Aug 192016
 

Industri pertahanan Russia akan mengembangkan peralatan tempur Ratnik generasi ketiga dalam 5-7 tahun kedepan, Dirjen lembaga penelitian ilmiah TsNIITochMash (anak perusahaan Rostec), Dmitry Semizorov kepada TASS.

“Saya kira bahwa perlengkapan tempur memiliki masa kerja sekitar 5-7 tahun. Kita harus melakukan tidak hanya sekedar penelitian, tetapi juga mengerjakan pengembangan dalam periode ini untuk merancang perlengkapan Ratnik generasi ketiga untuk menggantikan model yang dikembangkan sebelumnya,” kata Semizorov.

Perlengkapan tempur Ratnik milik Angkatan Darat Rusia yang ditugaskan di Crimea

Dia menunjukkan bahwa perancangan Ratnik generasi baru terkait erat dengan pengembangan bahan inovatif. “Kami berencana untuk mengurangi berat perlengkapan tempur Ratnik secara drastis. Karena penggunaan yang luas dari bahan inovatif dalam mendukung kehidupan dan peralatan perlindungan individu, industri secara signifikan akan meningkatkan kemampuan tempur prajurit yang turun di medan perang”, tambah CEO.

Dia menunjukkan bahwa generasi berikutnya dari peralatan tempur Ratnik akan mencakup perangkat identifikasi-teman-atau-lawan (IFF) perangkat. Lembaga penelitian ilmiah TsNIITochMash dapat mengintegrasikan kerangka luar dengan peralatan tersebut, Semizorov menunjukkan. “Kami telah mencapai hasil positif di bidang pengembangan peralatan. Terus terang, industri tidak tahu apakah kerangka eksternal dan sistem IFF akan diperlukan dalam generasi baru perlengkapan Ratnik. Saya akan menunjukkan bahwa Ratnik generasi ketiga akan menggabungkan sub-sistem baru”, kata Semizorov. Dia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) telah memerintahkan untuk mengembangkan konsep pakaian tempur generasi baru.

Perlengkapan tempur Ratnik milik Angkatan Darat Rusia yang bertugas di Suriah

Sebelumnya, Dirjen Advanced Research Foundation (akronim Rusia: FPI, Fond Perspektivnyh Issledovaniy), Andrei Grigoriev mengatakan bahwa finishing generasi baru dari pengembangan peralatan individu dijadwalkan antara 2025-2030.

Ratnik (Warrior) adalah sistem tempur infanteri Rusia. Hal ini dirancang untuk meningkatkan konektivitas dan efektivitas Tentara Rusia di medan perang. Perbaikan termasuk body armor modern, helm dengan monitor khusus (monitor mata, termal, night vision, senter), sistem komunikasi dan headphone khusus.

Peralatan tempur Ratnik yang memiliki integrasi perangkat teknologi tinggi yang dapat mengidentifikasi teman atau lawan

Russia Ratnik Uniform

Sistem “Strelets” memberikan kemampuan komunikasi suara dan video. Termasuk modul navigasi GLONASS, sehingga pemimpin pasukan dapat melihat lokasi masing-masing prajurit pada komputer seukuran buku. Dengan komputer ini, ia juga bisa memberikan perintah kepada skuadnya, mengirim video dan foto ke markas. Setiap prajurit memiliki komputer taktis sendiri, tapi tidak seperti komputer pemimpin, yang satu ini lebih kecil, seukuran telepon genggam.

Ratnik melindungi hampir 90% dari tubuh prajurit. Secara umum, berat peralatan Ratnik lengkap dengan perisai anti peluru khusus paha dan bahu adalah 19-20 kilogram. Berat dasar Ratnik (untuk insinyur dan tenaga medis) adalah 15 kg (tanpa pelindung paha dan bahu).

Perlengkapan tempur Ratnik telah melewati semua tes, dan telah diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Rusia. Untuk Angkatan Laut, rompi anti peluru dikombinasikan dengan jaket pelampung, sehingga tentara dan pelaut yang dilemparkan ke dalam air tidak akan tenggelam.

Sumber: TASS

Artikel Terkait :

  18 Responses to “Rusia Kembangkan Perlengkapan Tempur Ratnik Generasi Ketiga”

  1. TNI juga perlu perlengkapan tempur keq gini nih…

    • Kita memang harus menetapkan dan menerapkan standar tempur individu.
      Saat ini baru infantri elit saja yang menggunakan perlengkapan khusus.
      Alutsista kita (secara umum) harus memiliki standarisasi atas dasar perhitungan strategis.
      Semoga saja kita telah mampu membuat dan menjalankan standar sebelum konflik LCS benar-benar pecah

      Bisa dibayangkan IFX mulai produksi 2026, tapi bagaimana jika konflik LCS sudah lebih dulu pecah tahun 2021 ?

      • betul bung, untuk unit infantri lain harus dibekali perlengkapan tempur yang lengkap juga jangan hanya pasukan elit… saya rasa lemjiantek dan pindad atau industri pertahanan dalam negeri lain perlu diajak buat kembangkan perlengkapan seperti ini… minimal mampu melindungi para prajurit dari serangan senapan musuh…

      • untuk konflik LCS klo menurut saya belum akan menyeret kita untuk terlibat pertempuran, setidaknya 5 – 10 tahun ke depan, mengingat fokus China masih seputar pangkalan militer di kepulauan spratly, sedangkan masalah natuna kan hanya sebatas perairan natuna saja… jadi, kemungkinan bakal bisa diselesaikan lewat jalur diplomatik, menurut saya…

        • Bisa jadi Indonesia akan mengupayakan situasi tetap stabil melalui kemampuan diplomasi kita yang memang luar biasa, khususnya antara Jakarta-Beijing walaupun Cina meingkatkan agresi dengan anggota ASEAN yang lain, bahkan mungkin dengan India.
          Tapi berkaitan dengan IFX,
          Kita juga perlu menyadari situasi di semenanjung korea. Kita tidak tau kapan konflik Cina-Jepang atau Korut-Korsel akan pecah dan akan benar-benar menghambat IFX, tapi tampaknya jika salah satu front pecah akan timbul efek domino khususnya di Laut Cina Timur disebabkan turut campurnya pihak ketiga (Amerika atau bahkan Rusia). Dari sini apakah Indonesia sudah memikirkan opsi lain “yang memadai” selain IFX untuk mempertahankan wilayah udara kita? Mengingat bahwa wilayah kita sebgian besar adalah laut dan pesawat tempur adalah satu-satunya alutsista yang mampu merespon dengan cepat pergerakan lawan dibandingkan dengan kapal laut (KRI).
          Ini adalah sekenario terburuk apabila konflik pecah bahkan sebelum kita mencapai MEF III dengan status “complete”

    • apa kata satgas tinombala, kita sudah datangkan alat-alat canggih dari seluruh penjuru dunia, tapi semuanya ga bisa berfungsi di hutan sulawesi.

      • Bukan gak fungsi,,tpi yang make nya tentara kepala batu,tentara indonesia kok dikasih alat2 canggih..ya mana bisa pake mereka,,taunya cuma sms sma teriak..wkwkwkw

  2. Cilub bah…, 1

  3. hidup rusia ,,negara hebatt strong

  4. Salah satu komponen terbaik dari sistem ratnik adalah senapan serbu AK 12.. Sangat akurat, recoil yg sangat kecil utk ukuran senapan serbu serta sangat realibel di lapangan

  5. Di hajar peluru snapan sniper nya pindad insya allah tembus baju robot rusia.

  6. isi dafar hadir dulu

  7. Bingung mau koment apa….

  8. Tentara indonesia mana bisa pake gear hi tech gini,,,bhasa inggrisny aja belepotan,,wkwkkw..

  9. Ayo indonesia…riset dan bikin sendiri utk TNI. Sritex,pindad,lapan,len,bumn atau swasta bisa gabungan riset. Kalo mau n niat???? Xixixixixixi…

  10. msh kedetek sensor panas gak nih gear?

  11. sekarang US gunakan magnetik sensor, sehingga kendaran dan prajurit yang menggunakan senjata dan kevlar baja bakal terdeteksi…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)