serangan tak terduga dinihari.

      Serangan dan pendaratan pasukan amphibi akan diselesaikan dalam waktu 11 jam yang bergerak dari Sangatta dan Tarakan yang sudah dipersiapkan sebagai basis militer berkekuatan 50 ribu pasukan TNI. Sebelumnya pantai Tawao dan Kinabalu dihujani bom oleh 8 Sukhoi dan 12 F16. Kemudian pasukan pendukung AD dan persenjataan berat lainnya diturunkan dari puluhan KRI LPD, LST dalam waktu 24 jam berikutnya.

      Dalam waktu bersamaan 1 Divisi TNI AD dengan dukungan ratusan artileri, tank dan rudal yang sudah digelar di Kalimantan Barat memasuki Kuching dalam satu serangan kilat 8 jam. Karena sudah didahului oleh serangan rudal, maka pusat-pusat combatan, pangkalan udara dan komunikasi Malaysia di Sarawak menjadi lumpuh. Sementara Perairan Natuna sebelumnya juga sudah diblokade oleh 26 KRI untuk memutus logistik laut Semenanjung dan Borneo.
      Lalu bagaimana dengan Sumatra ? TNI di wilayah ini mengirim pasukan komando ke Semenanjung untuk menyusup dan lakukan sabotase mirip rembesan lasykar jihad. Selat Malaka dikawal oleh 34 KRI striking force yang siap menyerang pantai Malaysia. Melalui penyusupan pasukan komando, obyek-obyek vital di KL dihancurkan dan mengkondisikan TKI dan warga Indonesia yang ada di Malaysia untuk melakukan serangan sporadis, bom bunuh diri, intelijen, sabotase dan pembakaran sehingga menimbulkan kepanikan massif sekalian membalas apa yang telah dilakukan Noordin M Top selama ini. Model propaganda juga dilakukan dengan melakukan provokasi terhadap etnis China dan India untuk melakukan perlawanan terhadap diskriminasi etnis yang terjadi selama ini dan mempersiapkan Anwar Ibrahim merebut kekuasaan dan mengganti bentuk kerajaan menjadi republik Malaysia.

      Pada hari yang sama 3 brigade Marinir dari Medan dan Aceh lakukan serangan dadakan ke Penang untuk memecah konsentrasi TDM berperang menuju front yang mana. Karena kebingungan menghadapi 4 front pertempuran sekaligus (Sabah, Sarawak, Natuna dan Penang) membuat TDM kebingungan, panik dan tidak mampu lakukan konsolidasi karena telah terjadi kerusuhan rasial di Semenanjung, Serawak dan Sabah. Sementara dari Riau ratusan kapal nelayan yang berisi pasukan para militer Indonesia dan sukarelawan merembes dan mendarat secara besar-besaran lalu lakukan sabotase, pembakaran dan mengajak warga Indonesia yang ada di Johor untuk lakukan apa saja untuk membuat huru-hara horizontal sehingga menimbulkan perkelahian massal dan ketakutan yang luar biasa bagi warga Malaysia.

      Lalu dimana posisi TNI AU. Dengan kekuatan pesawat tempur 32 Sukhoi, 40 F16, 36 Hawk, 12 F5E, 16 Yak 130, 16 Super Tucano TNI AU tidak melakukan serangan udara ke wilayah Semenanjung karena serangan pre emptive sudah dilakukan melalui rudal-rudal berjarak jangkau 300 km dan mampu melumpuhkan pusat-pusat militer dan komunikasi Malaysia. Meskipun begitu TNI AU bersiap untuk dog fight dengan TUDM dengan taktik biarkan lawan masuk ke wilayah NKRI baru digebuk dan dihancurkan. Wilayah Indonesia yang luas ini membuat TUDM tak fokus mau lakukan serangan udara ke area mana apalagi seluruh pangkalan udara di Sarawak dan Sabah telah dihancurkan rudal-rudal Lapan yang menggetarkan itu.

      Serangan langsung ke wilayah teritori Malaysia diskenariokan hanya berlangsung 7 hari karena Indonesia tidak berambisi ekspansi teritorial. Setelah melewati waktu itu seluruh PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) TNI ditarik mundur setelah pengkondisian di dalam negeri Malaysia berjalan mulus yaitu menimbulkan konflik horizontal diantara sesama penduduk Malaysia kemudian mendukung Anwar Ibrahim menjadi presiden Malaysia setelah bentuk kerajaan diganti menjadi republik dan mempercepat pembentukan negara Sabah dan Sarawak di Kalimantan.

      Berikut disampaikan peta kekuatan TNI dan cadangan nasional yang dimiliki NKRI, sebuah kekuatan yang tak mampu ditandingi Malaysia, apalagi kalau bicara kekuatan nasionalisme dan heroik yang dimiliki bangsa ini

      TNI AD memiliki pasukan tempur 260.000 orang (Kopassus, Kostrad, Kodam). Jumlah pasukan cadangan mencapai 6 juta personil. TNI AD dilengkapi dengan 1.200 Tank, 1.700 Panser, Artileri / Roket 2.200 unit, Rudal 900 unit, Heli Tempur 90 unit. Konsentrasi arsenal TNI AD ada di pulau Kalimantan.

      TNI AL memiliki kekuatan 95.000 pasukan termasuk 3 divisi Marinir dengan jumlah armada 196 KRI dari berbagai jenis (Fregat, Korvet, KCR, LPD, LST). Kapal selam yang dimiliki berjumlah 6 unit dan menjadi alat pukul strategis untuk menghancurkan kapal diraja Malaysia yang lewat di selat Malaka, Laut Natuna dan Ambalat. Marinir memiliki 750 tank amphibi dan 820 panser amphibi disamping howitzer, roket dan rudal.

      TNI AU memiliki kekuatan pesawat tempur 32 Sukhoi, 40 F16, 36 Hawk, 12 F5E, 16 Yak 130, 16 Super Tucano, 6 pesawat intai strategis, 12 pesawat intai taktis, 40 pesawat angkut berat Hercules, 24 pesawat UAV dan rudal anti serangan udara jarak sedang.

      Nah sekarang dengan skenario perang ini mampukah Malaysia menandingi kekuatan NKRI yang jauh lebih besar dari kekuatan yang dimiliknya, terutama kekuatan nasionalisme dan heroik yang dimiliki seluruh anak bangsa. Pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan ini adalah agar jiran sebelah itu mampu memberikan nuansa bertetangga yang baik, tidak arogan, tidak melecehkan tetangga, saling menghormati dan toleransi. Jangan sampai kondisi terburuk itu yang terjadi, jangan bangunkan macan yang sedang tidur, jangan buat harga diri bangsa Indonesia menjadi macan yang terluka. Kalau itu yang terjadi, siap-siaplah menjadi almarhum kerajaan Malaysia.
      *****

      • Alahhh… Cakap besar lah pulak. Perang Timor Leste je Indon dah cabut lari… ;-)

        • ADuh lagi stres nih orang, neng okelah, anak sarawak, mbah bewok, dll

          wadaaouww….
          komen sendiri, dikomentari lagi mo ngadu domba ya…….
          benar2 gendeng nih orang…..

          Om diego, kasih obat cacing lah nih orang…!!!

          • Wakakaaa…… Nggak boleh terima loe TNI kabur dari Timoer Leste.

            Cabut lari juga naik taksi. Kabur pak!!! wakakaaa

            Mimpi basah siang hari loe mau invensi Sarawak/Sabah.

          • Jika terjadi invasi terhadap Malaysia timur oleh negara asing, apa yang akan federasi lakukan? Minta bantuan Singapura? Minta bantuan FPDA? Singapura dan FPDA tidak peduli Malaysia timur, bahkan semenanjung diam membisu dlm kasus James Shoal.

            Malaysia belum pernah perang untuk kedaulatan dan kemerdekaan, tidak sedang melakukan penjagaan kedaulatan dan tidak akan pernah berani berperang untuk kedaulatan. Easy come easy go :)

        • Bocah Sarawak, coment ente gak mutu, benar-benar isi kepala ente gak ada isinya. Memalukan. Siapa yg mau invasi Sarawak/Sabah, gak ada untungnya buat Indonesia.

        • coba aja tanya seberapa besar kemampuan dan kekuatan Tentara Malaysia …
          dia mana tau, orang dia bukan orang2 seperti kita yang selalu menghitung setiap kekuatan militer…
          dia cuma sebatas orang bodoh yang sok kuat di bawah pohon karet

          gak pernah denger pernyataan anwar ibrahim ya…
          alasan Malaysia menmprioritaskan TKI, TKI di Malaysia di jadikan tameng oleh malaysia.. karena jika terjadi konflik dengan Indonesia,Malaysia menjadikan TKI-TKI tersebut sebagai jalur diplomasi..
          meski di tentang karena juga dapat menjadi boomerang bagi negara itu sendiri oleh beberpa politisi.. maka di ambil kebijakan bahwasannya TKI-TKI di prioritaskan WANITA

          SO ARTINYA MALAYSIA CUMA BERANI SAMA WANITA

  22. USA ini sudah HANCUR Ekonominya….Hutangnya sudah mencapai 17,1 Trilyun USD sedang GDP nya hanya 15,6 Trilyun USD….Jumlah Hutang diatas 100% dikatakan satu negara sudah TIDAK SEHAT…US Dollar juga terus melemah sekarang….Jadi mau perang dengan Rusia duit dari mana Asu….

    Mau kasih Sanksi Ekonomi….Ngaca dulu Su….Kalo Rusia sampai STOP aliran Minyak dan Gas ke Uni Eropa itu bakalan BIKIN KIAMAT Ekonomi buat negara lu dan sekutu lu Su….Harga Minyak bakal MEROKET…..Hutang ASU bisa tambah tinggi…

    JADI KESIMPULANNYA ITU CUMA GERTAK SAMBAL USA YG LAGI STRESS BERAT…..HIHIHI

    • Ane ulangi yg pernah ane tulis sblmnya: Ada baiknya tetap waspada dgn kabar bangkrut dan lemahnya amerika spt Letjen Saito dari jepang pada masa PD II yg justru menjadi waspada dgn kabar “kekalahan” armada laut amerika di laut filipina

  23. Serangan rusia ke ukrania, saya prediksi tdk akan mendapat halangan berarti dari barat. Amerika akan berpikir seribu sekali utk mempertaruhkan nyawa di ukrania dgb berhadapan dgn rusia. Mereka mungkin hanya protes saja. Menurut saya, saat skg adlh yg paling tepat utk rusia ke ukrania semakin diperlambat maka mjd kemunduran militer rusia krn pasti ukrania dan barat punya waktu utk bersiap2 apalgi eropa dan amerika skg lg krisis ekonomi.

    Invasi rusia ke ukrania ini, mungkin akan menguntungkan cina krn barat pasti akan terpecah konsentrasinya. Bila rusia membiarkan ukrania, berarti rusia hrs siap ukrania mjd anggota nato dan itu berarti rusia akan terkepung scr geopolitik di eropa krn sdh byk negara eropa timur skg mjd anggota nato.

  24. Arinsyaff lahh …komen udah ksana kmari…ga tau juntrunganya.sgala indonesia bwa malaysia d bwa cina thailand jepang korea..ga ngerti..saya. Doain ajj yg terbaik jngn smpe ada perang kita ini negara islam terbanyak d dunia ga usah ter bawa arus.bnyak yg pinter2 yg lebih cocok bahas soal itu jgn terbawa sifat kafir.

  25. Nilai strategis ukraina adalah jalur pipa gas, a jalur pipa gas Ukraina meski “skala”-nya relatif tak besar jika dibandingkan Syria.
    sewaktu Putin menghentikan gas yang mengalir melalui pipa di Ukraina pada 1 Januari 2006 ketika terjadi sengketa gas (2006-2009) antara Rusia – Ukraina, ternyata berdampak sangat luas lagi dahsyat. Tidak hanya Ukraina yang menjerit kekurangan gas, tetapi merata di seluruh Eropa berteriak kurang pasokan sebab penutupan pipa gas dimaksud. Kenapa demikian, betapa 80% jalur ekspor gas Rusia menuju Eropa melalui lintasan jalur pipanya Ukraina. Ketika diputus pada “titik simpul”-nya, niscaya menjerit negara konsumen di hilir jalur pipa. Dalam konteks ini, Ukraina merupakan simpul jalur gas, sedang UE dan negara sekitarnya berada di bagian hilir.

  26. pribadi 1000% dukung rusia

  27. dukung rusia di manapun tetap rusia yess

  28. * Terkadang Perang itu memang diperlukan *

    Bagi Rusia, jatuhnya ukraine adalah indikasi kejatuhan Rusia pula, itu hanya masalah waktu, mempertahanknnya habis2 adalah pilihan final,
    Hegemoni AS sudah terlalu lamu berkuasa dan ngaco, lihat z mereka merilis pelanggaran HAM diseluruh dunia tanpa menghitung jumlah korban nyawa dari produksi alutsista nya katakanlah dihitung sejak perang korea, vietnam…sampe skrg, baikM16, apache nya….pelor2nya selalu merenggut nyawa penduduk negara lain….puluhan juta..korbannya..!!
    Kemunafikan As dan hegemoni barat ngajarin HAM itu seperti Pelacur berkampanye salahnya perilaku Asusila.
    Tatanan dunia ini perlu perubahan, dan perangpun melahirkan peradaban dan tatalaku baru, yg diperlukan adalah satu suaranya diluar hegemoni As dgn sekutunya.
    Tanpa Perang global, tatanan dunia pun akan tetap seperti sekarang ketika demokrasi adalah sesuai dgn konsep perbudakan dan keuntungan bagi hegemoni As dan sekutunya sendiri.
    Perang Global pun diperlukan As untuk memutarkan kembali roda ekonomi nya yg hampir macet, ketikan bangsa2 dunia non hegemoni barat satu suara, seharusnya membaca Perang Global pun adalah Kesempatan yg sama untuk menghancurkan sekalian hegemoni sekarat ini, dan memulai tatatanan baru yg tanpa ada saling dominasi, demokrasi yg tidak dipksakan dlm variable nya.
    Berjudi dalam frekuensi yg sama, bagaimana pun perang itu akan mendatangi kita semua, terlepas suka atau tidak, karena perang adalah kebutuhan hubungan social manusia yang sudah jenuh dan kompleks untuk menuju kesegaran dan tatanan dunia baru.

    Kalo menurut kalkulasi jika memang hegemoni sudah sekarat dan diperlukan satu The Last Fatality Punch… dan timmingnya pas, kenapa harus ragu untuk ambil bagian..?? Dgn cara seperti itu pula walau terkesan primitive, bangsa besar baru mendapatkan legalitasnya seperti halnya pasca PD-1 & 2, melahirkan As dgn konsep Nato nya serta USSR dgn warsawan-ya.

    #Jika pecah perang besar di ukraina, gue termasuk setuju ada sejumlah personel yg dikirim kesana, walaupun sebatas Observer mau resmi atau tidak, tentunya mempelajari pernak pernik fenomena perang modern.
    Pecah perang terbuka dgn eskalasi besar akan membawa dampak positif bagi Indonesia, Rusia akan menggenjot produksi alutsistanya, dan bisa jadi memerlukan assistensi negara sahabat2nya yg relatif aman dan terpercaya dlm masalah gain produksi massive-nya.
    Who knows….salah satunya adalah kita.

    • Ya.. kita harus hati2 bergaul dengan janda2 yang (maaf) pe *s ka. Suka s*ks bebas.
      Bisa2 ketularan raja singa kita nanti.. Bisa berabe ntar…. :)

      • wkwkwkwkwkw udah jelas kok siapa kawan siapa lawan
        sekali lagi kita kembali teringat akan kata2 bung karno
        JASMERAH

  29. disini forum untuk orang indonesia.anda jgn ikut disini.bagi warga negara lain, baca boleh tp jgn mulai saling menghina.jika tidak setuju dengan komentar2 yg ada di forum ini,jangan bergabung dengan forum ini.setiap warga negara manapun pasti bakal menganalisis militer dalam negerinya.jadi jangan menyulut api.diam lebih baik karena tidak ada untungnya saling menghujat.daripada harus saling menjelek2an di forum ini lebih baik jangan nimbrung di forum ini.saling membagi analisis adalah lebih bermafaat daripada saling menghujat.salam

  30. @bung desperado. Justru Inggris lah yg meminta Kedah, Trengganu dan Kelantan dari Siam sbg imbalan bhwa Inggris tidak akan ikut campur dlm kerajaan Siam. Negara-negara tersebut (trmsk Pattani) awalnya mengirim upeti berupa Bunga Mas (bunga dari emas dan perak) tiap 3 tahun kepada Siam. Baru berhenti setelah perjanjian inggris-siam 1909. Namun Siam menolak menyerahkan Pattani krn kepentingan Siam.

  31. Bakalan seru nih.

    Ketika negara2 NATO bawa pasukan ke negeri orang di seberang samudera itu namanya penjaga perdamaian, tapi jika non NATO masuk negara orang apapun alasannya adalah invasi :D

    Malvinas itu berapa ribu kilometer dari UK, tapi membela keturunan penduduknya UK kirim pasukan agar tidak masuk jadi wilayah Argentina. Perancis juga belum lama ini mengirim pasukan ke negara Afrika. Kenapa Russia tidak boleh mengirimkan pasukan ke Ukraina? ras dan bahasa sama dengan Russia untuk wilayah tertentu, jauh lebih wajar daripada Perancis masuk Afrika

    • Secara politik, ekonomi dan militer harus kuat maka megara tsb punya kekuatan dam pengakuan dunia.

    • Seharusnya ada orang2 gila perang Nato yg mulai kalap.
      Sehingga Rusia bisa Klimaks melepaskan dendam lama, lepasnya negara balkan, rontoknya USSR, Rusia memiliki kapasitas total melemahkan eropa, juga ada khabar rusia mulai mengirim paket ke Kuba, untuk jaminan head to head dgn AS.

      Rusia ke Barat
      China ke timur dan Selatan

      Kita kemana ya.?
      :D

      • Indo negara yang “baru” bebas menyuarakan pendapat sejak jaman reformasi, jadi sekarang masih dalam tahap menguatkan pondasi negara. Perlu beberapa generasi pumpinan agar indo mjd negara super kuat… Jadi posisi skr yang tepat menurut sy adalah memperkuat pertahanan dengan main cantik.
        Kalau mau lebih hebat lagi wamil harus dihidupkan agar lebih kuat.

      • Ada beberapa negara2 besar di dunia seperti Russia, US, China, India dan Brasil. Kelebihan utama Russia adalah wilayah dan SDA-nya, kelemahan mereka adalah SDM yang terbatas jika dibandingkan dengan luas wilayahnya.

        Agar negara2 ukuran sedang dan kecil bisa bertahan terhadap negara2 besar mereka membangun kerjasama dan aliansi serta berebut pengaruh di dunia. Yang paling jelas adalah Uni Eropa. Ada mata uang Euro dan pemerintahan Uni Eropa, seperti negara dalam negara. IMHO- tujuannya adalah 1 negara Eropa yang mampu bersaing dengan Russia, China ataupun US. contoh lain adalah Uni Afrika, UNASUR (Union of South American Nations) bahkan ASEAN.

        Maksudnya, dalam situasi multipolar negara2 cenderung mengerucut memperkuat diri berdasarkan ideologi, geografi bahkan ras. jika ASEAN gagal, hanya Indonesia yang punya potensi untuk jadi pengganti. Dan dengan kebangkitan China/Russia serta kemunduran EU dan US ada kemungkinan Indonesia akan ikut bangkit juga. IMO-selama ini hanya US dan NATO yang menjaga China tidak mencaplok Taiwan dll dan Indonesia tidak mencaplok Malaysia dan Singapura. Tanpa kekuatan2 barat negara2 tetangga kita yg bentukan imperialis hanyalah halangan bagi kebangkitan Nusantara. Dan memang mereka dibentuk untuk tujuan tersebut, membendung potensi ancaman Indonesia

  32. Saya malah jadi khawatir pemilu 2014 dijadikan pintu masuk negara musuh yg hendak menghancurkan nkri. Sekarang hampir semua media bisa dibeli untuk membentuk opini dengan alasan kebebasan pers, pdhal yg sesungguhnya kebebasan pundi2 yg diterima pengusaha media

    • iya Tahun 2014 ini cukup Krusial bagi NKRI.
      Kewaspadaan Nasional dimulai dari diri pribadi masing2 untuk membuat kondusif suasana.
      saling menghimbau untuk tidak terpancing melakukan kerusakan kepada negara atas nama demokrasi seperti 1998,

      1998 adalah mengajak rakyat untuk dibenturkan dgn institusi negara.= Restart.

  33. apa bodoh komen mau perng islam sama islam fikirin ekonomi macam cina lagi maju eko

  34. * Formil Warjag lebih baik terbuka (mengcounter beberapa koment) *

    Silahkan para forumer Malaysia, singapore menyampaikan opini dari sudut pandang masing2, bermuatan analisa informasi aktual atas kebijakan yg berjalan dari negara masing2 malah bagus.

    Membanggakan Nasionalisme masing-masing adalah Hak pribadi, tapi terjebak saling caci maki adalah useless, ikuti aturan yg admin tetapkan, Sepanjang analisa teknis, taktis, strategis,atau menyisipkan informasi yg aktual dan relevan, gue kira syah2 z siapapun ikut berkomentar, termasuk forumer Malaysia dan Singapore, yg penting jangan pake bahasa planet Mars. :D

    Come out and play with us.

  35. joke aside biar cooldown

  36. 2020 segera tiba
    singsingkan lengan bajumu
    Mari kita berbaris ke utara, Paman Sam akan berada di Belakang kita
    Mengayomi dan Melindungi kita…………..

    Nasehat mbah sebagai sesepuh dalam berbagai seminar kebangsaan.

    1. Sudah saatnya kita menunjukkan bangsa kita adalah Bangsa yang terkuat di Bumi selatan.
    2. Mbah menginginkan pemuda indonesia bersiap dan berpartisipasi menjadi sukarelawan dalam perang Laut china selatan.
    3. Perang ke depan membutuhkan sumber daya dan korban jiwa yang sangat besar, tapi jangan khawatir keuntungan pasti kita dapatkan bila menang perang dan menahan gerak laju PLAN di Laut China selatan.

    PRAJURIT YANG HEBAT ADALAH PRAJURIT SELALU BERHADAPAN DENGAN MUSUH YANG JAUH LEBIH KUAT DAN MENANG.

    3.

    • Siap mbah….
      Bilang sama paman sam, kita butuh F-22 10 ska, F-15 30 ska, F-18 30 ska, aircraft carrier 5 complete, hibah gratis. Plus dana $500 bn,

      bisa deal ga.?
      # kalo ngayal jgn kepalang.

      • Bukan itu maksud mbah bowo bung, maksudnya dia pengen 240 juta orang Indonesia jadi human shield untuk kepentigan Amerika.

        • …dan untuk itu ada Harga yg harus mereka bayar.. kan begitu :D
          mana ada gretongan zaman saiki…gitu maksudnya

    • kalau kita berbaris ke utara sekarang, hingga 2020 udah keliling dunia berapa kali yak?

      jadi inget forrest gump

  37. Pagi kemarin markas marinir Ukraina dikepung pasukan Russia. Batalion pasukan Elite Ukraina juga ada yang berlokasi di Crimea menolak menyerahkan senjata. Tapi kepala Angkatan Laut Ukraina Denis Berezovsky mengumumkan membelot ke pihak separatis Crimeria yang pro Moscow.

    Untuk pengangkut personel pasukan Russia menggunakan Kamaz :) truk ini yang diberitakan akan diproduksi di Indonesia untuk keperluan pertambangan dan militer?

    Dan photo dibawah adalah photo pasukan marinir Ukraina yang sedang dikepung pasukan Russia disamping kendaraan tempur, sepertinya BTR-4. Kendaraan yang juga dipesan Indonesia

  38. wah wah wah.siap2 nonton pesta kembang api nih :D
    siapa mau ikut nonton? or bahkan ikut nyalain kembang api?
    saya mau liat kembang apinya obama gimana liat rusia main kembang api,nd bahkan china pun ikut nyalain kembang apinya.
    ngeliat situasi gini,makin abbot aja kepalanya mikirin masalah demi masalah.hihi
    hukum karma bagi sang ASU

  39. gimana nih nasib kerja sama roket rx550 indonesia – ukraina?

    Ane jadi kuatir proyeknya bakal terhambat, bisa jadi gagal………

  40. HADIAH DARI U S A BUAT RUSIA .,CHINA ,KORUT

    http://www.youtube.com/watch?v=JqhME0dD5Ds

  41. sepertinya krimea semakin mendapatkan dukungan untuk berdiri sendiri atau mungkin bergabung dengan Russia. Kaum pro barat ukraina juga keterlaluan, mereka melarang penggunaan bahasa rusia sementara penduduk krimea hanya bisa berbahasa rusia.

    http://id.berita.yahoo.com/petinggi-militer-ukraina-menyempal-untuk-krimea-062149078.html

    Jika NATO menolak secara keras dan ukraina melawan, presiden Putin tinggal menghentikan supplay gas ke eropa, eropa yang krisis akan semakin jatuh ekonominya. kempis dan mengkerut mereka lalu meledak seperti bintang kehabisan energi.

    Amerika dan Eropa tidak akan berani bertindak keras demi ukraina. Terlalu tinggi resikonya dibandingkan keuntungan yang didapatkan.

    • PENDEK KATA…BILA MALAYSIA MELARANG BAHASA INDONESIA,DI SANA,.. JADI BOLEH DONG INDONESIA MENYERANG MALAYSIA..??
      SEKEDAR NIRU RUSIA…….XIXIXI

  42. Ukraina – Russia

    • Sepertinya Ukraina akan terpecah.. penduduk kota yg mayoritasnya masih keturunan etnis Rusia seperti Crimea,Donetsk,& Odessa,meminta referendum untuk menentukan nasib’nya sendiri pada 30 Maret nanti, karna menurut isu yg beredar bahwa pemerintahan baru di kiev yg pro barat akan menghapus bahasa kesaharian mereka yaitu “Rusia”,, bahasa Rusia sendiri adalah bahasa kedua di ukraina ada sekitar 7,5 juta jiwa penduduk ukraina masih menggunakan bahasa Rusia dalam kesehariannya, Penduduk dikota-kota tsb mulai meneriakkan ” Rusia ” dan ” Tidak untuk Fasisme!” sambil membawa bendera Rusia.


      • Melihat kebiasaan negara2 NATO dan US, saya kira tindakan Russia ini tidak ada apa-apanya. Ukraina penting bagi Russia dari segi geografis. 25% pasokan gas untuk negara2 Eropa dipasok Russia. Dan 50%nya disalurkan lewat Ukraina.

        ASelain itu juga negara2 aks Pakta Warsawa banyak yang beralih ke NATO dan wilayahnya digunakan US/NATO untuk menempatkan rudal2 mengelilingi Russia. Jika Ukraina masuk Uni Eropa dan Nato Russia akan makin terancam mengingat wilayah Ukraina cukup luas dan tidak jauh dari Moscow

  43. Apa yg d lakukan Rusia adalah hasil dr penelitian intelijen,, Rusia tau ukraina adalah imbas dr keras kepala’y dia mendukung Assad…
    Ada banyak kemiripan kasus ukraina dg suriah, hanya yg membedakan adalah tempat N isu…
    Ada baik’y intelijen kita memantau org2 yg selalu menjadi provokator spt si Bernard henry Levy ini, tdk menutup kemungkinan suatu saat dia akn datang ke indonesia (papua)…

    http://www.dinasulaeman.wordpress.com/2014/02/24/lukraine-est-une-autre-syrie/#more-1939

  44. jadi ingat invasi rusky ke georgia, yang berakhir tidak lama, secara militer menurut saya rusky bisa menyaingi us+nato, namun secara diplomatik (faktor diplomasi+ekonomi) rusky masih kalah sama us,

    jadi kita lihat us sudah melakukan embargo ekonomi,konferensi n militer(kerjsama) , bila ternyata rusky mengakhiri dan tarik mundur dari ukraina , saya pikir rusky masih kalah di “pergaulan” internasional

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  45. rusia akan bekukan aset 2 eropa dan america ,bila menjatuhkan sangsi ekonomi kepada rusia
    dengan di tandai dengan test rudal antar benua
    eropa dan america,,?apakah berani melawan rusia…?

    http://www.youtube.com/watch?v=IuucbY3MvJM

  46. i like indonesia

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>