Rusia Kurangi Kekuatan Militernya di Suriah

6
4

Kapal induk Admiral Kuznetsov Rusia. (wikipedia.com)

Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, pada hari Jumat (6/1) mengumumkan bahwa Rusia mulai mengurangi kehadiran militernya di Suriah.

Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov dan rombongannya kemudian mulai meninggalkan Laut Mediterania dan kembali ke markasnya di Severomorsk, Rusia.

Penarikan kekuatan militer Rusia ini atas perintah Presiden Vladimir Putin setelah tercapai kesepakatan gencatan senjata di Suriah yang dimediatori Rusia, Iran dan Turki.

Gerasimov mengatakan, langkah Rusia menarik sebagaian kekuatan militernya juga sebagai tawaran kesempatan untuk mengakhiri konflik bersenjata selama enam tahun di negara Timur Tengah tersebut.

“Selanjutnya, Kementerian Pertahanan akan mengelompokkan militer Rusia di Suriah,” ujar Gerasimov.

Moskow merupakan pendukung utama pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pasukannya dalam menghadapi perang saudara yang berlangsung sejak tahun 2011.

Sumber: Sindo News

6 COMMENTS

  1. putin sudah insaf, dia sadar karena ulah kebijakannya untuk masuk ke konflik suriah harus di bayar mahal dengan berbagai pristiwa seperti pesawat komersil rusia yang mengangkut banyak penumpang meledak dan yang baru kedubesnya di habisi, putin takut rakyatnya jadi incaran teroris.

LEAVE A REPLY